Rekomendasi dispenser bawah

Dispenser galon bawah merupakan alat elektronik yang memudahkan orang ketika ingin melakukan pergantian galon. Penggunanya tidak perlu repot-repot mengangkat galon sehingga bisa menghemat tenaga dalam pergantian tersebut. Alat ini juga dapat dikatakan sebagai kebutuhan rumah yang cukup penting mengingat fungsi dan keunggulannya.

Selain mudah digunakan, dispenser galon bawah juga menyediakan fitur untuk Sedulur agar dapat mengakses air panas, air biasa hingga air dingin. Nah, sebelum membeli produk ini, Sedulur perlu mengetahui tips memilih dispenser galon bawah yang akan kita bahas berikut.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik, Berkualitas & Termurah

Tips memilih disepenser bawah

Dispenser bawah
The Spruce
  1. Perhatikan ruang untuk peletakan dispenser

Dispenser bawah yang berbentuk tower mmepunyai ukuran yang cukup bervariasi. Mayoritas ukuran tingginya sekitar 1 meter. Sementara panjang dan lebarnya sekitar 30 dan 40 cm. Untuk itu, Sedulur perlu memperhatikan ukuran dispenser yang sesuai dengan ruangan dimana dispenser akan diletakkan.

Tak hanya digunakan untuk minum, dispenser biasanya sangat dibutuhkan ketika memasak sehingga cocok diletakkan di dekat area dapur. Sedulur juga dapat meletakkannya di ruang keluarga. Usahakan juga agar tempatnya tidak mudah dijangkau oleh anak kecil yang belum bisa menggunakan dispenser sendiri.

  1. Perhatikan fitur yang ada dalam dispenser

Dispenser galon bawah biasanya dapat menampung berbagai ukuran galon air hingga 19 kg. Air dari galon tersebut kemudian ditampung di dalam tangki air panas, air biasa, hingga air dingin dengan berbagai varian kapasitas. Kapasitas tangki biasanya dapat menampung mulai dari 0,5 liter hingga 4 liter air.

Sedulur juga dapat menemukan dispenser galon bawah dengan fitur tangki cadangan air berkapasitas 2 liter hingga 6 liter. Fitur ini digunakan sebagai cadangan air saat terjadi pemadaman listrik.

  1. Kenali spesifikasi dispenser

Mengenali spesifikasi produk yang akan dibeli menjadi sangat penting ketika akan membeli dispenser galon bawah. Perhatikan kualitas pompa air dan fitur-fitur dalam dispenser juga sangat diperlukan.

Dispenser galon bawah biasanya menggunakan pompa air yang memiliki selang untuk dimasukkan ke dalam galon. Jadi, penting juga untuk memeriksa bahan yang digunakan pada selang tersebut. Dengan begitu, Sedulur dapat mengetahui keamanannya dan juga cara membersihkannya.

Terkadang ada kasus dispenser galon bawah tidak mengeluarkan air atau mengalami macet. Kendala ini terjadi karena kotoran yang menyumbat pada pipa ataupun kualitas bahan pipa penyedot air yang kurang baik. Untuk mengatasinya, berikut beberapa tipsnya:

Pertimbangkan produk yang sudah dilengkapi dengan pipa yang dapat menyedot air galon dengan lancar. Pipa pompa ini umumnya terbuat dari bahan stainless steel antikarat yang mampu mencapai dasar galon sehingga air dapat terpompa tanpa sisa. Bersihkan pipa galon air dari lumut, karat, dan kotoran lainnya secara berkala.

  1. Hemat listrik

Dispenser  merupakan alat elektronik yang digunakan setiap hari dan membutuhkan daya listrik. Untuk menghemat biaya atau ketika tidak sedang menggunakan air panas, beberapa orang memilih untuk mematikan dispenser. Dispenser sebaiknya memang dimatikan jika tidak sedang digunakan atau ditinggal bepergian. Jika terdapat tambahan tangki air, dispenser juga tetap bisa digunakan dalam keadaan listrik mati.

Namun, jika dispenser akan digunakan lebih sering dan harus nonstop tersambung pada arus listrik, perhatikanlah penggunaan daya dispenser. Daya yang dibutuhkan dispenser biasanya berkisar antara 150–480 watt. Pertimbangkanlah dispenser low watt dengan daya di bawah 200 watt atau yang berfitur hemat energi (energi saving). Dengan begitu, pemakaian listrik bulanan tetap termonitor dengan baik.

