Buah terbaik untuk ibu hamil

Banyak nutrisi, serat dan gizi yang terdapat dalam buah. Oleh karena itu, Ibu Super wajib tahu apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil. Terutama jika Ibu Super saat ini ada di tengah masa kehamilan, konsumsi buah dan sayur wajib diutamakan. Hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan Ibu Super dan janin di dalam perut.

Berikut ini daftar buah yang bagus untuk ibu hamil yang bisa jadi pilihan Ibu Super untuk dikonsumsi setiap harinya. Dokter kandungan pasti menyarankan ibu hamil untuk menjadikan buah-buahan sebagai camilan.

Yuk, langsung kita simak saja daftar buah-buahan yang dimaksud. Namun sebelum itu kita simak dulu penjelasan manfaat buah untuk ibu hamil di bawah ini.

Apa Saja Manfaat Buah untuk Ibu Hamil?

buah yang bagus untuk ibu hamil
alodokter

Terdapat beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil, hal tersebut dikarenakan buah mangandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh di tengah masa kehamilan. Buah juga mengandung vitamin dan mineral alami, yang dapat membantu Ibu Super tetap sehat selama kehamilan. Serta pertumbuhan janin pun akan mendapat dukungan dari asupan buah-buahan.

-->

Di tengah masa kehamilan, biasanya Ibu Super mengalami gangguan pencernaan. Melalui konsumsi buah, Ibu Super akan terhindari dari risiko gangguan pencernaan seperti sembelit dan lainnya. Dokter kandungan akan menyarankan Ibu Super untuk mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya. Tentu saja dengan berbagai macam buah yang berbeda-beda.

Lantas apa saja rekomendasi buah yang bagus untuk ibu hamil? Yuk kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Manfaat Yogurt Untuk Ibu Hamil & Kesehatan Janin

1. Pisang

buah yang bagus untuk ibu hamil
kompas

Buah yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama adalah buah pisang. Tersedia serat dan kalori yang cukup di dalam pisang yang dapat menghasilkan energi bagi ibu hamil agar terhindar dari kelelahan. Selain itu, kalium dari pisang juga sangat tinggi, hal ini dapat secara efektif menjaga tekanan darah ibu hamil agar tetap normal.

Pisang juga dikenal sebagai buah yang menggandung zat besi yang tinggi. Ibu hamil membutuhkan asupat zat besi yang cukup setiap harinya, tujuannya agar ibu hamil terhindari dari anemia. Mengalami anemia saat kehamilan dapat memberikan dampak buruk bagi pertumbuhan janin.

Kelebihan dari buah pisang selanjutnya yaitu sangat mudah dicerna dan dapat menghilangkan rasa mual bagi ibu hamil. Maka dari itu, buah yang pertama-tama disarankan oleh setiap dokter kandungan kepada ibu hamil adalah buah pisang.

2. Jeruk dan lemon

jawapos

Jeruk dan lemon merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke 2. Jeruk dan lemon merupakan buah yang mengandung air hampir sebanyak 90%, dari kandungan tersebut, maka jeruk dapat menjadi buah yang dapat memenuhi cairan tubuh ibu hamil. Hal tersebut juga penting, karena buah jeruk dan lemon dapat mencegah ibu hamil mengalami dehidrasi.

Mengalami dehidrasi saat kehamilan dapat membahayakan kesehatan tubuh ibu hamil dan menganggu pertumbuhan janin. Kandungan folat dalam jeruk dan lemon juga sangat tinggi, hal tersebut dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin, serta mencegah janin mengalami cacat lahir.

Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda agar tidak mudah capek dan sakit. Sementara itu, untuk mencegah Ibu Super mengalami mual setiap pagi, bisa di atasi dengan mengkonsumi cairan lemon. Karena, lemon dikenal ampuh mencegah mual-mual.

3. Alpukat

buah yang bagus untuk ibu hamil
hellosehat

Alpukan merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil 2 bulan. Alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, asam folat, serta kalium. Karena kandungan gizinya, alpukat dapat membantu mengurangi gejala morning sickness, membantu perkembangan otak, sistem saraf, dan jaringan bayi.

Namun, perlu Ibu Super ingat bahwa buah alpukat mengandung lemak yang tinggi. Maka dari itu, Ibu Super  tidak disarankan makan buah alpukat terlalu banyak saat hamil. Makanlah alpukat secara bergantian dengan jenis buah-buahan lainnya. Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara berselingan, dapat mempertahankan kesehatan Ibu Super.

BACA JUGA: Ini Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Berikut Faktanya!

4. Mangga

cnnindonesia

Mangga merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil muda. Kandungan kalium, vitamin A dan vitamin C yang tinggi dalam buah ini mampu untuk menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh ibu hamil. Selain itu, vitamin C juga efektif untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan stamina tubuh.

Kandungan vitamin A di dalam mangga juga berfungsi sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan sistem saraf pada bayi. Satu hal lagi, mangga mengandung serat tinggi untuk bantu mencegah sembelit saat hamil dan gangguan pencernaan lainnya.

5. Blueberry dan strawberry

buah yang bagus untuk ibu hamil
wowkeren

Rekomendasi buah yang bagus untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah blueberry dan strawberry. Kedua buah tersebut mengandung kalium, folat dan vitamin C yang tinggi. alium pada buah berry dapat menjaga tekanan darah yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot.

Sementara itu, kandungan folat dan vitamin C pada buah-buahan berry dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Buah berry juga mengandung serat yang dapat membantu melancarkan kerja sistem pencernaan ibu hamil.

