Banyak firasat yang dirasakan Ibu Super ketika sedang hamil, salah satunya adalah firasat hamil anak laki-laki. Kehamilan merupakan sebuah momen yang membahagiakan bagi sebagian besar perempuan dan tentunya laki-laki sebagai seorang suami. Momen menyambut anak yang merupakan hadiah terbaik di dunia ini.

Sebelum kelahiran, sebelum adanya teknologi USG, setiap ibu hamil menyakini adanya beberapa firasat hamil anak laki-laki yang berasal dari kebiasaan dan felling ibu hamil itu sendiri. Lantas apa saja firasat-firasat yang dimaksud yang sebagian besar diyakini oleh masyarakat Indonesia? Yuk, simak di bawah ini ulasannya.

BACA JUGA: 6 Ciri Keputihan Tanda Hamil dan Hal yang Harus Diwaspadai

1. Detak jantung bayi lebih rendah dari 140 per menit

firasat hamil anak laki-laki
freepik

Tanda hamil anak laki-laki yang pertama adalah memiliki detak jantung bayi yang lebih rendah dari 140 per menit. Ibu Super bisa coba menghintung detak jantung bayi dalam perut Ibu, jika ternyata detak jantungnya kurang dari 140 per menit, maka kemungkinan besar Ibu Super tengah mengandung bayi laki-laki.

Berbeda dengan firasat hamil anak laki-laki menurut Islam, yang sama sekali tindak menjelaskan terkait ciri hamil anak lelaki atau perempuan. Karena belum ada literatur Islam yang menjelaskan hal tersebut.

2. Bentuk kandungan yang lebih ke depan

freepik

Beberapa masyarakat Indonesia percaya bahwa bentuk kandungan yang lebih condong ke depan dipercaya sebagai pertanda sedang hamil laki-laki. Hal ini terjadi karena bentuk pusar hamil bayi laki-laki berbeda dengan hamil bayi perempuan. Namun, tentu hal ini ada penyelasan ilmiahnya, tidak serta merta terjadi begitu saja.

BACA JUGA: Perhatikan 19 Ciri Ciri Hamil Sebelum Telat Haid, Jarang Disadari

3. Tindak mengalami Morning Sickness

firasat hamil anak laki-laki
freepik

Penyebab hamil anak laki-laki sangat banyak, salah satunya adalah faktor gen dari ibu hamil dan sang suami. Namun salah satu ciri hamil anak laki-laki bisa dilihat dari beberapa gelagat yang terjadi. Seperti mengalami morning sickness atau mual dan muntah-muntah di pagi hari. Tetapi hal ini sebenarnya adalah hal umum, karena perubahan hormon selama kehamilan.

Tetapi, konon katanya ketika ibu hamil tidak mengalami morning sickness, hal tersebut merupakan sebuah pertanda bahwa ibu hamil tengah mengandung bayi laki-laki.

4. Ukuran payudara menjadi tak sama

freepik

Perubahan ukuran payudara menjadi tidak sama dipercaya sebagai ciri-ciri hamil anak laki-laki di trimester pertama. Meskipun perubahan bentuk payudara merupakan respon alami saat kehamilan, salah satunya untuk persiapan ketika bayi lahir sebagai asupan makanan untuk sang bayi nantinya.

BACA JUGA: 15 Cara Mencegah Kehamilan yang Efektif Setelah Berhubungan

5. Perubahan warna urine

freepik

Hal ini juga dipercaya bahwa jika urin seorang ibu hamil berubah warna menjadi kuning terang, maka ia sedang mengandung bayi laki-laki. Meskipun ciri-ciri hamil anak laki-laki yang akurat 100 bisa diketahui dengan melakukan tes USG, hal ini pun dapat dilakukan setelah beberapa bulan masa kehamilan. Atau ketika bagian kelamin pada janin telah terbentuk. Tidak bisa langsung diketahui kelamin pada janian.

6. Naiknya berat badan

firasat hamil anak laki-laki
freepik

Ciri-ciri hamil anak laki-laki lainnya adalah naiknya berat badan. Ketika hamil anak laki-laki, berat badan yang bertambah akan terlihat sebagian besar di perut. Berbeda jika hamil anak perempuan Ibu Super yang tengah hamil tidak akan mengalami kenaikan berat badan. Karena berat badan didistribusikan ke seluruh tubuh secara merata, termasuk ke bagian wajah.

