susu bebas laktosa

Susu merupakan sumber nutrisi yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak. Namun, beberapa anak ternyata mengalami intoleransi laktosa, atau ketidakmampuan tubuh untuk mencerna laktosa. Oleh karena itu, para orang tua biasanya akan mengganti susu biasa dengan susu bebas laktosa.

Laktosa merupakan karbohidrat utama yang terkandung dalam susu dan merupakan 2-8 persen dari bobot susu secara keseluruhan. Karena kandungan laktosa yang tinggi, bagi penderita intoleransi laktosa, susu merupakan sumber nutrisi yang sebaiknya dihindari. Selain karena tidak dapat mencernanya, laktosa yang tertinggal akan menyebabkan masalah dalam sistem pencernaan.

Tapi tenang, kini sudah ada susu rendah laktosa hingga susu bebas laktosa yang dijual di pasaran. Dengan begitu,kebutuhan vitamin D dan kalsium anak tetap dapat tercukupi dengan baik. Berikut adalah rekomendasinya. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Obat Tetes Mata Anak yang Aman dan Ampuh

-->

Rekomendasi susu bebas laktosa

Berikut sudah dirangkum 12 rekomendasi susu bebas laktosa dari berbagai merek yang bisa Sedulur pilih sebagai sumber nutrisi untuk anak.

1. Nutrilon Royal Soya

susu bebas laktosa
Orami

Rekomendasi pertama adalah susu bebas laktosa untuk anak 2 tahun, yakni Nutrilon Royal Soya. Susu dari Nutrilon ini merupakan susu formula yang berbasis protein kedelai. Susu ini aman dikonsumsi oleh bayi serta anak-anak dengan riwayat alergi susu sapi. 

Selain protein kedelai, susu Nutrilon Royal Soya juga mengandung minyak ikan dan IcFOS untuk mendukung ketahanan tubuh dan kemampuan berpikir anak. Susu ini memiliki dua varian, yakni Nutrilon Royal Soya 3 Acti DuoBio+ untuk anak usia 1 sampai 3 tahun dan Nutrilon Royal Soya 4 Acti DuoBio+ untuk anak usia 3 sampai 6 tahun. Sedulur dapat membeli Nutrilon Royal Soya 3 untuk anak usia dua tahun dengan harga mulai dari Rp 91.500 dengan berat 350 gram.

2. SGM Eksplor Soya aslinya isomil

susu bebas laktosa
Halodoc

Selanjutnya adalah SGM Eksplor Soya yang merupakan susu pertumbuhan bebas laktosa untuk anak berusia 1-5 tahun. Produk susu soya ini memiliki kandungan minyak ikan, serat, zat besi, serta 13 vitamin dan 7 mineral yang diformulasikan untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak yang alergi terhadap susu sapi.

SGM Eksplor Soya tersedia dalam dua varian rasa, yakni SGM Eksplor Soya Vanilla dan SGM Eksplor Soya Madu. Susu ini memiliki tekstur creamy sehingga akan membuat anak semakin lahap saat mengkonsumsinya. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 95.950 untuk kemasan berukuran 700 gram.

BACA JUGA: 16 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Terbaik yang Bermanfaat

3. Nutren Junior

susu bebas laktosa
Netsle Health Science

Selanjutnya adalah Nutren Junior yang merupakan susu bebas laktosa untuk anak usia 1 tahun sampai 10 tahun. Susu ini mengandung protein kedelai yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak. Selain itu, kandungan Omega 3, 6 dan DHA juga baik untuk pertumbuhan otak anak.

Nutren junior juga mengandung 13 vitamin dan 9 mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil. Selain itu, manfaat susu bebas laktosa ini tidak hanya untuk mengatasi intoleransi laktosa, namun juga memberikan energi tambahan bagi tubuh dan menambah tinggi badan anak. Sedulur dapat mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 135.000 untuk berat 400 gram. 

