popok bayi baru lahir

Bagi orang tua, mengasuh bayi bukan merupakan perkara mudah. Mulai dari memandikan, menggendong, menyusui, sampai mengganti baju pasti membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Hingga akhirnya banyak orangtua yang memutuskan untuk memakaikan popok bayi baru lahir untuk menghemat waktu dan tenaga saat merawat si kecil.

Tentunya, ibu dan ayah pasti kebingungan memilih popok terbaik untuk si buah hati. Orangtua harus pintar untuk memilih popok dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Selain keamanan, kenyamanan pun harus diperhatikan agar tidak menimbulkan berbagai permasalahan pada bayi seperti ruam popok ataupun alergi kulit. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi dan penjelasan berbagai merk popok bayi yang bisa Sedulur coba untuk si kecil. Yuk, simak penjelasannya!

BACA JUGA: 15 Pilihan Hadiah Untuk Bayi Baru Lahir yang Pasti Terpakai

Amankah menggunakan popok sekali pakai untuk bayi yang baru lahir?

Seventh Generation

Jika Sedulur ragu untuk memakaikan si buah hati dengan popok sekali pakai, pilihlah produk yang aman dan tepat dan jangan sembarangan. Hal ini dikarenakan kulit bayi cenderung sensitif serta gampang untuk mengalami ruam dan iritasi kulit ketika menggunakan popok.

-->

Pastikan Sedulur memilih popok yang bebas dari bahan kimia seperti pewangi ataupun pemutih. Jangan memakaikan popok terlalu ketat kepada bayi karena dikhawatirkan adanya infeksi jamur pada daerah tertentu.

Di lain sisi, sebenarnya beberapa pakar menyarankan untuk jangan menggunakan popok sekali pakai dahulu kepada bayi baru lahir sampai usia mereka lebih dari enam bulan. Ini dikarenakan popok kain terbuat dari bahan yang bisa membuat iritasi pada kulit bayi. Karena untuk menghemat waktu dan untuk membuat orangtua tidak perlu repot untuk membersihkan kotoran setelah bayi buang air, maka sebaiknya Sedulur mengikuti tips berikut ketika ingin menggunakan popok bayi baru lahir untuk si kecil.

Cara yang tepat untuk memilih popok bayi

Babylist

Jika Sedulur memutuskan untuk memakaikan popok bayi baru lahir, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya, yaitu:

  • Sesuaikan ukuran popok dengan ukuran buah hati. Ciri popok yang terlalu ketat ketika dipakai oleh bayi adalah munculnya tanda karet di pangkal paha atau pinggang dan memiliki warna kemerahan. Ketika gejala tersebut muncul, ada baiknya untuk mengganti ukuran popok dengan yang lebih besar atau bisa juga untuk melonggarkannya sedikit.
  • Usahakan untuk memilih merk popok yang berbahan lembut dan daya serapnya tinggi. Walaupun sekarang cukup banyak merk popok yang berdaya serap tinggi, namun ternyata tekstur dan bahannya tidak cukup lembut. Sehingga, akan timbul alergi atau ruam di sekitar selangkangan dan pinggang. Jika kondisi ini sudah muncul, kemungkinan besar si buah hati mengalami kulit sensitif. Gantilah popok dengan yang berbahan lembut agar bayi tidak mengalami ruam dan bisa beraktivitas dengan nyaman.
  • Selain mempertimbangkan merek popok yang bagus, biasakan pula untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan sebelum maupun sesudah mengganti popok bayi. Hal ini dianjurkan karena untuk mencegah timbulnya kuman yang mungkin tersebar dari tangan Sedulur.
  • Agar menghindari bau tidak sedap yang timbul akibat sampah popok, sebaiknya rutin mengosongkan tempat sampah. Maka, pertumbuhan bakteri serta bau tidak sedap akan terhindarkan.

Ketika Sedulur memutuskan untuk memilih popok sekali pakai dibandingkan popok kain bayi baru lahir, berikut adalah beberapa rekomendasi merk popok bayi baru lahir terbaik yang mungkin cocok untuk si buah hati. Simak, ya.

