vitamin anak lengkap umur 6 tahun

Kebutuhan vitamin dan asupan gizi anak memang harus diperhatikan, khususnya ketika si kecil memasuki usia 6 tahun. Pada masa pertumbuhan itu, anak akan lebih aktif dan metabolisme bekerja dengan sangat cepat. Sehingga agar anak tetap sehat dan aktif, para orang tua wajib memberikan makanan yang baik dengan didukung vitamin anak lengkap umur 6 tahun.

Jika Sedulur belum mengetahui apa saja vitamin anak lengkap umur 6 tahun, Aplikasi Super sudah membuat ulasan lengkapnya spesial untukmu. Hal ini agar Sedulur tidak kebingungan dan bisa memantau tumbuh kembang anak dengan baik. Jadi langsung simak ulasan lengkap tentang vitamin anak berikut ini!

BACA JUGA: 10 Susu Penambah Tinggi Badan Terbaik untuk Anak & Remaja

Tips memilih vitamin yang baik untuk anak

vitamin anak lengkap umur 6 tahun
iStock

Sebelum membahas daftar rekomendasi vitamin anak lengkap umur 6 tahun, Sedulur tentu harus tahu bagaimana cara dan tips memilih vitamin yang baik untuk anak. Sangat direkomendasikan dari bayi berusia 5 bulan hingga balita berusia 5 tahun untuk mendapatkan suplemen vitamin.

Disarankan dan diwajibkan suplemen vitamin yang dikonsumi yaitu vitamin A, C dan D. Usahakan juga untuk memberikan vitamin secara teratur setiap harinya. Hal tersebut disebabkan karena kebutuhan tumbuh kembang anak itu sendiri.

Setiap anak-anak memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda saat pertumbuhannya, dari mulai anak-anak hingga tumbuh dewasa. Maka dari itu, milih vitamin untuk anak harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Jika masih bayi dan anak-anak, usaha beli vitamin khusus untuk bayi dan anak-anak, ya!

Rekomendasi vitamin anak lengkap umur 6 tahun

Tanpa memberikan vitamin, idealnya seorang anak mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Namun, dokter dan ahli gizi anak juga akan menyarankan anak-anak untuk mendapatkan vitamin tambahan dan hal ini penting untuk diperhatikan oleh orangtua.

Karena orangtua harus memastikan vitamin yang dikonsumsi anak sesuai dengan usia anak itu sendiri. Ini disebabkan karena produk vitamin tambahan memiliki formula yang berbeda yang disesuaikan dengan usia anak .

Maka dari itu, wajib bagi Sedulur untuk memperhatikan kebutuhan tersebut. Seperti misalnya vitamin anak lengkap umur 6 tahun. Terdapat beberapa rekomendasi yang bisa Sedulur beli untuk diberikan kepada anak. Berikut ini daftar rekomendasinya untuk Sedulur:

BACA JUGA: 12 Merk Susu Formula Terbaik untuk Kecerdasan Otak Anak

1. Youvit Multivitamin Gummy Anak

vitamin anak lengkap umur 6 tahun
Youvit

Rekomendasi vitamin anak lengkap umur 6 tahun pertama yaitu Youvit Multivitamin Gummy Anak. Salah satu suplemen vitamin anak yang berbentuk jelly, cocok Sedulur belikan bagi anak yang sulit meminum suplemen berbentuk kapsul atau tablet.

Di dalam satu bungkus suplemen vitamin ini teridir dari 10 vitamin, seperti vitamin A, B kompleks, C, D, E dan 3 mineral yaitu seperti selenium, iodium, zinc. Youvit juga dapat mendukung imunitas, tumbuh kembang dan aktivitas harian anak lainnya. Sedulur bisa mendapatkan Youvit dengan harga mulai dari Rp75.000.

2. Holisticare Super Ester C Kids

vitamin anak lengkap umur 6 tahun
Halodoc

Rekomendasi vitamin anak lengkap umur 6 tahun kedua yaitu Holisticare Super Ester C Kids. Suplemen ini juga dapat menjaga daya tahun tubuh anak serta dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian anak. Dengan memberikan vitamin ini, Sedulur tidak perlu khawatir anak akan kekurangan asupan vitamin.

Vitamin ini juga menggunakan xylitol sebagai pemanis alami dan tidak mengandung gula ataupun bahan pengawet. Xylitol sendiri baik untuk kesehatan gigi si kecil. Segala kebaikannya dalam satu tablet mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Sedulur bisa mendapatkan suplemen vitamin ini dengan rentang harga Rp40.000 hingga Rp42.000 untuk 30 tablet isap.