6. Jambu biji

grid.id

Jambu biji juga merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil. Buah ini merupakan sumber terbaik dari vitamin C selain jeruk. Selain itu, jambu biji juga mengandung vitamin A, serat, kalium, dan fosfor. Vitamin C dan vitamin A merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas harus dicegah karena bisa menghambat perkembangan janin terhambat. Buah ini juga termasuk bagus untuk ibu hamil karena dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Jambu biji dapat dinikmati dengan cara di jus atau dimakan langsung.

7. Buah pir

buah yang bagus untuk ibu hamil
grid.id

Ada juga buah pir yang merupakan salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil. Kandungan asam folat dalam buah pir bagus untuk menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu, kandungan kalium dalam buah pir juga dapat membantu regenerasi sel dalam tubuh ibu hamil dan janin. Serat yang tinggi dalam buah pir juga baik untuk mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

BACA JUGA: Jangan Asal, Begini Posisi Tidur yang Tepat Buat Ibu Hamil

8. Semangka

haibunda

Mengkonsumsi semangka setiap hari dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh ibu hamil. Karena buah yang bagus untuk ibu hamil satu ini mengandung vitamin A, C, B6, magnesium, dan kalium. Buah semangka juga hampir 90% terdiri dari air. Hal ini sangat efektif untuk menjaga agar Ibu Super tidak mengalami dehidrasi saat kehamilan.

Selain itu, mengkonsumsi semangka secara rutin juga dapat membantu menangkal mual di pagi hari dan juga dapat mengurangi bengkak di bagian tangan dan kaki. Kandungan kalium dalam semangka juga efektif untuk mencegah kram otot.

9. Buah naga

buah yang bagus untuk ibu hamil
halodoc

Rekomendasi buah yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah naga. Terdapat dua jenis buah naga, buah naga putih dan merah, dua-duanya dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil. Karena kandungan gizi yang terdapat dalam dua jenis buah naga tersebut sama saja.

Setiap 100 gram buah naga merah mengandung 71 kalori (kal) energi, protein 1,7 gr, lemak 3,1 gr, dan karbohidrat 9,1 gr. Sementara dalam 100 gr buah naga putih mengandung 56 kal energi, 0,8 gr protein, 1 gr lemak, dan 10,9 gr karbohidrat. Buah naga merah dan putih juga kaya akan berbagai mineral dan vitamin, di antaranya zat besi dan vitamin C, yang menambah banyak daftar manfaat untuk ibu hamil.

10. Buah melon

hellosehat

Rekomendasi buah yang bagus untuk ibu hamil lainnya adalah buah melon, jika bisa Ibu Super usahakan untuk mendapatkan buah melon jingga. Karena melon jingga sangat baik untuk kesehatan Ibu Super dan pertumbuhan janin. Nutrisi yang terkandung dalam melon jingga yaitu beta karoten vitamin A yang baik untuk pertumbuhan rambut janin dan fungsi penglihatan.

Selain itu, melon jingga juga dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan janin selama masa kandungan. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin C yang tinggi dalam melon jingga. Selain itu, melon jingga juga mengandung vitamin B yang dapat mengurangi gejala mual dan mulas di pagi hari. Hal ini seringkali dialami oleh ibu yang tengah hamil muda.

Serat dan kadungan air dalam melon jingga juga sangat kaya, dapat mencegah sembelit dan menyediakan pasokan air dalam tubuh agar Ibu Super terhindar dari dehidrasi.

11. Kurma

buah yang bagus untuk ibu hamil
kompas

Kali ini adalah rekomendasi buah untuk ibu hamil menurut Islam, para ahli gizi dan nutrsi menyarankan untuk setiap ibu hamil mengkonsumsi buah kurma setiap harinya, minimal 3-5 butir setiap hari. Dalam satu butir kurma dengan berat 100 gram menandung 277 kalori, 74 gram karbohidrat, dan 7 gram serat dan 2 gram protein.

Selain baik untuk suplai gizi dan nutrisi harian, kurma juga dapat melancarkan sistem pencernaan bagi ibu hamil yang seringkali mengalami gangguan. Gangguan sembelit akan cepat reda dengan konsumsi kurma setiap harinya. Oleh karena itu, buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh Ibu Super yang sedang hamil.

12. Tomat

lifepack

Terakhir adalah sayuran dan buah untuk ibu hamil yaitu tomat. Tomat mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, asam folat dan likopen yang baik untuk tubuh. Hal ini juga dapat menjaga kesehatan ibu hamil serta kesehatan janin. Ibu bisa mengkonsumsi tomat dengan cara di jus atau mengkonsumsinya langsung.

Namun, perhatikan juga jumlah tomat yang dikonsumsi. Disarankan untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang normal, jangan terlalu berlebihan. Dalam takaran yang normal, tomal dapat meringankan gejala kram saat hamil, karena kandungan kalium dalam tomat bekerja untuk mencegah gangguan kram. Selain itu juga tomat dapat meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil.

Sekian daftar buah yang bagus untuk ibu hamil yang telah dijelaskan di atas, semoga daftar buah yang menyehatkan di atas bisa membantu Ibu Super menjaga kesehatan dan mendukung pertumbuhan janin. Ibu Super juga bisa mendapatkan daftar buah-buahan di atas di Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super untuk kebutuhan sehari-hari merupakan pilihan yang tepat, terutama bagi Ibu Super yang tidak ingin repot oleh persediaan makanan yang mulai menipis.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.