Yuk, simak ciri ciri hamil di bawah ini, yang mungkin saja tidak Sedulur sadari!

Terdapat perbedaan dari ciri-ciri hamil 4 hari dengan tanda-tanda hamil 1 hari, kadang kala Ibu Super sering kali tidak sadar telah hamil, jika tidak mengetahui tanda-tanda hamil yang tidak disadari. Selain adanya ciri-ciri kehamilan, sudah barang tentu ada juga  tanda-tanda tidak jadi hamil.

Namun, dalam kesempatan kali ini Superapp.id akan membahas ciri-ciri kehamilan yang mungkin saja Sedulur tidak ketahui. Bukan hanya sebagai ciri-ciri kehamilan yang umum diketahui, termasuk juga tanda-tanda hamil diluar nikah yang tentu saja dihindari oleh setiap perempuan.

Lalu, apa saja ciri-ciri hamil seminggu atau tanda-tanda kehamilan lainnya yang mungkin saja tidak Ibu Super atau Sedulur ketahui? Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Ikut Program Hamil? Ajak Pasanganmu Lakukan Hal ini!

Ciri Ciri Hamil yang Wajib Ibu Super Ketahui

1. Sensitif Terhadap Bau

1. Sensitif Terhadap Bau
alodokter.com

Salah satu ciri-ciri hamil sebelum telat haid, Ibu Super akan lebih sensitif terhadap bau. Hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan hormon saat hamil yang dapat membuat indra penciuman menjadi lebih sensitif. Hasilnya, setiap indra penciuman dari wanita hamil akan merangsang untuk lebih mudah mual saat mencium aroma tertentu.

Seperti parfum, bumbu makanan, asap rokok dan juga minyak telon atau minyak kayu putih. Maka dari itu, Ibu Super harus berhati-hati terhadap bau bauan selama masa kehamilan. Dan, waspada jika Ibu Super sensitif terhadap bau, bisa saja Ibu Super mengalami kehamilan.

2. Hilang Nafsu Makan

2. Hilang Nafsu Makan
orami.co.id

Selanjutnya ciri-ciri kehamilan yang jarang disadari adalah hilangnya nafsu makan. Hal ini juga merupakan tanda-tanda hamil 1 minggu. Tentu saja hilangnya nafsu makan juga disebabkan dengan perubahan hormon dan sensitivitas indra penciuman yang membuat setiap wanita hamil menjadi kehilangan nafsu makan. Untuk mengatasinya, Ibu Super bisa mengkonsumsi cemilan, biskuit atau roti gandung, untuk mengisi kekosongan perut karena jarang makan.

3. Konstipasi

3. Konstipasi
alodokter.com

Konstipasi atau sembelit juga akan sering dialami oleh setiap wanita yang hamil. Hal tersebut disebabkan, karena pada saat hamil tanpa disadari pencernaan dari ibu hamil melambat. Dari sistem pencernaan yang melambat, bisa menyebabkan konstipasi dan sembelit. Karena perubahan hormon saat hamil sangat mempengaruhi kinerja sistem pencernaan juga.

Baca Juga: 11 Arti Mimpi Hamil, Pertanda Baik atau Buruk?

4. Lebih Cepat Lelah

4. Lebih Cepat Lelah
klikdokter.com

Selain keputihan tanda hamil, terdapat juga ciri-ciri hamil lainnya yang mungkin saja Ibu Super tidak sadari, yaitu Ibu Super akan lebih cepat lelah. Jika Ibu Super dalam beberapa hari ini seringkali merasakan lelah sangat cepat dalam melakukan kegiatan, bisa jadi Ibu Super sedang hamil.

Sama seperti tanda-tanda lainnya, cepat lelah yang dialami terjadi karena perubahan hormon. Karena, saat hamil, Ibu Super akan mengalami peningkatan kadar hormon progesteron, yang berdampak dengan peningkatan jumlah darah, detak jantung, dan metabolisme tubuh. Hal tersebut tentu saja dapat membuat Ibu Super cepat lelah.

