susu formula untuk bayi baru lahir

Ibu Super tentu harus memberikan susu formula untuk bayi baru lahir yang terbaik, karena dengan susu formula terbaik, bayi dapat tubuh dengan asupan gizi dan nutrisi yang baik. Oleh karena itu, Ibu Super wajib mengetahui rekomendasi susu formula untuk si kecil.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas rekomendasi susu formula untuk bayi baru lahir yang bisa Ibu Super beli. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Daftar Produk dan Harga Susu Terbaik Untuk Si Kecil

1. Enfamil A+1 Susu Formula Bayi

K24Klik

Rekomendasi susu formula untuk bayi yang baru lahir pertama yaitu Enfamil A+1, dalam susu ini mengandung formula khusus, terutama untuk bayi yang berusia 6 bulan. Kandungan yang dimaksud yaitu DHA 85 mg dan ARA 170 mg untuk mendukung perkembangan otak bayi.

Bukan hanya itu, susu ini juga dapat mempengaruhi untuk mempertahankan konsentrasi lebih lama, mendukung perkembangan memori dan ingatan bayi, serta kemampuan dalam memecahkan masalah. Bukan hanya itu, susu ini juga mengandung GOS 3 gr untuk kesehatan dan perencanaany bayi. Untuk ukuran 400gr, susu ini dibanderol dengan harga Rp223.000.

2. Lactogen 1 HappyNutri

susu formula untuk bayi baru lahir
Nestle

Rekomendasi susu formula untuk bayi selanjutnya yaitu Lactogen 1 HappyNutri, yang merupakan rekomendasi susu yang baik untuk membantu pertumbuhan bayi dari usia 0-6 bulan. Susu ini dapat membantu pertumbuhan awal anak.

Susu ini juga kaya akan probiotik, asam lemak esensial LA dan ALA, prebiotik FOS dan GOS, zat besi, hingga 12 vitamin dan 11 mineral, kandungan susu formula ini tentu membantu perkembangan bayi.

3. Bebelove 1 Formula

Bebelove

Rekomendasi susu formula bagi bayi selanjutnya yaitu, Bebelove 1 Formula. Susu ini bisa dikonsumsi bagi Ibu Super yang memiliki anak usia 0-1 tahun. Bebelove susu formula 1 ini memiliki kandungan yang serupa dengan ASI.

Kandungan yang terdapat dalam Bebelove sendiri yaitu Prebiotik FOS, lactoferrin, zat besi, kalsium, vitamin dan mineral. Bebelove juga memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 1,8 kilogram dengan harga susu sekitar Rp 312 ribu.

4. S-26 Promil Gold Tahap 1

susu formula untuk bayi baru lahir
Halodoc

Rekomendasi selanjutnya yaitu S-26 Promil Gold Tahap 1. Susu ini memiliki formula khusus, terutama untuk tumbuh kembang otak anak agar lebih optimal. Hal itu disebabkan oleh kandungan dari makronutrien dan mikronutriennya juga bersinergi untuk memasktikan tubuh si kecil bisa tumbuh dengan kuat dan aktif berenergi.

Si Kecil juga akan lebih tertarik dan mudah menyesuaikan diri karena rasa dari susu ini yang mirip dengan ASI. Selain itu, susu formula ini juga dikatakan dapat menjadi susu penambah berat badan bayi. Susu ini bisa didapatkan dengan harga Rp345.000.

5. Nan PHPro 1

Nestle

Selanjutnya yaitu susu Nan PHPro 1, yang merupakan susu formula baik untuk anak usia 0-6 bulan. Keunggulan dari susu ini antara lain menggunakan kombinasi komposisi nutrisi bergizi.

Seperti campuran protein yang hipoalergik, mengandung probiotik yang membantu melawan bakteri berbahaya dalam sistem pencernaan. Susu ini juga mengandung DHA dan ARA yang berkontribusi terhadap perkembangan otak dan mata bayi.