BACA JUGA: 20 Cerita Rakyat Terbaik Sepanjang Masa [Banyak Hikmahnya]

1. GooN Smile Baby Comfort Fit

Orami

Popok bayi GooN Smile Baby Comfort Fit merupakan salah satu varian keluaran GooN yang bekerjasama dengan Disney. Popok untuk bayi baru lahir ini tampak semakin lucu dengan gambar karakter Disney. Popok bayi GooN Smile Baby Comfort Fit merupakan jenis popok sekali pakai berbentuk celana yang ekonomis sekaligus sangat nyaman dan mudah untuk digunakan. Harga popok ini pun cukup terjangkau yaitu hanya Rp60.000 saja. 

Kelebihan GooN Smile Baby Comfort Fit

  • Aman untuk kulit bayi yang sensitif.
  • Untuk popok dengan kualitas daya serap yang baik, harga popok ini relatif terjangkau dibanding produk GooN lainnya.

Kekurangan GooN Smile Baby Comfort Fit

  • Cukup sulit untuk dibuka karetnya, karena ukuran popok yang lebih kecil dibanding popok pada umumnya.
  • Tidak ada indikator pipis, sehingga penting untuk mengeceknya agar tidak merembes.

2. Baby Happy Pants

Orami

Popok ini memliki empat jenis ukuran yang dapat Sedulur sesuaikan dengan ukuran tubuh bayi. Adapun ukurannya yaitu S,M,L,XL. Lapisan dari popok Baby Happy ini memiliki bahan yang halus, anti-bocor, dan juga punya daya serap yang banyak dan cepat.

Selain itu, popok Baby Happy dapat menjaga kulit bayi tetap kering, sehingga bayi akan tetap nyaman dan mencegah dari kemungkinan terjadinya iritasi atau ruam pada kulit bayi.

Kelebihan Baby Happy Fit Pants

  • Popok Baby Happy memiliki daya serap yang baik, permukaannya lembut dan tidak terlalu tebal. Sehingga tak memakan banyak tempat pada bokong bayi.
  • Harganya juga murah, tidak mudah bocor, dan aman dipakai oleh Si Kecil karena tak menimbulkan ruam.

Kekurangan Baby Happy Fit Pants

  • Sayangnya, popok celana Baby Happy Fit tidak mempunyai fitur seperti indikator air seni dan pita perekat untuk pembuang popok.
  • Selain itu, popok Baby Happy jarang ditemukan, dan hanya bisa dibeli di supermarket tertentu saja.

BACA JUGA: 10 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Paling Aman, Bunda Wajib Tau

3.Pokana Baby Pants Mega Pack

99.co

Meski termasuk popok celana, akan tetapi popok Pokana Pants memiliki harga yang ekonomis dengan kualitas yang baik. Yang menarik dari Pokana Pants adalah konsep surprise design. Motif popoknya lebih dari 40 desain yang hanya bisa diketahui saat Sedulur membukanya. Tapi Sedulur tidak perlu khawatir, desainnya unisex jadi bisa digunakan oleh bayi perempuan atau laki-laki. Selain itu, Korean Technology yang diusung oleh Pokana Pants tentunya menjadikan kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. 

Kelebihan Popok Pokana Pants

  • Banyak diskon di marketplace.
  • Karet pinggang nyaman, Si Kecil aktif bergerak.
  • Popok bagian dalam lembut, bayi tidak iritasi.
  • Gambar yang menarik, membuat waktu mengganti popok lebih menyenangkan.
  • Popok gampang dipakai, dilepas, dan tidak bulky.

Kekurangan Popok Pokana Pants

  • Jarang tersedia di toko atau supermarket, lebih banyak di marketplace.
  • Tidak ada indikator basah.
  • Tidak tersedia untuk newborn.

4. Pampers Premium Active Baby Pants Value

iStyle

Salah satu rekomendasi popok bayi lahir dengan kualitas premium yang juga memiliki permukaan lembut sehingga aman dan nyaman untuk si kecil adalah Pampers Premium Active Pants Value. Memberikan perlindungan pada kulit dari iritasi, produk ini memiliki sirkulasi udara yang sangat baik sehingga dapat mencegah kelembaban yang memicu gesekan pada kulit bayi.