3. Sakatonik ABC Tablet

vitamin anak lengkap umur 6 tahun
Sakatonik

Rekomendasi vitamin anak lengkap umur 6 tahun yang kedua yaitu sakatonik ABC Tablet, Sedulur bisa mendapatkan suplemen vitamin ini dengan harga mulai dari Rp16.000 hingga Rp18.000. Suplemen vitamin ini berbentuk tablet hisap yang dapat menjaga kesehatan anak.

Multivitamin ini terdiri dari vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan kalsium yang penting untuk masa pertumbuhan serta penyembuhan setelah sakit. Sakatonik ABC tidak disarankan pada anak dibawah 1 tahun karena memang diperuntukan bagi anak berusia 5-6 tahun.

4. Curcuma Plus Support Appetite

vitamin anak lengkap umur 6 tahun
Popmama

Terdapat juga suplemen Curcuma Plus Support Appetite yang merupakan suplemen terbaik untuk meningkatkan nafsu makan anak. Curcuma Plus yang satu ini mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, beta-karoten, dexpantenol, kurkuminoid, dan lysin.

Manfaat yang akan didapatkan oleh anak saat mengkonsumsi suplemen vitamin ini yaitu:

  • Melancarkan metabolisme energi,
  • Meningkatkan produksi sel darah merah,
  • Memperbaiki kinerja otot atau saraf,
  • Meredakan peradangan, dan
  • Menunjang pertumbuhan tulang dan gigi.

Suplemen vitamin ini sudah boleh dikonsumsi bagi bayi yang berusia 6 bulan hingga anak berusia 12 tahun, untut tetap mempertahankan kebutuhan nutrisi anak itu sendiri. Karena anak-anak masih akan mengalami pertumbuhan hingga usianya dewasa nanti.

5. Blackmores Koala Kids Body Shield

vitamin anak lengkap umur 6 tahun
Blackmores

Rekomendasi vitamin anak lengkap umur 6 tahun selanjutnya yaitu Blackmores Koala Kids Body Shield. Suplemen ini merupakan suplemen dengan 5 nutrisi penting yang terdiri dari Vitamin A, C, D, E dan Zinc. Kombinasi berbagai vitamin dan mineral tersebut membuat suplemen ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas daya tahan tubuh anak.

Mengonsumsi Blackmores Koala Kids Body Shield akan membuat buah hati kamu tidak mudah terkena flu, batuk, pilek dan alergi. Blackmores Koala Kids Body Shield juga bisa membantu proses penyembuhan anak yang sedang sakit.

Suplemen vitamin ini juga bebas dan tersedia dalam bentuk tablet hisap rasa jeruk yang digemari anak-anak. Karena mengandung pemanis alami dari tumbuhan yaitu xylitol, Blackmores Koala Kids Body Shield tidak akan merusak gigi si kecil. Mereka hanya akan merasa seperti mengunyah permen biasa tapi tetap ampuh membuat tubuhnya sehat.

6. Nature’s Way Kids Smart Vita Gummies Vitamin C+ Zinc

vitamin anak lengkap umur 6 tahun
Nature’s Way

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak, Sedulur bisa melakukannya bukan hanya melalui makanan, namun juga dengan rutin memberikan suplemen multivitam. Salah satu rekomendasinya yaitu Nuture’s Way Kids Vitamin C yang hadir dalam bentuk permen kunyah.

Kadungan suplemen ini dapat berperan sebagai antioksidan untuk mengurangi radikal bebas di dalam tubuh anak. Kandungan zinc menjadi unsur mineral penting untuk mendukung daya tahan tubuh anak. Nature’s Way Kids Vitamin C cukup dikonsumsi sebanyak 2 kali sehari untuk mencukupi kebutuhan vitaminnya.

Sedulur bisa memberikan suplemen ini untuk anak berusia 2 tahun ke atas, namun anak usia 6 tahun sangat direkomendasikan. Sedulur yang tertarik untuk membeli suplemen ini, bisa mendapatkannya dengan harga Rp139.000 – Rp255.000 untuk 60 gummy tablet hingga 75 gummy tablet,

7. Fitkom Tablet

Halodoc

Rekomendasi selanjutnya yaitu Fitkom Tablet. Suplemen ini merupakan rekomendasi bagi anak yang susah makan atau tidak memiliki nafsu makan sama sekali. Fitkom adalah vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan, anemia, dan nutrisi jaringan otak.

Suplemen ini terdiri dari vitamin A, B kompleks, C, D3, E dan mineral kalsium yang membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral anak-anak di usia pertumbuhan. Tablet isap bisa dikonsumsi oleh anak diatas usia 2 tahun.

Sedulur yang tertarik untuk memberikan suplemen vitamin ini pada anak, bisa membelinya dengan kisaran harga antara Rp15.000 higga Rp18.000 saja.

