obat pilek bayi

Bayi Ibu Super sedang mengalami pilek? Jangan khawatir, berikut ini rekomendasi obat pilek bayi rumahan yang aman untuk bayi.

Pilek merupakan penyakit musiman yang salah satu penyebabnya adalah peralihan cuaca. Seperti saat ini ketika terjadi pergantian cuaca yang ekstrem terjadi. Bagi yang memiliki imunitas tubuh tinggi, akan terhindar dari sakit pilek. Sementara bagi yang imunitasnya rendah, sakit pilek akan menyerang dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Biasanya, bayi seringkali terkena penyakit pilek di musim pancaroba seperti yang tengah terjadi saat ini. Hal ini disebabkan oleh imunitas bayi yang rendah dan sangat sensitif. Selain itu, tidak semua obat bisa dikonsumsi oleh bayi. Harus memilih obat pilek bayi yang aman dan tidak boleh asal.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat pilek bayi ala rumahan yang terbuat dari bahan alami dan beberapa obat kimia yang sangat aman dikonsumsi. Apa saja rekomendasi obat yang dimaksud? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

-->

Baca Juga: 7 Obat Diare Untuk Anak yang Enak, Aman dan Ampuh

Rekomendasi Obat Pilek Bayi dan Anak yang Aman

1. ASI

obat batuk pilek bayi
alodokter.com

Obat pilek bayi alami yang pertama adalah ASI. Selain sebagai asupan utama bayi, ASI juga merupakan obat bagi segala penyakit yang ditermia oleh bayi. Bagi bayi Ibu Super, tidak ada obat yang lebih ampuh ketimbang ASI. ASI dapat bekerja sebagai obat yang dapat meredakan sakit pilek yang dialami oleh bayi.

Ketika buah hati Ibu Super sedang mengalami pilek, langkah yang harus segera kamu lakukan adalah dengan menyusui secara teratur. Selain sebagai obat, menyusui secara teratur juga bisa membuat buah hati tenang dan rileks. Proses ini yang membantu penyembuhan dari penyakit lebih cepat.

2. Kunyit

obat pilek untuk bayi 0-6 bulan
jawapos.com

Kunyit bukan hanya obat batuk pilek bayi, namun juga obat bagi orang dewasa. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan dari kunyit yang sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Ketika akan digunakan sebagai obat bagi pilek bayi, Ibu Super tinggal menghaluskan kunyit, lalu campurkan dengan air hangat hingga menjadi pasta yang sangat halus dan lembut.

Kemudian, oleskan pasta tersebut ke pada dada, dahi, dan telapak kaki bayi. Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air hangat. Panas yang terdapat dalam kunyit bisa secara alami mengobati pilek yang menimpa bayi, dan juga mengencerkan lendir agar mudah keluar

3. Uap Hangat

obat pilek bayi 10 bulan
alodokter.com

Rekomendasi obat pilek bayi alami selanjutnya adalah uap hangat. Hal ini sangat efektif untuk mengencerkan lendir dan meredakan hidung tersumbat. Panaskan air hingga mendidih, lalu pindahkan dalam baskom. Biarkan uap hangat dihirup oleh si kecil untuk meredakan lendir dan merangsang untuk cepat sembuh.

Uap hangat juga dapat memberikan rasa nyaman kepada buah hati. Rasa nyaman dapat mendorong tubuh bayi untuk melakukan penyembuhan lebih cepat. Sedulur juga bisa mencampurkan rempah seperti daun pandan, cengkeh dan kayu manis pada air rebusan, agar uap yang dihasilkan bisa lebih wangi dan membuat nyaman.

4. Minuman dari Madu

obat pilek bayi alami Madu
hallosehat.com

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan selanjutnya adalah madu. Namun, menggunakan mau sebagai obat pilek bayi disarankan digunakan kepada bayi di atas usia 6 bulan. Karena bayi di bawah usia 6 bulan akan berisiko mengalami infant botulism.  Berikut ini beberapa resep yang bisa Ibu Super coba terhadap bayi Ibu Super:

  • Madu dan merica: Pambahkan sedikit bubuk lada ke dalam 1 sdm madu dan suapkan kepada bayi secara berkala. Madu dan merica sangat baik untuk mengatasi pilek dan batuk.
  • Madu dan jahe kering: Campur bubuk jahe kering dengan 1 sdm madu lalu berikan kepada buah hati. Madu dan jahe kering merupakan obat yang ampuh untuk mengatasi pilek kepada bayi.
  • Lemon dan madu: Peras buah lemon ke dalam segelas air dan tambahkan sedikit madu ke dalamnya lalu aduk rata hingga tercampur. Lemon dan madu merupakan obat yang enak bayi bayi. Mengonsumsi lemon dan madu juga tidak memberikan efek samping.