Memiliki daya serap yang tinggi, bahkan hingga 12 jam pemakaian akan tetap kering dan merata membuat bayi lebih nyaman saat memakainya. Tak hanya itu saja, karet yang ada di bagian pinggang sangat elastis dan fleksibel. Sehingga tidak membuat bayi menjadi sesak di perut.

5. Sweety Pants Gold

popok bayi baru lahir
KALCare

Brand Sweety juga mengeluarkan produk popok bayi terbaiknya yaitu Sweety Pantz Gold. Dengan dilengkapi teknologi double leak guard membuatnya tidak mudah bocor di samping. Desainnya membuat produk yang satu ini menjadi lebih nyaman digunakan  untuk si kecil karena memiliki karet yang dapat menyesuaikan bentuk lekukan tubuh si kecil, sehingga bisa pas dan mencegah bocor.

Tak hanya itu saja, formula lock system membuatnya mudah untuk menyerap cairan yang keluar dari tubuh bayi dengan cepat dan kering seketika. Jadi tidak akan timbul masalah kulit yang gatal bahkan kemerahan hanya karena peningkatan kelembaban dalam pokok yang membuat ruam kulit atau masalah kulit lainnya.

6. Nepia Genki Pants

popok bayi baru lahir
KALCare

Nepia Genki Pants juga merupakan popok sekali pakai yang sangat lembut, sangat cocok untuk bayi yang baru saja lahir. Sedulur tidak perlu khawatir iritasi pada bayi karena permukaannya menyerap dengan cepat cairan sehingga tidak membuat lembab dan tetap nyaman digunakan meski sudah berkali-kali pipis. 

Tak hanya lembut, tetapi produk yang satu ini juga mempunyai sirkulasi udara yang baik karena terbuat dari teknologi Jepang yang canggih, sehingga Sedulur tidak perlu takut lagi akan ada masalah dengan kulit bayi. Menggunakan perekat, produk yang satu ini juga memiliki penanda urin sehingga  mudah mengetahui bahwa cairan penuh tanpa harus mengecek dengan membukanya sehingga lebih praktis.

7. Merries Premium Pants

popok bayi baru lahir
Merries

Menjadi produk nomor 1 di Jepang, Merries hadir dengan varian popok terbaik salah satunya adalah Merries Premium Pants. Berdaya serap tinggi, sehingga Sedulur tidak perlu khawatir terjadi iritasi akibat popok yang lembab. Tidak perlu cemas juga bayi tidak nyaman karena permukaannya benar-benar kering. 

Permukaannya juga sangat lembut seperti katun. Berbentuk celana akan tetapi memiliki karet pinggangnya tidak akan berbekas. Cairan urin si kecil tidak akan menggumpal di satu titik saja melainkan menyeluruh sehingga tidak berat di satu sisi saja dan sangat nyaman digunakan.

BACA JUGA: Makanan Ibu Menyusui yang Disarankan, Baik Untuk Asi

8. Nepia Genki Tape NB 44

popok bayi baru lahir
Orami

Merek popok untuk bayi baru lahir selanjutnya adalah dari Nepia Genki Tape NB 44 yang berasal dari Jepang. Dengan berbagai pilihan bahan yang premium, membuat popok ini lembut dan nyaman untuk digunakan. Harga yang diberikan juga cukup terjangkau yaitu sekitar 100 ribuan saja. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang bisa Sedulur jadikan pertimbangan untuk memilih popok ini:

Kelebihan

  • Mudah digunakan karena bentuknya slim dan praktis
  • Ada indikator pipisnya
  • Tidak membuat iritasi pada kulit

Kekurangan

  • Sulit dicari, hanya ditemukan di beberapa baby shop atau toko online saja
  • Harga kurang ekonomis.
  • Hanya bisa ditemukan di sebagian baby shop dan online shop.

