susu terbaik untuk balita 2 tahun

Bagi Sedulur yang sedang mencari susu terbaik untuk balita 2 tahun, tentu Sedulur harus hati-hati memilih susu dan pastikan dengan kualitas terbaik. Tentu, pemilihan susu formula harus sesuai dengan kebutuhan nutrisinya.

Setiap anak di tingkat usia berbeda memiliki kebutuhan nutrisi dan asupan gizi berbeda, nah dalam kesempatan kali ini kita akan bahas rekomendasi susu terbaik untuk balita 2 tahun. Karena memilihnya harus hati-hati, tentu terdapat beberapa hal yang harus Sedulur perhatikan saat memilih susu terbaik.

Maka dari itu, sebelum masuk ke rekomendasi susu terbaik untuk balita 2 tahun, lebih baik kita bahas terlebih dahulu bagaimana tips dan cara memilih susu formula untuk balita 2 tahun. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Superfood Untuk Anak yang Baik Bagi Perkembangan Otak

-->

Cara memilih susu formula untuk anak 2 tahun

iStock

Dalam penjelasan sebelumnya, disebutkan bahwa setiap anak membutuhkan kebutuhan gizi dan nutrisi yang berbeda, maka dari itu susu terbaik untuk balita 2 tahun belum tentu terbaik untuk balita anak usia lainnya. Memperhatikan kebutuhan anak dan kadungan gizi dan nutrisi dalam susu merupakan hal penting.

Saat memilih susu terbaik untuk balita 2 tahun, Sedulur harus hati-hati. Terdapat beberapa poin penting yang perlu Sedulur perhatikan. Kandungan yang ada di dalam susu serta penyesuaian dengan kondisi anak perlu dicermati. Berikut poin-poin penting yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Sesuaikan kandungan susu dengan kondisi anak

Dalam memilih susu terbaik untuk balita 2 tahun yaitu menyesuaikan kandungan susu dengan kondisi anak. Biasanya anak atau balita sering kali mengalami kondisi pencernaan yang kurang baik atau bahkan mengalami kondisi kekurangan gizi.

Pertama, Sedulur harus memilih susu yang mengandung kalori, protein dan zat besi tinggi agar berat badan anak cepat naik dan terhindar dari kekurangan gizi. Dengan kalori, proteuin, zat besi dan zing yang terdapat dalam susu, manfaat yang akan dirasakan oleh anak yaitu:

  • Protein dapat membantu membentuk massa otot anak sehingga berat badannya dapat meningkat.
  • Zat besi berfungsi membentuk sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.
  • Zink berperan penting merangsang peningkatan berat badan anak menjadi optimal.

Makanan yang kaya akan protein merupakan makanan yang dapat membantu tumbuh kembang anak. Hal tersebut disebabkan karena protein dapat memberikan manfaat bagi tumbuh kembang anak. Penjelasan lebih lengkap terkait manfaat protein untuk anak yaitu sebagai berikut:

  • Susu pertumbuhan anak 2 tahun yang mengandung protein cukup dapat mengurangi risiko stunting pada anak.
  • Jenis-jenis asam amino (rantai yang membentuk protein) seperti lisin dan arginine dapat membantu hormon pertumbuhan.
  • Asupan protein pada usia awal pertumbuhan akan sangat mempengaruhi tinggi dan berat badan anak ketika ia menginjak usia 10 tahun kelak.
  • Telur, kacang-kacangan, daging merah, daging unggas, makanan laut, polong-polongan adalah jenis makanan yang tinggi protein.
  • Protein dalam susu pertumbuhan anak 2 tahun memiliki kualitas tinggi dan dapat membantu mendukung pertumbuhan anak.

Sementara bagi anak yang susah BAB atau sering mengalami diare, susu formula untuk balita 2 tahun yang disarankan adalah yang mengandung prebiotic. Prebiotik membantu meningkatkan pertumbuhan probiotik (bakteri baik dalam usus) sehingga proses pemecahan makanan berlangsung dengan optimal.

Selain melancarkan pencernaan anak, prebiotik memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Prebiotik juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Prebiotik sendiri memiliki beberapa tipe, contohnya PDX (polydextrose), FOS (fructo-oligosaccharides), dan GOS (galacto-oligosaccharides).