8. Cerebrofort Gold

Cerebrofort

Rekomendasi suplemen atau vitamin anak selanjutnya yaitu Cerebrofort Gold, yang mengandung formula yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan, kecerdasan dan tumbuh kembang anak. Suplemen khusus anak ini mengandung vitamin:

  • B kompleks dan biotin (sebagai koenzim dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak),
  • Vitamin A (membantu menjaga kesehatan mata),
  • Vitamin D (membantu pertumbuhan tulang dan gigi),
  • DHA, EPA, L-Glutamic Acid, dan folic acid (zat yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak), dan
  • lysine (membantu dalam masa pertumbuhan).

Cerebrofort Gold sudah bisa dikonsumsi untuk anak usia 1 sampai dengan 12 tahun. Sedulur bisa mendapatkan Cerebrofort Gold dengan harga mulai dari Rp21.500 hingga 23.500 saja.

9. Vidoran Gummy Vitamin C

Vidoran

Rekomendasi selanjutnya yaitu Vidoran Gummy Vitamin C, yang bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp35.000 saja. Suplemen vitamin ini berbentu jelly dan sangat disukai oleh anak karena rasanya yang sama dengan permen atau jelly.

Vidoran Gummy dapat orangtua gunakan sebagai penambah nafsu makan, memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak, dan sumber vitamin C. Vitamin ini memiliki rasa jeruk yang segar dan berbentuk potongan jeruk yang menarik sehingga anak-anak dapat menikmati vitamin C dengan cara yang menyenangkan. Vidoran Gummy bisa mulai Sedulur berikan pada anak usia lebih dari 3 tahun.

10. Scott’s Emulsion Vita

Kalcare

Rekomendasi selanjutnya yaitu Scott’s Emulsion vitamin C, yang terbuat dari campuran minyak ikan kod, vitamin A, D, kalsium, dan tambahan jus jeruk. Kandungan tersebut merupakan suplemen yang bisa membantu anak menjadi lebih kuat, sehat, dan cerdas.

Selain itu, suplemen ini juga bermanfaat untuk:

  • Mendukung fungsi kekebalan tubuh,
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta
  • Pembentukan tulang dan gigi.

Dapat dikonsumsi oleh anak-anak usia 1 tahun hingga 12 tahun untuk mengawal pertumbungan dan perkembangan anak dari anak-anak menjadi remaja.

BACA JUGA: 12 Susu Formula Terbaik Untuk Anak 2 Tahun di 2023

11. Redoxon Kids Vitamin C

Redoxon

Rekomendasi selanjutnya yaitu Redoxon Kids Vitamin C yang merupakan tamble kunyah dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan membantu pembentukan kolagen pada kulit dan tulang. Dalam suplemen ini, terkandung vitamin sebesar 200 mg yang sangat cukup memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Redoxon Kids sendiri merupakan Vitamin C yang baik dikonsumsi oleh anak 6 tahun, aturan pakainya yaitu 1 tablet dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari. Untuk harga, Redoxon Kids Vitamin C memiliki harga Rp75.000 untuk 60 tablet kunyah.

12. Wellness Gummy Kids

Wellness Gummy Kids 30 Gummies | Rp.210,000 | izihealth.com
Izihealth

Rekomendais selanjutnya yaitu Wellness Gummy Kids. Vitamin ini dikemas dengan rasa dan bentuk yang unik dan dijamin disukai oleh anak. Vitamin ini sendiri merupakan produksi dari Natural Nutrindo dengan bentuk seperti permen kunyah.

Multivitamin Wellness Gummy Kids mengandung vitamin A, C, D, E, kalsium, asam folat, Vitamin B5, B6, B12, iodine, sodium, zinc, kolin, dan inositol. Rangkaian manfaat ini tidak hanya berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak.

Multivitamin ini dianjurkan untuk diminum sehari sekali dengan cara dikunyah. Sedulur bisa mendapatkan suplemen vitamin ini dengan harga mulai dari Rp160.000-Rp299.000 dengan isi 30-70 tablet vitamin.

Nah itulah daftar rekomendasi vitamin anak lengkap umur 6 tahun yang bisa Sedulur berikan secara teratur kepada anak agar tumbuh kembangnya terjamin tanpa kekurangan vitamin dan kandungan nutrisi lainnya.

Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk memperhatikan kebutuhan anak. Bukan hanya kebutuhan suplemen vitamin saja, namun kebutuhan lainnya bagi anak perlu Sedulur penuhi. Sedulur bisa membeli berbagai kebutuhan anak di Aplikasi Super.

Mulai dari kebutuhan popok bagi anak yang masih balita hingga kebutuhan pendukung ldan perlengkapan lainnya. Makanya, jangan lupa download Aplikasi Super di PlayStore untuk memenuhi kebutuhan anak dan kebutuhan harian lainnya