6. SGM Eksplor

susu formula untuk bayi baru lahir
SGM

Ibu Super bisa berikan bayi konsumsi susu SGM Eksplor. Susu formula satu ini memilki komposisi yang baik, terutama untuk bayi yang berusia 1-3 tahun. Kandungan yang terdapat dalam susu ini yaitu isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, threonine, triptofan, dan valin.

Untuk harga susu SGM Eksplor berukuran 900 gram berada di kisaran Rp 88 ribu rupiah. Salah satu rekomendasi susu formula bagi si kecil yang murah dan terjangkau. Tentu Ibu Super wajib membeli susu ini untuk si kecil.

7. Morinaga BMT PHP

Morinaga

Rekomendasi selanjutnya yaitu susu Morinaga BMT PHP, susu ini mengandung protein yang diolah secara enzimatik yang baik untuk bayi berumur 0-6 bulan. Kandungan susu ini akan mudah dicerna dan dapat mengurangi hipersnsitivitas.

Susu ini sangat baik dikonsumsi untuk bayi yang memiliki alergi karena mengandung kalsium, protein, AA dan DHA, serta vitamin dan mineral yang bermanfaat dalam membantu tumbuh kembang anak. Bisa jadi rekomendasi Ibu Super bagi si kecil yang memiliki alergi. Susu ini dibanderol dengan harga RP318.500.

8. Frisian Flag Primamil

susu formula untuk bayi baru lahir
Frisian Flag

Firisian Flag Primamil merupakan rekomendasi susu formula selanjutnya, karena susu formula ini mengandung zat gizi makro, seperti protein, karbohidrat, dan lemak, serta 9 Asam Amino Essensial, 2 Asam Amino non Essensial, dan 15 vitamin dan 13 mineral.

Diperkaya dengan Omega 3, Omega 6, DHA, AA dan Prebiotik FOS untuk mendukung potensi tumbuh kembang anak Susu formula ini tersedia dengan rasa plain dalam kemasan kotak 200 gr, 400 gr dan 800 gr.

9. LactoGrow 3

Nestle

Rekomendasi susu formula untuk bayi baru lahir selanjutnya yaitu LactoGrow, susu formula ini diproduksi oleh Nestle. Susu ini memiliki komposisi yang baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi dan anak.

Selain itu, Lacto Grow juga memiliki kandungan yang sangat aman dan dapat terjamin pada bayi, sehingga kandungan ini akan membuat bayi terbebas dan terlepas dari alergi. Kandungan penting yang dimaksud seperti thiamine, ribovlain, sampai niasin terdapat begitu banyak di dalam susu ini.

Untuk harga susu, Sedulur bisa membeli LactoGrow ukuran 1 kilogram di harga Rp 147 ribu. Susu ini juga memiliki dua varian untuk bayi berumur 1-3 tahun dan 3-5 tahun.

10. Frisolac

susu formula untuk bayi baru lahir
Kalcare

Rekomendasi terakhir untuk susu formula untuk bayi baru lahir yaitu Frisolac, susu ini diproduksi dengan teknologi Locknutri. Susu ini dibuat dengan suhu yang rendah sehingga setiap nutrisi pada susu yang terkandung secara alami tidak mengalami kerusakan.

Protein yang ada dalam frisolac juga sangat bagus untuk pencernaan bayi. Frisolac juga memiliki kemasan dalam bentuk kaleng sehingga bisa lebih tahan lama dan aman dari kontaminasi. Harga susu formula satu ini berada di kisaran Rp 129 ribu untuk ukuran 400 gram.

Tips memilih susu formula untuk bayi

Astronauts

Selain daftar rekomendasi susu formula yang baik untuk si kecil, Ibu Super juga harus tahu apa saja tips untuk memilih susu formula. Terdapat beberapa hal yang perlu Ibu Super perhatikan, tanpa berlama-lama berikut ini beberapa hal yang bisa Ibu Super perhatikan, yaitu:

1. Menyesuaikan usia bayi

Dalam memilih susu formula, Ibu Super wajib menyesuaikan usia bayi. Jangan sampai Ibu Super membeli susu formula yang tidak sesuai dengan usianya. Hal tersebut dapat menyebabkan bahaya bagi tumbuh kembang bayi itu sendiri.

