kursi makan bayi

Kursi makan bayi merupakan salah satu perabot rumah tangga yang wajib dimiliki oleh pasangan suami istri yang sudah dikaruniai buah hati. Mengajarkan anak untuk makan dengan kondisi yang baik akan membantu anak menjadi teratur dan mandiri.

Memilih kursi makan bayi memang tidak bisa sembarangan. Selain melihat dari segi keamanan, para orang tua juga harus mengutamakan kenyamanan anak. Berikut adalah rekomendasi kursi makan bayi yang sesuai dengan dua kebutuhan di atas. Simak ya!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Masker Anak Terbaik yang Aman & Nyaman

1. High Chair Baby Joie Multiply 6 in 1

kursi makan anak
Joeibaby

Rekomendasi kursi makan bayi multifungsi yang pertama adalah High Chair Baby Joie Multiply 6 in 1. Kursi makan ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan selain makan, seperti bermain dan belajar. Memiliki tiga pilihan warna, yakni Petite City, Midtown, dan Flower Forever yang sangat manis dan menarik.

Beberapa keunggulan kursi makan bayi ini adalah memiliki pengaman yang dapat di lepas. Fitur ini dapat digunakan ketika Sedulur sedang bepergian dan tidak ada kursi khusus untuk anak, maka pengaman pada kursi ini dapat dilepas dan dipasang kembali pada kursi lain untuk orang dewasa.

Selain itu, ketinggian kursi makan ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan karena memiliki 5 tingkat pengatur ketinggian. Kursi ini mudah dikemas dan sangat rapi dengan ukuran yang kecil. Walaupun kecil, namun kursi makan ini memiliki meja yang ekstra besar dan mudah di bongkar pasang.

Terdapat pula 3 pengaturan posisi untuk sandaran dan 3 pilihan ketinggian sandaran kaki. Kursi makan ini telah dilengkapi dengan tatakan gelas yang lengkap dan dapat disesuaikan dengan bentuk dan ukuran. Tatakan juga dapat disimpan secara ringkas di belakang bagian kaki. Kursi makan ini dapat dibongkar pasang dan dicuci.

Hal penting lainnya adalah, kursi makan ini sudah dilapisi dengan alas yang lembut untuk bayi dan memiliki roda pada bagian depan untuk memudahkan pemindahan posisi. Kursi makan Joei dibandrol dengan harga Rp 1.850.000.

2. Sugarbaby My Chair (Baby Booster & High Chair) : 6 Growing Stages

kursi makan bayi
WILLOWBABY

Selanjutnya adalah kursi makan bayi Sugarbaby My Chair (Baby Booster & High Chair). Kursi makan ini memiliki enam fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan anak. Kursi makan ini sudah memenuhi standar keamanan Eropa EN 14988 dan bebas BPA. Cushion juga sangat empuk karena dilapisi kulit sintesis dan mudah dibersihkan.

Kursi makan ini dapat digunakan untuk anak 6 – 60 bulan (berat badan anak maximal 30 kg) dan dapat dijadikan high chair, booster, maupun kursi bermain. Berat maksimal ketika dalam  posisi high chair adalah 30 kilogram sementara saat posisi di lantai tanpa kaki dapat mencapai 50 kilogram. Kursi makan bayi ini juga dapat digunakan menjadi kursi main yang nyaman & aman untuk pemakaian jangka panjang .

Berikut adalah 6 fungsi kursi makan Sugarbaby yang dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak.

  1. Kursi makan tinggi dengan tinggi 88 cm.
  2. Kursi balita dengan tinggi 60 cm.
  3. Kursi bermain di lantai (tanpa meja) dengan tinggi  45 cm.
  4. Kursi makan di lantai (dengan meja) dengan tinggi 45 cm.
  5. Kursi makan diletakkan atau diikat di kursi makan keluarga sehingga sejajar dengan kursi makan Ibu.
  6. Kursi roda atau playchair dimana kursi dapat dipasang roda untuk bermain anak dengan tinggi 50 cm.

