rekomendasi stroller bayi multifungsi

Ketika hamil, terutama saat memasuki trimester ketiga, ada beberapa hal yang perlu Sedulur persiapkan. Selain pakaian, popok bayi baru lahir, dan perlengkapan lainnya, rekomendasi stroller multifungsi untuk bayi juga perlu Sedulur siapkan. Kini, stroller bayi yang berkualitas bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, melainkan kebutuhan utama. Terutama bagi ibu baru yang belum terbiasa menggendong bayi dengan baik, memanfaatkan stroller akan sangat membantu mengurus si kecil.

Apalagi jika Sedulur berencana untuk mengajak bayi Sedulur berjalan-jalan, memiliki stroller bayi terbaik akan sangat berguna saat bepergian. Saat ini, stroller bayi telah tersedia dalam berbagai variasi, mulai dari ukuran besar yang tidak hanya dapat membawa bayi Sedulur, tetapi juga dilengkapi dengan tas, selimut, dan aksesoris lainnya. Selain itu, terdapat juga stroller bayi terbaik dengan ukuran yang ringkas seperti ukuran cabin, sehingga memudahkan Sedulur untuk membawanya ke mana saja.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Pasta Gigi Bayi Aman dan Terbaik 2023

Cara memilih stroller bayi

rekomendasi stroller multifungsi
iStock

Bagaimana cara memilih rekomendasi stroller multifungsi bayi yang tepat? Ada berbagai model stroller bayi yang tersedia di pasaran, mulai dari yang sederhana hingga yang multifungsi. 

-->

Untuk membantu Sedulur menemukan produk terbaik, berikut ini beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih rekomendasi stroller multifungsi:

1. Pilih berdasarkan tipe

Langkah pertama adalah menentukan tujuan penggunaan stroller bayi. Kemudian, pilihlah produk yang sesuai dengan tipe yang ada. 

Tipe umbrella, compact, dan memiliki bobot paling ringan. Stroller bayi dengan tipe umbrella memiliki pegangan yang mirip dengan gagang payung. Dengan ukuran yang sangat compact, stroller ini sangat praktis untuk dibawa-bawa.

Tipe stroller bayi standard adalah tipe yang paling umum ditemui di pasaran. Ukurannya lebih besar daripada tipe umbrella, sehingga cocok digunakan di area indoor maupun outdoor.

Tipe multifungsi, dapat digunakan sebagai car seat. Jika Sedulur sering bepergian menggunakan mobil tipe ini dapat menjadi stroller bayi yang multifungsi. Stroller ini dapat diubah menjadi car seat, sehingga memindahkan anak dari stroller ke mobil akan lebih praktis. 

Tipe double, cocok untuk anak kembar, jika Sedulur memiliki anak kembar atau anak dengan usia yang tidak terpaut jauh, tipe stroller double akan cocok untuk Sedulur. Stroller double terdiri dari dua kursi dalam satu produk, sehingga Sedulur tidak perlu memiliki dua stroller yang berbeda untuk setiap anak.

2. Sesuaikan dengan usia dan berat badan

Stroller bayi dibedakan berdasarkan usia dan berat badan anak. Tidak semua produk cocok untuk bayi yang baru lahir. Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan anak, pilihlah produk yang sesuai dengan kategori pemakaiannya. 

Sebagai referensi, rata-rata berat badan anak usia 3 tahun adalah 14 kg. Umumnya, stroller bayi dapat digunakan hingga anak berusia 3 tahun atau memiliki berat badan maksimal 15 kg. 

Jika Sedulur ingin menggunakannya dalam jangka waktu yang lebih lama, pilihlah produk yang dapat digunakan hingga anak berusia 4 tahun.  Bila berat badan anak melebihi rata-rata, pilihlah stroller dengan kapasitas beban yang lebih besar.

3. Perhatikan bobot dan dimensi stroller

Jika banyak dibawa bepergian, penting bagi Sedulur untuk memperhatikan bobot stroller bayi. Produk stroller rata-rata memiliki bobot 5–12 kg. Apabila Sedulur sering menggunakan angkutan umum, pilihlah produk yang bobotnya sekitar 5 kg. 

Bobot yang lebih tinggi bisa dipilih jika Sedulur menggunakan kendaraan pribadi. Selain bobot, dimensi produknya juga perlu diperhatikan, khususnya saat terlipat. Pada umumnya, stroller bayi modern sudah bisa dilipat. 

