whey protein terbaik

Whey protein merupakan salah satu kandungan protein utama yang ada pada produk susu. Whey didapatkan dari bagian cair pada susu yang terbentuk saat diolah menjadi keju. Bagian cair ini selanjutnya diolah lagi menjadi bentuk bubuk dan dikemas sebagai produk whey protein terbaik.

Produk whey protein biasanya dikonsumsi oleh para sports mania karena merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Selain itu, jenis protein ini juga banyak dikonsumsi oleh pria maupun wanita sebagai pengiring workout yang mereka lakukan. 

Apakah Sedulur juga tertarik mengonsumsinya? Berikut adalah informasi seputar manfaat, cara memilih, dan rekomendasi whey protein terbaik yang ada di pasaran!

BACA JUGA: Resep Keripik Wortel, Camilan Sehat Untuk Si Anti Sayur!

-->

Manfaat whey protein 

whey protein terbaik
iStock

Whey protein mengandung banyak asam amino esensial yang memiliki fungsi penting bagi tubuh. Whey protein bisa menaikkan pertumbuhan otot serta meningkatkan kekuatan dan massa otot. Terlepas dari apapun latihan kebugaran yang dilakukan, whey protein bahkan diklaim lebih efektif untuk meningkatkan kekuatan jika dibandingkan dengan protein lain, misalnya kasein.

Whey protein juga mengandung asam amino leucine yang tinggi. Leucine merupakan salah satu asam amino esensial yang tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh manusia. Ini merupakan asam amino yang digunakan untuk merangsang sintesis protein atau proses pembentukan protein oleh sel-sel.

Cara memilih produk whey protein terbaik

iStock

Sebelum memutuskan untuk membelinya, Sedulur bisa membaca beberapa cara memilih produk whey protein terbaik di bawah ini.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan protein untuk membangun massa otot

Harvard Medical School menyebutkan bahwa orang dewasa yang memiliki gaya hidup aktif akan membutuhkan setidaknya 10 persen protein dari jumlah kalori yang masuk ke tubuh setiap harinya. Jadi, mereka akan membutuhkan minimal 0,8 gram protein per kilogram berat badan.

Sementara itu, bagi seseorang yang secara rutin melakukan angkat beban, sangat direkomendasikan konsumsi protein minimal 20 gram setelah berolahraga. Hal ini tentu saja bertujuan agar otot yang mengalami kerusakan bisa langsung diperbaiki dengan baik. 

2. Pahami jenis whey protein yang ada di pasaran

Di pasaran, whey protein dibagi menjadi beberapa jenis atau bentuk. Baik itu bubuk, isolate, concentrate, maupun peptide hydrolysate. Sedulur harus memahami hal ini sebelum membelinya, ya! 

  • Whey powder merupakan bentuk yang sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan roti, produk olahan daging, maupun makanan ringan lainnya. Bahan ini lebih sering dijadikan bahan baku makanan daripada suplemen olahraga. 
  • Whey concentrate (WPC)  merupakan bentuk yang sudah melalui proses pemisahan air, laktosa, dan sedikit mineral. Secara umum, jenis ini memiliki komponen aktif yang lebih banyak dan sering digunakan sebagai suplemen.
  • Whey isolate (WPI) memiliki konsentrasi protein hingga 90% atau lebih. Jenis ini juga telah melalui proses pemisahan dengan lemak dan laktosa sehingga aman dikonsumsi oleh orang-orang dengan intoleransi laktosa.
  • Whey peptide hydrolysate (WPH) juga memiliki kadar protein yang tinggi, atau sekitar 90%. Namun jenis ini telah dipecah menjadi bentuk potongan-potongan peptida sehingga lebih cepat diserap oleh tubuh.

3. Perhatikan kandungan kalorinya

Selain fokus pada kandungan protein, Sedulur juga perlu memerhatikan kandungan kalorinya. Jumlah kalori ini akan memengaruhi hasil program yang sedang Sedulur lakukan, baik untuk menaikkan, menurunkan, maupun menjaga berat badan.Kandungan kalori juga penting diperhatikan bila Sedulur ingin membentuk massa otot.