Kandungan susu untuk bayi 0-2 tahun berbeda dengan kandungan untuk balita 3-5 tahun. Jika dipaksakan, si kecil akan mengalami alergi atau gangguna pencernaan.

2. Jangan lupa perhatikan kandungan susu

Penting bagi Ibu Super untuk mengetahui kandungan susu. Ibu Super bisa memilih susu formula ekslusif karena di dalamnya terkandung komposisi yang mirip dengan ASI. Sehingga akan baik untuk pertumbuhan si kecil itu sendiri.

Ibu Super wajib cek bagian bungkus susu untuk mengetahui komposisi kandungan dari susu itu sendiri. Pastikan kandungan prebiotik seperti prebiotik seperti PDX (polydedextrose), FOS (fructo oligosaccharides), dan GOS (galacto oligosaccharides) terdapat di dalam susu formula.

3. Pilih susu tanpa pemanis

Ibu Super wajib memilih produk susu formula tanpa pemanis. Mungkin rasa manis pada susu formula bisa membuat bayi tertarik dan lahap, namun ini sangat tidak disarankan. Para dokter menunjukkkan bahwa gula yang diberikan pada anak dibawah 5 tahun lebih mudah memicu diabetes.

Jadi lebih baik hindari susu formula yang memiliki pemanis di dalamnya, bukan hanya susu formula, usahakan untuk makanan bayi jangan diberi rasa terlebih dahulu. Tujuannya agar bayi mengenali rasa asli dari setiap makanan yang dikonsumsi.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Susu Bebas Laktosa yang Aman untuk Bayi

Namun memberi susu formula tidak semudah memberikan ASI kepada si kecil. Saat mengkonsumsi ASI, bayi akan secara naluriah dan alamiah mengkonsumsinya. Berbeda dengan susu formula, secara naluriah dan alamiah bayi akan melakukan penolakan terlebih dahulu.

Lantas apa yang bisa Ibu Super lakukan dengan kondisi tersebut. Berikut ini beberapa tips yang bisa Ibu Super lakukan, yaitu:

  • Campurkan susu formula dengan ASI. Berikan pada Si Kecil pada tiga hari pertama. Tingkatkan jumlah susu formula secara bertahap.
  • Ibu Super dapat memberikan susu formula melalui botol dan hangatkan terlebih dahulu dot, tujuannya untuk membuat bayi tertarik meminumnya.
  • Ibu Super bisa memmilih dot yang empuk dan usahan sepirip mungkin, agar bayi dapat merasa nyaman saat meminum susu formula mengunakan dot.
  • Ketika Ibu Super memberikan dot dan susu formula kepada si kecil, Ibu Super bisa teteskan ASI pada dot untuk membuat bayi lebih tertarik lagi.
  • Libatkan suami atau anggota keluarga lain, hal ini untuk membiasakan bayi agar nantinya lebih mudah untuk disapih.

Dengan mengetahui tips di atas, Ibu Super bisa lebih paham tindakan apa yang harus dilakukan, terutama ketika bayi menolak untuk konsumsi susu formula. Pada dasarnya, secara alami dan naluriah bayi akan mengkonsumsi ASI sebagai asupan utama dan alaminya.

Untuk usia bayi 0-6 bulan, perlu dilakukan beberapa tahapan agar bayi dapat mengkonsumsi asupan di luar asi. Hal ini penting dilakukan, agar kebutuhan bayi di luar ASI bisa terpenuhi dengan baik.

Nah itulah beberapa rekomendasi susu formula untuk bayi baru lahir yang bisa Ibu Super pilih untuk tumbuh kembang bayi agar tetap terjaga asupan nutrisinya. Semoga penjelasan di atas bisa menambah rekomendasi Ibu Super untuk kepentingan si kecil, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.