cemilan bayi 6 bulan

Bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan biasanya sudah mulai mencoba makanan padat sebagai pendamping ASI. Sedulur dapat mengenalkan kepada si kecil dengan berbagai camilan agar ia terbiasa. Terdapat beberapa cemilan bayi 6 bulan yang dapat Sedulur berikan.

Mulai dari biskuit, buah hingga yoghurt. Nah, berikut produk rekomendasi snack untuk bayi berumur 6 bulan ke atas yang sehat dan aman diberikan kepada si kecil.

BACA JUGA : Beragam Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Janinnya

1. Sun Marie Besar 150 g

Toko Mursalim

Rekomendasi cemilan untuk bayi yang pertama adalah Sun Marie Besar. Camilan ini sangat cocok bayi yang berusia 8-24 bulan agar dapat belajar mengunyah serta merasakan tektur makanan. Snack ini juga mengandung zat serta kalsium yang padankan dengan rasa lezat sehingga sangat disukai oleh bayi. Ditambah lagi, Sun Marie ini lebih dominan dengan rasa susu yang juga baik untuk menstimulisasi perkembangan gigi si kecil.  

-->

2. Promina Sup Mi Daging dan Sayur

victory_babykids

Rekomendasi selanjutnya adalah produk dari Promina. Promina Sup Mi Daging dan Sayur ini sangat cocok diberikan untuk bayi minimal 12 bulan. Produk mengandung sari sayuran dan daging asli yang diperlukan untuk tumbuh kembang sang buah hati. Produk yang satu ini juga bisa menjadi alternatif variasi snack yang berbeda karena berbentuk sup mie, sehingga menjadi sesuatu yang baru untuk dieksplorasi oleh si kecil. Selain itu, camilan bayi ini juga dapat berfungsi untuk mengatasi bayi yang sulit makan.

3. Milna Nature Delight Apple and Peach

cemilan bayi 6 bulan
EndoraCare

Jika bosan dengan snack berbentuk biskuit,Sedulur dapat mencoba Milna Nature Delight Apple and Peach sebagai alternatifnya. Produk ini merupakan produk olahan yang berasal dari buah yang bisa dikonsumsi dimanapun dan kapanpun. Kemasannya yang ekonomis dan tidak mudah tumpah membuatnya lebih praktis dibawa bepergian untuk teman perjalanana si kecil. Produk ini juga mengandung segala kebaikan buah serta nutrisi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan serat dan gizi bayi lho. 

Sedulur tidak perlu khawatir karena produk ini terbebas dari penambahan gula sehingga sangat aman untuk camilan bayi sehari-hari. Rasanya pun disesuaikan dengan kesukaan bayi.

BACA JUGA : 14 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Terbaik, Aman Untuk Si Kecil

4. Promina Biscuit Roll

cemilan bayi 6 bulan
kiosk_baby_needs

Rekomendasi cemilan bayi 6 bulan selanjutnya adalah Promina Biscuit Roll. Produk yang satu ini sudah diformulasikan khusus dengan tekstur yang sedikit keras untuk membantu bayi melatih otot gigi dan kemampuan mengunyah. Tak hanya itu, Promina Biscuit Roll ini juga diperkaya dengan omega 3 dan omega 6, produk ini dapat membantu perkembangan bayi khususnya sel-sel otaknya. Produk ini juga dilengkapi dengan prebiotic FOS yang bermanfaat untuk membantu melindungi pencernaan dari penyakit.

Dari segi kesehatan, produk tidak menggunakan zat pewarna dan perasa tambahan. Sehingga baik untuk kesehatan tubuh si kecil. 

5. Yummy Bite Bebe Roll Blueberry

cemilan bayi 6 bulan
nourish_indonesia

Yummy Bite Bebe Roll Blueberry dapat menjadi salah satu alternafif cemilan bayi 6 bulan yang dapat berikan kepada di kecil. Cemilan sehat ini mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Selain itu, produk ini juga mengandung vitamin E yang baik untuk menjaga imun tubuh anak. Berbeda dengan produk snack bayi lainnya produk ini berbentuk roll yang cukup masuk ke dalam rahang bayi. 

 
6. Sun Pisang Box

KAlcare

Selanjutnya cemilan bayi 6 bulan datang dari produk dari Sun. Sun Pisang Box merupakan makanan yang diformulasikan untuk bayi yang berusia di atas 6 bulan. Produk ini kaya akan vitamin dan protein nabati yang dapat mendukung proses tumbuh kembang bayi. Produk ini mengandung 11 vitamin dan 7 mineral yang baik diberikan kepada si kecil saat masa pertumbuhan. Harganya yang cukup ekonomis menjadi salah satu alasan produk ini banyak diminati para ibu. Selain itu, rasa yang pas dan disukai oleh bayi menjadi alasan produk ini sangat laris di pasaran.