2. Ketahui kandungan penting lain yang dibutuhkan

Dalam memilih susu terbaik untuk balita 2 tahun, Sedulur juga harus mengetahui kandungan penting yang terdapat dalam susu. Pertama-tama, kandungan penting yang harus dimiliki adalah kalsium, karena kalsium sangat baik untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi. Secara lengkapnya, kalsium bermanfaat untuk:

  • Membantu meningkatkan kepadatan tulang sehingga tinggi badan anak lebih optimal.
  • Kalsium juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi anak.
  • Dengan kalsium yang cukup, anak akan lebih cerdas serta memiliki sistem imun yang kuat.

Selain kalsium, susu formula juga harus mengandung AA dan DHA, yang penting untuk meningkatkan perkembangan otak anak. AA (arachidonic acid) dan DHA (docosehaxaenoic acid) memiliki manfaat yaitu:

  • Kedua kandungan ini merupakan asam lemak tidak jenuh yang juga bermanfaat untuk mencerdaskan otak anak.
  • AA dan DHA juga membuat tubuh anak menjadi tidak mudah sakit. Hal ini karena kedua kandungan ini juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.
  • Selain itu, AA dan DHA juga bermanfaat menjaga retina anak menjadi lebih sehat.

Susu formula juga wajib mengandung vitamin A, B, dan D yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Secara lengkapnya, kandungan-kandungan vitamin tersebut memiliki manfaat yaitu sebagai berikut:

  • Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata dan kulit anak.
  • Vitamin B membantu memproduksi sel-sel darah merah dalam tubuh.
  • Vitamin D diperlukan anak untuk memperkuat tulang dan gigi anak.

3. Pilih rasa susu yang disukai anak

Saat memilih susu terbaik untuk balita 2 tahun, tentu hal penting yang harus Sedulur pertimbangkan yaitu memilih susu yang disukai oleh anak. Hal ini bertujuan agar anak mau meminum susu yang diberikan. Maka dari itu, rasa yang dipilih harus sesuai dengan selera anak.

Susu formula di pasaran dijual dengan berbagai rasa yang lezat dan disukai anak, seperti vanila, madu, dan cokelat. Untuk mengetahui kecocokan rasanya, sebaiknya beli susu dalam ukuran kecil terlebih dahulu. Setelah itu, bisa dilanjutkan membeli ukuran besar bila anak menyukai rasa yang dipilih.

Namun, disarankan untuk memilih susu yang tidak terlalu manis. Susu yang manis mengandung gula tinggi sehingga dikhawatirkan menyebabkan obesitas pada anak. Terdapat dua jenis gula tambahan yang ada dalam susu formula, yaitu laktosa dan sukrosa.

Sebaiknya pilih susu yang mengandung laktosa karena lebih tinggi manfaat serta kadar gulanya lebih rendah. Agar Sedulur terjamin dengan kualitas susu yang baik, Sedulur bisa membeli berbagai produk dan merk susu terbaik di Aplikasi Super. Cek sekarang juga ketersediaan barangnya di aplikasi!

BACA JUGA: 12 Inspirasi Resep Bekal Anak yang Mudah & Menggugah Selera

Sambil menjadikan pembahasan di atas sebagai pertimbangan memilih susu, berikut ini beberapa rekomendasi susu yang bisa Sedulur beli untuk anak Sedulur. Rekomendasi susu terbaik untuk balita 2 tahun yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Wyeth Nutrition S-26 Procal Nutrissentials Tahap 3

susu terbaik untuk balita 2 tahun
My-Best

Rekomendasi susu terbaik untuk balita 2 tahun pertama adalah Wyeth Nutrition S-26 Procal Nutrissentials Tahap 3. Susu ini bisa sedulur dapatkan dengan harga mulai dari Rp362.200.  Produk ini hanya tersedia dalam satu varian rasa dan kemasan saja. Sedulur tidak bisa mendapatkan banyak pilihan.

Sementara itu, kelebihan dari produk ini yaitu mengandung vitamin B kompleks yang bagus untuk energi, kekebalan tubuh, dan produksi sel darah serta tinggi zat besi, kalsium, dan protein yang baik untuk pertumbuhan anak.

