Buat ibu yang sedang dalam masa kehamilan pasti bertanya-tanya, bagaimana posisi tidur agar bayi tidak sungsang? Pertanyaan ini selalu keluar dari para ibu hamil mengingat masa kehamilan adalah masa yang paling mendebarkan. Dalam usia 8 bulan, kebanyakan bayi menundukan kepalanya sendiri guna mempersiapkan diri sampai waktu kelahiran yang akan datang. Namun bicara mengenai bayi sungsang, sebenarnya dalam praktik kebidanan melahirkan bayi sungsang, akan berisiko tinggi pada keselamatan si ibu dan anak.

Dan biasanya jika posisi bayi sungsang tidak teratasi, maka jalan terakhir yang diambil biasanya adalah operasi caesar. Maka dari itu, banyak ibu hamil pasti bertanya-tanya tentang posisi tidur agar bayi tidak sungsang demi menghindari proses persalinan secara caesar.

Posisi tidur memang sangat mempengaruhi gerakan dan kemampuan posisi bayi Sedulur. Supaya tidak menjadi pertanyaan besar bagaimana posisi tidur bumil agar bayi tidak sungsang, maka simak dahulu ulasan lengkap terkait posisi di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Pilihan Buah yang Bagus Untuk Ibu Hamil, Menyehatkan

-->

1. Tidur miring ke kiri

posisi tidur agar bayi tidak sungsang
kompas

Pertama posisi tidur ibu hamil agar bayi tidak sungsang adalah dengan tidur miring ke kiri. Sebelum masa-masa kehamilan, pastikan Sedulur tidur miring ke kiri dengan bantal yang menopang perut Sedulur di bagian bawah. Posisi ini akan mendorong pada gerakan bayi di dalam rahim dan membantu bayi Sedulur masuk ke posisi alami sebelum mengalamai masalah timbulnya nyeri persalinan. Tidak hanya itu saja, diketahui bahwa saat akhir kehamilan, rahim Sedulur dan si jabang bayi akan menempati sebagian besar tubuh.

Nah saat Sedulur tidur terlentang selama persalinan, maka pada posisi ini bisa menekan pembuluh darah dan juga menyebabkan penurunan sirkulasi serta penurunan detak jantung bayi. Supaya posisi tidur bumi agar bayi tidak sungsang, maka disarankan untuk melakukan tidur miring ke kiri.

2. Tidur miring ke kiri dengan bantal atau guling di kaki

posisi tidur agar bayi tidak sungsang
wowbabel

Selanjutnya posisi tidur bumil agar bayi tidak sungsang berikutnya adalah dengan tidur miring dan disisipi bantal pada kedua kaki Sedulur. Penjelasan ini bukan tanpa alasan mengingat beberapa praktisi telah mengungkapkan pandangannya. Rue Khosa salah seorang praktisi perawat yang sudah bersertifikat. Dia menjelasakan bahwa pikiran positif merupakan salah satu cara dalam mempertahankan posisi maupun postur sehingga membuat kemungkinan panggul dapat terbuka lebar.

Rue Khosa menambahkan pentingnya menjalankan tidur siang, tidur malam, duduk dan berdiri. Hal ini dianggap penting demi meluangkan waktu sejenak. Selain penjelasan dari Rue Khosa, ada pula penjelasan dari Diana Spalding yang juga seorang perawat bersertifikat. Dirinya mengatakan bahwa ibu akan sangat nyaman jika tidur miring dengan bantal di antara kedua kaki. Sehingga bisa membantu dalam menciptakan posisi yang optimal pada bayi yang berbalik dalam masa kehamilan.

Posisi tidur bumil agar bayi tidak sungsang ini akan memungkinkan otot-otot pada bagian  punggung bawah untuk bisa rileks sesaat. Sekaligus membantu dalam mengurangi ketegangan yang terjadi pada area tubuh bagian bawah Sedulur.

BACA JUGA: 11 Jenis Vitamin Ibu Hamil Terbaik yang Aman Dikonsumsi

3. Tidur miring ke kanan

posisi tidur agar bayi tidak sungsang
prenagen

Bila tadi membahas posisi tidur miring ke kiri, maka selanjutnya adalah posisi tidur miring ke kanan. Ya dengan melakukan posisi tidur miring ke kanan adalah hal yang normal posisi tidur agar bayi tidak sungsang. Ketika masa kehamilan Sedulur sudah mendekati minggu-minggu terakhir dan perut Sedulur membesar, sehingga perlu berbaring miring ke sisi kanan.

Perlu diingat bahwa selama bertahun-tahun, kita diberitahu jika sisi kiri merupakan tempat yang harus perlu dihabiskan saat waktu istirahat dan tidur kita pada bulan-bulan terakhir di masa kehamilan. Mengapa bisa demikian, sebab ini berkaitan dengan masalah aliran darah dari pembuluh darah vena besar yang disebut vena cava inferior (IVC) dan membawa darah sampai ke organ jantung lalu kemudian ke bayi Sedulur.