4. Chil Kid 3 Soya

Morinaga Platinum

Susu bebas laktosa selanjutnya adalah Morinaga Chil Kid Soya yang ditujukan untuk anak usia 1-3 tahun dengan keluhan alergi susu sapi, intoleransi laktosa, ataupun galaktosemia. Terbuat dari isolat protein kedelai berkualitas tinggi, susu ini memiliki kandungan protein yang setara dengan susu sapi.

Selain aman untuk sistem pencernaan Si Kecil, Morinaga Chil Kid Soya juga memiliki formula Moricare+ Prodiges yang akan mendukung kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh, hingga tumbuh kembang yang optimal pada anak. Susu ini dijual dengan harga mulai dari Rp 86.000 untuk berat 300 gram.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Sepeda Anak Perempuan Terbaik & Berkualitas

5. Bebelac Gold Soya

susu bebas laktosa
Halodoc

Selanjutnya adalah Bebelac Gold Soya yang merupakan susu bebas laktosa untuk anak diatas 1 tahun sehingga aman untuk pencernaan. Susu ini menjadi satu-satunya susu dari soya yang memiliki kandungan serat tinggi.

Susu Bebelac Gold Soya juga mengandung minyak ikan, zat besi, dan taurin, yakni nutrisi yang baik untuk meningkatkan daya ingat. Selain itu, gabungan antara 13 vitamin dan 9 mineral yang ada pada susu ini juga mendukung pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang, serta aman dan sehat untuk pencernaan. Untuk berat 700 gram, susu ini dijual dengan harga mulai dari Rp 140.000.

6. Enfamil A+ Lactofree Care

susu bebas laktosa
Halodoc

Susu bebas laktosa bayi selanjutnya adalah Enfamil A+ Lactofree Care. Susu ini secara khusus diformulasikan untuk bayi berusia 0-12 bulan yang mengalami kesulitan mencerna susu sapi dengan baik. 

Dilengkapi dengan kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, asam folat dan mineral lainnya, susu Enfamil A+ Lactofree Care akan mendukung pertumbuhan bayi di usia emasnya. Sedulur dapat membeli susu ini dengan harga mulai dari Rp 208.200 untuk berat 400 gram.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Botol Minum Anak Terbaik & Tips Memilihnya

7. Morinaga NL-33 Non Lactose

susu bebas laktosa
KALCare

Selanjutnya adalah Morinaga NL-33 Non Lactose yang merupakan susu bebas laktosa untuk bayi diare. Susu ini ditujukan untuk anak usia 0-12 bulan yang tidak mampu mencerna laktosa atau mengalami intoleransi laktosa dari susu sapi.

Susu Morinaga NL-33 Non Lactose sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yang mengalami diare setelah mengonsumsi susu formula yang terbuat dari susu sapi. Hal ini karena mengonsumsi susu bebas laktosa dapat menjadi solusi terbaik untuk mencukupi kebutuhan gizi anak selama masa pertumbuhannya. Morinaga NL-33 Non Lactose dibandrol dengan harga mulai dari Rp 92.000 untuk berat 350 gram.

8. Lactogen Lactose Free

susu bebas laktosa
Halodoc

Selanjutnya adalah Lactogen Lactose Free yang merupakan susu formula bebas laktosa untuk bayi berusia 0-12 bulan. Susu dari Lactogen ini dapat mencegah terjadinya diare atau gangguan pencernaan pada bayi yang tidak dapat mencerna laktosa.

Selain itu, Lactogen Lactose Free juga dilengkapi dengan minyak ikan yang baik untuk perkembangan otak anak dan berbagai mineral serta vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Sedulur dapat mendapatkan Lactogen Lactose Free dengan harga Rp 88.000 untuk berat 400 gram.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tenda Anak Terbaik untuk Main di Rumah

9. Nutricia Bebelove Gold Soya

susu bebas laktosa
Halodoc

Selanjutnya adalah susu bayi bebas laktosa usia 0-6 bulan, yakni Nutricia Bebelove Gold Soya. Susu ini merupakan susu formula bubuk dengan isolat protein kedelai untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi. Selain isolat protein kedelai, susu ini juga dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang berperan untuk pertumbuhan anak. 