9. Huggies Snug and Dry size 1

popok bayi baru lahir
Fred Mayer

Salah satu popok yang bagus untuk bayi baru lahir lainnya adalah Huggies Snug and Dry size 1 yang didesain khusus dari Amerika serikat agar si kecil nyaman ketika menggunakannya. Ada 4 lapisan pelindung sehingga si kecil akan tetap terlindungi selama 12 jam penuh.

Popok seharga 300 ribuan ini bisa membuat bayi tetap tidur tenang dan mencegah adanya basah yang biasanya akan membuat si kecil menangis. Tak hanya itu, popok ini juga tidak mudah rusak sehingga si kecil akan aman.

BACA JUGA: Ini Tanda Kehamilan 1 Minggu Setelah Berhubungan, Jarang Disadari

10. Goo.n Excellent Dry Tape

Tororo

Biasanya, bayi yang baru lahir akan pipis lebih banyak dalam sehari mulai dari 6 sampai 8 kali. Maka dari itu, pemilihan popok bayi baru lahir yang tepat bisa membuat si kecil nyaman dan orangtua akan senang. Goo.n Excellent Dry Tape memiliki daya rekat yang berfungsi untuk menjaga bayi agar tetap kering dan mengunci cairan 5 kali lebih kuat dari merek lainnya. Sehingga, cairan akan terserap dengan sempurna. Popok dengan harga terjangkau ini mengurangi adanya iritasi pada kulit bayi dan bahannya lembut.

Kelebihan

  • Tidak membekas pada pinggang si kecil
  • Bahannya lembut dan nyaman
  • Sudah dilengkapi dengan indikator pipis
  • Harga murah dan bersaing dengan kualitas yang bagus

Kekurangan

  • Jika posisi buah hati sedang miring, popok akan mudah bocor

11. Mamamia Baby Diapers Soft Magic

Mamamia Baby

Mamamia Baby Diapers Soft Magic memiliki gambar popok bayi baru lahir yang bagus dengan desain yang kekinian. Merk popok lokal ini juga mempunyai fitur Velcro Tape yang berfungsi untuk merekatkan popok sehingga posisi bayi yang berpindah-pindah membuatnya tidak mudah bocor. Selain itu, bayi juga tidak mudah mengalami gatal dan ruam karena bahan yang digunakan lembut serta nyaman untuk dipakai.

Kelebihan:

  • Harga terjangkau, sekitar 45 ribuan saja dengan kemasan berisi 20 buah
  • Tidak menggunakan chlorine sehingga tidak berbahaya jika dipakaikan di bayi
  • Penyerapan maksimal
  • Tidak menimbulkan iritasi dan ruam

12. Fitty Day Pants

Fitty Day Pants

Rekomendasi popok bayi baru lahir selanjutnya adalah Fitty Day Pants. Sesuai dengan namanya, popok ini berbentuk celana dan ukurannya cukup tipis sehingga tidak berbentuk dan mengembang saat digunakan oleh buah hati. Dengan harga yang cukup terjangkau, daya tahan pada popok ini cukup bagus dan kulit bayi bisa tetap kering. Popok ini cocok digunakan untuk bayi yang memiliki kulit sensitif sehingga tidak timbul iritasi dan ruam di kulit.

Itu dia beberapa rekomendasi merek popok bayi baru lahir yang bisa Sedulur jadikan referensi ketika bingung untuk memilih. Jangan lupa untuk selalu menjaga kehigienisan saat menggunakan maupun melepas popok pada bayi sehingga tidak menimbulkan bakteri yang bersarang. Pastikan juga untuk selalu menggunakan popok yang pas dengan ukuran bayi agar tidak menimbulkan reaksi pada kulit. 

Nah, bagi Sedulur yang ingin berbelanja aneka kebutuhan bayi seperti popok bisa beli di Aplikasi SuperSudah pasti produknya aman dan harganya terjangkau. Ditambah lagi banyak promo dan gratis ongkirnya juga lho. Yuk langsung download dan belanja kebutuhanmu sekarang di Aplikasi Super. Kamu bisa apatkan promo dan cashback menarik lainnya juga!