mainan anak 2 tahun

Ada beragam jenis mainan anak 2 tahun yang bisa Sedulur temukan di pasaran. Umumnya, mainan anak dikemas dengan bentuk dan warna yang mencolok sehingga menarik perhatian anak-anak. Hal ini dikarenakan kebanyakan mainan diciptakan sebagai alat bermain yang menghibur. Meski demikian, tidak sedikit mainan yang memiliki nilai edukasi yang bisa menstimulasi tumbuh kembang seorang anak. Oleh karenanya perlu kecermatan Sedulur sebagai orang tua dalam memilih mainan untuk anak.

Untuk membantu Sedulur memilih mainan anak, berikut ini telah dirangkum rekomendasi mainan anak 2 tahun yang mendidik dan tidak bikin bosan. Selain itu juga akan dipaparkan tips memilih mainan untuk anak. Yuk, langsung disimak informasi selengkapnya!

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Mainan Anak Perempuan Terbaik yang Seru

Rekomendasi mainan anak usia 2 tahun

Dilansir Alodokter, sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terbiasa bermain dengan mainan seperti balok kayu cenderung memiliki kesehatan fisik, mental, dan sosial yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang hanya bermain gawai. Oleh karenanya, mainan dinilai memiliki peran penting terhadap tumbuh kembang anak. Nah, berikut ini ada 16 rekomendasi mainan anak usia 2 tahun yang bisa Sedulur berikan untuk buah hati tersayang.

-->

1. Mainan balok kayu

mainan anak 2 tahun
iStock

Balok kayu merupakan mainan edukasi untuk anak yang cukup populer. Seperti namanya, mainan ini berbentuk balok dan terbuat dari kayu. Umumnya, balok kayu yang dijual di pasaran telah dibuat sedemikian rupa sehingga aman untuk dimainkan oleh anak.

Mainan balok kayu sendiri ditujukan untuk mendorong keterampilan dalam menyusun balok. Selain itu, mainan ini juga bisa melatih koordinasi tangan dan mata sehingga susunan balok yang dibuat tidak mudah roboh.

2. Balok huruf dan angka

mainan anak 2 tahun
iStock

Hampir serupa dengan mainan yang pertama, balok huruf dan angka merupakan mainan balok yang dihiasi dengan tulisan huruf maupun angka. Sehingga selain melatih keterampilan anak dalam menyusun benda, mainan ini juga bisa mengajarkan tentang huruf alfabet dan angka kepada anak. Mainan balok huruf dan angka biasanya terbuat dari kayu, namun ada pula yang membuat mainan ini dengan bahan plastik.

3. Papan tulis

mainan anak 2 tahun
iStock

Meski belum bisa memegang alat tulis secara sempurna, anak usia 2 tahun biasanya telah menunjukkan ketertarikan terhadap aneka bentuk. Hal ini membuat mereka juga menyukai aktivitas menggambar meski hanya berupa coretan atau umum disebut scribbling. Oleh karena itu, tak ada salahnya Sedulur menyalurkan keterampilan si kecil dengan menyediakan papan tulis. Dengan begitu anak memiliki media khusus untuk menggambar yang sekaligus bisa melatih motorik halusnya dalam menggunakan alat tulis atau alat menggambar.

4. Buku bacaan

iStock

Selain mainan untuk mengasah motorik anak, Sedulur juga bisa memberikan mainan untuk melatih imajinasi anak seperti buku bacaan. Tak perlu khawatir, ada beragam buku bacaan yang disusun khusus untuk anak usia 2 tahun yang dilengkapi dengan aneka fitur. Beragam fitur seperti gambar timbul hingga boneka ini bisa menjadi daya tarik dan juga melatih kreativitas anak. Sehingga Sedulur bisa mengajak si kecil membaca buku sembari memainkan aneka fitur yang tersemat di buku tersebut.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Permainan Anak-anak yang Mendidik

5. Stack and sort

iStock

Rekomendasi mainan anak 2 tahun yang selanjutnya adalah stack and sort. Mainan ini ditujukan untuk mengenalkan anak pada berbagai macam bentuk yang ada di sekitar. Selain itu, anak juga dapat berlatih menyusun mainan sesuai dengan bentuk dan warnanya.