BACA JUGA: Begini 8 Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

7. Selera makan berubah

firasat hamil anak laki-laki
freepik

Perubahan selera makan juga menjadi salah satu firasat hamil anak laki-laki yang dipercayai oleh masyarakat Indonesia. Pada dasarnya hal ini merupakan kondisi umum yang terjadi akibat perubahan hormon, bukan merupakan sebuah kondisi yang tiba-tiba terjadi. Namun, biasanya makanan yang disukai ibu hamil anak laki-laki adalah makanan yang mengandung banyak protein dan sedikit asin, seperti keju atau daging.

8. Ngidam dan berjerawat

freepik

Tanda hamil anak laki-laki menurut primbon Jawa yaitu ngidam dan munculnya jerawat pada wajah ibu hamil. Namun secara menis hal tersebut wajar dialami oleh ibu hamil, yaitu karena adanya perubahan hormon yang memicu munculnya jerawat dan gairah akan sesuatu yang diinginkan. Oleh karena itu, wajar ketika ibu sedang hamil selalu ngidam oleh hal-hal yang mustahil. Hal tersebut adalah bagian dari perubahan hormon.

BACA JUGA: Fakta Nanas Muda Bisa Sebabkan Keguguran Kehamilan, Mitos?

9. Perubahan sifat

firasat hamil anak laki-laki
freepik

Kondisi yang bisa menjadi firasat hamil anak laki-laki adalah perubahan sifat. Biasanya, Ibu Super yang tengah hamil dan memiliki sifat lebih agresif, berani, dan dominan hal tersebut merupakan sebuah pertanda bahwa Ibu Super tengah mengandung bayi laki-laki. Setidaknya, kepercayaan masyarakat Indonesia sepenuhnya yakin dengan firasat ini,

10. Perubahan fisik

freepik

Kondisi yang menjadi firasat hamil anak laki-laki adalah perubahan fisik. Namun hal ini sangat wajar dialami oleh ibu hamil. Karena ukuran janin setiap harinya akan bertambah besar, dan hal tersebut menjadi hal yang umum bukan sebuah firasat. Namun beberapa kondisi perubahan fisik yang spesifik menjadi pertanda hamil anak laki-laki, yaitu:

  • Kulit lebih hangat dan menjadi lebih kering
  • Pupil pada mata terlihat membesar
  • Kaki terasa lebih dingin dari pada sebelum mengandung

BACA JUGA: 10 Manfaat Yogurt Untuk Ibu Hamil & Kesehatan Janin

11. Mudah merasa kedinginan

firasat hamil anak laki-laki
freepik

Salah satu firasat hamil anak laki-laki yang dapat muncul adalah Ibu Super akan sering merasakan kedinginan. Meski kondisi ini tidak dialami oleh semua ibu hamil saat mengandung. Kondisi mudah kedinginan dipercaya sebagai pertandan bahwa bayi yang tengah dikandung adalah bayi yang berkelamin laki-laki.

12. Rambut menjadi lebih lebat

freepik

Rambut Ibu Super ketika hamil mendadak menjadi lebih lebat? JIka iya, maka hal tersebut merupakan sebuah pertanda bahwa Ibu Super tengah mengandung bayi laki-laki. Salah satu firasat hamil anak laki-laki yang dipercayai oleh masyarakat adalah ibu hamil tidak mengalami kerontokan dan justru rambut ibu hamil menjadi semakin lebat.

Sekian penjelasan terkait firasat hamil anak laki-laki, saat ini dengan adanya teknologi USG Ibu Super tidak perlu menduga-duga berdasarkan firasat lagi. Melalui USG Ibu Super dapat mengetahui kelamin bayi dengan akurat. Hal terpenting adalah untuk tetap menjaga kesehatan Ibu Super, agar Ibu dan janin tetap sehat hingga proses hari kelahiran.

Ibu Super bisa membeli persediaan makanan bergizi dan berkualitas untuk menjaga kesehatan Ibu Super dengan membelinya di Aplikasi Super. Klik di sini untuk download Aplikasi Super, bagi Ibu Super yang belum memilki aplikasinya. Selalu jaga kesehatan dan berdoa diberi kelancaran hingga hari kelahiran ya, Ibu Super!