Setelah mengetahui tips memilih dispenser bawah, yuk intip rekomendasi dispenser galon bawah terbaik dengan fitur yang canggih di bawah ini.

1. Dispenser Modena Salutare

Modena Salutare
Kabar Bisnis

Meski tergolong lebih mahal dari merk lainnya, akan tetapi fitur dalam dispenser ini sangat canggih lho Sedulur. Jadi sebanding dengan harganya yang cukup menguras kantong.Modena Salutare mempunyai fitur yang lengkap seperti termostat, kompartemen galon yang lebih luas hingga kunci aman anak-anak.

Tak hanya itu, merk ini juga mempunyai kebelihan lain yaitu water storage censor yang dapat mengidentifikasi jumlah air dalam galon. Berbahan stailess steel membuat Modena Salutare tahan lama dan tidak mudah berkarat.

2. Dispenser Modena Lucido

Modena Lucidio merupakan dispenser galon bawah self cleaning. Fitur ini dapat membersihkan galon dan juga isinya secara otomastis. Pompa pada dispenser ini juga dapat langsung bekerja dengan daya 100 watt. Jika dibandingkan dengan fiturnya yang canggih, Modena Lucido dibanderol dengan harga yang cukup murah, yaitu kisaran Rp 3 juta saja. Apakah Sedulur tertarik untuk membelinya?

3. Dispenser Polytron PWC777

Dispenser merk ini hadir dengan desain sleek dan juga modern, sehingga cocok dijadikan dekorasi dalam interiot ruangan. Dispenser galon bawah terbaik ini juga mempunyai fitur canggih yaitu easy lock/slider yang memudahkan untuk mengsisi dan juga mengganti air galon.

Selain itu, dispenser ini juga dilengkapi dengan Proactive Water Tank System yang mampu mendeteksi jumlah air dalam tangki. Kapasitas tangkinya pun cukup besar, yaitu 6 hingga 7 liter. Hal menarik lainnya dari dispenser ini yaitu, meski listrik padam Polytron PWC777 masih dapat digunakan hingga 18 jam lho Sedulur. Harganya pun cukup terjangkau yaitu sekitar Rp2,1 juta saja.

4. Dispenser Cosmos CWD7850

Dispenser bawah yang multifungsi lainnya yaitu Cosmos CWD780. Merk ini mempunyai banyak kelebihan diantaranya yaitu; terdapat pilihan 3 suhu air, hemat listrik dan juga tangkinya yang anti karat serta anti bocor.

Kelebihan lainnya yaitu, berbahan material yang aman bernama food grade. Dispenser dengan bentuk elegan ini juga dilengkapi oleh water indicator yang berfungsi sebagai pengingat ketika air sudah mau habis.

5. Dispenser Panasonic NY-WDB8MAK/WI

Jika Sedulur sedang mencari dispenser galon bawah dengan performa unggul dan multifungsi maka Panasonic NY-WDB8MAK/WI solusinya. Dispenser ini dilengkapi dengan ozozne system yang berfungsi untuk memastikan air bebas bakteri. Tak hanya itu, merk ini juga menggunakan pipa dari bahan stainless yang tahan lama, tanpa bercak air dan tentunya higienis. Harga dispenser galon bawah ini dibanderol kisaran Rp3,3 juta. Cukup terjangkau bukan?

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Meja Laptop Terbaik untuk Kerja di Rumah

6. Dispenser Electrolux EQBXF00BXI

Electrolux Indonesia
Electrolux Indonesia

Jika sedulur mencari dispenser bawah dengan desain minimalis, maka Electrolux EQBXF00BXI solusinya. Produk ini terbuat dari logam cantik dan juga mengkilap sehingga memperindah bentuknya. Produk ini juga mempunyai sistem yang dilengkapi oleh tombol ‘on’ dan ‘off’, sehingga dapat menghemat listrik juga tahan lama.

Kelebihan lain dari Electrolux EQBXF00BXI yaitu dilengkapi dengan safety lock untuk ana-anak. Dispenser dengan kisaran harga Rp 3 juta ini mudah dibersihkan karena tray-nya sangat mudah untuk dilepas.

