Sedulur dan Ibu Super ingin segera hamil dan mendapatkan momongan? Simak langkah dalam program hamil di bawah ini!

Promil adalah singkatan dari program kehamilan. Terdapat beberapa tahapan dan langkah yang harus dilakukan dalam cara program hamil. Kehamilan memang sebuah anugerah dan pemberian dari Sang Pencipta, namun sebagai manusia, hakikat kita untuk terus berusaha.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa tahapan dalam program hamil. Terkait apa yang harus dilakukan saat program hamil. Dan beberapa informasi terkait promil alami lainnya. Terdapat juga apa yang harus tidak boleh dilakukan saat program hamil.

Tahapan program hamil akan sangat membantu agar Sedulur dan Ibu Super cepat mendapatkan momongan. Yuk, mari kita langsung saja kita simak pembahasannya terkait apa saja hal yang harus dilakukan setiap pasangan suami istri dalam program hamil.

-->

Baca Juga: 11 Arti Mimpi Hamil, Pertanda Baik atau Buruk?

Hal yang Harus Dilakukan dalam Program Hamil

1. Lakukan Prakonsepsi

1. Lakukan Prakonsepsi
grid.id

Langkah pertama dalam cara program hamil yang benar adalah melakukan pemeriksaan prakonsepsi kepada dokter kandungan atau ahli lainnya. Melakukan pemeriksaan prakonsepsi merupakan proses dasar untuk kehamilan yang sehat. Konsultasi dengan dokter kandungan adalah hal yang tepat, karena dokter kandungan akan memberi tahu segala hal untuk memulai program kehamilan dan mengandung bayi.

Selain itu, konsultasi dengan dokter kandungan dan melakukan pemeriksaan prakonsepsi akan membantu Sedulur dan Ibu Super menyelesaikan masalah kesehatan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi kehamilan yang sehat dan sebagaimana mestinya.

2. Ketahui Masa Subur

2. Ketahui Masa Subur
halodoc.com

Mengetahui masa subur akan mempengaruhi jadwal berhubungan agar cepat hamil. Maka dari itu, mengetahui masa subur adalah hal yang penting untuk dilakukan. Baik itu Ibu Super atau Sedulur itu sendiri. Ketahui waktu ovulasi yang tepat dan pelajari periode haid Ibu Super. Dengan mengetahui hal tersebut, akan diketahui kapan sel telur melepaskan diri dari ovarium di setiap periode haid.

Terdapat beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengetahui masa subur dan memprediksikan hari-hari ovulasi. Salah satunya dengan menggunakan tools atau aplikasi yang telah teruji klinis dan direkomendasikan oleh para ahli dan dokter kandungan tempat Sedulur dan Ibu Super melakukan konsultasi kehamilan.

3. Rutin Berolahraga

3. Rutin Berolahraga
tempo.co

Salah satu langkah yang tepat saat melakukan cara promil yang berhasil adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Berolahraga secara rutin merupakan bagian dari hidup sehat. Disarankan untuk setiap pasangan suami istri yang ingin segera hamil atau sedang dalam program hamil untuk menjalankan hidup sehat, salah satunya rutin berolahraga.

Rutin berolahraga akan memperbaiki kualitas sperma bagi para suami, dan juga memperbaiki kualitas sel telur dan memperkuat masa ovulasi yang baik.

4. Jaga Asupan Makanan Sehat

4. Jaga Asupan Makanan Sehat
tribunnews.com

Selain berolahraga, program hamil untuk suami yang harus diperhatikan adalah menjaga asupan makanan sehat. Menjaga asupan makanan sehat juga merupakan salah satu program ibu hamil yang pasti dianjurkan oleh setiap dokter kandungan atau para ahli lainnya. Karena menjaga asupan makanan merupakan salah satu bagian penting dari menjalankan hidup sehat.

5. Bangun Suasana Romantis saat Berhubungan

5. Bangun Suasana Romantis saat Berhubungan
merdeka.com

Salah satu hal yang bisa membantu Sedulur dan Ibu Super agar cepat hamil adalah membangun suasana romantis saat berhubungan. Salah satu caranya adalah dengan menentukan posisi tidur saat program hamil. Ibu Super dan Sedulur bisa membangun suasana dengan terlebih dahulu berbincang sambil mendengarkan musik-musik romantis.