Menariknya, ada berbagai bentuk mainan stack and sort yang bisa Sedulur pilih. Misalnya mainan stack and sort berupa tumpukan donat warna-warni atau papan dengan lubang aneka bentuk.

6. Boneka jari berbagai karakter

iStock

Anak-anak umumnya senang mendengarkan dongeng apalagi yang dibacakan menjelang waktu tidur. Sedulur juga bisa membuat agenda membaca dongeng menjadi lebih menarik dengan menggunakan boneka jari ataupun boneka tangan beraneka karakter. Boneka ini bisa merangsang anak untuk berimajinasi atas cerita yang dibaca atau didengarnya. Tak hanya itu, mainan tersebut juga bisa menstimulasi anak untuk mengarang cerita sendiri berdasarkan karakter boneka yang ada.

7. Mainan dokter-dokteran

iStock

Mainan yang berkaitan dengan profesi juga menarik untuk diberikan kepada si kecil, seperti misalnya mainan dokter-dokteran. Umumnya, mainan ini hadir dalam bentuk set perlengkapan dokter, seperti jarum suntik dan stetoskop plastik.

Sedulur bisa mengajak anak untuk bermain peran menggunakan mainan tersebut. Selain mengenalkan tentang profesi dokter, bermain dokter-dokteran juga bisa membantu mendorong kemampuan imajinasi anak. 

8. Alat musik

iStock

Tahukah Sedulur? Musik ternyata memiliki banyak manfaat bagi anak. Mulai dari mencerdaskan otak, mengembangkan keterampilan motorik, hingga sebagai sarana hiburan yang menyenangkan. Untuk itu alat musik juga bisa menjadi pilihan mainan untuk anak. Sedulur dapat memiliki instrumen musik dalam bentuk mainan yang memiliki ukuran dan bentuk sesuai anak usia 2 tahun.

BACA JUGA: 15 Pilihan Mainan Anak 1 Tahun yang Dukung Perkembangan Otak

9. Puzzle

iStock

Rekomendasi mainan berikutnya yang dapat melatih koordinasi tangan dan mata anak adalah puzzle. Sedulur bisa memiliki puzzle dengan gambar ataupun bentuk yang sesuai untuk anak usia 2 tahun. Selain itu perhatikan juga ukuran puzzle yang diberikan untuk menghindari risiko anak memakan atau menelan mainan tersebut.

10. Mega blok

iStock

Mega blok atau lego merupakan mainan anak 2 tahun yang memiliki karakteristik dapat dipasang dan dilepas sehingga bisa disusun menjadi bentuk tertentu. Selain itu, mainan ini juga hadir dengan beragam warna yang menarik di samping bentuknya yang mudah digenggam anak.

Mainan mega blok sendiri tidak hanya dinikmati oleh anak-anak. Namun juga cukup digemari oleh orang dewasa. Sehingga Sedulur bisa ikut bermain dengan si kecil dan juga menyimpan mainan ini untuk digunakan saat anak beranjak dewasa.

11. Mainan perabotan rumah

mainan anak 2 tahun
iStock

Anak-anak biasanya tertarik dengan apa yang dilakukan orang dewasa di sekitarnya, termasuk dalam hal membersihkan rumah. Tak heran, mainan berupa perabotan hingga alat kebersihan rumah akan menarik perhatian mereka.

Selain memenuhi ketertarikan mereka atas peralatan tersebut, Sedulur juga bisa melatih tanggung jawab anak terutama terkait kebersihan di rumah. Dengan mainan tersebut, Sedulur bisa mengajak si kecil untuk membereskan mainan mereka yang tercecer atau bahkan ikut membersihkan rumah bersama.

12. Kemah atau tenda

iStock

Mainan anak 2 tahun selanjutnya yang bisa Sedulur pilihkan untuk si kecil adalah kemah atau tenda. Melalui mainan ini, Sedulur ini mengajarkan anak tentang privasi dan bertanggung jawab atas ruangannya sendiri. Selain itu, Sedulur juga bisa mengajaknya menghias kemah untuk melatih kreativitasnya.