Keunggulan lainnya adalah efisiensinya yang tinggi, tangkinya terbuat dari  bahanstainless steel, dan LED indicator penanda isi air.

7. Dispenser Modena DD 67S

Model DD 67S mempunyai keunggulan dalam fitur tangki air panasnya karena dapat menyajikan sekitar 2 hingga 3 liter per jam. Produk ini juga dilengkapi dengan thermostat dan non CFC sehingga lebih irit daya dan ramah lingkungan.

Pipa tangkinya dinamakan ziggy pipes karena mempunyai bentuk yang menyerupai huruf Z. Fungsi pipa tersebut adalah untuk memaksimalkan daya sedot dan aliran air dalam galon. Harga produk ini dibanderol kisaran Rp1,9 juta saja lho Sedulur. Cukup terjangkau kan?

8. Dispenser SHARP SWD -72EHL-BK

Produk dari SHARP ini memang sudah cukup terkenal karena hemat listrik dan desainnya yang ramping. Kelebihan tersebut membuat dispenser SHARP muat disimpan di mana saja.

Keunggulan lain dari dispenser ini adalah terpasangnya fitur child lock. Fitur ini berfungsi untuk menjauhkan anak-anak dari bahaya mengutak-atik switch air panas. Pilihan suhu airnya ada tiga, yaitu normal, dingin, dan panas. Jika Sedulur sedang mencari rekomendasi dispenser galon bawah low watt, maka SHARP SWD -72EHL-BK pilihannya. Harga dispenser ini dibanderol kisaran Rp 2,4 juta lho Sedulur.

9. Dispenser Arisa BWD 0811B

Badan dispenser Arisa BWD 0811D terbuat dari bahan material plastik yang kokoh dan minimalis. Meski begitu, tangki airnya stainless steel, Sehingga tidak mudah berkarat dan terkena lumut.

Tangki dispenser ini dapat menampung air dingin yang cukup besar. Arisa BWD 0811B merupakan dispenser galon bawah di bawah 1 juta lho Sedulur. Sangat ramah di kantong bukan?

10. Dispenser Hydra Botton Gallon

Dispenser yang satu ini memiliki kapasitas tangki hingga 6 liter air untuk cadangan ketika mati lampu. Produk ini juga dapat dikatakan lengkap sekligus multifungsi. Fitur slider yang terlryak pada bagian bawah, memudahkan untuk mengganti galon. Hanya dengan menarik slider-nya, kemudian ketakkan galon sembari didorong ke dalam dispenser maka galon akan terpasang.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Kelebihan lain dari produk ini yaitu adanya teknologi proactive water tank. Teknologi ini berupa tangki dengan kapasitas 6 liter yang digunakan sebagai cadangan air ketika listrik sedang padam. Persediaan air 6 liter ini bisa mencukupi kebutuhan keluarga hingga sekitar 18 jam.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Keju untuk MPASI Terbaik, Aman & Bergizi

11. Dispenser Denpoo DDB-29

Dispenser bawah murah
Denpoo

Bagi Anda yang menginginkan dispenser galon bawah yang hemat energi, produk ini pilihan yang bagus. Dispenser Denpoo DDB-29 atau DDB-920 ini sangat hemat daya, hanya 190 watt. Dengan begitu, biaya listrik bulanan pun bisa ditekan. 

Dispenser galon bawah LG bottom loading dari Denpoo ini juga sudah menggunakan stainless steel sehingga tahan karat dan awet. Selain itu, Sedulur juga akan diuntungkan dengan fitur easy ground coffee latte yang cocok untuk pencinta kopi. Fitur ini menghasilkan suhu air panas yang paling ideal untuk seduhan kopi maupun teh.

12. Disepenser Arshi AMD 01B

Jika Sedulur sedang mencari dispenser galon bawah dengan tampilan yang luxury untuk di rumah, kafe, kantor, hingga hotel, pertimbangkan produk ini. Dispenser galon bawah ini dirancang multifungsi dengan meja touch panel. Sedulur juga akan mendapatkan jar serta teko listrik untuk membuat minuman panas di atasnya.