Karena dengan suasana yang baik dan romantis, efektifitas saat berhubungan bisa terjalin dengan baik. Lalu kemudian fokus pada satu posisi yang nyaman oleh kedua pasangan, baik Sedulur dan Ibu Super itu sendiri. Selain beberapa hal yang wajib Sedulur lakukan di atas, terdapat beberapa hal yang sebisa mungkin harus Sedulur hindari, apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 12 Cara Ampuh Agar Ibu Super Cepat Hamil

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Selama Program Hamil

1. Hubungan Intim Tidak Teratur

1. Hubungan Intim Tidak Teratur
alodokter.com

Hal pertama yang harus dihindari saat sedang melakukan program hamil adalah tidak rutin melakukan hubungan intim. Hubungan intim yang tidak teratur dan tidak disiplin hanya sekedar pemuas hasrat saja, hal tersebut tentu saja tidak masalah selama sebuah pasangan tidak menginginkan kehamilan.

Berbeda dengan pasangan yang sedang melakukan promil, hubungan intim yang tidak teratur harus dihindari. Sebaiknya memang membuat jadwal rutin melakukan hubungan intim dan hindari ketidakdisiplinan dengan melanggar jadwal yang telah dibuat tersebut.

2. Jangan Menggunakan Pelumas Atau Cairan Lubrikasi

2. Jangan Menggunakan Pelumas Atau Cairan Lubrikasi
nova.grid.id

Hal yang tidak boleh dilakukan saat sedang melakukan program hamil adalah menggunakan pelumas atau cairan lubrikasi. Banyak rumor yang menyatakan menggunakan bahan tambahan, seperti pelumas atau cairan lubrikasi bisa mempercepat kehamilan, namun hal tersebut belum terbukti kebenarannya.

Sedulur dan Ibu Super jangan pernah tergiur dengan rumor-rumor yang belum terbukti secara ilmiah. Lakukan saja secara alami dengan suasana yang baik dan juga persiapan yang sangat matang.

3. Jangan Menggunakan KB

3. Jangan Menggunakan KB
popmama.com

Hentikan segala penggunaan program KB sebelumnya, agar program hamil yang dijalankan bisa lancar. Berhenti minum pil KB dan menggunakan alat kontrasepsi. Karena akan butuh penyesuaian kembali untuk bisa hamil dan proses ovulasi. Hal ini berkaitan dengan program kehamilan itu sendiri. Ibu Super dan Sedulur seolah seperti memulai kembali dari awal, jika telah melakukan program satu ini.

4. Jangan Saling Menyalahkan

4. Jangan Saling Menyalahkan
tirto.id

Salah satu hal penting yang juga harus sangat diperhatikan adalah jangan saling menyalahkan, baik itu menyalahkan pasangan atau terlalu menyalahkan diri sendiri. Karena hal tersebut akan mempengaruhi masa program hamil yang sedang dilakukan. Mental suami dan istri akan sangat terganggu.

Jangan saling menyalahkan bisa dihentikan, untuk segala aspek, baik dalam aspek berhubungan intim atau juga dalam masa dan proses tahapan program hamil. Yang justru harus dilakukan adalah saling mendukung dan menguatkan satu sama lain, karena hal tersebut adalah hakikat dari menjalankan hubungan suami istri itu sendiri.

5. Tidak Terlalu Memanfaatkan Masa Subur

5. Tidak Terlalu Memanfaatkan Masa Subur
kumparan.com

Walapun mengetahui masa subur merupakan hal penting, dan melakukan hubungan intim di masa subur merupakan hal yang perlu diperhatikan, ada baiknya untuk tidak terlalu memanfaatkan masa subur itu sendiri. Melakukan hubungan intim senatural mungkin dan mengalir sebagaimana adanya.

Gunakan hasrat dan perasaan Sedulur atau Ibu Super saat hendak melakukan hubungan intim. Karena berhubungan intim merupakan hal yang alamiah dan naluriah, menggunakan naluri merupakan hal yang sangat dianjurkan, walaupun mempertimbangkan perhitungan masa subur juga merupakan hal yang disarankan.

Namun terlalu mengandalkan atau terlalu memanfaatkan masa subur juga tidak baik, terlebih akan memberikan dampak yang buruk pada keberlangsungan hubungan intim itu sendiri. Menggunakan naluri dan mengalir bagaikan air adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan, agar cepat bisa mendapatkan kehamilan.

Semoga penjelasan mengenai hal yang perlu dilakukan dalam program hamil dan hal yang tidak boleh dilakukan saat program hamil di atas, bisa menambah pengetahuan Sedulur dan Ibu Super sebagai pasangan. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan asupan gizi dan nutrisi, karena hal tersebut dapat mempengaruhi proses kehamilan. Ibu Super dan Sedulu bisa senantiasa mendapatkan asupan makanan bergizi yang berkualitas dengan harga murah di Aplikasi Super.

Sedulur dan Ibu Super bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super, download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super sekarang juga untuk menyediakan berbagai bahan dan barang berkualitas tinggi yang penuh dengan nutrisi untuk menunjang program kehamilan Ibu Super dan Sedulur sekalian.