menu sehat sahur untuk ibu hamil

Saat puasa, ibu hamil tidak bisa mengkonsumsi makanan sembarangan. Terdapat beberapa tips yang perlu ibu hamil ketahui, terutama tips sahur bagi ibu hamil agar bisa kuat seharian berpuasa. Karena kondisi tubuh ibu hamil yang berbeda, tentu kebutuhan nutrisi selama berpuasa pun berbeda.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas daftar tips sahur bagi ibu hamil. Walaupun Sedulur telah tahu tipsnya, namun konsultasi dengan dokter kandungan merupakan hal yang lebih baik dan disarankan. Hal ini untuk mencegah sesatu yang tidak diinginkan terjadi.

Lantas apa saja tips menu sahur bagi ibu hamil yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Wajib Dicatat, Tips dan Trik Puasa Bagi Ibu Hamil

-->

1. Telur dadar dan roti gandum

tips sahur ibu hamil
Hello Sehat

Rekomendasi menu sahur untuk ibu hamil pertama yaitu telur dadar dan roti gandum. Menu ini merupakan kombinasi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi sekaligus efektif menunda lapar bagi ibu hamil.

Roti gandung sendiri mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna lebih lama sehingga membuat ibu hamil tidak mudah lapar. Selain itu, roti gandum juga kaya akan serat yang baik untuk tubuh. Sementara itu, telur dadar akan memenuhi kebutuhan protein dan lemak dengan kualitas tinggi.

2. Nasi goreng beras merah

Detik

Rekomendasi tips sahur bagi ibu hamil yaitu bisa dengan mengkonsusi nasi goreng beras merah. Menu ini cukup efektif untuk mencegah sembeli karena mengandung cukup banyak serat. Nasi merah sendiri memiliki indeks glikemik yang rendah, nasi merah juga mengandung lebih banyak serat.

Sebagai biji-bijian utuh, nasi merah juga dapat memenuhi kebutuhan kalori yang meningkat selama kehamilan tanpa menyebabkan kenaikan berat hamil yang berlebihan.

3. Tumis brokoli

tips sahur ibu hamil
Ruparupa

Rekomendasi menu makan selanjutnya yaitu tumis brokoli. Brokoli juga merupakan salah satu sayuran terbaik untuk ibu hamil. Hal tersebut disebabkan karena brokoli mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Selain itu, brokoli juga mengandung kalsium dan asam folat yang dibutuhkan untuk menjaga pertumbuhan tulang otak janin. Brokoli juga mengandung serat tingg yang dapat mencegah sembeli selama kehamilan.

4. Dendeng balado

Tribun

Kebutuhan zat besi ibu hamil juga harus dipenuhi, karena jika ibu hamil kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko persalinan prematur hingga bayi lahir dengan berat rendah. Karena kebutuhan darah ibu hamil akan terus meningkat dan untuk itu dibutuhkan zat besi.

Untuk memenuhi hal tersebut, Sedulur bisa mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak, salah saru rekomendasi mengolahnya yaitu dengan membuatnya menjadi dendeng balado untuk memenuhi kebutuhan zat besi di dalamnya.

Namun harus diingat penggunaan minyak untuk menu ini jangan terlalu banyak. Bisa menggunakan minyak secukupnya sesuai kebutuhan untuk membuat menu masakan menjadi matang dan siap disantap.

5. Telur kecap

tips sahur ibu hamil
Cookpad

Sedulur juga bisa mengolah telur rebus dengan kecap sebagai menu sahur praktis untuk ibu hamil merupakan pilihan yang tepat. Telur merupakan makanan bergizi yang tinggi akan kolin, yaitu zat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin.

Kebutuhan kolin harian ibu hamil adalah 450 mg dan ibu hamil bisa mendapatkan hingga 294 mg kolin dari dua butir telur rebus. Supaya tidak bosan, ibu hamil bisa mengolah telur rebus dengan bumbu kecap.

Bayangkan Sedulur membuat orek telur kecap yang digoreng, namun kali ini Sedulur melakukannya dengan cara direbus agar lebih aman dan lebih sehat.