7. Milna Rice Crackers Apple Orange

KALcare

Produk rekomendasi selanjutnya adalah Milna Rice Crackers Apple Orange. Camilan yang satu ini cukup unik karena terbuat dari beras akan tetapi mempunyai rasa buah-buahan. Produk ini mengandung sumber energi, vitamin, dan serat dalam satu buahnya. Bentuknya yang pipih dan lonjong membuatnya mudah untuk digenggam oleh bayi. Produk ini juga lumer sehingga bayi tidak akan mudah tersedak. Selain bebas gluten, produk ini juga mengandung vitamin D yang tentunya sangat  baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi si kecil.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Anti Mual Terbaik 2023

8. Bebenice Rusk

ina.mart

Camilan bayi enak dan sehat datang dari Bebenice. Produk ini mengandung bahan yang mudah dicerna oleh bayi. Camilan bayi produksi Singapura ini terbuat dari bahan alami yang berkualitas dan tentunya aman dikonsumsi oleh bayi. Meski teksturnya renyah, camilan sehat ini mudah lumer di mulut sehingga gampang ditelan dan tidak akan membuat bayi tersedak. Produk camilan ini juga mengandung protein, vitamin A dan C, kalsium serta zat besi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

9. Heinz Farley’s Biscuit

lemuella_shop

Camilan bayi sehat yang satu ini sudah cukup populer di Indonesia karena memiliki harga yang cukup murah. Biskuit ini bisa dikonsumsi oleh bayi baik langsung maupun dilunakkan dengan air terlebih dahulu. Rasa biskuit dari Heinz Farley’s Biscuit adalah manis dengan rasa buah. Teksturnya bisa stimulasi oral bayi dan mudah dicerna oleh pencernaan si kecil. 

10. Yoghurt

iStock

Yoghurt menjadi salah satu camila untuk bayi yang tentunya menyehatkan. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, yoghurt juga kaya akan kalsium yang baik untuk mendukung pertumbuhan tulang si kecil. Tak hanya itu, yoghurt juga dilengkapi dengan bakteri hidup yang baik untuk mendukung kerja sistem pencernaan bayi. Akan tetapi Sedulur disarankan agar lebih cermat dalam memilih yoghurt untuk bayi.

Sebaiknya pilih yoghurt tawar atau tanpa rasa yang tidak mengandung banyak gula. Sedulur dapat menambahkan irisan buah dan beberapa sendok madu untuk menambah rasa yoghurt tersebut.

BACA JUGA : Amalan Ibu Hamil Menurut Ajaran Islam, Yuk Diamalkan!

Tips memberikan camilan kepada anak

cemilan bayi 6 bulan
iStock

Setelah mengetahui apa saja camilan untuk bayi yang sehat dan bergizie, berikut tips memberikan camilan untuk bayi yang harus Sedulur perhatikan. 

1. Kendalikan keinginan anak untuk terus ngemil

Pastikan bayi makan dengan jadwal teratur, termasuk ketika makan camilan. Jangan sampai anak ngemil sesukanya yang justru membuatnya kekenyangan saat waktunya makan besar (sarapan, makan siang, atau makan malam). Lalu, setengah jam berikutnya anak malah ingin ngemil lagi.

Daripada membiarkan anak ngemil setiap kali menganggur atau bosan, alangkah baiknya Sedulur membatasi jadwal dan jatah camilan mereka. Misalnya, si Kecil hanya boleh makan 2-3 camilan setiap sesi antara jadwal makan besar. Apanila anak minta tambah, ingatkan ia sudah cukup banyak makan camilan hari itu.

2. Batasi pilihan camilan anak

Selain jadwal dan jatah, sebaiknya Sedulur juga jangan terlalu memberikan kebebasan kepada si Kecil untuk memilih jenis camilan yang ia inginkan. Hal ini karena biasanya justru membuat bayi makan semua camilan secara berlebihan.

3. Ajari anak untuk mengenali sinyal lapar tubuhnya sendiri.

Salah satu alasan anak harus duduk saat makan adalah agar ia dapat belajar mengenali sinyal lapar yang dikeluarkan oleh tubuhnya sendiri. Ngemil sambil duduk akan membuat si Kecil berkonsentrasi penuh dengan camilan yang sedang dikonsumsi. Apabila duduk sambil pelan-pelan menikmati makanan, maka saluran pencernaan akan mengirim sinyal rasa lapar maupun kenyang dengan lebih jelas.

4. Jadilah contoh yang baik

Tips selanjutnya adalah jangan lupa bahwa anak adalah peniru sempurna orang tuanya. Sebelum mengajarkan si Kecil mengenai pola makan sehat, Sedulur harus terlebih dahulu menjadi contoh yang baik. Tunjukkan kepada si kecil  boleh saja makan camilan, selama yang dipilih sehat dan mengandung banyak serat, seperti buah-buahan atau yoghurt.

Demikianlah rangkuman informasi mengenai cemilan bayi 6 bulan dan juga tips memberikannya. Selain memberikan makanan dan camilan yang bergizi, pastikan juga Sedulur memberikan perawatan yang terbaik untuk sang buah hati ya!

Sedulur dapat membeli aneka kebutuhan dan perawatan bayi seperti minyak telon dan bedak di Aplikasi Super. Terdapat banyak produk yang aman dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan di kecil. Tak hanya itu, belanja di Aplikasi Super juga banyak promo dan gartis ongkir setiap hari. Tunggu apalagi. Yuk langsung download dan belanja sekarang juga!