5. Tetes Hidung Buatan Sendiri

obat pilek bayi 1 bulan
merries.co.id

Rekomendasi obat pilek bayi ala rumahan yang bisa dibuat sendiri oleh Ibu Super adalah obat tetes hidung. Meskipun buatan sendiri, Ibu Super harus berkonsultasi dengan dokter anak terkait resep dan bahan pembuatannya. Bahan dasar yang sering digunakan untuk membuat tetes hidung biasanya adalah air garam.

Campurkan 1/2 sdm garam dengan 8 sdm air hangat. Aduk rata hingga garam larut dan saring hingga benar-benar lembut. Kemudian teteskan secara perlahan kepada hidung bayi. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan kuman yang menjadi penyembab utama bayi mengalami pilek.

6. Balsem Mentol

merk obat pilek bayi 7 bulan
bp-guide.com

Selain obat yang dikonsumsi, terdapat juga obat oleh yang dapat digunakan sebagai obat pilek bayi 1 bulan. Salah satu yang bisa digunakan adalah balsem mentol. Namun obat ini tidak boleh digunakan untuk bayi di bawah usia dua tahun. Karena, untuk bayi di bawah dua tahun, balsem mentol ini terlalu keras untuk bayi.

Ramuan yang terbuat dari obat ini akan efektif dan dapat memaksa tubuh untuk memproduksi lendir berlebih. Kandungan yang terdapat petrolatum, minyak dan kayu putih. Efektif untuk meredakan pilek bagi bayi dan menghangatkan tubuh bayi. Ibu Super bisa mendapatkan balsem ini di apotek terdekat.

7. Tempra Drops

obat pilek bayi Tempra Drops
sehatgemilang.com

Rekomendasi obat pilek bayi selanjutnya adalah Tempra Drop Paracetamol, yang bisa Ibu Super berikan kepada buah hati sebelum atau sesudah makan dengan dosis 0.8 ml.  Obat ini maksimal bisa diberikan 5 kali sehari dengan interval 4 jam. Bukan hanya pilek, obat ini juga dapat mengatasi gejala demam, sakit kepala, dan batuk-batuk.

Kelebihan dari obat ini juga tersedia beberapa varian rasa dan diberikan pipet untuk memudahkan Ibu Super memberikan obat ini kepada sang buah hati. Satu botol obat ini berisi 15 ml dengan harga mulai dari Rp49.600 hingga Rp71.000.

Baca Juga: Obat Panas Dalam Alami Cocok Untuk Dewasa & Anak-Anak

8. Madu Syifa Honey Fluba

obat pilek bayi Madu Syifa Honey Fluba
alhidayahmadu.com

Obat pilek bayi selanjutnya adalah Madu Syifa Honey Fluba. Obat ini dijamin aman untuk digunakan oleh anak-anak karena bahan dasar pembuatan obat ini adalah madu murni dan bahan jinten hitam (nigella sativa). Obat sirup yang tergolong herbal ini dapat mengatasi gejala pilek hingga demam bagi bayi yang berusia di atas 6 bulan.

Selain mengatasi pilek dan gejala demam, obat ini juga efektif untuk meningkatkan imunitas bayi. Ibu Super bisa mendapatkan obat ini dengan harga mulai dari Rp35.000 – Rp99.000 saja. Obat herbal yang aman untuk bayi ini sudah bisa Ibu Super dapatkan di berbagai apotek terdekat.

9. Paracetamol

obat pilek bayi Paracetamol
popmama.com

Paracetamol merupakan obat pilek dan obat batuk yang efektif bagi orang dewasa. Ternyata, paracetamol juga dapat digunakan sebagai obat pilek bayi. Namun, Ibu Super harus memperhatikan dosis yang disesuaikan dengan umur dan berat badan anak. Berikut ini daftar dosisnya:

  • Anak usia 4-5 tahun dengan BB sekitar 16,4-21,7 kg dosis umumnya 240 mg.
  • Anak usia 6-8 tahun dengan BB sekitar 21,8-27,2 kg dosisnya 320 mg.
  • Anak usia 9-10 tahun dengan BB sekitar 27,3-32,6 kg takaran dosisnya adalah 400 mg.

Jumlah dosis di atas harap diperhatikan oleh Ibu Super. Jika salah memberikan dosis bisa memberikan efek samping kepada buah hati Sedulur. Hal ini tentu saja akan membuat buah hati lebih lama sembuh dari pilek yang diderita. Persoalan ini harap diperhatikan juga bagi orang dewasa. Pasalnya, paracetamol merupakan obat kimawi yang penggunaannya harus seusai arahan dan dosis yang pas.

10. Cessa Cough & Flu

obat pilek bayi Cessa Cough & Flu
shopee.co.id

Rekomendasi obat pilek bayi 10 bulan yang aman selanjutnya adalah Cesa Cough & Flu. Obat ini berbentuk essential oil sehingga aman untuk digunakan pada anak bayi. Obat ini sangat efektif meredakan flu dengan cara dioleskan pada punggung dan dada bayi.

