amalan ibu hamil

Kehamilan merupakan hal yang paling didambakan bagi seorang wanita. Terlebih lagi dalam ajaran Islam, kedudukan wanita hamil berada pada tingkatan yang sangat tinggi. Bagi seorang ibu hamil, ibadah tetap jadi hal utama. Bahkan, bisa dilipat gandakan berkali-kali lipat oleh Allah Swt. Terdapat banyak amalan ibu hamil yang dapat dilakukan sebagai bentuk ikhtiar agar anaknya kelak taat dan diridhoi Allah.

Beberapa keistimewaan yang Allah Swt berikan untuk wanita hamil di antaranya yaitu ganjaran pahala 70 tahun shalat dan puasa dan berjihad di jalan Allah Swt. Lalu apa saja sih amalan ibu hamil yang bisa dilakukan di rumah? Yuk simak ulasannya berikut ini Sedulur.

BACA JUGA : 60 Kata-Kata Bijak Islami untuk Anak yang Penuh Makna

Amalan yang dianjurkan untuk ibu hamil

amalan ibu hamil
Freepik

Status kehamilan bukanlah hal yang membuat seorang wanita menjadi sulit untuk mendapatkan amalan karena sulit beribadah. Malahan kondisi tersebut, menjadi hal yang diberikan keistimewaan oleh Allah Swt. Beberapa hadist pun menjelaskan, ada cukup banyak amalan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil sehingga limpahan pahala dan ridho Allah bisa berlipat ganda selama 9 bulan mengandung.

-->

1. Banyak mengingat Allah

amalan ibu hamil
Freepik

Amalan pertama yang dianjurkan untuk dikerjakan ibu hamil adalah mengingat Allah dengan carra memperbanyak dzikir. Memperbanyak dzikir ketika hamil ternyata bermanfaat untuk bayi dan juga ibu lho Sedulur. Dengan berdzikir, ibu hamil akan selalu menumkan kesadaran untuk menyandarkan hidup dan mati dalam kehendak Allah.

Manfaat dzikir bagi ibu hamil di antaranya yaitu dapat menyembuhkan penyakit, disalami oleh malakikat, dan dapat mengatasi masalah psikologis. Ibu hamil biasanya rentan dengan masalah psikologis yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan calon bayi. Untuk dapat mengurangi risiko tersebut, dianjurkan untuk selalu berdzikir mengingat Allah Swt. Sebagaimana dalam ar-Ra’d ayat 28 yang berbunyi:

“Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram”.

2. Memperbanyak ibadah dan amal kebaikan

amalan ibu hamil
Freepik

Memperbanyak ibadah merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk ibu hamil. Di antara ibadah yang dianjurkan adalah puasa Senin Kamis dan memperbanyak shalat sunnah. Gerakan shalat bagi ibu hamil sangat bermanfaat seperti memperbaiki letak bayi, memperlancar sirkulasi darah ke jantung dan masih banyak yang lainnya.

Untuk melengkapi amalan ini, Sedulur juga dapat memperbanyak istighfar agar bisa mengontrol emosi. Karena diketahui bahsa biasanya ibu hamil tidak dapat mengontrol emosi dengan baik.

BACA JUGA : Dongeng Anak Putri Salju dan Tujuh Kurcaci untuk Bacaan Tidur

3. Membaca Al-Qur’an

Freepik

Membaca Al-Qur’an juga menjadi salah satu amalan yang dianjurkan untuk ibu hamil. Hal ini karena membaca Al’Quran dapat memberikan ruhaniah kepada bayi. Membaca Al-Quran juga sangat ampun untuk membuat bayi tenang dan membuat emosinya stabil.

Terdapat beberapa surat yang dianjurkan dibaca oleh ibu hamil. Berikut penjelasannya.

a. Membaca surat Yusuf

Banyak yang menganjurkan ibu hamil untuk memperbanyak membacaSurat Yusuf. Banyak ulama yang berpendapat bahwa dengan membaca Surah Yusuf anak yang lahir akan akan memiliki ketampanan dan akhlak seperi nabi Yusuf as.

Meski tidak ada dalil secara pasti, akan tetapi tidak salah jika Sedulur ingin mengamalkannya. Beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan saat Sedulur membaca surat Yusuf yaitu meyakininya sebagai wasilah dan tetap bertawakal kepada Allah Swt.

b. Membaca surat Maryam

Selain surat Yusuf, ibu hamil juga dianjurkan membaca surat Maryam. Dengan membaca surat Maryam bermanfaat untuk memberikan ketenangan dan juga merupakan doa agar kelak anak yang lahir menjadi solih solihah. Surat Maryam juga berisi pelajaran tentang kesabaran, sebagimana kesabaran Maryam yang selalu mendapat cobaan ketika hamil.

c. Membaca surat Al-Insyirah

Surat lain yang dianjurkan dibaca oleh ibu hamil surat Al-Insyirah. Dikatakan dapat dibaca sebanyak tujuh kali setiap ba’da sholat maghrib kemudian ditiupkan pada perut yang tengah mengandung tersebut.

