ciri ciri hamil

Terkadang seorang ibu tidak sadar telah hamil, apalagi kalau tidak melakukan pengecekan secara berkala ke dokter atau menggunakan test pack. Alhasil kehamilan masih menjadi hal yang membuat seorang ibu terkejut ketika dirinya mengetahui umur kandungan sudah beberapa minggu. Namun, kehamilan ternyata bisa dideteksi lebih awal dengan melihat tanda tanda kehamilan pada tubuh.

Cukup banyak ciri bisa dilihat baik dari ciri-ciri hamil 4 hari hingga tanda-tanda hamil 1 hari yang memiliki perbedaan masing-masing. Mengetahui ciri kehamilan juga akan membantu seorang ibu untuk mempersiapkan banyak hal agar si buah hati bisa tumbuh sehat dan lahir dengan aman. Lalu, apa saja sih ciri-ciri hamil seminggu atau tanda-tanda kehamilan lainnya yang perlu ibu Super ketahui? Mari simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: Ikut Program Hamil? Ajak Pasanganmu Lakukan Hal ini!

Ciri Ciri Hamil yang Wajib Ibu Super Ketahui

Ada cukup banyak ciri hamil yang bisa dirasakan oleh seorang wanita saat memasuki masa-masa awal kandungan. Namun, dilansir dari Healthline, para pakar menemukan 15 ciri ciri hamil paling umum yang bisa diketahui sejak awal kehamilan.

-->

1. Sensitif Terhadap Bau

ciri ciri hamil
Alodokter

Salah satu ciri-ciri hamil sebelum telat haid, Ibu Super akan lebih sensitif terhadap bau. Hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan hormon saat hamil yang dapat membuat indra penciuman menjadi lebih sensitif. Hasilnya, setiap indra penciuman dari wanita hamil akan merangsang untuk lebih mudah mual saat mencium aroma tertentu.

Seperti parfum, bumbu makanan, asap rokok dan juga minyak telon atau minyak kayu putih. Maka dari itu, Ibu Super harus berhati-hati terhadap bau bauan selama masa kehamilan. Dan, waspada jika Ibu Super sensitif terhadap bau, bisa saja Ibu Super mengalami kehamilan.

2. Hilang Nafsu Makan

tanda tanda kehamilan
Orami

Selanjutnya ciri-ciri kehamilan yang jarang disadari adalah hilangnya nafsu makan. Hal ini juga merupakan tanda-tanda hamil 1 minggu. Tentu saja hilangnya nafsu makan juga disebabkan dengan perubahan hormon dan sensitivitas indra penciuman yang membuat setiap wanita hamil menjadi kehilangan nafsu makan. Untuk mengatasinya, Ibu Super bisa mengkonsumsi cemilan, biskuit atau roti gandung, untuk mengisi kekosongan perut karena jarang makan.

3. Implantasi

ciri ciri hamil
Alodokter

Implantasi merupakan pendarahan yang berupa flek ringan dengan warna merah segar yang terjadi seminggu sebelum masa menstruasi. Adanya bercak darah ini memberikan tanda bahwa ada sel telur yang telah dibuahi dan tertanam pada dinding rahim.

BACA JUGA: 11 Arti Mimpi Hamil, Pertanda Baik atau Buruk?

4. Kelelahan

ciri ciri hamil
KlikDokter

Selain keputihan tanda hamil, terdapat juga ciri-ciri hamil lainnya yang mungkin saja Ibu Super tidak sadari, yaitu Ibu Super akan lebih cepat lelah. Jika Ibu Super dalam beberapa hari ini seringkali merasakan lelah sangat cepat dalam melakukan kegiatan, bisa jadi Ibu Super sedang hamil.

Sama seperti tanda-tanda lainnya, cepat lelah yang dialami terjadi karena perubahan hormon. Karena, saat hamil, Ibu Super akan mengalami peningkatan kadar hormon progesteron, yang berdampak dengan peningkatan jumlah darah, detak jantung, dan metabolisme tubuh. Hal tersebut tentu saja dapat membuat Ibu Super cepat lelah.