Obat oles ini terbuat dari bahan alami 100% seperti minyak terapi, rempah-rempah, dan ekstrak peppermint yang aman dan nyaman untuk bayi. Ibu Super bisa mendapatkan obat ini dengan harga Rp56.000 saja. Kelebihan obat ini adalah kemasan yang praktis sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

11. Purekids Inhalant Decongestant Oil

obat pilek bayi Purekids Inhalant Decongestant Oil
kumparan.com

Ibu Super sedang mencari rekomendasi merk obat pilek bayi 7 bulan? Purekids Inhalant Decongestant Oil merupakan jawabannya. Seperti yang Ibu Super sering alami bahwa ketika bayi mengalami pilek, gejala yang sangat menganggu buah hati Ibu Super adalah hidung tersumbat.

Obat ini sangat efektif untuk mengatasi hidung tersumbat karena terbuat dari bahan alami seperti kayu putih dan cengkeh yang efektif untuk melegakan hidung bayi yang sedang tersumbat. Selain itu, obat ini juga mampu membuat bayu tertidur lebih nyenyak. Ibu Super bisa mendapatkan obat ini dengan harga Rp65.000.

12. Sterimar Baby Nasal Spray

obat pilek bayi Sterimar Baby Nasal Spray
shopee.co.id

Rekomendasi obat pilek bayi yang terakhir adalah Sterimar Baby Nasal Spray. Sterimar merupakan obat pilek untuk bayi 0-6 bulan dan aman digunakan untuk bayi usian 0-3 tahun. Obat ini merupakan obat semprot yang mengandung 100% isotonik alami denngan tekanan rendah. Ujung kemasan yang aman sangat aman digunakan untuk bayi.

Ketika buah hari Ibu Super mengalami pilek dan hidung tersumbat. Ibu Super bisa langsung mengatasinya dengan menyemprotkannya langsung ke hidung bayi. Gejala hidung tersumbat pun akan perlahan hilang dan bayi akan sembuh dari pilek dengan cepat. Obat ini bisa Ibu Super dapatkan dengan harga Rp120.000 – Rp175.000.

Cara Mengatasi Si Kecil yang Sedang Pilek

obat pilek bayi Cara Mengatasi Si Kecil yang Sedang Pilek
hellosehat.com

Setelah menyimak rekomendasi obat pilek untuk buah hati Sedulur di atas, lantas apa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi si kecil yang sedang pilek? Berikut ini beberapa cara yang bisa Ibu Super lakukan untuk mengatasi pilek yang dirasakan oleh Ibu Super:

  • Jaga kualitas udara

Langkah dan cara mengatasi si kecil. Kualitas udara yang baik saat si kecil pilek adalah udara yang lembab. Untuk menjaga kualitas udara yang lembap tetap terjaga, Ibu Super bisa menggunakan humidifier. Satu hal yang penting lagi, hindari penggunaan AC saat buah hati sedang pilek.

  • Beri air hangat

Air hangat dapat meringankan bayi yang sedang tersumbat. Dengan mengonsumsi air hangat, saluran nafas bayi akan lebih longgar. Selain itu, dahak yang menyumbat bisa secara perlahan mencair dan keluar dengan perlahan.

  • Menepuk-nepuk punggung bayi

Langkah ini juga efektif untuk menenangkan bayi dan melancarkan saluran nafas bayi yang tersumbat. Ketenangan bayi saat punggungnya ditepuk akan mengantarkan bayi tidur dengan lelap dan membantu pemulihan dengan cepat.

  • Rutin bersihkan hidung bayi

Saat pilek, hidung bayi akan penuh dengan lendir dan ingus yang mengeras. Bayi akan risih dan tidak nyaman. Hal buruknya, hal ini akan memperburuk kondisi bayi dan sulit mengalami penyembuhan.

  • Beri Asupan Makanan yang Bergizi

Saat sedang sakit, bayi membutuhkan asupan makanan yang bergizi dan tinggi nutrisi. Hal ini dapat membantu pemulihan bayi dengan cepat, juga mempercepat kerja obat di dalam tubuh.

Semoga penjelasan terkait daftar obat pilek bayi beserta cara mengatasinya di atas dapat membantu Ibu Super untuk meredakan pilek yang dialami oleh sang buah hati. Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah terus memberi asupan bergizi bagi sang buah hati. Berikan makanan yang baik dan berkualitas.

Ibu Super bisa mendapatkan bahan makanan bergizi, berkualitas tinggi dengan harga super murah dan kualitas pelayanan terbaik di Aplikasi Super. Aplikasi Super merupakan pilihan tepat untuk memenuhi segala kebutuhan harian masyarakat. Serta membantu mengatasi masalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak ada alasan untuk tidak menggunakan Aplikasi Super saat ini juga!