vitamin untuk program hamil

Jika Sedulur sedang merencanakan program hamil, maka mengkonsumsi vitamin secara rutin menjadi langkah penting yang harus Sedulur perhatikan. Hal ini tidak lepas dari asupan mineral dari vitamin bisa membantu menguatkan kesehatan janin dan si ibu itu sendiri. Beberapa vitamin untuk program hamil yang baik di antaranya seperti asam folat, vitamin E, vitamin B6 dan yang lainnya.

Dengan mengkonsumsi vitamin program hamil secara rutin dapat bermanfaat untuk membantu calon ibu mempertahankan kehamilan dan menguatkan janinnya. Dan berikut ini beberapa rekomendasi vitamin untuk program hamil yang perlu Sedulur konsumsi!

BACA JUGA : 8 Cara Menyikapi Masa Pubertas Pada Anak Remaja

Fungsi vitamin untuk program hamil

vitamin untuk program hamil
iStock

Sebelum membahas mengenai jenis vitamin yang baik untuk program hamil, alangkah baiknya Sedulur mengetahui manfaat dan fungsi dari vitamin tersebut. Berikut ini deretan fungsi dan manfaat vitamin untuk program hamil yang perlu Sedulur ketahui.

-->
  1. Menjaga kesehatan organ reproduksi

Kesehatan organ reproduksi pria maupun wanita dapat terganggu akibat berbagai faktor, mulai dari paparan radikal bebas, kebiasaan merokok, stres berlebihan, hingga efek dari penyakit tertentu. Dengan mengonsumsi vitamin untuk promil secara rutin, organ-organ reproduksi bisa tetap terjaga kesehatannya. Dengan demikian, risiko untuk mengalami gangguan kesuburan pun dapat berkurang, sehingga Sedulur akan lebih cepat hamil.

  1. Memperbaiki kualitas sel telur

Vitamin program hamil, terutama vitamin E memiliki kemampuan aktif sebagai antioksidan. Tak hanya bermanfaat dalam mengurangi tanda penuaan dini pada kulit, vitamin E untuk promil juga mampu meningkatkan kualitas sel telur. Dengan memiliki kualitas sel telur yang baik, proses pembuahan pun dapat berjalan lancar dan kehamilan akan memiliki presentase yang lebih besar untuk terjadi.

  1. Menyehatkan sel sperma

Beberapa riset menunjukkan bahwa tercukupinya asupan nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, zinc, dan folat, sangat berperan penting dalam menjaga kualitas dan fungsi sperma. Asupan nutrisi yang cukup juga dapat membantu sel-sel sperma untuk bisa bergerak cepat dalam mencapai dan membuahi sel telur.

  1. Mendukung tumbuh kembang janin

Pada wanita hamil, tercukupinya asupan vitamin E memiliki peran penting dalam mendukung fungsi plasenta. Vitamin E ini juga turut berperan penting dalam menunjang tumbuh kembang janin, sehingga ia tetap sehat saat dilahirkan nanti.

  1. Meningkatkan keberhasilan promil

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, vitamin E berperan penting dalam mendukung kesehatan saluran reproduksi pria dan wanita. Jika sel telur dan sperma berkualitas baik, serta kesehatan suami istri yang terjaga, maka peluang keberhasilan promil pun akan semakin tinggi.

Tips memilih vitamin yang baik agar cepat hamil

Vitamin promil
Healthline

Sebelum menentukan suplemen vitamin dan mineral untuk program hamil, alangkah baikya Sedulur mengetahui penyebab masalah kesuburan yang dialami. Hal ini karena penanganan dari tiap masalah kesuburan orang tentu berbeda-beda. Maka dari itu, Sedulur dan pasangan perlu melakukan pemeriksaan medis dan berkonsultasi kepada dokter. Pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter bisa membantu Sedulur dalam menentukan perawatan yang tepat.

Selain memperhatikan asupan vitamin dan mineral terpenuhi agar cepat hamil,menjaga pola hidup sehat juga menjadi faktor penting yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga berat badan ideal, mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan berhenti merokok.

BACA JUGA : 100+ Ide Nama Bayi Perempuan Islami Lahir di Bulan Ramadan

Jenis vitamin untuk program hamil

Berikut jenis vitamin untuk program hamil yang perlu Sedulur konsumsi.

