penyebab kulkas tidak dingin

Kulkas merupakan peralatan rumah tangga yang sangat penting. Hal ini tidak lepas dari kemampuan kulkas yang dapat membuat bahan makanan tetap awet dan segar dalam jangka waktu lama. Tanpa kulkas, bahan makanan akah mudah membusuk sebelum sempat diolah. Namun, sebagus apapun barang elektronik pasti ada saja masalahnya. Salah satu yang kerap terjadi adalah kulkas tidak dingin. Untuk itu, Sedulur perlu mengetahui apa saja penyebab kulkas tidak dingin.

Masalah kulkas tidak dingin pun harus segera diselesaikan. Ini lantaran bahan masakan atau bahan-bahan dapur lainnya bisa terbuang percuma jika tidak disimpan dalam kulkas. Agar tidak bingung dan bisa menyelesaikan masalah ini dengan cepat. Yuk, simak apa saja penyebab kulkas tidak dingin di bawah ini!

BACA JUGA: Bahan Makanan yang Tidak Boleh Masuk Kulkas, Sedulur Wajib Tahu!

1. Bunga es menumpuk

penyebab kulkas tidak dingin
Kompas

Penyebab kulkas tidak dingin yang pertama biasanya karena tumpukan bunga es yang ada di bagian freezer. Bunga es yang menumpuk bisa menutupi bagian lubang angin yang seharusnya berfungsi mengalirkan udara dingin ke dalam kulkas.

-->

Jika bunga es penuh dan menumpuk di bagian freezer, maka cara mengatasinya adalah dengan membersihkannya dan mencairkan bunga es. Sedulur bisa mematikan terlebih dahulu kulkas dan biarkan cair terlebih dahulu.

Setelah bunga es mencair, Sedulur bisa membersihkannya hingga bagian bungsa es bisa benar-benar hilang dan bersih. Usahakan bersihkan secara berkala agar kulkas awet dan tahan lama.

2. Freon habis

Kreasi Bengkel

Penyebab kulkas tidak dingin yang paling umum adalah karena freon habis. Freon sendiri merupakan senyawa kimia yang berperan penting dalam proses pendinginan kulkas. Freon sendiri dapat habis jika telah digunakan dalam waktu yang lama.

Penyebab freon habis bisa karena telah lama pemakaian atau disebabkan karena kebocoran dalam aliran freon. Jika penyebab kulkas tidak dingin karena freon habis, tentu Sedulur bisa memangil teknisi untuk memperbaiki permasalahan ini.

3. Masalah pada aliran listrik

penyebab kulkas tidak dingin
Pinhome

Terkadang penyebab kulkas tidak dingin yaitu karena terdapat masalah pada aliran listrik. Aliran listrik atau tegangan listrik yang tidak stabil dapat membuat kulkas menjadi tidak dingin. Bahkan jika tidak segera diperbaiki, masalah ini bisa menyebabkan kulkas rusak.

Karena tegangan listrik yang stabil dapa membuat kulkas tetap dingin dan terjaga. Sebaliknya jika listrik tidak stabil dapat membuat kulkas tidak dingin karena kompresor kulkas tidak akan mampu menghasilkan dingin secara maksimal.

4. Masalah pada stopkontak

IDN Times

Kadang, penyebab kulkas tidak dingin karena adanya masalah pada stopkontak. Stopkontak atau colokan yang kurang pas bisa menyebabkan kulkas tidak dingin walaupun sudah menyala. Hal ini juga berkaitan dengan aliran listrik yang tidak stabil karena stopkontak yang bermasalah.

5. Karet pintu kulkas kendor

penyebab kulkas tidak dingin
Kobe Global

Karet pintu kulkas yang kendor juga bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Karet pintu kulksa berfungsi untuk menahan udara dingin tetap berada di dalam kulkas agar tidak keluar. Begitu pun sebaliknya, menjaga udara atau hawa dari luar agar tidak masuk.

Jika karet pintu kulkas kendor atau mengalami kerusakan, bisa karet pecah-pecah, kehilangan elastisitas atau kendor, hal tersebut dapat membuat udara dingin akan mengalir keluar sehingga kulkas tindak dingin. Maka untuk mengatasi masalah ini, Sedulur bisa segera mengganti karet pintu kulkas.

