Vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh

Di musim pandemi ini, penting bagi Sedulur untuk mengetahui vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Jangan sampai imun turun!

Pandemi Covid-19 menyadarkan kita betapa pentingnya menjaga daya tahan tubuh. Selain agar terhindar dari covid-19, daya tahan tubuh juga memberi kita keleluasaan untuk beraktivitas dengan baik. Terlebih bagi Sedulur yang memang bekerja aktif di luar rumah, imun tubuh jadi senjata penting yang harus dimiliki.

Untuk menjaga imunitas, Sedulur perlu mengetahui vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Nyatanya, beberapa vitamin memang memiliki fungsi utama untuk menjaga daya tahan. Berikut beberapa vitamin yang bagus untuk imun tubuh menurut ahli!

8 Vitamin yang Bagus Untuk Daya Tahan Tubuh, Anti Sakit-Sakit Club!

1. Vitamin yang Bagus Untuk Daya Tahan Tubuh: C

Vitamin C
Photo by Polina Tankilevitch from Pexels

Jika ditanya vitamin apa yang paling bagus untuk kesehatan, banyak orang akan menjawab vitamin C. Tak heran, karena vitamin C memang kerap diklaim sebagai vitamin injeksi yang bagus untuk daya tahan tubuh. Banyak pula selebriti yang menyuntikkan vitamin C ke dalam tubuh secara rutin. Selain untuk menjaga Kesehatan, Vitamin C juga dapat mencerahkan kulit.

-->

Ada banyak sekali merk vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh dan dijual di pasaran. Berikut beberapa di antaranya.

  • Blackmores Vitamin C
  • Redoxon Triple Action
  • UC 1000
  • Vitalong C

Jika Sedulur ingin mendapatkan asupan vitamin C dari makanan langsung, berikut beberapa makanan yang kaya akan vitamin satu ini:

  • Bayam
  • Pepaya
  • Jeruk
  • Strawberry
  • Nanas

2. Vitamin B Kompleks Bagus Untuk Daya Tahan Tubuh

Vitamin B Kompleks
Photo by Anna Shvets from Pexels

Tak kalah penting dari vitamin C, Sedulur perlu untuk memenuhi kebutuhan vitamin B tubuh. Pasalnya, vitamin B berperan besar dalam menjaga energi dan mengatur hormon. Selain itu, vitamin B kompleks dapat menunjang kerja otak dan menjaga kesehatan saraf.

Vitamin ini bisa didapatkan lewat berbagai makanan sehari-hari seperti berikut:

  • Susu
  • Keju
  • Daging merah
  • Ikan Tuna
  • Kerang
  • Sayur-sayuran hijau

Jika Sedulur merasa kesulitan memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks tubuh, jangan ragu untuk mengonsumsi suplemen. Pasalnya, tubuh yang kekurangan vitamin B Kompleks dapat mengalami kelelahan, kurang energi, gangguan hormon, hingga anemia.

3. Zinc

Zinc mineral dan vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh
Photo by Taryn Elliott from Pexels

Zinc merupakan vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh karena berperan penting bagi pembentukan sel-sel sistem imun. Bagi Sedulur yang belum familiar dengan zat satu ini, Zinc memiliki nama lain seng. Zat ini banyak ditemukan dalam daging hewan, baik daging merah, daging putih, maupun ikan. Namun, Sedulur juga bisa menemukan zinc dalam beberapa jenis protein hewani.

Selain dari sumber makanan, Sedulur juga bisa mendapatkan vitamin zinc dari suplemen. Merk vitamin zinc yang bagus dan banyak direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  • Nature’s Bounty Calcium, Magnesium, Zinc
  • Redoxon Double Action
  • Wellness Cal/Mag/Zinc
  • Nature’s Plus Zinc Picolinate

Baca Juga: 10 Merek Vitamin Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

4. Vitamin D

Vitamin D dari Salmon
Photo by Valeria Boltneva from Pexels

Sedulur pasti sering mendengar fungsi vitamin D bagi pasien covid-19. Vitamin D memiliki manfaat utama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari virus dan penyakit. Akan tetapi lebih dari itu, vitamin D juga baik untuk kesehatan gigi, tulang, membantu menjaga kadar insulin tubuh, hingga menjaga organ paru-paru dan jantung.

Vitamin D dapat ditemukan dalam berbagai makanan sehari-hari. Akan tetapi berjemur di bawah sinar matahari akan membantu proses sintesis vitamin D dalam tubuh sehingga dapat terserap dengan baik. Yuk Sedulur jangan lupa berjemur di pagi hari demi tubuh yang lebih sehat!