Makin ringkas ukurannya saat terlipat, Sedulur akan makin mudah membawa stroller saat tidak digunakan. Produk yang dapat dilipat dengan satu tangan dan bisa berdiri sendiri akan sangat memudahkan dan akan menjadi rekomendasi stroller multifungsi.

4. Ketahui fungsi yang ditawarkan

Bila menggunakan kendaraan pribadi, bobot yang sedikit lebih tinggi juga dapat dipilih. Selain bobot, dimensi stroller juga perlu diperhatikan, terutama saat dilipat. Umumnya, stroller bayi modern sudah dilengkapi dengan fitur lipat. 

Semakin kompak dimensi saat dilipat, Sedulur akan lebih mudah membawa stroller saat tidak digunakan. Pilihlah produk yang dapat dilipat dengan satu tangan dan dapat berdiri sendiri, karena akan sangat memudahkan.

Stroller bayi umumnya dilengkapi dengan fitur seperti sabuk pengaman, footrest, kanopi, dan rem. Namun, ada produk yang menawarkan lebih banyak fungsi. Kenali setiap fungsi ini agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan Sedulur.

5. Pilih yang punya keamanan yang terjamin

Pastikan stroller yang akan Sedulur beli sudah dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan yang mumpuni. Rem yang berfungsi dengan baik, pilih stroller yang dilengkapi dengan sistem rem yang dapat mengunci kedua roda sekaligus dan tidak mudah dijangkau oleh tangan anak.

Sabuk pengaman, lebih baik pilih stroller yang dilengkapi dengan lima sabuk pengaman, untuk memastikan keamanan si kecil saat menggunakan stroller.

Pastikan stroller memiliki kanopi yang dapat melindungi bayi dari sinar matahari, angin, dan hujan. Pilihlah stroller dengan kanopi yang mudah dilepas, sehingga memudahkan dalam membersihkannya.

Pastikan tempat kaki pada stroller tidak memiliki celah yang dapat memancing terjepitnya kaki bayi di antara kaki kanan dan kaki kiri. Hal ini penting untuk mencegah risiko cedera pada bayi.

6. Pastikan stroller dapat melakukan manuver dengan lancar

Memastikan kemudahan manuver stroller bayi adalah salah satu tips penting dalam memilih stroller yang perlu Sedulur perhatikan. Ketika Sedulur mendorong stroller, Sedulur juga harus mendapatkan kenyamanan dan kemudahan saat bepergian bersama bayi.

Sebelum membeli, lakukanlah pengujian terlebih dahulu untuk menguji kemampuan manuver stroller tersebut. Cobalah dorong stroller maju ke depan, lakukan belokan, dan tambahkan sedikit kecepatan untuk merasakan pengalamannya.

Jika Sedulur merasa stroller dapat bermanuver dengan lancar, serta mudah dan nyaman digunakan, maka Sedulur dapat memilih stroller tersebut. Namun, ingatlah juga untuk memastikan bahwa stroller tersebut aman untuk bayi Sedulur.

BACA JUGA: Cara dan Tips Agar Bayi Cerdas Sejak dalam Kandungan

Setelah mengetahui tips dan cara memilih stroller multifungsi yang pas dan dibutuhkan oleh Sedulur. Kita langsung masuk ke pembahasan utama terkait rekomendasi stroller multifungsi yang bisa jadi pilihan Sedulur di bawah ini:

1. Cocolatte

rekomendasi stoller multifungsi
Willow Baby Shop

Stroller ini memiliki ukuran yang sesuai untuk dibawa masuk ke dalam kabin pesawat dan dilengkapi dengan kursi yang dapat direbahkan, sehingga bahkan bayi baru lahir pun dapat menggunakan stroller ini dengan nyaman. 

Keunggulan lainnya adalah stroller ini dapat dilipat menjadi ukuran kecil dan dilengkapi dengan tas travel, sehingga sangat praktis untuk dibawa saat melakukan perjalanan. 

Meskipun ada beberapa ulasan yang menyebutkan bahwa sandaran kursi tidak terlalu empuk sehingga membutuhkan tambahan alas, namun kelebihan dari stroller ini masih banyak. Bobotnya yang hanya sekitar 5 kg membuatnya mudah dimasukkan ke dalam kabin pesawat dan penggunaannya juga tidak merepotkan saat naik kendaraan umum. 