5. Sering Buang Air Kecil

5. Sering Buang Air Kecil
alodokter.com

Ciri ciri hamil di masa-masa awal kehamilan yang Ibu Super tidak sadari adalah Ibu Super akan sering mengalami buang air kecil, terutama pada malam hari. Hal ini juga tentu saja disebabkan oleh perubahan hormon dan bertambahnya jumlah cairan tubuh. Keinginan buang air kecil yang lebih sering disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kantung kemih.

6. Morning Sickness

6. Morning Sickness
tribunnews.com

Ciri ciri hamil selanjutnya yang Ibu Super alami saat hamil yaitu morning sickness. Mual, muntah dan lemas-lemas di pagi hari akan Ibu Super alami, karena perubahan hormon yang menyebabkan Ibu Super lebih sensitif terhadap bau, dan juga merangsang Ibu Super untuk mual-mual di pagi hari.

Selain itu, Morning sickness juga bisa dilihat untuk mengetahui apakah sedang hamil anak perempuan atau laki-laki. Bawaan hamil bayi perempuan biasanya mengalami morning sickness yang parah, sedangkan hamil anak laki-laki sama sekali tidak mengalami morning sickness.

7. Detak Jantung

7. Detak Jantung
diadona.id

Selanjutnya, ciri ciri hamil yang mungkin tidak Ibu Super sadari adalah perubahan detak jantung. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon progesteron dalam tubuh Ibu Super yang meningkat, yang meningkatkan jumlah darah, tekanan darah dan juga meningkatnya detak jantung. Hal ini juga bisa membuat Ibu Super lebih cepat lelah.

Selain detak jantung Ibu Super, detak janin bayi juga akan bisa Ibu Super rasakan. Irama detak jantung kerap bisa dihubungkan jenis kelamin anak yang dikandung. Detak jantung janin di bawah 140 per menit menunjukan bahwa Ibu Super sedang hamil anak laki-laki, sementara detak jantung janin di atas 140 per menit menunjukan bahwa ibu hamil sedang hamil anak perempuan.

Terlepas dari fakta dan kebenaran dari jenis kelamin anak, detak jantung janin normalnya adalah 120 hingga 160 per menit. Di awal kehamilan, detak jantung bisa lebih tinggi (140 sampai 160 per menit) atau lebih rendah menuju persalinan (120 sampai 140 per menit).

8. Perubahan Kulit dan Rambut

8. Perubahan Kulit dan Rambut
orami.co.id

Perubahan kulit dan rambut yang Ibu Super alami juga merupakan salah satu ciri ciri hamil. Selain sebagai tanda-tanda kehamilan, perubahan kulit dan rambut juga bisa menunjukan perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan. Bagi beberapa orang percaya bahwa ibu hamil yang berjerawat sedang hamil anak perempuan. Sedangkan ibu hamil yang memiliki rambut berkilau dan rambut yang tumbuh subur, maka ibu hamil tersebut sedang mengandung bayi laki-laki.

Namun hal tersebut merupakan mitos belaka, namun perubahan kulit dan rambut akan Ibu Super alami sebagai bagian dari perubahan hormon saat mengalami kehamilan.

9. Mengidam Hal-Hal Aneh

9. Mengidam Hal-Hal Aneh
alodokter.com

Jika Ibu Super sudah mengalami ngidam, maka hal tersebut merupakan tanda pasti hamil. Persoalan satu ini, dialami oleh Ibu Super karena adanya perubahan hormon. Sama dengan perubahan hormon yang meningkatkan sensitivitas hormon penciuman, mengidam hal-hal aneh juga demikian.

Ibu Super akan secara acak menginginkan hal-hal tidak lazim dan tidak normal, seperti makanan yang spesifik atau makanan yang ada di tempat yang sangat jauh atau yang keberadaannya sangat jarang. Jika sudah mengalami ngidam seperti ini, sudah pasti Ibu Super mengalami kehamilan.

