babybump

Babybump adalah perubahan bentuk perut yang dialami setiap ibu hamil dalam beberapa minggu setelah mengalami kehamilan. Isitilah ini merujuk pada perubahan bentuk perut yang di dalamnya terdapat janin yang tumbuh dan berkembang. Kita mungkin bingung, setiap ibu hamil mengalami kondisi babybump yang berbeda.

Di Indonesia sendiri istilah ini sebenarnya belum begitu akrab, lantas pengertian sebenarnya dari kondisi yang dialami oleh ibu hamil ini? Yuk, mari langsung pahami melalui pembahasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Terbaik yang Bagus & Bernutrisi

Apa itu Babybump?

babybump
freepik

Babybump adalah ukuran dan kondisi dari perut ibu hamil yang semakin membesar setiap harinya. Di awal masa kehamilan, perut ibu hamil akan menunjukan ukuran yang biasa saja. Perut ibu hamil akan mulai membuncit seiring dengan perkembangan janin di dalamnya.

Usia 10 hingga 12 minggu kehamilan, ukuran akan mulai terlihat. Perut ibu hamil akan mulai membuncit. Karena baby bump artinya adalah tonjolan pada perut di masa kehamilan.  Seiring dengan pertumbuhan janin, rahim akan naik ke atas simfisis pubis. Ini merupakan tempat tulang kemaluan bertemu di depan panggul.

Sehingga tonjolan perut ini disebabkan oleh perbesaran rahim yang menyesuaikan pertumbuhan janin. Saat rahim membesar dengan kehamilan yang sedang berkembang, lilitan usus yang mengisi perut didorong ke atas dan ke luar ke samping. Sehingga wajar belaka tonjolan dalam perut Ibu Super ketika masa kehamilan.

Nah, setiap ibu hamil akan mengalami kondisi yang berbeda-beda terkait tonjolan saat masa kehamilan. Hal ini setidaknya dipengaruhi oleh beberapa hal yang berkaitan dengan tubuh ibu hamil sendiri. Penjelasan lengkap bisa Ibu Super simak dalam penjelasan berikut ini.

Ukuran yang berbeda-beda

freepik

Terkait babybump, tengah menjadi sorotan dan ramai diperbincangkan karena foto babybump Lesti. Penyanyi dangdut yang disayangi banyak masyarakat Indonesia. Sontak, babybump Lesti tidak lepas dari perhatian. Dengan mengabarkan kondisinya dan seperangkat babybump box yang ia miliki.

Berawal dari ini, banyak netizen yang mencari tahu apa sebenarnya babybump itu. Biasanya babybump mulai terlihat saat usia kehamilan memasuki 10 hingga 12 minggu. Saat itu bisanya ukuran perut ibu hamil mulai membesar. Menunjukan tonjolan dan tidak lagi bisa disembunyikan.

Namun biasanya ukuran tersebut berbeda-beda, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kepada ukuran tonjolan pada setiap ibu hamil berbeda-beda. Berikut ini beberapa alasannya.

BACA JUGA: 12 Pilihan Buah yang Bagus Untuk Ibu Hamil, Menyehatkan

1. Kekuatan otot

babybump
freepik

Otot sangat mempengaruhi ukuran babybump berbeda. Jika ibu Super ibu hamil rutin berolahraga yang memusatkan kekuatan otot perut, otot rektus (otot perut bagian depan) akan menjadi lebih kencang. Ketika otot perut kencang dan kuat, baby bump akan terlihat lebih kecil karena sekitar perut tidak ada lemak yang bisa mempertegas tonjolan perut.

2. Tinggi dan berat badan ibu

freepik

Ukuran babybump juga dipengaruhi oleh tinggi dan berat badan Ibu. Ibu hamil dengan tubuh tinggi atau pendek dan kurus memiliki tonjolan perut yang lebar juga lebih terlihat. Ini karena ruang janin berkembang dan bergerak tidak banyak tertutupi oleh lemak di perut. Kebalikannya dengan ibu hamil yang memiliki tubuh berisi, baby bump akan tidak terlalu terlihat, karena tersamarkan oleh lemak sekitar perut.