Soal desain, dispenser ini didesain dengan warna hitam mengilat berlapis bahan kaca yang dapat membuat interior rumah terlihat lebih apik. Untuk pilihan dispenser mewah dan multifungsi, Multifunction Dispenser AMD 01B adalah pilihannya. Namun, seri ini hanya menyediakan output air panas dan air hangat. Jika Sedulur menginginkan fungsi air dingin, pertimbangkan seri AMD 02D dengan fungsi 4-in-1. Harga dispenser ini berkisar Rp 1,7 juta saja lho.

13. Dispenser Miyako WDB-300

Desain produk ini cukup simpel dan sederhana, juga dilengkapi dengan dua fitur suhu air, panas dan juga dingin. Kapasitas air dinginnya sedikit lebih besar dibandingkan dispenser lain, tetapi sayangnya dispenser ini memerlukan daya listrik sebesar 400 watt.

Dispenser ini juga mudah dibersihkan karena material pelengkapnya yang mudah dibuka pasang. Jika Sedulur dengan mencari dispenser galon bawah di bawah 1 juta, maka produk ini adalah solusinya karena hanya dibanderol kisaran Rp 700 tibu saja lho. Cukup murah bukan? 

14. Dispernser Mito MD-666

Dispenser terbaik keluara Mito ini merupakan salah satu dispenser yang hemat listrik karena hanya memakan sebanyak 190 watt. Mito MD777 mempunyai 2 fitur pilihan suhu air, yaitu panas dan dingin.

Tangkinya yang berbahan stainless steel, dan dapat menampung sekitar 5 hingga 7 liter air. Harga porduk ini berkisar Rp 1,2 juta.

15. Sanken HWD -05331C

Dispenser bawah
Universousb

Salah satu kendala yang sering dialami dispenser galon bawah adalah pipa penyedot biasanya tidak bisa mengisap air hingga habis. Akan tetapi, dispenser galon bawah Sanken berbeda lho Sedulur! Dengan pipa penyedot berbentuk huruf Z yang dimilikinya, dispenser galon bawah ini bisa menyedot air hingga habis. Dengan begitu, penggunaan air galon akan lebih efisien.

Dispenser bottom loading ini juga menggunakan QYA Bacticlean Pipe yang antijamur, antikuman, dan antibakteri. Sehinga air yang keluar dari dispenser terjamin aman untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu, dispenser Sanken HWD-C533IC juga mampu menghasilkan air dingin secara lebih cepat berkat IC Cool Technology.

Cara merawat dispenser agar awet :

Alat air minum
Shutterstock
  • Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung

Jangan pernah meletakkan dispenser di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari seperti ini dapat mengganggu kinerja pendingin yang ada pada dispenser. Selain itu jauhkan juga dispenser dari tempat yang lembab. Tips merawat dispenser ini perlu dilakukan agar material dispenser tidak cepat rusak.

  • Matikan dispenser saat galon kosong

Ketika galon kosong, sebaiknya dispenser dimatikan. Hal ini membuat listrik lebih hemat dan juga membuat dispenser dapat tahan lama. Selain itu, mematikan dispenser juga perlu ketika tidak sedang digunakan atau sedang bepergian. Hal ini untuk menghindari konsleting pada listrik. 

  • Bersihkan dispenser dan galon secara rutin

Kebersihan dispenser dan juga galon harus selalu diperhatikan. Bersihkan secara berkala atau setidaknya sebulan sekali. Tips merawat dispenser yang satu ini tidak hanya akan menjauhkan Sedulur dari bakteri dan kuman yang bisa mencemari air galon. Pada dispenser yang berbahan plastik, cara ini juga dapat  membantu menjaganya dispenser agar tidak cepat lapuk.

  • Gunakan stabilizer listrik

Jika listrik di rumah dalam keadaan tidak stabil, sebaiknya gunakan stabilizer. Tegangan listrik yang naik turun bisa merusak barang elektronik termasuk dispenser. Maka dari itu jika dibutuhkan, tidak ada salahnya menggunakan stabilizer.

Jika tips merawat dispenser di atas dilakukan dengan baik, maka dispenser akan tahan lama dan tidak mudah rusak. 

Itulah penjelasan tentang tips memilih beserta rekomendasi merk dispenser galon bawah yang perlu Sedulur ketahui. Selain beberapa merk yang sudah disebutkan di atas, dispenser galon bawah samsung juga banyak tersedia di toko-toko elektronik dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu kisaran Rp 2 juta saja lho Sedulur. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.