manfaat baby oil

Baby oil merupakan salah satu produk perawatan kulit bayi yang kerap digunakan untuk melembapkan kulit bayi. Selain itu, baby oil juga digunakan untuk membantu mengobati ruam popok dan eksim, serta digunakan sebagai minyak untuk memijat bayi. Melihat manfaat baby oil yang sangat besar, penggunaannya menjadi sangat populer di kalangan para ibu.

Secara umum, baby oil adalah pelembap serba guna yang bisa mengunci kelembapan alami kulit bayi untuk membuatnya tetap lembut dan terhidrasi. Namun, manfaat baby oil tidak hanya untuk melembapkan kulit saja, melainkan juga memiliki beberapa manfaat lainnya.

Apa saja manfaat baby oil untuk si kecil selain melembapkan kulit? Simak informasi berikut ini, ya!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Kursi Makan Bayi yang Nyaman & Aman

-->

Manfaat baby oil untuk bayi

Selain melembapkan, baby oil juga memiliki manfaat lain untuk bayi. Berikut adalah ulasan singkatnya.

1. Membuat suasana rileks

manfaat baby oil
iStock

Baby oil memiliki tekstur, aroma, dan kehangatan yang bisa membuat bayi merasa rileks dalam beristirahat. Saat bayi merasa nyaman dengan lingkungannya, ia akan lebih menikmati suasana dan tidur dengan rasa senang. Suasana rileks ini juga berguna untuk membuat bayi tidak mudah mengalami stres. 

2. Mengobati ruam kulit

manfaat baby oil
iStock

Pemberian baby oil juga bisa mengobati ruam pada kulit. Ruam merupakan kondisi kulit yang mengalami perubahan tekstur atau warna karena adanya peradangan. Penyebab ruam ini sangat bervariasi, mulai dari biang keringat, alergi, udara yang terlalu panas, maupun tidak cocok dengan sabun.

Kulit yang mengalami ruang biasanya akan disertai rasa gatal, benjolan, bersisik, hingga mengelupas dan iritasi. Nah, pemberian baby oil ini akan membuat bayi terhindar dari ruam kulit serta mengobati ruam yang sudah ada.  

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Terbaik yang Aman & Nyaman

3. Melembutkan kulit kepala

manfaat baby oil
iStock

Baby oil tidak hanya digunakan pada kulit tubuh saja, melainkan juga bisa digunakan pada bagian sensitif bayi, seperti kepala. Kepala bayi memiliki batok kepala yang belum berkembang sempurna dan sering disertai dengan beberapa masalah, seperti kulit kering dan dermatitis seboroik. 

Pemberian baby oil pada bagian kepala bayi akan membantu melembutkan kulit kepala. Sedulur bisa memberikannya secara rutin sehabis mandi dengan cara mengoleskannya perlahan. Jika permasalahan kulit kepala tidak segera membaik, Sedulur bisa menghubungi dokter anak untuk penanganan yang lebih optimal. 

4. Melindungi lipatan pada kulit

manfaat baby oil
iStock

Manfaat lain dari baby oil untuk si kecil adalah melindungi lipatan pada kulit. Lipatan yang dibiarkan begitu saja memiliki peluang yang besar untuk mengalami lecet. Hal ini bisa disebabkan karena adanya gesekan antar kulit, biang keringat, pakaian, ataupun sprei yang digunakan.

Berbagai faktor penyebab terjadinya gesekan tersebut akan menyebabkan iritasi pada lipatan kulit bayi. Oleh karena itu, pemberian baby oil sangat penting untuk melumasi kulit, sehingga lipatan kulit bayi tetap terlindungi. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Susu Bebas Laktosa yang Aman untuk Bayi

Manfaat baby oil untuk orang dewasa

Selain digunakan untuk bayi, manfaat baby oil juga bisa dirasakan oleh orang dewasa. Formula produk yang biasanya mengandung minyak mineral dan bebas dari bahan kimia berbahaya ini membuat baby oil dapat digunakan oleh segala usia, termasuk orang dewasa.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh orang dewasa.

1. Manfaat untuk kesehatan

manfaat baby oil
iStock

Dalam hal kesehatan, baby oil juga bisa digunakan oleh orang dewasa untuk mengobati bibir pecah-pecah. Bibir yang kering hingga berdarah tentu saja akan membuat diri merasa tidak nyaman. Nah, penggunaan baby oil ini dapat memberikan kelembapan pada bibir orang dewasa.

Manfaat ini didapatkan dari kandungan baby oil, yaitu minyak mineral yang bersifat hipoalergenik, dan tentunya bebas dari pewangi. Selain itu, orang dewasa juga bisa menggunakan baby oil untuk membersihkan kotoran telinga yang sudah mengeras, lho!

Cara menggunakannya cukup mudah, Sedulur bisa meneteskan baby oil ke dalam telinga untuk memperlunak tekstur kotoran telinga. Setelah melunak, secara umum kotoran akan keluar dengan sendirinya.

Menariknya lagi, baby oil juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan rambut. Baby oil akan memberikan kelembapan pada rambut, menghaluskan dan memperkuat rambut, serta mencegah timbulnya rambut kering dan rontok. Baby oil juga bisa mencegah iritasi kulit kepala hingga munculnya ketombe pada rambut. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Merek Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir

2. Manfaat untuk kecantikan

manfaat baby oil
iStock

Selain untuk kesehatan, baby oil juga bermanfaat untuk kecantikan. Produk ini bisa bertindak sebagai make up remover guna menghapus riasan wajah. Sedulur tidak perlu khawatir untuk menggunakannya pada wajah, karena baby oil memiliki kandungan yang aman terhadap kulit.

Baby oil juga bisa mengatasi masalah kulit kering, baik di wajah, kaki, tangan, maupun bagian tubuh lainnya. Karena sifatnya yang non comedogenic, baby oil tidak akan menyumbat pori-pori sehingga aman digunakan pada kulit. 

Itulah beberapa manfaat baby oil untuk si kecil yang perlu Sedulur ketahui. Selain produk baby oil untuk merawat kulit bayi, Sedulur juga perlu memperhatikan produk perlengkapan bayi yang lainnya, seperti bedak dan popok.

Agar mendapatkan produk berkualitas dengan mudah dan cepat, Sedulur bisa belanja di Aplikasi Super. Hanya dengan satu aplikasi, kamu bisa menemukan berbagai kebutuhan si kecil hanya dari rumah. 

Selain harga yang murah, belanja di Aplikasi Super juga banyak untungnya. Karena ada banyak promo, cashback, hingga gratis ongkir tanpa minimal pembelian. Yuk, belanja sekarang juga!