Selain itu, adanya footrest pada stroller ini juga memberikan kenyamanan tambahan saat si kecil tertidur di tengah-tengah perjalanan wisata. Jadi, jika Sedulur sering melakukan perjalanan, rekomendasi stroller multifungsi ini merupakan pilihan yang cocok untuk membawa bayi Sedulur dengan nyaman dan praktis.

2. Babydoes

rekomendasi stroller multifungsi
Indotrading

Jika Sedulur mencari stroller bayi yang berkualitas dengan harga terjangkau, maka produk ini adalah solusinya. Dengan harga kurang dari 1 juta, stroller ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang memadai untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. 

Salah satu keunggulannya adalah adanya kantong penyimpanan di bagian belakang kursi yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang tambahan. Selain itu, stroller ini juga dilengkapi dengan roda depan yang dapat berputar dengan pengunci, serta sistem pengereman ganda pada roda belakang yang meningkatkan tingkat keamanannya. 

Meskipun demikian, perlu diperhatikan bahwa stroller ini tidak dapat digunakan untuk bayi yang baru lahir. Dengan harga yang terjangkau, stroller ini tetap memberikan kualitas dan keamanan yang baik untuk kenyamanan anak

3. Pliko elegante

rekomendasi stroller multifungsi
Elegante

Tidak hanya orang dewasa, tetapi bayi pun bisa tampil dengan gaya yang elegan! Stroller convertible ini menawarkan desain yang klasik dan mewah. Dengan penggunaan warna cokelat dan hitam yang elegan, stroller bayi Pliko ini akan membuat Sedulur terlihat beda dari yang lain.

Tidak hanya dari segi tampilan, stroller ini juga memiliki fitur-fitur lengkap yang memadai. Kanopinya mampu menutup secara sempurna, memberikan perlindungan maksimal dari sinar matahari langsung. 

Selain itu, ukuran roda yang besar memungkinkan Sedulur melintasi jalanan yang tidak rata dengan mudah. Keunggulan lainnya adalah kemampuan tempat duduk yang dapat diubah menjadi carry cot, sangat cocok untuk bayi baru lahir.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa stroller ini mungkin kurang ringkas saat dilipat. Namun, dengan desain elegan dan fungsionalitas yang lengkap, stroller ini merupakan pilihan yang baik dengan harga yang masuk akal. 

Bayi Sedulur akan terlihat stylish dan nyaman dengan menggunakan rekomendasi stroller multifungsi ini.

4. Babyelle

rekomendasi stroller multifungsi
Babyelle

Salah satu pilihan stroller bayi yang bagus adalah Babyelle. Sebagai produsen yang berkompetisi dengan perusahaan pembuat stroller lainnya, Babyelle tidak mau kalah dalam menghadirkan produk yang berkualitas.

Tidak mengherankan, Babyelle mengeluarkan stroller bayi terbaik dengan harga yang bersahabat. Salah satunya adalah stroller Babyelle Mini Capsule Plus yang tersedia dengan harga mulai dari 1 juta. 

Dengan harga tersebut, Sedulur akan mendapatkan stroller berukuran cabin size yang juga dilengkapi dengan tas stroller.

Stroller bayi yang bagus pada umumnya, stroller Babyelle Mini Capsule Plus memiliki rem pada roda belakang. Namun, keunggulan lainnya adalah adanya pengunci arah pada roda depan yang sangat berguna saat menghadapi tanjakan atau turunan. 

Dengan fitur ini, stroller tidak mudah belok-belok dan memberikan kenyamanan ekstra saat digunakan.

5. Bugaboo

rekomendasi stroller multifungsi
Bugaboo

Bugaboo telah menjadi merek stroller terbaik di kelas premium dengan alasan yang jelas. Produsen ini selalu menawarkan keunggulan yang tak terbantahkan.

Salah satunya adalah stroller bayi Bugaboo Ant Complete yang dirancang khusus untuk para pelancong dengan bayi. Produk ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti kursi reversible yang dapat menghadap ke dua arah dengan tiga posisi (duduk, rebah, tidur). 