Fitur tambahan lainnya adalah kursi makan ini memiliki posisi meja yang dapat diatur sesuai kebutuhan dengan 3 posisi berbeda. Memiliki nampan ekstra di meja yang dapat dilepas pasang untuk kemudahan dicuci. Tidak hanya itu, bantalan kursi juga diisi dengan foam empuk yang mudah dibersihkan, tidak mudah meninggalkan noda dan tidak menyerap cairan.

Kursi ini memiliki 3 titik tali pengaman dan struktur piramid sebagai desain kaki yang stabil, anti jatuh, dan anti slip. Selan mudah dipasang, kursi makan Sugarbaby juga efisien ketika disimpan karena kaki yang tidak digunakan dapat diletakkan di bawah kursi. Kursi ini dijual dengan harga Rp 570.000.

BACA JUGA: 10 Hak Anak di Rumah yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

3. X&W Baby Chair Seat Scooter

kursi makan bayi
XnW

Kursi makan bayi multifungsi selanjutnya adalah X&W Baby Chair Seat Scooter. Kursi makan ini dapat digunakan untuk bayi berusia 6 hingga 60 bulan dengan maksimal berat 48 kg. Tersedia dalam lima pilihan warna, yakni biru pudar, hijau, cokelat, merah muda, dan biru.

Kursi makan ini bebas BPA dan memiliki bantalan duduk yang empuk serta sangat mudah dibersihkan. Tidak hanya itu, bagian pengaman juga dapat diatur sesuai selera dengan tiga posisi yang berbeda. Kursi makan bayi ini juga dapat disesuaikan ketinggiannya.

Jika seluruh kaki kursi dipendekkan, maka kursi dapat berubah menjadi scooter dengan roda. Sangat aman dan mudah digunakan, kursi ini juga multifungsi karena dapat digunakan untuk makan dan juga bermain. Kursi makan bayi X&W ini dibandrol dengan harga Rp 900.000.

4. Peg Perego Prima Pappa High Chair Zero 3 

kursi
PegPerego

Kursi makan bayi terbaik selanjutnya adalah Peg Perego Prima Pappa High Chair Zero 3. Kursi ini merupakan high chair dengan desain compact dan stylish yang dirancang dengan fitur yang unik. Kursi makan bayi ini sangat cocok untuk anak usia 6 sampai ±3 tahun dengan beban maksimal pada kursi adalah 15kg.

Kursi ini memiliki empat posisi sandaran yang dapat disesuaikan dengan tingkat kemiringan, dari bersandar hingga tegak sesuai dengan kenyamanan anak. Kursi makan bayi ini juga memiliki tujuh tingkat ketinggian kursi yang dapat disesuaikan untuk memudahkan saat para orang tua dan anak sedang bermain, makan, ataupun hanya untuk duduk manis di tempat.

Kursi Peg Perego juga dilengkapi lima titik sabuk pengaman dengan fitur pengekang yang dapat disesuaikan. Fitur pengaman berguna untuk membantu memudahkan orang tua ketika menjaga si kecil dalam posisi duduk yang ideal dan nyaman saat makan. Kursi ini dijual dengan harga Rp 1.795.000.

5. Chicco Polly Energy Double Phase Highchair 2 in 1

kursi bayi
Babystore

Kursi makan bayi selanjutnya adalah Chicco Polly Energy Double Phase Highchair 2 in 1. Kursi ini memiliki 4 posisi tatakan yang dapat disesuaikan, dengan baki makanan yang dijepitkan pada baki utama kursi. Kursi ini juga memiliki 3 posisi bersandar yang dapat disesuaikan mengikuti kenyamanan anak.

