perlengkapan bayi baru lahir

Bagi Sedulur yang baru pertama kali memiliki seorang bayi, apa sudah tahu apa saja perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan? Ya, kelahiran si buah hati tentu saja merupakan salah satu momen berharga yang dinanti-nanti oleh pasangan suami istri. Terlebih lagi jika ini adalah pertama kalinya Sedulur memiliki seorang bayi, pasti rasanya sangat bahagia bukan?

Nah, salah satu hal mengasyikkan pada momen ini, adalah pada saat Sedulur mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir. Walaupun begitu, persiapan membeli perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Sedulur harus pintar-pintar dalam memilih perlengkapan bayi baru lahir anti mubazir, agar nantinya uang yang dikeluarkan tidak sia-sia.

BACA JUGA: 17 Ide Menu MPASI Untuk Bayi 6 Bulan yang Mudah dan Praktik

Selain itu, kapan membeli perlengkapan bayi baru lahir? Alangkah lebih baik jika dipersiapkan sejak Ibu mulai masuk trisemester ke-3. Jika Sedulur masih bingung tentang apa saja yang harus dipersiapkan, berikut beberapa perlengkapan bayi baru lahir.

Popok & Diapers

source: www.kangacare.com

Bisa dibilang jika popok dan pampers merupakan perlengkapan bayi baru lahir yang wajib untuk dipersiapkan. Selain itu, jangan sampai sembarangan dalam memilih popok dan pampers. Pastikan kedua perlengkapan tersebut mampu menyerap air dan memiliki tekstur yang lembut.

Khusus untuk pampers, disarankan menggunakan model yang menggunakan perekat (bukan model celana). Hal ini karena pampers model perekat tersebut, akan membuat Sedulur lebih mudah pada saat membersihkan pup si kecil yang baru lahir

Kain Bedong

source: www.shutterstock.com

Perlengkapan bayi yang berikutnya adalah kain bedong. Kain bedong ini berfungsi sebagai pembungkus si buah hati agar merasa lebih nyaman pada saat tertidur. Akan tetapi, jangan gunakan kaing bedong ini terlalu ketat. Beri juga sedikit ruang pada bagian bawah agar kaki si kecil tetap bisa bergerak dengan bebas.

Perlak

Untuk menghindari kasur basar karena pipis, Sedulur bisa menggunakan perlak untuk melapisi bagian bawah tempat si bayi. Untuk saat ini, ada beberapa jenis perlak sesuai dengan kualitasnya. Jika Sedulur ingin kasur benar-benar aman dari pipis, maka gunakanlah perlak dengan kualitas tinggi. Tidak usah khawatir, karena harga perlak ini juga tidak terlalu mahal.

Botol Susu Bayi

source: shutterstock.com

Selain popok dan diapers, botol susu bayi juga termasuk dalam perlengkapan bayi baru lahir. Namun jangan lupa untuk memastikan jika botol susu yang digunakan bersifat BPA-free (tidak mengandung BPA). BPA sendiri merupakan salah satu bahan kimia yang sering digunakan untuk pembuatan alat makan dan minum.

Pompa ASI

Apakah Sedulur merupakan seorang wanita karir yang tidak bisa memberi ASI secara langsung ke si buat hati? Tidak usah khawatir, Sedulur bisa menggunakan alat pompa ASI, agar si bayi tetap mendapatkan ASI eksklusif. Pompa ASI sendiri ada dua model, yakni model manual maupun elektrik. Silahkan Sedulur pilih model pompa ASI sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA: 12 Obat Pilek Bayi dan Anak Ala Rumahan yang Aman

Alat Pembersih Botol

Jika Sedulur sudah menyiapkan botol susu BPA-free, jangan lupa untuk menyediakan alat pembersihnya. Walaupun terlihat bersih setelah dicuci dengan busa biasa, namun ternyata pembersihan tersebut masih kurang maksimal. Oleh karena itu, Sedulur perlu menyediakan sebuah alat pembersih botol bayi khusus yang kini banyak dijual di pasaran. 

Celemek Bayi

source: shutterstock.com

Meskipun terlihat sederhana, namun celemek bayi termasuk salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang tidak boleh dilupakan. Fungsi dari celemek ini akan benar-benar terasa pada saat atau setelah Sedulur memberi si kecil susu. Biasanya air liur bayi akan terus keluar dan membasahi bajunya.