10. Postur Tubuh Berubah

10. Postur Tubuh Berubah
kumparan.com

Tanda-tanda hamil muda pada perut yaitu perubahan postur tubuh. Ciri-ciri perut hamil dan perut buncit terlihat pada masa-masa awal kehamilan. Ibu Super jangan bersedih karena merasa gendutan dan gagal menjaga postur tubuh ideal, jangan salah kira, hal tersebut tentu saja karena Ibu Super hamil yang membuat postur tubuh berubah tentu saja. Perubahan postur tubuh terjadi karena hormon yang meningkat.

11. Mood Swing

11. Mood Swing
haibunda.com

Ibu hamil yang sangat sensitif dan mudah sekali tersinggung, depresi, atau marah, dipercaya tengah hamil anak perempuan. Sebaliknya, ibu hamil yang tidak mengalami perubahan suasana hati kemungkinan sedang hamil anak laki-laki. Perubahan mood ibu hamil sebenarnya tidak terkait dengan jenis kelamin anak.

Karena, faktanya, perubahan suasana hati bisa disebabkan faktor hormonal yang sangat lumrah dialami ibu hamil. Salah satu ciri-ciri hamil tanpa mual adalah perubahan suasana hati yang akan Ibu Super alami.

12. Perubahan Warna Urine

12. Perubahan Warna Urine
popmama.com

Salah satu ciri ciri hamil yang mungkin saja tidak Ibu Super alami adalah perubahan warna urine atau air seni. Selain Ibu Super akan sering mengalami buang air kecil di tengah malam. Hal ini disebabkan oleh hormon yang meningkat. Warna urine gelap menunjukan bahwa Ibu Super mengalami dehidrasi, mual-mual, dan juga muntah.

Selain itu, perubahan warna urine sangat bergantung pada konsumsi makanan, obat-obatan, dan suplemen. Terutama yang terkait dengan konsumsi makanan selama kehamilan.

13. Ukuran Payudara yang Berubah

13. Ukuran Payudara yang Berubah
orami.co.id

Salah satu ciri ciri hamil yang jelas adalah ukuran payudara Ibu Super yang berubah. Perubahan ukuran payudara disebabkan oleh perubahan hormon selama hamil. Selain itu, ukuran payudara yang membesar juga merupakan persiapan suplai ASI ketika bayi lahir nantinya.

14. Suhu Kaki Berubah

14. Suhu Kaki Berubah
halodoc.com

Ciri ciri hamil selanjutnya adalah perubahan suhu tubuh yang sangat signifikan di beberapa bagian tubuh, hal ini juga disebabkan oleh perubahan hormon yang dialami oleh Ibu Super saat hamil. Ada juga mitos yang mempercayai perubahan suhu tubuh, terutama bagian kaki yang dikaitkan dengan ciri-ciri hamil bayi perempuan atau laki-laki.

15. Berat Badan Bertambah

15. Berat Badan Bertambah
medisweb.com

Ciri ciri hamil terakhir adalah berat badan bertambah, tentu saja karena Ibu Super mengandung janin yang terdapat dalam kandungan Ibu Super. Berat badan akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya janin. Konon, berat badan yang bertambah juga bisa dijadikan untuk melihat apakah Ibu Super mengandung bayi laki-laki atau perempuan.

Hamil anak laki-laki penambahan berat badan hanya akan berfokus di bagian perut saja. Namun hamil anak perempuan sedikit berbeda, penambahan berat badan terjadi secara merata ke seluruh tubuh, bukan hanya bagian perut saja.

Semoga penjelasan mengenai ciri ciri hamil yang telah dijelaskan oleh Superapp.id di atas bisa menambah pengetahuan Ibu Super yang menanti kehamilan atau bahkan sedang hamil. Jangan lupa juga untuk menjaga kondisi kesehatan Ibu Super selama kehamilan. Dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi.

Ibu Super bisa mendapatkan berbagai makanan yang bergizi dan berkualitas tinggi dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super, dan langsung cek kelengkapan bahan makanan bergizi dan sembako lainnya kebutuhan sehari-hari Sedulur. Selamat mencoba!