Susu formula ini mengandung vitamin B kompleks seperti B1, B2, B6, dan niasin. Vitamin B kompleks memiliki banyak manfaat, yakni memproduksi energi, meningkatkan sistem imun, dan memproduksi sel darah. Vitamin B kompleks bisa didapatkan dari sayuran.

2. Frisian Flag Primagro 1+

My-Best

Rekomendasi kedua yaitu Frisian Flag Primagro 1+, susu ini hanya tersedia varian 2kg dan 3kg dengan kemasan kaleng. Sehingga untuk masalah keamanan produk, susu ini kurang terjada. Namun susu ini sangat ekonomis, yaitu mulai dari Rp21.000.

Kelebihan dari produk susu ini yaitu produk tersedia dalam banyak varian kemasan dan ada tiga pilihan rasa yang bisa disesuaikan dengan selera. Bagi Sedulur yang memiliki budget terbatas, disarankan membeli produk ini.

Karena produk ini tersedia dalam berbagai kemasan 120 gram hingga 3kg. Sehingga keuangan Sedulur tidak akan langsung terkurang hanya dengan membeli susu saja. Jika Sedulur ingin lebih hemat, Sedulur bisa memilih kemasan 2kg atau 3kg.

Sesuai kebutuhan anak akan susu dalam beberapa bulan, sehingga yang menjadi pertimbangan yaitu ukuran mana yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan waktunya.

3. SGM Eksplor 1 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC

susu terbaik untuk balita 2 tahun
My-Best

Rekomendasi susu terbaik untuk balita 2 tahun selanjutnya yaitu SGM Eksplor 1 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC. Susu ini bisa didapatkan mulai dengan harga Rp68.300 saja. Namun terdapat beberapa anak yang tidak cocok dengan susu ini, yang menyebabkan anak mengalami diare.

Sementara itu, kelebihan dari merk susu formula bagi sebagai anak yang cocok yaitu dapat membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi penting pada tubuh anak, karena susu formula ini juga dilengkapi serat pangan yang baik untuk pencernaan

Dalam produk ini juga dilengkapi dengan kombinasi unik zat besi, vitamin C dan ironC akan membantu penyerapan nutrisi lebih maksimal. Susu ini juga dilengkapi DHA, omega-3, omega-6, serta minyak ikan yang baik untuk otak.

Kandungan protein, kalsium, serta vitamin D baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, susu ini juga dilengkapi serat pangan untuk mencegah konstipasi dan kegemukan.

4. Abbott PediaSure

My-Best

Selanjutnya yaitu Abbott PediaSure yang bisa Sedulur dapatkan mulai dari harga Rp183.900, namun produk ini hanya tersedia dengan kemasan 400 gram ke atas. Kelebihan produk ini yaitu tersedia dalam tiga varian rasa yang disukai oleh anak.

Sedulur juga bebas memilih kemasan, mulai dari kemasan kaleng dan kardus, disesuaikan dengan budget yang Sedulur miliki. Susu ini juga baik dikonsumsi bagi anak hingga usia 10 tahun. Selain itu, produk ni juga cocok untuk mengatasi masalah makan anak.

Kebutuhan nutrisi anak yang kurang bisa dilengkapi dengan susu ini. Produk ini mengandung makronutrien dan mikronutrien lengkap yang diperlukan untuk pertumbuhan anak. Oleh karena itu, produk susu ini boleh dikonsumsi anak usia 1–10 tahun.

5. Mead Johnson Enfagrow A+ 3

susu terbaik untuk balita 2 tahun
My-Best

Mead Johnson Enfagrow A+ 3 merupakan rekomendasi susu terbaik untuk balita 2 tahun. Susu ini bisa Sedulur dapatkan mulai dari Rp198.000. Namun, merk susu ini tidak tersedia dalam ukuran kemasan kecil, yaitu di bawah 400 gram.

Kelebihan lain yaitu produk ini tersedia dengan tiga varian rasa. Bagi Sedulur yang ingin otak anak berkembang lebih baik dan optimal, Sedulur bisa memberikan anak susu ini. Enfagrow A+ 3 ini mengandung omega-3 dan omega-6 tinggi untuk mendukung perkembangan otak anak.

Kadar DHA produk ini juga tinggi sehingga anak bisa tumbuh lebih cerdas. Tentu Sedulur ingin pertumbuhan dan perkembangan otak anak seimbang dengan pertumbuhan fisiknya. Maka Sedulur bisa memberikan anak susu ini secara rutin.