Nah, celemek ini berfungsi agar si buah hati tetap bersih dan kering. Dengan ini, maka Sedulur tidak perlu repot untuk terus mengganti pakaian si bayi berulang-kali. Tinggal ganti dan cuci saja celemek yang dipakai bayi jika sudah terlalu basah. 

Baju & Celana Bayi

source: blue.kumparan.com

Tentu saja baju dan celana bayi merupakan perlengkapan bayi baru lahir yang wajib dipersiapkan sebelum si buah hati hadir di dunia ini. Jika Sedulur masih bingung, siapkan saja kaos lengan pendek, kaos lengan panjang, kaos singlet, celana pendek, dan celana panjang. Untuk jumlahnya, paling tidak Sedulur harus menyiapkan masing-masing 1 lusin.

Kemudian untuk bahan, pilihlah bahan baju dan celana bayi yang lembut dan menyerap keringat. Selain untuk kenyamanan si buah hati ketika memakainya, pakaian yang tidak menyerap keringat itu bisa membuat bayi gatal-gatal bahkan infeksi.

Kaos Kaki & Sarung Tangan

Selain baju dan juga celana, si buah hati juga membutuhkan kaos kaki dan sarung tangan. Kedua benda tersebut, bertujuan agar bayi tetap merasa hangat pada saat cuaca dingin. Terlebih lagi, sarung tangan ini juga memiliki kegunaan untuk melindungi kuku-kuku si kecil agar tidak melukai bagi wajah dan juga bagian-bagian tubuh lainnya.

Kelambu

source: www.sehatq.com

List perlengkapan bayi yang selanjutnya ada kelambu. Kelambu ini berfungsi agar si buah hati tetap terlindung dari gigitan nyamuk dan juga gangguan dari serangga lain. Namun, pastikan kelambu yang Sedulur beli itu dibuat dari bahan yang ringan tapi kuat. Agar nantinya kelambu tersebut tidak roboh menimpa tubuh bayi.

BACA JUGA: Ini Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Berikut Faktanya!

Tas Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Tas perlengkapan memiliki fungsi yang sangat penting bagi Sedulur yang baru saja kedatangan buah hati. Tas khusus ini, nantinya digunakan untuk menyimpan semua perlengkapan bayi baru lahir pada saat bepergian. Jadi Sedulur tidak perlu kerepotan dan bersusah payah untuk mencari keperluan si buah hati ketika di luar rumah.

Topi Bayi

source: my-best.id

Masih berhubungan dengan mengajak si kecil jalan-jalan ke luar rumah,  jangan lupa untuk membeli perlengkapan tambahan berupa topi. Selain menjaga kehangatan kepala si kecil, topi ini juga berfungsi untuk melindungi bayi dari terik sinar matahari. Oh iya, jangan lupa untuk memilih topi yang berbahan lembut.

Shampoo & Sabun Bayi

Dalam urusan kebersihan, perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan adalah shampoo dan sabun bayi. Perlu untuk Sedulur ketahui, bahwa shampoo dan sabun bayi itu berbeda dengan orang dewasa. Pada umumnya, shampoo dan sabun untuk bayi tersebut dibuat dengan bahan-bahan khusus yang aman untuk kulit si bayi dan juga tidak pedih apabila terkena mata.

Cotton Bud

source: unsplash.com

Peralatan kebersihan bayi yang berikutnya adalah cotton bud. Ya, cotton bud ini adalah salah satu perlengkapan bayi yang tidak boleh terlupakan. Dengan cotton bud, maka Sedulur bisa membersihkan berbagai bagian pada si kecil mulai dari telinga, pusar, sampai lipatan-lipatan di kulit. Namun, pilihlah jenis cotton bud yang ukurannya tidak terlalu besar dan teksturnya lembut.

Baby Oil

source: www.alodokter.com

Selesai memandikan si buah hati, rasanya tidak lengkap jika Sedulur melupakan penggunaan baby oil dan juga bedak bayi. Fungsi utama dari baby oil ini, adalah untuk memijat dan membersihkan lipatan-lipatan kulit.

Itulah 15 perlengkapan bayi baru lahir yang wajib Sedulur persiapkan. Jangan sampai ada satupun perlengkapan yang terlupakan, dan pastikan juga Sedulur menggunakan perlengkapan yang berkualitas. Hal ini dilakukan demi si buah hati tercinta.

Jika Sedulur baru pertama kali mempersiapkan keperluan untuk bayi, biasanya memang merasa bingung untuk membelinya dimana. Namun tidak usah khawatir, karena ada Aplikasi Super menyediakan perlengkapan bayi baru lahir lengkap dengan harga bersaing.