1. Asam folat

iStock

American Pregnancy Association menganjurkan wanita pada masa subur untuk memperoleh asupan 400 mikrogram (mcg) asam folat alias vitamin B9 setiap harinya dengan tujuan untuk mendukung program hamil. Asupan asam folat juga penting selama kehamilan. Pasalnya, vitamin ini nantinya akan membantu memproduksi sel darah merah untuk memenuhi kebutuhan darah yang meningkat ketika hamil.

Tak hanya wanita, pria juga membutuhkan folat untuk program hamil lho. Asupan folat yang tercukupi bermanfaat untuk menghasilkan sperma yang sehat, mulai dari bentuk (morfologi) hingga jumlahnya. Berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B9 untuk promil yakni hati sapi, daging ayam, telur, buncis, bayam, dan brokoli.

2. Vitamin B6

iStock

Asupan vitamin B6 selama program hamil dapat membantu menurunkan kadar homosistein di dalam tubuh. Homosistein merupakan asam amino yang terdapat dalam aliran darah. Kelebihan asam amino ini kerap kali dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebuah studi dalam Nutrition Journal (2015) menemukan bahwa tingginya kadar homosistein dalam folikel ovarium dapat berdampak buruk pada masa subur wanita. Maka dari itu, penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 dengan makan makanan seperti hati sapi, daging ayam, ikan, sayuran hijau, alpukat, dan pisang.

3. Vitamin C

All Recipes

Vitamin C dikenal sebagai sumber antioksidan tinggi yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Mengonsumsi suplemen vitamin C secara rutin dapat meningkatkan jumlah dan pergerakan (motilitas) sel sperma. Tak hanya itu, vitamin untuk promil ini juga mampu mengurangi jumlah sperma yang rusak. Sementara pada wanita, vitamin C bermanfaat untuk membantu menguatkan dinding pembuluh darah serta melawan infeksi yang malah mengganggu proses pelepasan sel telur (ovulasi).

Makin baik kualitas sperma dan proses ovulasi, akan makin besar pula kemungkinan terjadinya pembuahan pada pasangan yang sulit hamil. Asupan vitamin C bisa diperoleh dari berbagai bahan makanan, di antaranya yaitu seperti jeruk, mangga, tomat, stroberi, kacang polong, dan kentang.

4. Vitamin D

vitamin untuk program hamil
iStock

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin D juga tergolong sebagai vitamin penyubur kandungan yang baik untuk promil. Wanita yang kekurangan vitamin D berisiko mengalami endometriosis. Perlu Sedulur perhatikan, kondisi ini merupakan salah satu penyebab sulit hamil pada sebagian besar wanita.

Sementara pada pria, vitamin D bermanfaat untuk membantu meningkatkan kadar testosteron. Asupan vitamin ini juga bisa meningkatkan kualitas sel sperma. Vitamin D bisa diperoleh dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Anda juga bisa makan makanan kaya vitamin D, seperti susu, minyak ikan, hati sapi, dan sereal.

BACA JUGA : 15 Rekomendasi Merk Kereta Dorong Bayi Paling Bagus!

5. Vitamin E

vitamin untuk program hamil
iStock

Salah satu manfaat vitamin E adalah untuk menebalkan dinding rahim yang tipis agar bisa cepat hamil. Ketebalan dinding rahim yang ideal memang penting bagi pembuahan dan kehamilan. Selain itu, vitamin ini juga membantu mengatasi sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan memperlambat metabolisme pada wanita.

Studi dalam BioMed Research International (2021) mengatakan bahwa suplemen vitamin E membantu menetralkan aktivitas radikal bebas yang bisa merusak sperma. Konsumsi suplemen vitamin ini dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan pergerakan sperma. Tidak hanya dalam suplemen, vitamin E juga dapat diperoleh dari makanan seperti alpukat, ubi jalar, sayuran hijau, kacang almon, dan kacang tanah.

6. Kalsium

iStock

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kemenkes RI, wanita yang ingin hamil disarankan untuk memenuhi asupan kalsium setidaknya 1.000 miligram (mg) per hari. Selain baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, suplemen penyubur kandungan ini juga dibutuhkan untuk perkembangan hati, saraf, dan otot janin yang sehat selama kehamilan.