Meski demikian baru-baru ini menurut tinjauan studi medis tahun 2019 mengungkapkan, jika tidur miring ke posisi kiri atau kanan ternyata punya keamaan yang sama. Namun pada akhirnya semuanya tergantung pada kenyamanan. Saat sedulur lebih banyak menghabiskan waktu istirahat di posisi kiri, maka biasakanlah pada posisi itu. Namun apabila tubuh Sedulur ingin berguling ke kanan maka cobalah untuk rileks dan lakukanlah.

Namun banyak ahli punya pendapat, jika berbaring pada posisi miring dengan bantuan bantal di area belakang, maka dapat menopang perut Sedulur yang sedang membesar sehingga adalah posisi tidur ibu hamil agar bayi tidak sungsang. Sehingga sangat dianjurkan sekali buat ibu hamil.

4. Tidur sambil mendengarkan musik

posisi tidur agar bayi tidak sungsang
theasianparent

Selain penjelasan mengenai posisi tidur bumil agar bayi tidak sungsang, maka berikutnya adalah tidur dengan ditemani alunan musik. Posisi yang tepat yaitu tidur sembari ditemani alunan musik sangat baik dalam mendorong bayi Sedulur bisa berbalik ke posisi yang seharusnya. Selain merangsang pertumbuhan otak bayi, alunan musik seperti instrumentalis dapat menghindari bayi lahir sungsang.

Salah satu pilihan populer adalah memutar musik untuk si bayi dengan memposisikan earphone atau headphone pada bagian bawah perut Sedulur. Sedulur bisa mengunduh musik yang dapat dipakai untuk terapi pada bayi kamu. Baik secara online, musik klasik lembut atau versi pengantar tidur. Yang merupakan lagu pengantar tidur favorit Sedulur.

Namun sebagai alternatifnya, Sedulur bisa meminta pertolongan pasangan Sedulur meletakkan mulutnya pada bagian perut bawah dan berbicara dengan bayi. Lalu menyemangatinya supaya bergerak ke arah suaranya. Sebab, ini merupakan cara paling baik untuk pasangat Sedulur untuk terikat dengan bayi. Metode ini sangat terbukti berhasil secara positif. Karena bayi akan mendengarkan musik ini dan secara alami akan mengalami perubahan perpindahan ke tempat asal suara tersebut.

Buat Sedulur yang bertanya bagaiaman posisi tidur ibu hamil agar tidak sungsang adalah dengan tidur ditemani musik. Selain melatih sel motorik bayi, sekaligus dapat mengubah gerakan bayi sungsang supaya kembali seperti sedia kala. Selamat mencoba Sedulur.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Terbaik yang Bagus & Bernutrisi

5. Tidur menggunakan kompresan air

posisi tidur agar bayi tidak sungsang
alodokter

Selain tidur sambil mendengarkan musik klasik, bisa pula tidur menggunakan kompresan air hangat supaya posisi tidur bumil agar bayi tidak sungsang. Ternyata cara ini juga efektif dalam mengubah gerakan bayi sungsang. Sedulur harus berputar menuju jalan lahir. Dan penggunaan kompresan air dingin dan air panas nyatanya mampu  menjadi salah satunya.

Bagi Sedulur yang memakai cara ini, maka Sedulur harus berbaring jika ingin tidur. Kemudian letakkan kompres es atau sebungkus sayuran yang beku tepat di atas perut Sedulur. Selanjutnya, dekatkan dengan kepala si bayi. Harapannya agar bayi dapat menghindari dari masalah kedingian dan pada akhirnya berbalik untuk menemukan posisi yang lebih hangat yang Sedulur letakkan pada bagian bawah perut.

Atau mungkin saat Sedulur berbaring pada bathtub kamar mandi, kompreslah memakai air panas atau dingin. Teknik panas atau dingin ini sepenuhnya nyaman dan aman. Sehingga dapat dilakukan selama dan mungkin sesering yang Sedulur suka.

6. Tidur dengan kaki yang lebih tinggi

posisi tidur agar bayi tidak sungsang
orami

Selanjutnya posisi tidur agar bayi tidak sungsang adalah tidur dengan posisi kaki lebih tinggi. Gerakan ini dinamakan Spinning Babies yaitu salah satu sumber favorit bagi para ibu saat mendorong atau menyemangati bayi supaya pindah ke posisi yang seharusnya. Teknik dasarnya adalah tidur dengan mengganjal bokong memakai guling. Ini merupaka cara yang dirasa sangat efektif untuk membuat bayi sungsang menunduk.