4. Pilih produk yang mudah larut dan cepat diserap tubuh

Produk whey protein terbaik akan memiliki kandungan protein yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Hal ini sangat penting diperhatikan karena saat melakukan olahraga otot, otot akan pecah dan otak akan langsung merespon dengan mengirimkan asam amino esensial.

Dengan demikian, protein yang lebih mudah dan lebih cepat dicerna tubuh akan menjadi pilihan terbaik ketika kondisi ini berlangsung. Jadi, jangan lupa untuk memilih produk dengan kandungan protein yang sudah terhidrolisis sehingga memiliki daya serap yang tinggi.  

5. Hindari whey protein bubuk dengan kandungan bahan berikut 

Produk whey protein bisa saja mengandung bahan-bahan spesifik yang perlu dihindari oleh orang-orang yang memiliki intoleransi atau alergi. Beberapa bahan yang perlu diperhatikan dan dihindari bila tubuh mengalami reaksi setelah mengonsumsi whey protein adalah: 

  • Minyak nabati, karena memiliki sumber yang terhidrogenasi sehingga akan berbentuk lemak trans berbahaya.
  • Pemanis buatan aspartame,  xylitol, sakarin (954), dan splenda (955), harus dihindari karena tidak baik untuk tubuh,  baik oleh orang yang sensitif terhadap zat pemanis maupun tidak.
  • Fillers, yakni bahan aditif yang biasanya ditambahkan oleh produsen untuk memotong biaya produksi atau membuat produknya tampil lebih favorable, seperti lebih banyak isinya atau lebih mudah diaduk.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Produk Minyak Goreng untuk Diet, Bikin Sehat!

Berikut adalah beberapa rekomendasi produk whey protein terbaik yang bisa Sedulur jadikan referensi.

1. Nutrifood L-Men Platinum

whey protein terbaik
Nutrimart

L-Men Platinum mengandung whey protein isolate, dan berbagai zat gizi lain seperti vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Produk ini juga mengandung L-Carnitine untuk meningkatkan energi serta L-Glutamine dan BCAA untuk mengoptimalkan pembentukan otot. Produk yang cocok untuk para gymer ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp127.000.

2. FITlife WPRO / Concentrate

Fitlife

Produk whey protein terbaik berikutnya adalah FITlife WPRO / Concentrate. Selain hanya mengandung sekitar 2% lemak, produk ini juga bebas kandungan gula, creatine, glutamine, dan glutamic acid. Dengan dua varian rasa yang unik, Choco Malt dan Japanese Matcha, Sedulur akan menemukan rasa autentik Jepang dalam produk dengan harga mulai dari Rp200.000 ini. 

3. MuscleTech NitroTech 100% Whey Gold

whey protein terbaik
MuscleTech

Berikutnya ada MuscleTech NitroTech 100% Whey Gold, produk whey protein yang dilengkapi dengan BCAA dan glutamine yang mendukung proses recovery otot lebih cepat. Diproses dengan superior cold microfiltration, produk ini tentunya memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang sangat minimal. Produk yang termasuk dalam jenis isolate ini dijual dengan harga mulai dari Rp471.000.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Coklat Bubuk Terbaik Untuk Membuat Kue

4. BSN Syntha-6

Body Fit Station

BSN Syntha-6 terkenal sebagai bubuk yang mendukung sintesis protein otot yang efektif dalam mendorong pertumbuhan jaringan otot dan mempercepat hasil pemulihan setelah berolahraga. Dengan formulasi protein ultra-premium serta cukup lemak dan serat, saluran cerna juga akan lebih terpelihara. Termasuk jenis WPC dan WPI, Sedulur bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp237.500.

5. Rimba Life RIMBAWHEY

whey protein terbaik
Fit Ape

Rimba Life RIMBAWHEY merupakan produk yang berfungsi untuk meningkatkan massa otot dan menjaganya. Produk ini sangat cocok untuk program cutting dan bulking, serta dapat membantu menahan lapar saat dikonsumsi pagi hari. Meski masih mengandung gula dari jagung, produk ini sudah bebas dari lemak dan rendah kalori sehingga aman untuk diet. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp270.000.