5. Sering Buang Air Kecil

tanda tanda kehamilan
Alodokter

Tanda tanda kehamilan di masa-masa awal kandungan adalah meningkatnya kebiasaan buang air kecil, terutama pada malam hari. Hal ini juga tentu saja disebabkan oleh perubahan hormon dan bertambahnya jumlah cairan tubuh. Keinginan buang air kecil yang lebih sering disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kantung kemih.

6. Mual

ciri ciri hamil
Tribunnews

Ciri ciri hamil selanjutnya yang Ibu Super alami saat hamil yaitu morning sickness, yang berupa mual, muntah dan lemas-lemas di pagi hari. Adanya perubahan hormon  menyebabkan Ibu Super lebih sensitif terhadap bau, dan juga merangsang Ibu Super untuk mual-mual di pagi hari.

Selain itu, morning sickness juga bisa dilihat untuk mengetahui apakah sedang hamil anak perempuan atau laki-laki. Bawaan hamil bayi perempuan biasanya mengalami morning sickness yang parah, sedangkan hamil anak laki-laki sama sekali tidak mengalami morning sickness.

7. Detak Jantung

 tanda tanda kehamilan
Diadona

Selanjutnya, tanda tanda kehamilan yang mungkin tidak Ibu Super sadari adalah perubahan detak jantung. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon progesteron dalam tubuh Ibu Super yang meningkat, yang meningkatkan jumlah darah, tekanan darah dan juga meningkatnya detak jantung. Hal ini juga bisa membuat Ibu Super lebih cepat lelah.

Selain detak jantung Ibu Super, detak janin bayi juga akan bisa Ibu Super rasakan. Irama detak jantung kerap bisa dihubungkan jenis kelamin anak yang dikandung. Detak jantung janin di bawah 140 per menit menunjukan bahwa Ibu Super sedang hamil anak laki-laki, sementara detak jantung janin di atas 140 per menit menunjukan bahwa ibu hamil sedang hamil anak perempuan.

Terlepas dari fakta dan kebenaran dari jenis kelamin anak, detak jantung janin normalnya adalah 120 hingga 160 per menit. Di awal kehamilan, detak jantung bisa lebih tinggi (140 sampai 160 per menit) atau lebih rendah menuju persalinan (120 sampai 140 per menit).

BACA JUGA: Apa itu Strict Parents? Ini Pengertian, Ciri dan Dampaknya

8. Perubahan Kulit dan Rambut

Orami

Perubahan kulit dan rambut yang Ibu Super alami juga merupakan salah satu ciri ciri hamil. Selain sebagai tanda-tanda kehamilan, perubahan kulit dan rambut juga bisa menunjukan perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan. Bagi beberapa orang percaya bahwa ibu hamil yang berjerawat sedang hamil anak perempuan. Sedangkan ibu hamil yang memiliki rambut berkilau dan rambut yang tumbuh subur, maka ibu hamil tersebut sedang mengandung bayi laki-laki.

Namun hal tersebut merupakan mitos belaka, namun perubahan kulit dan rambut akan Ibu Super alami sebagai bagian dari perubahan hormon saat mengalami kehamilan.

9. Mengidam Hal-Hal Aneh

Alodokter

Jika Ibu Super sudah mengalami ngidam, maka hal tersebut merupakan tanda pasti hamil. Persoalan satu ini, dialami oleh Ibu Super karena adanya perubahan hormon. Sama dengan perubahan hormon yang meningkatkan sensitivitas hormon penciuman, mengidam hal-hal aneh juga demikian.

Ibu Super akan secara acak menginginkan hal-hal tidak lazim dan tidak normal, seperti makanan yang spesifik atau makanan yang ada di tempat yang sangat jauh atau yang keberadaannya sangat jarang. Jika sudah mengalami ngidam seperti ini, sudah pasti Ibu Super mengalami kehamilan.