Dengan gerakan bayi sungsang, maka Sedulur dapat melakukan gravitasi supaya mendorong bayi dalam berputar sekaligus bisa meregangkan ligamen panggul. Sedulur bisa melakukan hal ini, hanya dengan berbaring pada lantai atau kasur yang menempel dinding sambil mengangkat pinggul dengan bantuan ganjalan guling. Cobalah melakukan langkah ini dengan seseorang yang mendampingi Sedulur dan siap membantu. 

Untuk Sedulur yang melakukan cara ini, lakukan  gerakan bayi sungsang ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari dengan durasi 20 menit. Lakukanah setiap kali sebelum waktu tidur sampai kepala bayi dapat kembali tertunduk. Selamat mencoba cara ini di rumah kamu ya Sedulur.

7. Tidur dengan kaki menekuk lutut

posisi tidur agar bayi tidak sungsang
mooimom

Selanjutnya adalah tidur dengan kaki menekuk lutut. Cara ini sangat efektif untuk posisi tidur ibu hamil agar bayi tidak sungsang. Sedulur bisa mencoba posisi tidur dengan dengan kaki yang menekuk lutut dan cobalah sedikit dimiringkan ke panggul. Ini merupakan posisi yang bisa memungkingkan bayi dapat melakukan manuver khususnya jika telah diberikan ruang keluar ke panggul. Sedulur dapat memakai bantuan berupa bantal yang berguna mengganjal bokong atau pantat Sedulur. Supaya tidak terlalu menyusahkan dalam melakukan gerakan.

Namun banyak ahli berpendapat khususnya dari dokter yang mengatakan bahwa ibu hamil harus bisa tidur dengan rasa yang nyaman atau tidak harus memikirkan pada posisi tidur yang baik seperti dengan miring ke sisi kiri atau pun kanan apapun itu kondisinya

8. Posisi tidur menungging

posisi tidur agar bayi tidak sungsang
bukareview

Selanjutya posisi sujud yang benar agar bayi tidak sungsang adalah dengan posisi tidur menungging. Ya, tidur menungging merupakan alternatif agar posisi tidur bayi tidak sungsang. Cara ini bisa dilakukan sebelum Sedulur benar-benar dapat tertidur lelap ya. Selanjutnya duduk bersimpuh dengan kaki berada di pantat. Lalu kemudian condongkan tubuh sampai ke kepala depan. Lakukanlah selama 30-60 detik selama dua hari sekali. Dengan rutin melakukan tidur posisi menungging, maka peluang bayi agar tidak sungsang dapat sangat besar.

Cara mengatasi bayi sungsang

Terapi akupuntur

Langkah pertama cara mengatasi bayi sungsang adalah dengan terapi akupuntur. Terapi ini dipercaya dapat mengubah posisi bayi sungsang menjadi normal. Dan merupakan metode yang telah diakui oleh para ahli.

Terapi hipnosis

Selanjutnya bila terapi akupuntur kurang nyaman diterapkan, mungkin dapat memakai cara terapi hipnosis. Terapi ini dilakukan dengan memakai metode alam bawah sadar . Dipercaya hipnosis dapat membantu Sedulur agar menjadi lebih tenang dan rileks. Terapi hipnosis merupakan cara mengatasi bayi yang sungsang dan bisa diterapkan ketika usia kehamilan sudah memasuki minnggu ke-37 sampai dengan minggu ke-40 Sedulur.

External version

Selain menggunakan terapi hipnosis, maka pengobatan masalah bayi sungsang dapat dilakukan dengan menerapkan external version. External version adaah cara mengubah posisi bayi yang sungsang menjadi normal yag dilakukan oleh para dokter dengan cara melakukan tindakan manipulasi janin memakai tangannya melalui  bagian luar perut Sedulur.

Inversi

Langkah berikutnya dalam mengatasi atau menyelesaikan persoalan bayi sungsang adalah dengan tindakan inversi. Ya, inversi merupakan tindakan merubah posisi bayi yang sungsang menuju ke arah yang normal sebagaimana pada umumnya. Cara ini adalah menempatkan posisi pinggul Sedulur untuk menjadi lebih tinggi dari tubuh yang lain. Sedulur dapat mengangkat panggul sekitar 30 cm tentunya dengan posisi telentang. Lalu kedua kaki menapak dan lutut pun ditekuk. Cobalah untuk melakukan gerakan ini selama kurang lebih 10-15 menit dan sebanyak tiga kali dalam sehari.

Hubungan intim

Cara terakhir mengobati posisi bayi yang sungsang adalah melakukan hubungan intim. Siapa sangka bahwa tindakan ini dapat merubah posisi bayi yang pada awalnya sungsang menjadi normal. Kondisi ini bisa dilakukan bila kondisi kehamilan dalam keadaan sehat dan dokter telah mengizinkannya ya Sedulur.

Demikian ulasan mengenai posisi tidur ibu hamil agar bayi tidak sungsang lengkap dengan cara pengobatan bila bayi mengalami sungsang. Semoga ulasan ini membantu Sedulur yang mengalami masalah bayi sungsang.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.