6. Puro ISOPRO WPI Whey Isolate

Puro

Terbuat dari susu sapi grass fed di New Zealand, produk gluten free ini sangat aman dikonsumsi oleh para penderita celiac maupun intoleransi laktosa. Bekerja dengan menjaga dan meningkatkan massa otot, produk ini akan membantu program diet dengan memenuhi kebutuhan protein harian. Produk yang telah diproduksi dengan standar GMP dan ISO22000 ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp175.000.

7. Optimum Nutrition Platinum Hydrowhey

whey protein terbaik
ProSehat

Produk ini termasuk jenis hydrolysate yang menggunakan protein terhidrolisis sehingga lebih mudah diserap tubuh. Optimum Nutrition Platinum Hydrowhey juga memiliki ekstra BCAA micronized yang berukuran super kecil yang lebih mudah larut dan diserap tubuh. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp1.100.000.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Minyak Sayur yang Baik untuk Kesehatan

8. Evolene Isolene

Evolene

Evolene Isolene merupakan whey protein terbaik yang didesain dengan teknologi khusus untuk mempercepat penyerapannya dalam tubuh. Hadir dalam tiga varian rasa, yakni stroberi, cokelat, dan vanila, Sedulur bisa menyesuaikannya dengan selera. Produk yang sudah memenuhi standar BPOM, MUI, dan Labdoor ini dijual dengan harga mulai dari Rp240.000.

9. PVL Mutant Whey

whey protein terbaik
FatburnerKing

Produk whey protein terbaik lainnya adalah PVL Mutant Whey. Produk ini telah diformulasikan dengan 5 tingkatan whey protein unik yang bisa menciptakan massa otot lebih besar dan cepat. Selain itu, ada juga kandungan BCAA anabolik dan glutamin yang mempercepat reaksi. Produk yang sudah berlisensi GMP ini dijual dengan harga mulai dari Rp175.000.

10. Dymatize ISO 100

Rumah Suplemen

Produk ini tidak mengandung lemak dan merupakan suplemen isolate dengan nilai kemurnian protein yang tinggi. Adanya teknologi hydrolyzed yang canggih juga akan memastikan suplemen ini bebas dari laktosa. Produk berjenis WPI dan WPH ini dijual dengan harga mulai dari Rp372.000.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Chili Oil Terbaik Tahun 2023

11. Vector Labs Master Whey

whey protein terbaik
Sehat Utama Sejahtera

Berikutnya ada Vectorlabs Master Whey yang merupakan 100% WPI dan WPC. Diolah dengan teknologi membran ultrafiltrasi dingin membuat produk ini memiliki protein yang berkualitas baik. Produk yang lebih mudah diserap oleh tubuh dan cocok untuk diet ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp290.000.

12. BXN Whey Protein Isolate

Wiraswara

Produk whey protein terbaik yang terakhir adalah BXN Whey Protein Isolate. Produk ini memiliki tingkat kemurnian protein premium dengan tingkat biological value (BV) yang tinggi. Produk yang akan membantu meningkatkan massa otot secara cepat dan bebas lemak dijual dengan harga mulai dari Rp434.500.

Itulah 12 rekomendasi whey protein terbaik untuk pria dan wanita yang bisa Sedulur konsumsi untuk meningkatkan massa otot. Untuk melengkapinya, Sedulur juga bisa mengonsumsi berbagai macam produk susu sehat tinggi kalsium yang bisa didapatkan melalui Aplikasi Super.

Selain mudah dan cepat proses pembeliannya, Sedulur juga akan mendapatkan harga terbaik dengan berbagai diskon dan cashback menarik. Lebih dari itu, barang pesanan Sedulur juga akan diantar sampai ke depan rumah tanpa biaya pengantaran. Tunggu apalagi? Yuk, download Aplikasi Super di Google PlayStore sekarang juga!