10. Postur Tubuh Berubah

Kumparan

Tanda-tanda hamil muda pada perut yaitu perubahan postur tubuh. Ciri-ciri perut hamil dan perut buncit terlihat pada masa-masa awal kehamilan. Ibu Super jangan bersedih karena merasa gendutan dan gagal menjaga postur tubuh ideal, jangan salah kira, hal tersebut tentu saja karena Ibu Super hamil yang membuat postur tubuh berubah tentu saja. Perubahan postur tubuh terjadi karena hormon yang meningkat.

11. Pusing

 tanda tanda kehamilan
HaiBunda

Seorang wanita yang hamil pada trimester pertama akan sering mengalami gejala pusing karena adanya pelebaran pembuluh darah dan meningkatnya volume darah. Rasa pusing ini sangatlah wajar dirasakan. Namun bila rasa pusing tak kunjung reda, Sedulur bisa mulai berkonsultasi dengan dokter kandungan. 

BACA JUGA: Rekomendasi Nama Orang Jepang Bermakna Positif untuk Anak

12. Kram perut

PopMama

Tanda tanda kehamilan berikutnya adalah mengalami kram pada bagian perut. Kram yang terjadi pada awal kehamilan ini sebenarnya mirip dengan kram saat haid, namun bedanya adalah intensitas atau rasa sakitnya. Bahkan, kram perut saat awal kehamilan juga ditandai dengan pendarahan.

13. Nyeri Payudara 

 tanda tanda kehamilan
Orami

Salah satu ciri ciri hamil yang jelas adalah ukuran payudara Ibu Super yang berubah. Perubahan ukuran payudara disebabkan oleh perubahan hormon selama hamil yang biasanya disertai dengan rasa nyeri. Ukuran payudara yang membesar dan terasa nyeri tersebut merupakan persiapan suplai ASI ketika bayi lahir nantinya.

14. Suhu tubuh naik

14. Suhu Kaki Berubah
halodoc.com

Ciri ciri hamil selanjutnya adalah perubahan suhu tubuh yang sangat signifikan di beberapa bagian tubuh, hal ini juga disebabkan oleh perubahan hormon yang dialami oleh Ibu Super saat hamil. Ada juga mitos yang mempercayai  kenaikan suhu tubuh, terutama bagian kaki yang dikaitkan dengan ciri-ciri hamil bayi perempuan atau laki-laki.

15. Berat Badan Bertambah

 tanda tanda kehamilan
Medisweb

Ciri ciri hamil terakhir adalah berat badan bertambah, tentu saja karena Ibu Super mengandung janin yang terdapat dalam kandungan Ibu Super. Berat badan akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya janin. Konon, berat badan yang bertambah juga bisa dijadikan untuk melihat apakah Ibu Super mengandung bayi laki-laki atau perempuan.

Hamil anak laki-laki penambahan berat badan hanya akan berfokus di bagian perut saja. Namun hamil anak perempuan sedikit berbeda, penambahan berat badan terjadi secara merata ke seluruh tubuh, bukan hanya bagian perut saja.

Itulah 15 ciri ciri hamil yang jarang disadari oleh para ibu hamil. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur untuk lebih peka ketika mengalami beberapa ciri di atas setelah melakukan hubungan suami istri. 

Selain fokus pada kehamilan, Sedulur juga perlu mempersiapkan berbagai macam kebutuhan bayi dan anak. Sedulur bisa mulai menyicilnya dengan berbelanja di Aplikasi Super. Tak hanya lengkap produknya, Sedulur juga akan mendapatkan harga yang terjangkau, dengan tambahan diskon dan cashback menarik setiap transaksi.

Lebih dari itu, belanja di Aplikasi Super juga sangat praktis karena barang akan dikirimkan langsung sampai ke depan rumah. Tak perlu khawatir karena ada gratis ongkir tanpa minimal pembelian, sehingga belanja bisa makin murah dan untung. Yuk, download aplikasinya di PlayStore sekarang juga!