Ketika mengganti karet pintu kulkas dan memasang karet yang baru, Sedulur jangan lupa untuk memastikan pintu kulkas bisa tertutup dengan sempurna agar udara dingin tetap terjaga dan membuat suhu dingin kulkas terjamin.

6. Pengaturan suhu yang salah

Pinhome

Kulkas tidak dingin juga bisa disebabkan oleh pengaturan suhu yang salah. Misalnya pengaturan suhu yang terlalu rendah sehingga kulkas tidak cukup dingin. Penyebab kulkas tidak dingin akibat pengaturan suhu yang salah sudah sangat umum, sehingga untuk mengatasi ini Sedulur bisa segera cek pengaturan suhu dan segera memperbaikinya.

7. Evaporator putus

penyebab kulkas tidak dingin
Youtube

Penyebab kulkas tidak dingin lainnya yaitu evaporator putus. Evaporator sendiri merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk menyalurkan freon kulkas. Jika evaporator rusak atau bocor, maka kulkas otomatis tidak dingin karena udara dingin tidak tersalurkan.

Salah satu cara untuk mengatasi permasalah ini yaitu dengan memperbaiki evaporator yang putus, jika sudah tidak layak digunakan maka Sedulur bisa menggantinya dengan yang baru.

8. Kompresor kulkas rusak

iStock

Kompresor kulkas yang rusak dapat dipastikan kulkas Sedulur menjadi tidak lagi dingin hingga mati. Suara kompresor yang berisik bisa menjadi pertanda terjadinya kerusakan. Untuk mengatasi masalah ini, tentu Sedulur harus segera memperbaiki kompresor kulkas.

Namun jika kompresor sudah rusak parah dan tidak bisa diperbaiki, maka Sedulur harus menggantinya agar kompresor bisa berfungsi kembali sehingga kulkas bisa kembali dingin.

BACA JUGA: Bahan Makanan yang Tahan Lama Tanpa Disimpan di Kulkas

9. Jauhkan kulkas dari peralatan panas

penyebab kulkas tidak dingin
Kompas

Hindari menyimpan kulkas di depat kompor atau peralatan yang bersifat panas lainnya. Hal tersebut dapat membuat kulkas menjadi tidak dingin. Karena peralatan yang bersifat panas dapat mempengaruhi suhu yang ada di dalam kulkas.

Idealnya letakkan kulkas di tempat dengan suhu yang relatif aman dan bisa ditempatkan jauh dari jangkauan panas agar dapat menjaga suhu di dalam kulkas tetap awet.

10. Menyimpan makanan dan minuman panas

Sharp

Penyebab terakhir yaitu karena kebiasaan Sedulur yang sering menyimpan makanan dan minuman panas. Hal ini yang menjadi alasan kenapa tidak boleh menyimpan makanan dan minuman panas langsung ke dalam kulkas.

Karena dengan menyimpan makanan dan minuman panas langsung ke dalam kulkas, membuat suhu di dalam kulkas menjadi tidak stabil dan ikut panas. Aliran udara dingin di dalam kulkas menjadi rusak dan terganggu.

Maka Sedulur harus membiarkan makanan dan minuman dingin terlebih dahulu sebelum kemudian dimasukkan ke dalam kulkas. Bukan hanya membuat kulkas tidak dingin, kebiasaan ini juga bisa membuat kulkas Sedulur lama kelamaan menjadi rusak.

Nah itulah daftar penyebab kulkas tidak dingin yang wajib Sedulur hindari. Penting untuk menjaga kulkas tetap dingin agar bahan makanan di dalam kulkas bisa tetap awet. Sehingga Sedulur bisa menghemat bahan makanan. Semoga cara di atas bisa membuat Sedulur menjaga kondisi kulkas.

Jika kulkas Sedulur sudah kembali berfungsi dan dalam kondisi yang prima, Sedulur bisa memenuhi kulkas dengan stok makanan dan berbagai sembako. Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super.

Selain belanja menjadi mudah, karena tersedia lengkap dan belanja hanya menggunakan aplikasi, Sedulur juga bisa belanja hemat karena banyak harga promo dan voucher menarik yang tersedia. Jangan sampai terlewatkan. Segera cek Aplikasi Super sekarang dan belanja kebutuhan kulkas Sedulur!