Suspensi pada keempat roda stroller sangat empuk, sehingga si kecil tetap nyaman meskipun melewati jalan berkerikil. Yang lebih menarik, ketika dilipat, stroller ini memiliki ukuran yang sangat kompak, hanya sebesar 21,6 x 14,9 x 9,1 inci, mirip dengan ukuran sebuah tas. 

Lebih hebatnya lagi, setelah dilipat, stroller bayi yang bagus ini bisa diubah menjadi mode troli, sehingga Sedulur tidak perlu lagi membawa stroller dengan tangan ketika tidak digunakan, cukup tarik seperti menarik sebuah koper.

Namun, jika Sedulur berniat untuk membeli stroller Bugaboo jenis ini, Sedulur harus siap merogoh kocek sekitar Rp. 9,5 juta. Investasi ini akan memberikan Sedulur stroller bayi berkualitas premium yang akan mendukung pengalaman perjalanan Sedulur dengan bayi.

6. Labeille

Labeille

Jika Sedulur mencari rekomendasi stroller multifungsi yang cocok untuk digunakan oleh dua anak sekaligus, pilihan yang tepat adalah stroller Labeille tipe Point 703 A. 

Stroller ini dapat digunakan oleh bayi kembar atau adik kakak secara bersamaan, sehingga Sedulur tidak perlu membeli stroller secara terpisah. Stroller bayi kembar yang bagus dari Labeille ini telah dilengkapi dengan sabuk pengaman yang terletak di 3 titik, memberikan keamanan yang maksimal bagi si kembar. 

Selain itu, kanopi stroller ini dirancang dengan desain peek-a-boo yang memudahkan Sedulur untuk melihat ke dalam. Stroller ini juga dilengkapi dengan kelambu yang dapat melindungi anak-anak Sedulur dari serangan nyamuk.

Hal yang menarik adalah harganya yang sangat bersahabat, hanya sekitar Rp. 1.4 jutaan saja. Bayangkan berapa besar anggaran yang harus Sedulur persiapkan jika Sedulur harus membeli 2 stroller secara terpisah. 

7. Crater

Crater

Apabila Sedulur sedang mencari stroller bayi dengan ukuran yang besar namun dengan harga yang terjangkau, pilihan yang tepat adalah stroller dari merk Crater.

Crater merupakan salah satu merk stroller bayi murah namun memiliki kualitas yang standar. Stroller ini dapat digunakan mulai dari bayi baru lahir hingga beratnya mencapai 15 kg. Stroller bayi terbaik dari Crater dilengkapi dengan pegangan reversible dan 3 posisi sandaran yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. 

Kelebihan lainnya, stroller ini juga dilengkapi dengan mainan bayi di bagian depan yang dapat membuat si kecil tetap anteng dan senang selama perjalanan. Harga stroller ini juga sangat terjangkau, hanya sekitar Rp. 475 ribu saja Sedulur bisa dapat stroller berukuran besar. 

Stroller Crater hadir dalam 3 pilihan warna yang menarik, yaitu merah, biru, dan hijau dengan gambar hewan-hewan lucu yang membuatnya semakin menggemaskan.

8. Graco

Graco

Stroller ini dirancang dengan 3 mode yang berbeda, yaitu infant stroller, infant car seat stroller, dan toddler stroller. Sedulur dapat menyesuaikan penggunaan stroller sesuai dengan kebutuhan Sedulur.

Selain itu, keberadaan car seat yang dapat dipasang di mobil sangat berguna untuk memudahkan Sedulur dalam mengatur posisi bayi saat berpergian. Stroller ini juga dilengkapi dengan 2 nampan di bagian depan dan belakang, yang dapat digunakan untuk meletakkan botol susu atau minuman bayi Sedulur.

Tidak hanya itu, stroller ini juga dilengkapi dengan 3 sabuk pengaman atau 5 titik keamanan yang dapat disesuaikan seiring pertumbuhan anak. Jika Sedulur tertarik dengan produk ini, saat ini ada promo harga mulai dari Rp. 7 jutaan menjadi Rp. 5.9 jutaan.

9. Joie

Explore Joie

Produk ini dibuat dengan menggunakan bahan berkualitas yang nyaman, dengan sentuhan efek khusus bold block quilting yang menambahkan nilai estetika.

Selain itu, rangka stroller ini dirancang tinggi dan ramping, serta dilengkapi dengan teknologi flex yang membuat perjalanan bayi 30% lebih halus. Sedulur tidak perlu khawatir lagi dengan suara berisik saat melewati jalan yang berlubang atau rusak.

