Harus diperhatikan perkembangan tubuh ibu hamil agar perkembangan janin pun bisa lebih baik lagi. Salah satu cara meperhatikan kondisi kehamilan adalah dengan rutin mengkonsumsi susu kehamilan 1-3 bulan secara teratur.

Ada banyak sekali rekomendasi merek susu kehamilan 1-3 bulan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas rekomendasi dan merk susu terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur semua. Yuk, mari langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Rencanakan Kehamilan? Ini Vitamin Promil yang Perlu Dikonsumsi!  

1. Anmum Materna

susu kehamilan 1-3 bulan
Anmum

Rekomendasi susu kehamilan 1-3 bulan yang pertama yaitu Anmum Materna. Saat usia kehamilan pertama, asupan nutrisi dapat membantu pembentukan tabung saraf janin dan hal ini sangat penting dalam perkembangan dan pertumbuhan janin itu sendiri.

-->

Annum Materna adalah susu yang diperkaya dengan kandungan asam folat dan DHA yang bisa menjadi rekomendasi untuk ibu hamil trimester pertama. Kandungan asam folat pada susu membantu pembentukan tabung saraf, menghindari risiko bayi lahir cacat serta pertumbuhan otak dan saraf tulang belakang. Kandungan DHA pada susu berperan memaksimalkan perkembangan sel otak bayi.

2. Lactamil Inisis

Kalcare

Rekomendasi susu kehamilan 1-3 bulan yang kedua yaitu Lactamil Inisis. Sedulur mungkin sudah sangat umum mendengar susu ini dari ibu hamil atau bahkan rekomendasi dari dokter kandungan itu sendir. Susu ini dapat dikonsumsi mulai dari mengandung hingga menyusui buah hati yang sudah lahir.

Salah satu hal yang menjadi alasan mengapa susu Lactamil Inisis dapat dijadikan sebagai pilihan adalah kandungan Vitamin B6 yang tinggi sehingga akan meminimalisasi rasa mual dan muntah yang kerap muncul selama proses kehamilan. Serta kandungannya juga dapat memastikan pertumbuhan janin dengan baik dan sebagaimana mestinya.

3. Prenagen Emesis

susu kehamilan 1-3 bulan
Prenagen

Rekomendasi susu kehamilan 1-3 bulan selanjutnya yaitu Prenagen Emesis. Saat masa kehamilan, ibu hamil akan sering mengalami rasa mual dan dengan mudah mengalami muntah-muntah, kondisi tersebut dapat menyulitkan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan.

Sementara itu, konsumsi makanan yang teratur dan bergizi sangat diwajibkan untuk ibu hamil. Maka dari itu, untuk mencegah hal ini terjadi susu Prenagen Emesis bisa jadi rekomendasi untuk dikonsumsi. Karena mengandung kandungan Vitamin B6 yang tinggi yang dapat meminimalisir rasa mual dan muntah-muntah yang mudah muncul dan dialami ibu hamil.

4. SGM Bunda

SGM Bunda Hamil Coklat 300gr

SGM Bunda merupakan rekomendasi susu kehamilan 1-3 bulan selanjutnya. Bukan hanya baik ibu hamil, namun juga sangat baik untuk ibu menyusui. Susu SGM Bunda kaya akan kandungan minyak ikan yang membantu perkembangan otak dan saraf.

Selain itu, susu ini juga mengandung zat besi, protein, tinggi asam folat dan vitamin yang bisa mendukung perkembangan janin.  Rasanya yang gurih bisa meredakan mual ibu hamil di trimester pertama. Varian rasa yang bisa dipilih seperti rasa cokelat, stroberi, jeruk dan juga vanilla.

5. Sun Ibu

susu kehamilan 1-3 bulan
The Asian Parent

Rekomendasi selanjutnya yaitu susu Sun Ibu. Susu ini merupakan susu ibu hamil dengan harga terjangkau yang dilengkapi dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Susu ini sendiri mengandung zat besi, omega 3 dan 6 serta vitamin B6 yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin itu sendiri.

Perkembangan janin di trimester pertama sangat penting dan mempengaruhi kondisi janin di bulan-bulan selanjutnya. Dengan mengkonsumsi susu ibu hamil 1-3 bulan, akan memastikan kondisi janin dalam keadaan baik dan dapat tumbuh dengan baik.

6. Prenagen Mommy

Prenagen

Susu ibu hamil yang juga menjadi rekomendasi adalah Mommy Prenagen. Prenagen juga merupakan susu yang kaya akan nutrisi. Diantaranya, zat besi, fosfor, protein, kalsium, vitamin D, asam folat, magnesium, inulin, omega 3, dan omega 6.