BACA JUGA: 16 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak, Seru dan Bermanfaat!

6. Nestlé DANCOW 1+ Imunutri

My-Best

Rekomendasi susu formula selanjutnya yaitu Nestlé DANCOW 1+ Imunutri. Susu ini sangat terjangkau, bisa Sedulur dapatkan mulai dari Rp29.900. Susu ini mengandung 0 gram sukrosa sehingga menghasilkan rasa manis yang lebih sehat.

Selanjutnya, kelebihan lainnya yaitu susu ini tersedia dalam tiga varian rasa yang bisa dipilih dan seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa susu ini menggunakan gula jenis lakstosa sehingga lebih menyehatkan serta efektif mencegah diare pada anak berkat kandungan bakteri Lactobacillus rhamnosus.

Sedulur juga perlu tahu, bahwa susu ini mengandung alergen, maka dari itu, Sedulur wajib memeriksa terlebih dahulu daftar bahan yang dicetak tebal pada kemasan.

7. Nutricia Bebelac Gold 3

susu terbaik untuk balita 2 tahun
My-Best

Nutricia Bebelac Gold 3 bisa jadi rekomendasi Sedulur. Susu ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp156.400. Kelebihan dari susu formula ini yaitu tinggi akan serat yang dapat membantu melancarkan BAB pada anak. Juga tersedia dua varian rasa yang bisa digunakan sesuai selera.

Namun susu ini hanya tersedia dalam satu ukuran kemasan saja, yaitu 700 gram. Selain itu, produk ini juga dilengkapi nutrisi lain, seperti fish oil, omega-3, dan omega-6 yang mendukung pertumbuhan si kecil.

8. SOHO Global Health Curcuma Plus Milk

My-Best

Susu formula untuk anak dua tahun ini bisa Sedulur dapatkan mulai dari harga Rp35.200. SOHO Global Health Curcuma Plus Milk dapat meningkatkan nafsu makan anak karena kandungan ekstrak temulawak di dalamnya.

Kelebihan lainnya yaitu susu ini tersedia dalam tiga ukuran kemasan dan tiga varian rasa, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, bagi beberapa orangtua, susu ini dianggap terlalu manis untuk anak. Sedulur bisa cek terlebih dahulu rasa susu ini sebelum diberikan kepada anak.

9. Nature One Dairy Organic Toddler Nutritious Milk Drink Step 3

susu terbaik untuk balita 2 tahun
My-Best

Rekomendasi selanjutnya yaitu Nature One Dairy Organic Toddler Nutritious Milk Drink Step 3. Harga susu ini agak mahal, yaitu mulai dari Rp450.000. Kelebihan dari susu ini yaitu dapat digunakan sebagai alternatif pengganti ASI.

Hal tersebut dikarenaka Nature One Dairy Organic Toddler Nutritious Milk Drink Step 3 merupakan susu organik tanpa zat kimia, pemanis ataupun gula. Susu formula ini juga hanya tersedia dalam kemasan kaleng yang berukuran 900 gram dengan rasa plain.

10. KALBE Morinaga Chil Kid P-HP MoriCare Zigma Triple Bifidus

susu terbaik untuk balita 2 tahun
My-Best

Ada juga susu formula Morinaga Chil Kid P-HP MoriCare Zigma Triple Bifidus yang bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp141.500. Kelebihan susu ini yaitu menggunakan protein whey yang aman dikonsumsi bagi anak yang memiliki alergi.

Selain itu, susu ini juga dilengkapi dengan moricare+ prodiges yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan otak dan daya tahan tubuh anak. Namun susu ini hanya tersedia dalam satu varian rasa saja, yaitu rasa plain.

11. Lactogen 3 Gold

K24Klik

Lactogen 3 Gold diformulasikan untuk membantu proses pertumbuhan fisik dan mental anak. Lantaran mengandung DHA, ALA, LA, probiotik, dan kalsium, susu ini mampu merangsang kecerdasan otak dan perkembangan saraf mata serta mencegah terjadinya kerusakan sel.

