tips sahur untuk ibu hamil

Tips puasa dan sahur untuk ibu hamil maupun menyusui menjadi topik yang banyak diperbincangkan saat bulan Ramadan. Hal ini karena puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam selama bulan suci. Meski sebagian ulama menyatakan bahwa hukum puasa untuk ibu hamil dan menyusui tidaklah wajib, tak jarang yang tetap menjalankannya karena merasa mampu. 

Nah, agar Sedulur yang sedang hamil ataupun menyusui dapat menjalankan ibadah puasa secara lancar, berikut sudah dirangkum beberapa tips puasa dan sahur yang bisa diikuti. Yuk, langsung disimak informasi selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Penting! Ini 10 Manfaat Kangkung Untuk Ibu Hamil

Hukum puasa untuk ibu hamil dan menyusui

tips sahur untuk ibu hamil
iStock

Terdapat beberapa pandangan mengenai hukum puasa Ramadan untuk ibu hamil dan menyusui. Dikutip dari buku Majelis Ramadhan karya Muhammad Shalih Al Utsaimin, hukum puasa bagi ibu hamil dan menyusui pada dasarnya tidak diwajibkan. Hal ini sebagaimana tertuang dalam hadis riwayat Anas bin Malik, ia berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda:

“Sesungguhnya Allah telah menggugurkan separuh sholat bagi musafir serta mencabut kewajiban puasa bagi musafir, wanita menyusui, dan wanita hamil.” ( HR Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah).

Di sisi lain, ibu hamil maupun menyusui diperbolehkan melaksanakan puasa apabila ia dan janin yang dikandungnya dalam keadaan sehat. Oleh karenanya, Sedulur yang sedang dalam kondisi tersebut disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dengan begitu Sedulur dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

BACA JUGA: Yogurt Untuk Ibu Hamil Berbahaya? Ketahui Faktanya Di Sini!

Tips berpuasa untuk ibu hamil dan menyusui

iStock

Bagi Sedulur yang sedang hamil atau menyusui dan ingin menjalankan ibadah puasa Ramadan, berikut ada beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Tidak melewatkan sahur

Tips puasa untuk ibu hamil yang pertama adalah tidak melewatkan santap sahur. Seperti diketahui, puasa merupakan ibadah yang dijalankan dengan cara menahan diri dari nafsu serta berbagai hal lain yang dapat membatalkannya sejak terbit fajar hingga tenggelamnya matahari, termasuk makan dan minum.

Kondisi tersebut kerap membuat seseorang merasa lapar dan lemah ketika menjalankan ibadah puasa. Nah, santap sahur inilah yang menjadi momen di mana Sedulur bisa menyiapkan bekal energi untuk beraktivitas seharian. Untuk itu, jangan sampai melewatkan makan sahur dan pastikan pula makanan yang dikonsumsi dapat memenuhi kebutuhan gizi harian.

2. Cukupi kebutuhan cairan

Tips puasa aman bagi ibu hamil dan menyusui yang kedua adalah mencukupi kebutuhan cairan. Mengonsumsi air secara cukup saat sahur bisa membantu tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa, meski tidak makan dan minum. Dengan begitu, fungsi organ tubuh juga bisa berjalan dengan baik tanpa ada gangguan.

3. Hindari aktivitas fisik yang berat

Sama halnya dengan kebanyakan orang yang berpuasa, Sedulur juga tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas berat yang menguras tenaga. Pasalnya aktivitas seperti itu bisa membuat tubuh menjadi lemas. Terlebih saat berpuasa Sedulur tidak bisa langsung makan dan minum untuk mengembalikan energi yang hilang setelah beraktivitas.

BACA JUGA: 8 Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil Baik Bagi Kesehatan

Tips sahur untuk ibu hamil dan menyusui

iStock

Sementara itu, berikut ada beberapa tips sahur untuk ibu hamil dan menyusui agar tidak mudah lemas ketika berpuasa, sebagaimana dirangkum dari laman Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta.