Dengan kandungan tersebut, susu Prenagen Mommy memiliki berbagai manfaat untuk ibu hamil, seperti menunjang tumbuh kembang janin, memperkuat janin agar terhindar dari keguguran, menghindari cacat lahir, serta mencegah anemia pada ibu hamil. Prenagen Mommy memiliki empat varian rasa, yakni cokelat, vanila, stroberi, serta moka.

7. Vidoran Ibunda

Vidoran

Rekomendasi selanjutnya yaitu Vidoran Ibunda, susu ini juga sakaligus susu pertama yang dilengkapi dengan imunUp dan diperkaya dengan kandungan minyak hati ikan cod, asam folat, tinggi kalsium, omega 3 dan 6, sumber 12 vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama kehamilan masa kehamilan.

Kandungan minyak hati ikan cod mengandung omega 3 (DHA & EPA), seta tinggi akan vitamin A dan D yang membantu untuk mengoptimakkan tumbuh kembang jaringan saraf dan otak janis, retina mata janin serta menjaga asupan nutrisi serta daya tahan tubuh iba hamil.

BACA JUGA: Catat! Ini Tips dan Trik Berpuasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

8. Enfamama A+

Enfa

Rekomendasi selanjutnya yaitu Enfamama A+. Susu ini diformulasi khusus untuk mendukung kebutuhan nutrisi ibu hamil juga ibu menyusui. Susu yang hanya tersedia dalam rasa coklat ini mengandung banyak nutrisi penting selama kehamilan seperti asam folat, zat besi, kalsium, vitamin dan mineral lainnya.

Penting untuk menjaga kesehatan selama kehamilan, karena hal tersebut sangat berpengaruh pada kondisi dan perkembangan janin itu sendiri. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Enfamama A+ bisa jadi rekomendasi untuk dibeli dan dikonsumsi secara rutin.

9. Frisomum Gold

Frisgo

Rekomendasi susu kehamilan 1-3 bulan yang terakhir yaitu Frrisomum Gold. Susu ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya mengandung prebiotik dan probiotik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan, serta mengurangi sembelit.

Selain itu, Frisomum Gold diproduksi dengan konsep Grass to Glass di Belanda, dengan teknologi single process atau satu kali pemanasan

BACA JUGA: 10 Tips Menu Sahur yang Sehat dan Praktis Untuk Ibu Hamil

Manfaat minum susu selama kehamilan

Salah satu manfaat minum susu selama kehamilan yaitu untuk memenuhi sejumlah kebutuhan nutrisi bagi perkembangan janin yang sehat. Adapun beberap manfaat yang bisa didapatkan yaitu:

  • Untuk mendapatkan asupan Vitamin D yang cukup. Susu merupakan sumber penting kalsium dan Vitamin D selama kehamilan. Dengan asupan Vitamin D yang cukup dapat mengurangi risiko bayi terkena alergi di amsa depan. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan 1.000 dan 1.300 miligram kalsium setiap hari untuk memberi makan tubuh mereka dan tubuh bayi mereka yang sedang berkembang.
  • Susu pada ibu hamil juga memiliki efek baik untuk pertumbuhan janin dan membantu bayi tumbuh tinggi. Bayi juga memiliki kadar insulin yang lebih tinggi dalam darahnya selama remaja akhir untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2.
  • Susu kaya protein, asam amino, dan asam lemak. Semua nutrisi ini penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Susu kaya kalsium dan zat besi, sehingga membantu dalam pembentukan dan perkembangan tulang bayi. Susu memiliki semua vitamin A, B, dan D yang diperlukan untuk perkembangan janin intrauterin.
  • Susu bertindak sebagai antasida efektif yang meringankan mulas dan penyakit lambung lainnya, yang merupakan masalah umum selama kehamilan.
  • Kandungan yodium dalam susu telah terbukti meningkatkan perkembangan otak janin dan meningkatkan IQ anak-anak.
  • Konsumsi susu pada ibu hamil juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit, seperti multiple sclerosis, ricket neonatal, dan osteoporosis.

Itulah beberapa rekomendasi susu kehamilan 1-3 bulan yang bisa jadi pilihan untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi saat hamil. Jangan lupa untuk mengkonsumsinya secara teratur agar kesehatan ibu hamil janin bisa terjaga setiap harinya.

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil lainnya. Setiap kebutuhan yang diperlukan bisa kulakan di Aplikasi Super. Terutama jika waktu kelahiran hampir tiba, persiapan parenting perlu mulai dicicil. Jangan khawatir, agar lebih mudah setiap kebutuhan parenting bisa belanja di Aplikasi Super.

Mulai dari kebutuhan popok, susu anak hingga kebutuhan minyak telon bisa didapatkan di Aplikasi Super. Makanya, Sedulur wajib download Aplikasi Super di PlayStore. Setelah download, jangan lupa rajin-rajin belanja menggunakan Aplikasi Super, ya!