tips memanaskan makanan kulkas

Salah satu cara agar bisa menjaga makanan tetap awet dan tahan lama adalah dengan memasukkannya ke kulkas. Sayangnya, makanan yang dimasukkan kulkas kadang rasanya berubah setelah dipanaskan. Agar hal tersebut bisa dihindari, tentu Sedulur perlu tips memanaskan makanan kulkas yang benar.

Dalam dunia memasak, memanaskan makanan memang tidak bisa sembarangan. Sedulur harus melakukan beberapa langkah agar makanan yang dipanaskan bisa kembali segar dan tetap memiliki rasa yang enak. Agar tidak bingung, mari langsung simak tips memanaskan makanan kulkas berikut ini!

BACA JUGA: 7 Cara Memasak Kacang Merah agar Empuk dan Tidak Beracun

1. Gunakan api sedang

iStock

Bila ingin memanaskan makanan menggunakan kompor, sebaiknya menggunakan api sedang. Dengan begitu, makanan akan relatif lebih cepat panas tetapi tidak mudah gosong. Cara ini bisa berguna untuk memanaskan hidangan seperti tumisan, gulai, atau hidangan berkuah.

Penggunaan api sedang akan sangat membantu agar makanan tidak terlalu matang dan lembek.

2. Panaskan sekali saja

Makanan sebaiknya tidak dipanaskan lebih dari satu kali. Sebab, jika makanan terlalu sering dipanaskan, nutrisi pada makanan bisa hilang. Bahkan, makanan bisa menjadi beracun dan berbahaya untuk kesehatan. Makanya, sebaiknya makanan langsung dihabiskan sesudah dipanaskan satu kali.

3. Tambahkan air sebelum dipanaskan

Tempo

Biar makanan tidak mudah gosong dan cepat panas, kamu bisa terus mengaduknya saat dipanaskan. Namun mengaduknya pun harus perlahan agar makanan tidak menjadi hancur dan masih lezat saat dikonsumsi nantinya.

Penggunaan air ini juga bisa membantu untuk menjaga agar rasa masakan tidak terlalu asin. Untuk itu, Sedulur perlu mengkoreksi rasa makanan setelah dipanaskan agar tetap sesuai selera.

4. Atur dengan suhu ruang

Sedulur tidak bisa langsung memanaskan sisa makanan yang disimpan di dalam freezer. Pasalnya, waktu pemanasan yang disarankan kemungkinan tidak akan cukup untuk melelehkan makanan yang membeku, apalagi membuatnya kembali hangat.

Sedulur harus mencairkan makanan yang beku lebih dulu. Akan tetapi, caranya tentu bukan dengan mengguyurkan air panas ke atas makanan karena cara ini justru mempercepat perkembangbiakan bakteri pada makanan.

Lebih baik masukkan makanan ke dalam kulkas dan biarkan selama beberapa jam. Jika Sedulur menginginkan cara yang lebih cepat, coba tempatkan wadah berisi makanan di atas baskom berisi air. Diamkan selama 30 menit dan ganti airnya secara berkala.

5. Panaskan alat masak terlebih dahulu

Sebelum memasukkan makanan untuk dipanaskan, harus selalu memanaskan alat masaknya terlebih dahulu. Hal ini berlaku untuk semua cara memasak. Mulai dari microwave atau oven, teflon atau wajan di kompor, hingga alat kukusan. Dengan memanaskan alat masak terlebih dahulu, bisa mencegah makanan menjadi overcooked (terlalu lama dimasak).

BACA JUGA: 7 Cara Merebus Telur Puyuh Sesuai Tingkat Kematangan

6. Gunakan alat yang tepat untuk memanaskan

menu masakan 100 ribu seminggu
Pinterest

Hindari penggunaan alat masak yang memakan waktu. Sebagai gantinya, panaskan makanan dalam microwave dengan suhu tinggi agar kembali hangat dengan cepat. Jika Sedulur ingin memanaskan makanan berkuah, gunakanlah panci yang panas.

Pada dasarnya, Sedulur bisa menggunakan alat dan metode apa pun untuk memanaskan makanan yang disimpan di kulkas. Namun, pastikan suhu alat masak sudah cukup panas agar makanan tersebut tidak terlalu lama berada dalam suhu ruang.

7. Memanaskan makanan daging

Daging yang sudah dimasak boleh dibiarkan di kulkas selama beberapa hari. Jika dipanaskan kembali, keluarkan dari kulkas ke suhu kamar sebelum melakukan pemanasan. Sedulur bisa menggunakan microwave untuk memanaskan daging seperti sosis.

Namun, terkadang ini dapat merusak tekstur steak dan daging panggang jika memanaskannya dengan microwave. Sebagai gantinya, tempatkan daging tersebut dalam wajan selama beberapa menit di setiap sisi untuk menghangatkannya.

8. Aduk teratur saat memanaskan

Tips memanaskan makanan kulkas selanjutnya adalah dengan melakukan proses mengaduk secara teratur pada makanan. Proses ini bisa membantu panas bisa menyebar lebih merata pada makanan dan tidak gosong. Mungkin hanya butuh waktu beberapa menit untuk menghangatkan agar kandungan bahan makanannya tidak rusak.

9. Panaskan dengan oven

microwave yang awet
TreeHugger

Makanan apa yang dimasak dengan oven? Tentunya cake, roti, daging panggang, dan pizza. Prinsip dasar memanaskan adalah panaskan makanan sesuai cara awal memasaknya. Nah, oven atau pemanggang biasanya membuat tekstur makanan jadi kering.

Oleh karena itu gunakan temperatur rendah untuk memanaskan, yaitu sekitar 175 derajat Celcius. Khusus daging panggang, pakai suhu tersebut dengan waktu 20 menit sedangkan makanan lain cukup 10-15 menit saja.

Memanaskan gorengan dengan oven? Sah-sah saja. Apalagi kalau Sedulur ingin mengembalikan kulit gorengan yang renyah. Panggang dengan suhu tadi selama 15-20 menit, tergantung pada besar gorengan. Pakailah alumunium foil untuk menutupi wadah agar isi gorengan tidak terlalu kering.

10. Cara memanaskan ayam goreng

Makanan goreng sisa secara historis menjadi salah satu yang paling sulit untuk dipanaskan kembali. Dengan memasukkan ke dalam air fryer, rasa ayam goreng bisa dipulihkan dan tetap enak. Mirip dengan pizza, hanya perlu beberapa menit untuk memanaskannya.

Untuk potongan ayam yang tebal, gunakan suhu yang lebih rendah sekitar 162 derajat hingga 176 derajat Celcius selama tiga menit atau lebih, untuk memastikan tidak membakar bagian luarnya sebelum bagian tengahnya memiliki waktu untuk menghangatkannya.

11. Cara menghangatkan dengan microwave

Pinterest

Dilansir Food Network, panas dari microwave dapat membuat tekstur makanan menjadi semakin kering, apalagi bila memanaskan hidangan yang kenyal seperti mi atau makaroni.

Untuk itu, agar teksturnya tidak rusak tambahkan sedikit air pada hidangan sebelum memanaskannya ke dalam microwave. Namun, jangan sampai terlalu menambahkan banyak air agar hidangan tak berubah menjadi encer dan cita rasanya jadi tak karuan.

Demikian tadi deretan tips memanaskan makanan kulkas yang bisa Sedulur coba. Tak hanya bisa membantu menghemat, cara di atas juga bisa mengurangi makanan sisa yang dibuang. Jadi selamat mencoba ya Sedulur!