Kepraktisan juga menjadi salah satu keunggulan stroller Joie Pact Flex Signature, karena dapat dilipat hanya dengan satu tangan. Dengan segala fitur yang ditawarkan, harga stroller ini sangat sepadan, yaitu sekitar Rp. 1.9 jutaan. Sedulur akan mendapatkan nilai yang setara dengan investasi yang Sedulur lakukan.

10. Mamas & papas

Mamas & Papas

Kini, dengan menggunakan stroller bayi terbaik dari Mamas & Papas, Sedulur tidak perlu khawatir lagi akan kegerimisan saat beraktivitas di luar. Stroller ini dilengkapi dengan rain cover yang berfungsi melindungi si kecil dari cipratan air hujan.

Rangka stroller yang terbuat dari aluminium berkualitas tinggi membuat proses lipat-melipat stroller menjadi sangat mudah dan praktis. Selain itu, pegangan stroller ini dapat disesuaikan sesuai dengan kenyamanan Sedulur saat mendorong kereta bayi.

Stroller ini juga dilengkapi dengan keranjang bawaan yang berukuran besar di bagian bawah, sehingga Sedulur dapat dengan mudah membawa perlengkapan bayi atau barang-barang penting dalam jumlah yang banyak.

Meskipun stroller bayi ini menawarkan banyak fitur unggulan, namun harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 4.2 juta saja. Sedulur akan mendapatkan kualitas dan kenyamanan yang sebanding dengan investasi yang Sedulur lakukan.

BACA JUGA: 30 Ide Kado untuk Bayi Baru Lahir Paling Bermanfaat

11. Nuna triv

Mothercare Indonesia

Nuna Triv adalah stroller yang dapat melindungi anak dari cuaca tak terduga. Salah satu kelebihannya adalah kemampuannya untuk dilipat dan dibuka hanya dengan satu tangan, sehingga memudahkan Sedulur saat beraktivitas. 

Selain itu, stroller ini dapat dipasangkan dengan car seat Nuna Pipa dan Nuna Pipa Lite, memberikan fleksibilitas dalam penggunaannya. Keranjangnya yang besar juga dapat menampung barang-barang bayi dan ibu dengan mudah.

Namun, perlu diperhatikan bahwa harga stroller ini relatif mahal. Meskipun demikian, Nuna Triv menawarkan kualitas dan fitur yang sesuai dengan harganya. Stroller ini tidak hanya praktis, tetapi juga dapat memberikan perlindungan bagi si kecil dari cuaca tidak terduga di luar. 

Kanopinya yang berstandar UPF 50+ mampu melindungi dari sinar UV, sementara sifat waterrepellent pada kanopi menjaga agar air tidak tembus ke dalam. Jika Sedulur sedang mencari stroller yang cocok untuk kebutuhan traveling yang serbaguna, Nuna Triv bisa menjadi pilihan yang layak dipertimbangkan.

12. Baobaohao magic stroller micro trike V9

Baobaohao

Stroller Magic telah menjadi pilihan populer bagi para orang tua yang ingin memberikan kenyamanan ekstra bagi buah hati mereka saat berjalan-jalan. 

Keunggulan utama dari stroller ini adalah kemampuannya untuk memutar kursi secara 360°, memberikan fleksibilitas dalam mengatur arah pandangan anak. Kursi stroller ini juga dapat diatur hingga kemiringan 175°, sehingga anak dapat tidur dengan nyaman di dalamnya. 

Jika Sedulur berada di dalam ruangan dan tidak memerlukan perlindungan kanopi, kanopi pada stroller ini dapat dilepas dengan mudah. Namun, ada beberapa review yang menyebutkan bahwa proses melipat stroller ini sedikit membingungkan dan membutuhkan sedikit waktu untuk terbiasa. 

Meskipun demikian, jika Sedulur tertarik untuk mencoba magic stroller ini, produk ini dapat menjadi pilihan yang menarik untuk Sedulur dan anak. Dalam tahun 2023, terdapat berbagai pilihan stroller bayi yang multifungsi, terbaik, dan terbaru di pasaran. 

Dari rekomendasi stroller multifungsi yang dapat diputar 360° hingga stroller dengan desain yang elegan dan mewah, para orang tua memiliki banyak opsi untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.