3. Perubahan hormon

babybump
freepik

Perubahan hormon juga mempengaruhi ukuran babybump. Pengaruh ini yang menyebabkan ibu hamil mengalami morning sickness dan gangguan hormon lainnya. Di sisi lain, bila ibu sudah mengalami kenaikan berat badan saat fase awal kehamilan, area perut akan terlihat besar lebih cepat. Hormon progesteron juga bisa menyebabkan perut kembung yang berpengaruh pada bentuk perut ibu hamil.

Hal yang wajib diperhatikan

freepik

Setiap masa kehamilan, seorang Ibu tengah mengandung janin yang harus diperhatikan kesehatannya. Perkembangan serta pertumbuhan janin dalam kandungan merupakan perhatian yang wajib dilakukan. Jika terdapat pertumbuhan jadin yang tidak sesuai, Ibu Super harus segera melakukan konsultasi kepada dokter kandungan.

Namun biasanya, kondisi babybump yang dialami ibu hamil berbeda-beda. Namun terkait pertumbuhan dan perkembangan janin, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian. Hal ini guna menjaga kesehatan dan perkembangan ibu dan janin itu sendiri. Berikut ini beberapa hal yang wajib jadi perhatian.

BACA JUGA: 11 Jenis Vitamin Ibu Hamil Terbaik yang Aman Dikonsumsi

1. Hati-hati saat naik kendaraan umum

babybump
freepik

Jika ukuran babybump yang besar dan menonjol, hal tersebut dapat menjadi perhatian bagi orang-orang sekitar dan membuat orang lain sadar bahwa Ibu tengah hamil. Namun, ada juga yang ukurannya biasa dan kecil, seperti terlihat tidak sedang hamil. Otomatis akan diperlakukan selayaknya orang-orang normal.

Ketika tengah ada di kendaraan umum, Ibu harus berhati-hati. Lebih baik untuk menyampaikan kondisi Ibu kepada petugas bus atau kereta saat hendak naik. Sampaikan kondisi bahwa Ibu tengah hamil dan membutuhkan kondisi yang harus duduk. Hal ini demi kenyamanan saat berkendara

2. Gunakan pakaian yang nyaman

freepik

Ini adalah hal yang sangat wajib Ibu perhatikan ketika babybump mulai terlihat dan mulai berukuran besar. Ibu wajib menggunakan pakian yang lebih longgar, hal ini bertujuan agar saat beraktivitas Ibu bisa tetap nyaman. Lebih baik memilih pakaian yang menyerap keringan dengan celana khusus terbuat dari karet yang sangat elastis.

Untuk bagian bra juga, Ibu harus menyiapkan bra yang terbuat dari karet elastis, ini bertujuan untuk menyesuaikan ukuran payudara ibu Super dan juga agar lebih mudah saat menyusui nantinya. Jangan sampai pakaian yang tidak nyaman membuat Ibu Super terganggu.

3. Lakukan olahraga ringan

babybump
freepik

Saat babybump Ibu mulai membesar, Ibu akan membawa beban yang lebih berat setiap harinya. Ditambah lagi Ibu hamil tidak disarankan untuk banyak melakukan aktivitas. Namun, bukan berarti hal tersebut melarang Ibu untuk berolahraga. Olahraga sangat penting untuk menurunkan kadar stres saat hamil.

Tidak perlu olahraga yang heboh dan merepotkan, dan juga tidak perlu berolahraga lama-lama. Ibu cukup melakukan olahraga selama lima atau sepuluh menit setiap harinya. Tujuannya selain untuk melepaskan stress, juga untuk meregangkan otot-otot yang tegang yang dialami Ibu Super selama kehamilan.

Itulah penjelasan terkait babybump yang wajib Ibu ketahui. Jangan lupa, selama masa kehamilan Ibu harus menjaga asupan makanan yang bergizi. Ibu bisa mendapatkan makanan yang berkualitas baik dengan membelinya di Aplikasi Super.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.