Fadhilah dari surat ini di antaranya, obat dari segala macam penyakit, dan di surat tersebut Allah menegaskan bahwa akan selalu ada kemudahan setelah kesulitan. Ini dapat meyakinkan Sedulur bahwa seberat apapun proses kehamilan yang dijalani, kelak akan mendapat kemudahan.

4. Membaca ayat kursi

Siasat

Sedulur juga dapat memperbanyak membaca ayat kursi dan dua ayat terakhir surat Al-Baqarah. Membaca ayat kursi dapat diamalkan ketika pagi dan sore hari setelah melaksanakan sholat fardhu. Manfaat membaca ayat kursi bagi ibuk di antaranya adalah terhindar dari rasa cemas yang berlebihan dan mendapatkan ketenangan hati.

BACA JUGA : 12 Superfood Untuk Anak yang Baik Bagi Perkembangan Otak

5. Perbanyak membaca sholawat

Freepik

Membaca sholawat ketika hamil memiliki banyak sekali keutamaan. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi .

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: “Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku”, (HR Tirmidzi).

Sholawat yang dianjurkan dibaca di antaranya sholawat Jibril, sholawat Nariyah dan sholawat Munjiyat.

Ibu hamil sebaiknya juga rutin membaca doa berikut ini:

Falammaa wa dho’atha qolat robbi innii wa dho’tuha untsaa walloohu ‘alamu bima wadhoat walaisadz dzakaru kal unstaa wainnii sammaituha maryama wa innii u’idzuha bika wadzurriyyataha minasy syaitoonirrojiimi

Yang artinya: “Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu, dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari setan yang terkutuk”, (QS Al-Imran: 3

6. Mengkonsumsi makanan sehat 

Freepik

Selain amalan rohani, ibu hamil juga harus tetap menjaga kesehatan. Jangan jadikan kelelehana menjadi alasan untuk bermalas-malasan ketika hamil.  Selain akan membuat badan lemas, juga membuat nafsu makan berkurang yang tentunya berdampak buruk bagi calon bayi.  Amalan ibu hamil lainnya yang juga bermanfaat adalah dengan melakukan aktivitas sehari-hari yang masuk dalam kategori aman.

Hal ini akan membantu Moms untuk mendapatkan proses persalinan yang lancar. Dengan beraktivitas sewajarnya seperti biasa, badan akan bergerak sehingga tidak terjadi rasa nyeri di badan yang berlebihan.Sedulur juga merasa lebih segar dan bugar, sehingga mood akan tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, bermalas-malasan juga perbuatan yang tidak disukai oleh Allah. “Dan mereka tidak mengerjakan salat, melainkan dengan malas.” (QS. At Taubah : 54).

Selain tidak bermalas-malasan, ibu hamil juga harus selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, maka gizi ibu dan bayi terpenuhi dengan baik. Selain itu juga bermanfaat untuk membentuk jaringan untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu serta dapat mengatasi permasalahan selama kehamilan. Jadi jangan lupa mengkonsumsi makanan yang sehat ya Sedulur!

7. Olahraga fisik rutin

Freepik

Meski sedang mengandung, ibu hamil tetap dianjurkan untuk berolahraga. Menurut Eatright, aktif secara fisik selama kehamilan akan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi ibu hamil.Di antaranya peningkatan psikologis, kebugaran tubuh yang lebih baik, dan risiko lebih rendah mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan.Untuk sebagian besar kehamilan, aktivitas fisik ringan hingga sedang justru bermanfaat bagi kehamilan dan tidak akan berdampak negatif pada bayi yang belum lahir.

Berikut manfaat olahraga fisik bagi ibu hamil. 

  • Merasa nyaman saat tubuh mulai berubah.
  • Menambah stamina dan kekuatan.
  • Mengurangi sakit kaki dan punggung, sembelit, bengkak, dan kembung.
  • Melancarkan sirkulasi darah dan membantu mencegah varises.
  • Membantu postur dan keseimbangan yang sangat penting saat pusat gravitasi bergeser.
  • Tidur lebih baik.
  • Mengelolas stress dengan baik.
  • Mengurangi risiko preeklampsia dan diabetes gestasional.
  • Mempersiapkan tubuh untuk persalinan agar dapat melahirkan dengan lancar.

Demikianlah rangkuman informasi amalan ibu hamil yang dapat Sedulur lakukan. Tak hanya memperbanyak ibadah untuk ketenangan batin, Sedulur juga harus tetap menjaga kesehatan agar ibu dan bayi selalu sehat.