5. Vitamin E

Vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh: Vitamin E
Photo by Engin Akyurt from Pexels

Tak hanya bagus untuk kulit, vitamin E juga punya khasiat bagi imunitas tubuh. Vitamin E merupakan antioksidan tinggi yang menjaga tubuh dari radikal bebas dan membantu melawan infeksi. Hal ini tentu penting mengingat lingkungan hidup yang kian tercemar. Selain itu, vitamin E juga menjaga tubuh dari kanker kulit serta merawat kesehatan mata.

Tidak heran jika vitamin E termasuk dalam jajaran vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Konsumsi vitamin E secara rutin akan membuat kulit semakin kinclong dan tubuh sehat. Sedulur bisa mendapatkan vitamin E dengan mudah di Aplikasi Super. Jangan lupa manfaatkan promo yang berlaku agar lebih cuan!

6. Zat Besi

Zat Besi dari Bayam
Photo by Arina Krasnikova from Pexels

Zat besi memegang fungsi penting dalam melancarkan peredaran oksigen dan darah dalam tubuh. Fungsi ini menunjang kinerja dan proses sistem imun. Selain itu, zat besi juga menjaga Kesehatan sel-sel tubuh, kuku, hingga rambut. Jika Sedulur pernah mengalami bercak putih pada kuku, itu adalah salah satu tanda tubuh kekurangan zat besi.

Vitamin satu ini bisa Sedulur dapatkan dari beragam makanan, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, tahu, dan biji-bijian. Jika asupan makanan Sedulur tak mencukupi kebutuhan zat besi tubuh, cobalah untuk konsumsi suplemen seperti Sangobion, Inbion, atau Feroglobin. Namun hati-hati karena konsumsi zat besi akan berpengaruh pada sistem pembuangan tubuh.

Baca Juga: Penting! Ini 10 Manfaat Vitamin C Yang Harus Kamu Tahu

7. Vitamin A

Vitamin A bagus untuk daya tahan tubuh
Photo by THIS IS ZUN from Pexels

Seperti kata orang tua zaman dulu, vitamin A merupakan zat yang penting bagi Kesehatan mata. Namun lebih dari itu, vitamin A juga berfungsi penting bagi regenerasi sel tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin A berperan dalam pembentukan sel imun dan antibodi alami tubuh.

Tubuh yang kekurangan vitamin A akan mengalami gejala seperti kulit kering, jerawat, luka yang susah sembuh, hingga rabun senja. Karena itu, konsumsi vitamin A sangat penting bagi kelangsungan hidup. Sedulur bisa mendapatkan asupan vitamin A dari berbagai makanan seperti wortel, susu, serta buah-buahan dan sayuran yang berwarna kuning atau oranye.

Suplemen vitamin A yang dapat Sedulur konsumsi adalah vitamin A IPI, Now Foods Vitamin A, Blackmores Vitamin A, dan Cerebrofort Marine Gummy.

8. Selenium

Selenium
Photo by Marta Branco from Pexels

Alih-alih vitamin, di poin terakhir ini mari membahas mineral yang bagus untuk daya tahan tubuh. Selenium merupakan mineral dengan antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Konsumsi selenium yang cukup akan menjaga Sedulur dari potensi penyakit kanker dan jantung. Mineral ini menjaga kadar radikal bebas dalam tubuh dan merawat kesehatan tiroid.

Selenium dapat Sedulur temukan dalam aneka makanan sehari-hari. Terutama dari protein hewani seperti ikan tuna, daging merah, hati sapi, daging unggas, dan keju. Akan tetapi bagi Sedulur yang vegetarian, mineral ini juga bisa didapat dari kacang-kacangan atau suplemen.

Suplemen Selenium yang direkomendasikan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah Now Foods Selenium, Futurebiotics Selenium, Nature’s Plus Selenium, dan 21st Century Selenium.

Deretan vitamin di atas sebenarnya bisa Sedulur dapatkan lewat makanan yang seimbang. Makanan yang bervariasi dan kaya gizi dapat menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Namun, di masa sekarang, menjaga makanan seimbang kian terasa sulit. Untuk itu Sedulur mungkin perlu mengonsumsi vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh.

Aplikasi Super menyediakan bermacam vitamin untuk antibodi dewasa. Mulai dari vitamin C, A, D, E, hingga mineral yang juga menjaga imunitas seperti zinc, iron, dan selenium. Sedulur bisa memanfaatkan promo Aplikasi Super yang berlaku pula untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Tunggu apa lagi? Yuk, install Aplikasi Super sekarang juga!