Nutricia Bebelove Gold Soya juga mengandung minyak sel tunggal (sumber AA, antioksidan tokoferol dan natrium askorbat) serta minyak ikan (sumber DHA, antioksidan tokoferol dan natrium askorbat). Sedulur dapat membeli susu bebas laktosa ini dengan harga Rp 37.700 untuk berat 170 gram. 

10. SGM Ananda 6-12 Soya

iStyle

SGM Ananda 6-12 Soya merupakan susu formula lanjutan dengan isolat protein kedelai untuk bayi usia 6-12 bulan. Produk susu ini diformulasikan tanpa protein susu sapi dan bebas laktosa sehingga aman dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang menderita alergi susu sapi.

Namun perlu Sedulur garis bawahi, sumber nutrisi terbaik adalah air susu ibu (ASI) sehingga penggunaan susu formula untuk bayi harus berdasarkan rekomendasi dan petunjuk dari dokter. Adapun Sedulur bisa memperoleh produk SGM Ananda 6-12 Soya dengan harga mulai dari Rp50.000 untuk kemasan ukuran 400 gram.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Masker Anak Terbaik yang Aman & Nyaman

11. Nutramigen LGG

susu bebas laktosa
Enfa

Susu bebas laktosa selanjutnya adalah Nutramigen LGG yang merupakan formula hipoalergenik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian bayi yang alergi terhadap molekul protein utuh dalam susu sapi dan formula kedelai maupun dalam makanan lain.

Susu ini diperkaya dengan protein terhidrolisa ekstensif yang membuat molekulnya berukuran sangat kecil. Dengan begitu, susu ini dapat menurunkan kemungkinan yang memicu reaksi alergi. Sedulur dapat membeli susu ini dengan harga Rp 370.000 untuk berat 400 gram. 

12. Nestle NAN Lactose-Free

susu bebas laktosa
Servaid Pharmacy

Rekomendasi susu bebas laktosa terakhir adalah Nestle NAN Lactose-Free. Susu ini memiliki kandungan protein dan Optipro Ha protein hypoallergenic yang berfungsi untuk mengurangi risiko alergi. 

Nestle NAN Lactose-Free juga diperkaya dengan probiotik bifidus untuk mempertahankan fungsi saluran pencernaan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Susu ini merupakan susu rendah laktosa untuk bayi diatas 1 tahun. Sedulur dapat membeli susu ini dengan harga mulai dari Rp 259.000 untuk berat 400 gram.

Nah, itulah informasi mengenai rekomendasi susu bebas laktosa yang aman untuk bayi. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur yang sedang mencari susu terbaik untuk buah hati. Sedulur dapat memilih susu sesuai usia anak sehingga manfaat yang dirasakan akan lebih efektif. Perlu diperhatikan pula bahwa dalam kondisi tertentu, Sedulur perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan susu bebas laktosa untuk anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi.

Adapun selain mencukupi kebutuhan nutrisinya, Sedulur juga perlu melengkapi kebutuhan yang lain, seperti popok dan sabun mandi yang aman untuk kulitnya yang sensitif. Sedulur bisa mendapatkan produk-produk tersebut dengan harga murah di Aplikasi Super.

Belanja kebutuhan bayi dan anak di Aplikasi Super juga mudah, lho. Sedulur cukup memesan lewat aplikasi dan barang pesanan akan dikirim sampai depan rumah sehingga tidak perlu menghabiskan waktu untuk belanja di pasar. Praktis bukan? Yuk, langsung unduh dan gunakan Aplikasi Super untuk belanja kebutuhan bayi dan anak!