1. Pilih makanan yang kaya nutrisi

Pertama, pilih makanan yang kaya akan kandungan nutrisi. Hal ini dimaksudkan agar makanan yang dikonsumsi bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Adapun komposisi nutrisi dalam makanan yang seimbang adalah meliputi 50% karbohidrat, 30% protein, dan 10-20% lemak.

Karbohidrat bisa Sedulur peroleh dari nasi atau gandum, sementara protein bisa diperoleh dari daging sapi, ayam, tahu, atau tempe. Sedulur juga bisa menambahkan susu ke dalam menu sahur untuk menambahkan nutrisi sekaligus sebagai sumber energi. 

2. Konsumsi buah dan sayuran

Saat santap sahur, Sedulur juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanang berserta tinggi seperti sayuran dan buah. Dengan begitu, Sedulur akan terhindar dari risiko konstipasi atau gangguan pencernaan.

3. Tidak terburu-buru saat makan

Tips sahur berikutnya adalah tidak terburu-buru sehingga makanan juga bisa dicerna dengan baik oleh tubuh. Dalam hal ini, Sedulur disarankan agar bangun lebih awal sehingga santap sahur bisa dilakukan dengan tenang.

BACA JUGA: Beragam Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Janinnya

Rekomendasi menu sahur untuk ibu hamil dan menyusui

iStock

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, menu sahur yang baik adalah makanan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Oleh karenanya menu sahur yang dipilih tidak boleh hanya sekadar memberikan rasa kenyang. Nah, agar tidak bingung dalam memilih menu sahur untuk ibu hamil dan menyusui, berikut ada tiga rekomendasi menu yang bisa menjadi referensi Sedulur.

1. Telur dan roti gandum

Rekomendasi menu sahur untuk ibu hamil dan menyusui yang pertama adalah telur serta roti gandum. Seperti diketahui, telur merupakan sumber protein dan lemak yang diperlukan oleh tubuh. Sedulur bisa memasaknya menjadi telur dadar ataupun olahan lain sesuai selera.

Sebagai pelengkap sajian telur tersebut, Sedulur bisa mengonsumsi roti gandum yang mengandung karbohidrat kompleks. Zat nutrisi ini dapat membuat ibu hamil menjadi tidak mudah lapar. Selain itu roti gandum juga memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh.

2. Beras merah

Bahan makanan lain yang bisa disajikan sebagai menu sahur adalah beras merah. Berbeda dengan beras putih, beras merah memiliki indeks glikemik rendah, yakni 55 sehingga tidak mudah meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, beras merah juga mengandung lebih banyak serat dan bisa membantu memenuhi kebutuhan kalori tanpa menyebabkan kenaikan berat badan secara berlebihan.

3. Brokoli

Sebenarnya, hampir segala jenis sayuran memiliki manfaat baik untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui. Namun ada beberapa jenis sayuran yang memiliki nutrisi terbaik, seperti brokoli. Diketahui, brokoli mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, ada juga kandungan kalsium dan asam folat yang dibutuhkan untuk menjaga pertumbuhan tulang dan otak janin.

Itu dia beberapa tips dan trik puasa untuk ibu hamil dan menyusui yang bisa Sedulur ikuti. Dapat disimpulkan bahwa salah satu kunci agar bisa lancar menjalankan puasa adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi saat sahur.

Untuk memperoleh bahan makanan berkualitas untuk sahur maupun bebruka saat Ramadan, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super. Sebab, ada beragam kebutuhan rumah tangga termasuk aneka bahan memasak dan bumbu dapur.

Selain itu Aplikasi Super juga menyediakan berbagai macam kebutuhan bayi dan anak dengan harga terjangkau. Sehingga Sedulur bisa belanja kebutuhan bulanan sekaligus perlengkapan si kecil hanya dengan satu aplikasi. Praktis bukan? Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super di Google Play Store sekarang!