Kursi ini memiliki bantalan yang empuk dan nyaman. Dilengkapi dengan dua bantal, bagian atas untuk anak yang lebih kecil, dan bagian bawa untuk anak yang sudah cukup besar. Kursi Chicco juga memiliki 7 posisi ketinggian yang berbeda untuk memudahkan orang tua ketika ingin menyuapi makan tanpa sakit punggung.

Kursi makan bayi ini memiliki penutup dari bahan PVC yang dapat dilepas dan dibersihkan secara menyeluruh. Selain itu, bagian pijakan kaki juga dapat disesuaikan ketinggian dan sudutnya. Kursi berukuran 38 – 64 cm dan berat 9,2 kilogram ini dibandrol dengan harga Rp 925.000.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Masker Anak Terbaik yang Aman & Nyaman

BACA JUGA: 20 Lagu Anak Anak Terpopuler dari Dulu Hingga Sekarang

6. Winfun Musical baby booster 

kursi makan bayi
Winfun

Selanjutnya adalah kursi makan bayi 6 bulan untuk mereka yang sedang aktif-aktifnya bermain. Ialah Winfun Musical baby booster, kursi makan bayi dengan warna cerah dan sangat menarik perhatian. Kursi makan ini dilengkapi tombol yang dapat menyala ketika ditekan dan mengeluarkan suara atau melodi yang menyenangkan.

Keunggulan kursi ini adalah memiliki baki makan yang dapat dibersihkan menggunakan mesin pencuci piring, kursi makan ini juga dilengkapi harness dan tali yang kokoh untuk mengamankannya ke kursi lain untuk menambah ketinggian. Tidak hanya itu, kursi makan Winfun juga memiliki lipatan yang kompak dan mudah disimpan. Kursi makan ini disimpan dengan harga Rp 480.000.

7. BabySafe High Chair 3 in 1 Booster Seat

kursi bayi
Babysafe

Selanjutnya adalah kursi makan bayi murah dengan harga Rp 420.000. BabySafe High Chair 3 in 1 Booster Seat merupakan kursi yang dapat digunakan untuk tiga tahap usia anak, yaitu 6 bulan keatas, 8 bulan keatas dan 12 bulan keatas. 

Kursi ini dapat digunakan sebagai High Chair (kursi makan tinggi) ketika anak sudah mulai duduk tegak. Kursi ini juga dapat digunakan sebagai Booster Seat saat anak sudah siap bergabung di meja makan. Tidak hanya itu, kursi ini juga dapat dibentuk menjadi kursi kecil ketika akan melakukan berbagai kegiatan.

Kursi ini terbuat dari bahan Polypropylene (PP) dan bebas BPA, dengan dua pilihan warna, yakni hijau dan merah muda. Keunggulan kursi ini antara lain, memiliki dua tombol untuk memudahkan melipat kursi, dapat diatur menjadi 3 pilihan posisi berbeda, dapat dilipat sehingga mudah dan praktis untuk disimpan, serta memiliki 3 titik sabuk pengaman untuk memastikan keamanan bayi saat duduk. Selain itu, kursi makan bayi ini juga memiliki pola menarik pada bagian kursinya. 

8. Farlin High Chair

kursi makan
Farlin

Rekomendasi selanjutnya adalah kursi makan bayi Farlin High Chair. Kursi ini memiliki tiga posisi meja makan yang dapat disesuaikan berdasarkan selera masing-masing. Selain itu, kursi ini juga dilengkapi dengan kunci pengaman ganda untuk keamanan ekstra. 

Kursi ini memiliki pijakan kaki dengan dua posisi yang dapat disesuaikan. Tidak hanya itu, kursi ini juga memiliki sabuk pengaman pada bagian pinggang dan selangkangan. Selain mudah dilipat ketika akan disimpan, kursi ini juga memiliki sandaran dan kursi yang emput. Farlin High Chair dibandrol dengan hargaRp 2.220.000.

