bagaimana mengatasbagaimana mengatasi anak gtmi anak gtm

Apakah Supermom pernah mengalami kesulitan saat memberi makan si kecil dengan memberikan gerakan tutup mulut (GTM)? Jika si kecil mengalami hal ini, Supermom harus hati-hati dan mulai mencari tahu bagaimana mengatasi anak GTM.

GTM yang dilakukan si kecil merupakan sebentuk usaha mogok makan dari si kecil. Si kecil tidak ingin mengonsumsi makanan apapun, jika hal ini dibiarkan tentu saja si kecil akan kekurangan gizi dan mempengaruhi pertubuhannya.

Bukan hanya gangguan pertumbuhan namun si kecil juga akan mengalami sakit. Jika kondisi tersebut terjadi, maka bagaimana mengatasi anak GTM? Jangan khawatir, dalam kesempatan kali ini Supermom akan mengetahui solusinya!

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Terbaik, Aman Untuk Si Kecil

Apa itu GTM?

bagaimana mengatasi anak gtm
Fimela

Sebelum masuk ke pembahasan utama terkait bagaimana mengatasi anak GTM. Tentu Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu apa itu GTM. Di atas telah disinggung bahwa GTM merupakan singkatan dari gerakan tutup mulut, yang merupakan kegiatan mogok makan oleh si kecil, terutama yang berusia di bawah satu tahun.

GTM merupakan kondisi wajar dan pasti pernah dialami oleh setiap anak-anak. Supermom tidak perlu khawatir jika si kecil melakukan GTM. Terdapat beberapa hal yang bisa Supermom lakukan sebagai cara mengatasinya.

Penyebab GTM pada anak

iStock

Tentu gerakan tutup mulut ada penyebabnya. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, dengan mengetahui penyebabnya Sedulur bisa lebih tepat melakukan pencegahan. Beberapa penyebab umum yaitu sebagai berikut:

  • Si kecil tengah memasuki fase tumbuh gigi, sehingga anak tidak mau makan apapun. Karena saat tumbuh gigi, si kecil akan mengalami nyeri, gusi bengkah hingga menyebabkan demam dan tidak nyaman.
  • Si kecil mengalami masalah di saluran perncernaan, seperti maag atau GERD sehingga si kecil mengalami begah, sembeli dan lain sebagainya.
  • Si kecil mengalami saluran kencing, jika mengalami kondisi ini Supermom wajib periksa dan konsultasi ke dokter anak.
  • Kurangnya variasi rasa pada makanan sehigga si kecil bosan dengan makanan.
  • Bosan dengan cara makan yang biasa dilakukan.
  • Feeding rules yang tidak tepat diterapkan oleh Supermom.

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya di atas, lantas seperti apa cara mengatasi anak GTM yang tepat? Berikut penjelasannya:

1. Berikan porsi makan yang sesuai

bagaimana mengatasi anak gtm
iStock

Saat baru belajar makan, pastinya anak tidak bisa langsung menerima banyak makanan. Sedulur harus menghindari memberi porsi makan yang berlebih pada anak dan memaksanya untuk menghabiskan makanan. Berikan makan secukupnya atau sesuai dengan kemampuan makan anak.

2. Tidak memberikan gadget saat makan

iStock

Usahakan untuk tidak memberikan gadget pada anak saat makan, ini tujuannya agar anak tidak terganggung dan fokus pada kegiatan makan. Ajari anak untuk fokus saat makan, juga beri pemahaman pada anak kapan waktu makan dan kapan waktu bermain agar anak terbiasa disiplin.

3. Buat suasana makan menyenangkan

bagaimana mengatasi anak gtm
iStock

Gagaimana mengatasi anak GTM selanjutya? Yaitu dengan membuat suasana makan menjadi menyenangkan. Hindari memaksa anak makan saat anak menolaknya. Sebaliknya, tawarkan kembali beberapa saat kemudian.

Juga, jangan sampai Supermom memarahi anak saat ia tidak mau makan, karena hal tersebut justru membuat suasana makan jadi semakin tidak menyenangkan untuknya.

4. Tidak memberikan camilan berlebihan

iStock

Biasanya untuk tidak memberikan camilan berlebihan. Ini mencegah anak kenyang sebelum waktu makan. Jika ingin memberikan camilan, Supermom bisa memberikan buah-buahan, yoghurt atau rot. Sehingga Sedulur bisa mengatasi anak GTM karena mendapatkan makanan yang menarik.

BACA JUGA: 16 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak, Seru dan Bermanfaat!

5. Tidak memberi makan menjelang waktu tidur

bagaimana mengatasi anak gtm
iStock

Cara bagaimana mengatasi anak GTM yaitu dengan tidak memberikan makan menjelang waktu tidur. Sebab, anak tentu akan menolak makan saat mengantuk, bahkan bisa menjadi lebih rewel daripada biasanya.

Jika anak mengantuk tetapi belum makan, ibu bisa memberikan camilan agar perutnya tidak terlalu lapar. Sedulur juga bisa atur waktu makan anak agar terbiasa disiplin dalam makan sedari awal.

Nah itulah penjelasan bagaimana mengatasi anak GTM, penjelasan di atas bisa jadi pegangan Supermom agar si kecil bisa lancar makan dan asupan gizi terjamin sehingga tumbuh kembang anak bisa terjamin. Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai makanan menarik pada anak.

Agar Supermom bisa memiliki stok makanan si kecil yang menarik sehingga tidak mengalami GTM, Supermom bisa membeli berbagai stok makanan di Aplikasi Super. Bukan hanya kebutuhan makan saja yang tersedia, Supermom juga bisa memenuhi kebutuhan rumah lainnya di Aplikasi Super.

Belanja di Aplikasi Super dijamin membuat Sedulur mudah, ditambah lagi banyak potongan harga sehingga belanja jadi lebih murah. Aplikasi Super bisa membuat Sedulur untung super melimpah. Yuk, cek Aplikasi Super sekarang!