Pada dasarnya, kalsium merupakan mineral yang tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh. Sehingga Sedulur harus memenuhi kalsium dari mengkonsumsi suplemen dan juga makanan seperti susu, keju, yoghurt, sayuran hijau, sereal, serta olahan kedelai termasuk tahu dan tempe.

7. Zat besi

vitamin untuk program hamil
iStock

Wanita yang tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup bisa mengalami anovulasi, yakni kondisi saat ovarium gagal melepaskan sel telur yang sudah matang. Kurangnya cadangan zat besi di dalam tubuh juga berisiko menurunkan konsentrasi sel darah merah.

Hal ini akan membuat sel telur yang disimpan dalam indung telur melemah, mengalami penurunan kualitas, atau bahkan tidak dapat hidup. Bahkan bila pembuahan terjadi, kondisi ini membuat sel-sel janin tidak membelah dan tumbuh dengan baik selama dalam kandungan. Jadi jangan lupa cukupi asupan zat besi saat program hamil ya Sedulur!

BACA JUGA : 200 Ide Nama Bayi Perempuan Pakai Huruf J yang Cantik dan Manis!

8. Zinc

iStock

Tidak hanya vitamin agar cepat hamil, terdapat beberapa suplemen mineral khusus untuk pria yang mengalami masalah kesuburan, salah satunya zinc. Pria yang memenuhi kebutuhan mineral zink dapat mengalami peningkatan kadar hormon testosteron dan jumlah sel sperma yang diproduksi. Pemberian suplemen zinc pada pria juga dapat membantu meningkatkan motilitas sperma dan jumlah sperma berbentuk normal secara signifikan sehingga sangat baik untuk program hamil.

9. Coenzyme Q10

iStock

Coenzyme Q10 atau CoQ10 berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mengatasi adanya berbagai gangguan kesehatan, termasuk ketidaksuburan pada pria. Biasanya CoQ10 dapat diperoleh dengan mengonsumsi suplemen. Zat gizi ini juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi daging merah, ikan, sayuran hijau, dan kacang kedelai. Ketika dikonsumsi oleh pria, suplemen ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma, terutama dari jumlah dan motilitasnya.

10. Kolina

iStock

Kolina atau choline termasuk ke dalam vitamin program hamil yang amat dibutuhkan agar sukses mendapatkan sang buah hati. Faktanya, hanya 5-10 persen wanita hamil yang memenuhi asupan vitamin ini.

Kolina dapat diperoleh dari berbagai makanan, dan umumnya dalam bentuk fosfatidilkolin dari lesitin, sejenis lemak. Beberapanya seperti hati sapi dan ayam, telur, ikan kod segar, salmon, kembang kol, brokoli, dan minyak kedelai.

 11. Asam Lemak Omega-3

iStock

Asam lemak omega-3 juga menjadi vitamin program hamil yang penting. Mengutip dari Parents.com, asam lemak omega-3 penting karena tubuh tidak dapat memproduksinya secara alami. Nutrisi ini membantu folikel ovarium untuk melepaskan sel telur, meningkatkan aliran darah ke rahim, dan menyeimbangkan hormon.Sudah Banyak studi menunjukkan bahwa nutrisi ini dapat membantu perkembangan otak dan IQ janin.

Karena tidak semua vitamin mengandung omega sehingga Sedulur mungkin membutuhkan suplemen tambahan. Sumber alami asam lemak omega-3 bisa didapatkan dengan mengonsumsi biji rami, minyak biji rami, salmon, mackerel, ikan kod, sarden, ikan teri, kacang kenari, dan telur dari ayam yang diberi makan omega-3.

Demikianlah penjelasan tentang vitamin untuk program hamil yang dapat Sedulur penuhi. Pastikan Sedulur memenuhi asupan vitamin selama program hamil ya! Jangan lupa juga untuk mempersiapkan kebutuhan bayi ya, seperti popok, minyak telon dan juga bedak bayi. 

Sedulur dapat membeli kebutuhan dan perlengkapan bayi di Aplikasi Super. Ada banyak produk dengan harga terjangkau lho. Download dan belanja di Aplikasi Super sekarang bisa menikmati banyak promo menarik seperti gratis ongkir dengan layanan pengiriman yang akurat!