BACA JUGA: 80 Pantun Anak-Anak Lucu, Jenaka, Suka Cita & Penuh Nasihat

9. Yamatoya Sukusuku EN Table & Guard

kursi
Kiddy.id

Selanjutnya adalah kursi makan bayi kayu dari brand Yamatoya dengan produknya Sukusuku Plus Table Kursi Makan Bayi – Dark Brown. Kursi ini memiliki desain yang lebar dan compact untuk kemudahan penggunaan serta memiliki pijakan kaki yang dapat disesuaikan.

Kursi ini mudah dibersihkan karena dapat dilepas tanpa menggunakan alat. Ketika dipakai, lutut bayi juga mudah ditekuk sehingga bayi merasa nyaman. Terbuat dari kayu karet recyled yang ramah lingkungan, kursi ini juga dilengkapi pelindung dan sabuk pengaman untuk keamanan ekstra.

Yamatoya Sukusuku Plus Table ini dapat digunakan untuk bayi berusia 6 bulan atau bayi yang sudah dapat duduk tanpa bantuan. Kursi ini dijual dengan harga Rp 1.540.000.

10. Mastela Adjustable Booster Seat

chair
Firstcry

Selanjutnya adalah rekomendasi kursi makan bayi untuk mpasi, yaitu Mastela Adjustable Booster Seat. Kursi ini dapat digeser dengan 4 posisi pergeseran meja makan dan dapat disesuaikan dengan tiga posisi ketinggian. Kursi ini juga dapat dilipat dan mudah untuk disimpan.

Terdapat dua pilihan warna, yaitu merah muda dan krem. Kursi ini cocok digunakan untuk anak dengan berat 3 hingga 15 kilogram. Bahan kursi ini terbuat dari 100% bahan polyester, sedangkan bahan plastiknya terbuat dari 100% polypropelene. Memiliki ukuran 420 x 420 x 650 mm dan berat 3,10 kilogram, kursi ini dibandrol dengan harga Rp 525.000.

11. Fisher Price Quick Clean Portable Booster

chair
Ruparupa

Selanjutnya adalah kursi makan bayi Fisher Price Quick Clean Portable Booster. Terbuat dari material plastik, kursi ini dapat digunakan anak dengan berat maksimal 23 kilogram dan usia 6 bulan ke atas. Kursi Fisher ini juga dilengkapi dengan sabuk pengaman untuk mengikat booster seat ke kursi makan

Keunggulan kursi ini adalah memiliki dua ketinggian yang bisa diatur dan dua posisi meja makan yang dapat diatur dan dilepas. Dilengkapi dengan dispenser tissue dan tiga titik tali pengaman, kursi makan ini dijual dengan harga Rp 450.000.

BACA JUGA: 22 Film Animasi Terbaik untuk Ditonton dengan Si Kecil

12. Summer Infant Sit ‘N Style Booster Seat

kursi
The Baby boutique

Rekomendasi terakhir adalah kursi makan bayi Summer Infant Sit ‘N Style Booster Seat. Kursi ini sangat ringan namun tetap tahan lama untuk penggunaan indoor maupun outdoor. Kursi ini juga dapat dilipat sehingga memudahkan dalam penyimpanan dan portabilitas.

Baki makan terbuat dari bahan bebas BPA dan dapat dilepas serta dicuci dengan alat pencuci piring. Kursi ini memiliki 3 titik pengaman dan tali pengaman untuk dipasang di kursi dewasa. Lipatan baki pada bagian bawah kursi juga dapat digunakan sebagai ruang penyimpanan.

Kursi makan bayi dari Summer ini juga ditujukan untuk bayi usia 9 bulan dengan berat maksimal 17 kilogram. Dilengkapi dengan dua posisi berbaring dan busa yang sangat empuk, kursi makan ini dibandrol dengan harga Rp 550.000.

Itulah beberapa rekomendasi kursi makan bayi yang dapat Sedulur jadikan pilihan. Tidak hanya orang dewasa, bayi ternyata juga membutuhkan kursi makan yang nyaman dan tentunya aman untuk menikmati makanan. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!