Susu formula untuk anak 2 tahun ini memiliki rasa yang enak dengan harga sekitar Rp53.990 kemasan 350 gram. Sangat ekonomis dan terjangkau! Anak bisa terjamin tumbuh kembangnya, tanpa harus memikirkan budget yang terkuras.

12. Similac Gain Plus 3

susu terbaik untuk balita 2 tahun
K24Klik

Similac Gain Plus 3 mengandung zat besi, AA, DHA, Taurin, Kolin, 12 vitamin, dan 9 mineral yang berperan dalam pertumbuhan si kecil. Susu ini bisa jadi rekomendasi dan pilihan Sedulur sebagai orang tua untuk memberikan yang terbaik kepada si kecil. Terutama untuk tumbuh kembangnya.

Kandungan tersebut mampu membentuk dan memperkuat kepadatan tulang, mengurangi risiko anemia dan obesitas, serta mendorong pertumbuhan otak si kecil. Similac Gain Plus 3 dibanderol dengan harga Rp232.600 kemasan 850 gram.

BACA JUGA: Cara Ampuh Mengatasi Anak GTM

Pentingkah susu formula untuk anak 2 tahun?

iStock

Pertanyaan pentingnya yaitu, apakah susu terbaik untuk balita 2 tahun penting? Para ahli dan pakar laktasi menyampaikan bahwa  anak usia dua tahun pada dasarnya sudah tidak membutuhkan susu formula, hal tersebut disebabkan karena gizi seimbang yang dibutuhkan sudah didapatkan dari makanan.

Pemberian susu formula untuk anak dua tahun bukannya tidak boleh. Akan tetapi, susu formula yang diminum haruslah sesuai dengan takaran dan tidak berlebihan. Susu formula hanyalah pelengkap nutrisi untuk tumbuh kembang anak dan bukan kebutuhan utama.

Pasalnya, susu tetap memiliki banyak manfaat, misalnya untuk mendukung pertumbuhan fisik dan otak anak. Jika anak Sedulur mengalami masalah gizi tertentu, anak memerlukan susu formula untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Jadi, apabila Sedulur berencana memberikan susu formula untuk anak usia dua tahun, sebaiknya memahami penjelasan di atas dengan saksama. Hal penting yang perlu diperhatikan beserta takaran susu yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Lantas berapa banyak kebutuhan anak 2 tahun meminum susu? Untuk anak usia dua tahun, susu yang dibutuhkannya tidak lebih dari 2 gelas susu atau setara 480 ml setiap hari. Gunakan takaran ini sebagai patokan agar Sedulur tidak berlebihan memberikan susu pada anak.

Jika anak terlalu kenyang akibat susu, risiko GTM akan meningkat. Maka dari itu, jangan terlalu berlebihan memberikan susu kepada anak, pertimbangkan segala halnya termasuk kebutuhan anak itu sendiri.

Apakah anak umur 2 tahun boleh minum susu cokelat? Susu cokelat boleh diberikan kepada anak umur dua tahun. Namun, dengan syarat anak tidak memiliki alergi serta tidak diberikan secara berlebihan. Susu cokelat mengandung gula yang lebih tinggi daripada susu plain.

Pemberian susu cokelat sebaiknya diminum sesekali, bukan dijadikan susu harian anak. Hal ini untuk menghindari anak dari risiko obesitas pada anak karena terlalu banyak mengkonsumsi gula dalam satu harinya.

Nah itulah daftar rekomendasi susu terbaik untuk balita 2 tahun, semoga dari rekomendasi di atas terdapat susu yang cocok untuk kebutuhan si kecil di rumah. Perhatikan juga tips memilih susu dan seberapa penting anak butuh akan susu formula.

Kebutuhan anak balita bukan hanya susu saja, namun kebutuhan nutrisi dan gizi lain yang terdapat di dalam makan juga dibutuhkan oleh si kecil. Maka Sedulur penting untuk memasok makanan dan kebutuhan balita lainnya. Agar memudahkan Sedulur, penuhi stok kebutuhan si kecil di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan berbagai kebutuhan asupan gizi dan nutrisi bagi balita. Belanja di Aplikasi Super bisa membuat Sedulur untung melimpah, karena banyak potongan harga ditambah Sedulur tidak perlu keluar rumah. Dijamin belanja jadi super mudah. Yuk, cek aplikasinya sekarang!