BACA JUGA: 16 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Terbaik yang Bermanfaat

13. Play-Doh

iStock

Play-Doh atau plastisin merupakan mainan anak 2 tahun yang sangat direkomendasikan. Sebab, mainan dengan tekstur lembut ini dapat menstimulasi tumbuh kembang anak, terutama dalam hal imajinasi dan kemampuan motorik halusnya. Melalui mainan ini, anak bisa membuat beraneka bentuk sesuai kreativitasnya dan sekaligus melatih keterampilan motorik ketika menggenggam dan membentuk plastisin tersebut.

14. Mainan panjat-panjatan

iStock

Bermain panjat-panjatan disebut memiliki pengaruh baik terhadap perkembangan motorik kasar anak. Hal ini dikarenakan anak dituntut untuk bergerak secara aktif dalam permainan tersebut. Sedulur tidak perlu khawatir apabila anak terjatuh karena biasanya mainan ini dibuat dengan bahan yang empuk sehingga aman. Meski begitu sebaiknya Sedulur tetap mengawasi anak ketika bermain panjat-panjatan.

15. Sepeda roda tiga

iStock

Bagi anak usia 2 tahun, mengendarai sepeda roda dua tentu merupakan sebuah tantangan karena diperlukan keseimbangan. Nah, Sedulur bisa melatih si kecil mengendarai sepeda dengan dimulai dari sepeda roda tiga terlebih dahulu. Sepeda roda tiga umumnya dibuat dengan desain yang telah disesuaikan dengan kemampuan anak balita sehingga aman dikendarai oleh si kecil. Selain itu, sepeda roda tiga juga bisa melatih koordinasi anak.

16. Bowling

iStock

Bowling merupakan olahraga yang banyak digemari orang dewasa. Rupanya permainan ini juga bisa menjadi mainan edukasi untuk anak 2 tahun. Tentunya ukuran bola dan pin bowling harus disesuaikan sehingga si kecil mampu memainkannya. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa membuat permainan bowling dari barang-barang di rumah, seperti botol bekas sebagai pin dan bola plastik. Permainan bowling sendiri dapat melatih fokus dan konsentrasi anak.

BACA JUGA: Viral! Mainan Pop It Baik untuk Perkembangan Otak Anak

Tips memilih mainan anak usia 2 tahun

iStock

Setelah menyimak rekomendasi mainan anak di atas, Sedulur perlu mengetahui tips memilih mainan untuk anak sehingga bisa mendapatkan mainan yang sesuai dan tentunya aman. Dilansir laman SehatQ, ada beberapa tips yang bisa Sedulur ikuti untuk memilih mainan anak, sebagai berikut.

  • Perhatikan label peringatan. Biasanya mainan anak dilengkapi label berisi informasi tentang usia minimal anak maupun hal yang harus dihindari dalam memainkan mainan tersebut.
  • Perhatikan ukuran mainan. Anak-anak terkadang memiliki ketertarikan yang terbilang unik bagi orang dewasa. Misalnya memasukkan barang-barang ke mulutnya. Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti mainan tertelan, ada baiknya Sedulur memilih mainan berukuran besar di samping selalu mendampingi si kecil saat bermain.
  • Perhatikan bahan mainan. Mainan anak yang beredar di pasaran umumnya sudah mendapat sertifikasi sehingga layak diedarkan ke masyarakat. Meski begitu ternyata ada pula mainan yang belum terjamin keamanannya untuk si kecil termasuk dalam segi bahan.
  • Sesuaikan mainan dengan usia dan karakter anak. Sedulur bisa memilih mainan yang sesuai dengan usia dan karakter si kecil sehingga mainan yang dipilih dapat sesuai dengan kemampuan si kecil.

Itu dia 16 rekomendasi mainan anak 2 tahun sebagai referensi untuk Sedulur yang sedang mencari mainan untuk anak. Dalam artikel ini juga telah dipaparkan beberapa tips untuk memilih mainan anak yang aman.

Selain memberikan mainan yang berkualitas, penting bagi Sedulur untuk melengkapi kebutuhan si kecil. Kabar baiknya, Sedulur bisa membeli perlengkapan si kecil mulai dari popok hingga susu dengan harga terjangkau di Aplikasi Super. Selain murah, belanja kebutuhan si kecil di Aplikasi Super juga mudah karena Sedulur cukup memesan melalui aplikasi dan pesanan akan langsung dikirim sampai depan rumah. Tunggu apa lagi? Yuk, unduh dan gunakan Aplikasi Super untuk belanja kebutuhan si kecil!