6. Sup ikan

Dapur KOBE

Rekomendasi selanjutnya yaitu ikan. Ikan merupakan bahan makanan yang mengandung tinggi protein, juga mengandung kandungan lemak jenuh yang rendah. Ikan yang bisa jadi rekomendasi yaitu ikan sarden, salmon, tuna hingga nila karena mengandung asam lemak omega-3.

Asam lemak tersebut penting untuk perkembangan saraf dan sel-sel pada janin. Disarankan dan lebih baik mengolah dengan cara merebus dan dijadikan sebagai sup. Untuk mempertahankan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

7. Buah pisang dan alpukat

tips sahur ibu hamil
Grid

Rekomendasi selanjutnya yaitu mengkonsumsi buah-buahan. Buah yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil selama berpuasa yaitu buah pisang dan buah alpukat. Kedua buah ini mengandung zat yang tinggi akan asam folat.

Zat gizi ini dibutuhkan selama proses pembentukan sel-sel dan organ pada janin. Pisang juga merupakan buah yang tinggi akan karbohidrat dan serat sehingga efektif untuk mencegah ibu hamil kelaparan saat puasa. Selain pisang, ibu juga bisa memilih alpukat untuk meredakan kaki kram yang kerap terjadi selama kehamilan.

8. Jangan lupa minum susu

tips sahur ibu hamil
Alodokter

Jangan lupa untuk meminum susu, disarankan susu khusus ibu hamil dengan formulasi yang lengkap. Dalam segelas susu, ibu hamil bisa mendapatkan asupan kalsium, omega-3, omega-6, asam folat, dan zat besi sekaligus.

Dengan begitu, kebutuhan gizi janin tetap bisa terpenuhi meskipun ibu sedang berpuasa. Bukan gizi untuk janin, gizi ibu hamil jug akan terpenuhi dengan mengkonsumsi susu secara teratur. Karena susu menyempurkan setiap gizi dan nutrisi yang telah dikonsumsi.

BACA JUGA: Tips Sahur Agar Tidak Haus Saat Puasa, Dijamin Berhasil!

9. Kentang rebus

Kompas

Tips sahur bagi ibu hamil selanjutnya yaitu kentang rebus. Hal tersebut disebabkan karena kandungan karbohidrat dalam kentang sangat tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat di dalam tubuh yang tidak terisi selama puasa.

Kentang rebus sangat baik bagi ibu hamil, karena didalamnya mengandung vitamin B1, vitamin B9, vitamin C, dan vitamin B6. Olahan kentang dengan cara direbus atau dikukus agar tidak menghilangkan gizinya. Sedulur juga bisa mengkonsumsi kentang dengan makanan lain seperti daging sapi, daging ayam dan telur atau makanan lain yang penuh gizi.

10. Aneka kacang-kacangan

IDN Times

Rekomendasi menu sahur untuk ibu hamil terakhir yaitu kacang-kacangan. Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki rasa yang sangat renyah dan kaya akan nutrisi, mineral, magnesium dan vitamin E. Untuk Sedulur yang tidak menyantap olahan daging (vegetarian), kelompok makanan ini sangat tepat untuk memenuhi protein dari nabati.

Makanan ini juga bisa jadi rekomendasi untuk buka puasa yang menyehatkan bagi ibu hamil. Hal tersebut akan kebutuhan nutrisi ibu hamil dan jabang bayi dapat terpenuhi selama bulan puasa.

Nah itulah tips sahur bagi ibu hamil yang bisa jadi panduan untuk menjalankan puasa tahun ini. Meskipun tips menu di atas mengandung gizi dan nutrisi yang baik, Sedulur harus tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan agar kebutuhan ibu dan jabang bayi tetap terpenuhi.

Jangan lupa juga untuk belanja kebutuhan makanan yang bergizi dan penuhi nutrisi di Aplikasi Super, untuk memenuhi kebutuhan tubuh ibu hamil selama bulan puasa. Selain itu, bisa juga mulai cicil belanja kebutuhan bayi di Aplikasi Super.

Kulakan dan belanja di Aplikasi Super dapat memberikan pengalaman belanja yang lebih praktis dan menguntungkan. Bagi yang belum memiliki aplikasinya, Sedulur bisa download aplikasinya di PlayStore dan nikmati belanja dengan harga grosir serta voucher gratis ongkir.