vespa matic

Sering ditemui berseliweran di jalan, tak heran pengguna setia dari Vespa sampai sekarang masih memiliki anggota yang cukup banyak. Vespa sendiri memiliki sejarah yang sudah dimulai semenjak era 60-an di Indonesia. Maka dari itu, wajar jika sepeda motor jenis skuter ini terdengar akrab di telinga masyarakat di seluruh Indonesia. Tak hanya memiliki klasik, terdapat pula jenis vespa matic yang cukup populer di kalangan pecinta jenis motor ini.

Di Indonesia, ada tujuh jenis keluaran terbaru yang juga akrab disapa dengan vespa matic ini. Meskipun tampilannya mirip, namun ada beberapa yang membedakannya dengan klasik. Di antaranya adalah klasik memiliki ciri khas mesin 2 tak dengan transmisi yang masih manual. Sementara untuk yang terbaru sudah menggunakan transmisi otomatis yang membuat pengoprasiannya lebih mudah.

Ingin tahu tentang 12 jenis motor skuter modern ini lengkap dengan spesifikasi dan harganya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya!

BACA JUGA: Usaha Cuci Motor, Modal Kecil tapi Menguntungkan di Tengah Pandemi

-->

1. Vespa S 125 I-GET

Vespa matic S 125 I-GET
gridoto

Tipe yang satu ini merupakan kelas entry level dengan segala pembaruan yang telah dilakukannya. Desain dari Vespa S 125 I-GET ini tampak elegan, dinamis, namun tetap terlihat maskulin meskipun memiliki bodi yang cukup kecil. Ada beberapa pilihan warna yang ditawarkan dari motor vespa matic seharga Rp39,5 jutaan ini, yaitu Blue Vivace, Black Vulcano, dan Grey Titanio.

Masih mempertahankan ‘rasa’ Italia-nya dengan beberapa fitur terkini, S 125 I-GET mengusung kombinasi dengan polesan hitam matte dan glossy pada beberapa komponen mesinnya. Ada pula fitur penambahan USB port pada laci depan, front tie baru yang berpadu dengan headlamp heksagon, serta lampu depan LED Daytime Running Light (DRL) yang merupakan spesifikasi dari motor yang satu ini.

Tak hanya itu, kenyamanan dalam berkendara juga sangat dipertimbangkan dengan adanya peningkatan kontrol pada pijakan kaki (footrest) yang akan membuat perjalanan semakin aman dan nyaman. Hadirnya double swinging arm baru (2 degrees of freedom) juga akan menambah kenyamanan perjalanan.

Perpaduan dari komponen mesin 1-silinder 124,5 cc 3-katup berteknologi i-Get ini membuat mesin menghasilkan tenaga 10,1 hp dengan torsi maksimum 10,2 Nm. Ini menjadikan performa jenis S 125 i-Get semakin baik. Selain itu, mesin dalam kendaraan ini memiliki 124.5cc satu-silinder berpendingin udara yang mampu menghasilkan tenaga 10.1 hp pada 7.600 rpm dan torsi puncak 10.2 Nm pada 6.000 rpm yang cukup besar. 

2. Vespa LX 125 I-GET

Vespa matic LX 125 I-GET
autofun

Berbeda dengan S 125 I-GET, jenis motor yang satu ini memiliki harga yang lebih murah, yaitu sekitar Rp38 jutaan. Skuter keluaran 2005 dan muncul di Indonesia sekitar 6 tahun kemudian ini memiliki tenaga yang cukup kecil dibanding lainnya, yaitu 125 cc. Skuter ini memiliki beberapa pilihan warna, yaitu Red Passione, Black Vulcano dan Yellow Lime.

LX 125 I juga dilengkapi dengan lampu utama LED yang memiliki tipe Daytime Running Light (DRL). Sehingga pada berbagai jenis cuaca, motor ini masih bisa memberikan visibilitas terbaiknya. Meskipun terbilang cukup murah, jenis yang satu ini sudah mendapatkan teknologi mesin i-Get yang sudah modern.

Sama dengan S 125 I-GET, jenis yang satu ini juga memiliki USB port yang letaknya di area kemudi dan memiliki layar LCD dengan kualitas grafis yang menarik dan panel instrumennya terlihat jelas dan mantap. Mesin yang ditanam pada jenis motor skuter ini mempunyai kubikasi 124.5 cc satu-silinder dan dilengkapi dengan pendingin udara. Tenaga mesinnya pun diklaim mencapai 10.1 hp pada 7.600 rpm dan torsi puncak 10.2 Nm pada 6.000 rpm.

Tak hanya itu, getaran mesin yang biasanya terasa saat mengemudi pun akan berkurang karena adanya double-swinging arm dengan fitur “2 degrees of freedom”. Sehingga, pengalaman menyetir pun akan semakin nyaman. Jika harganya dirasa masih tergolong tinggi, Sedulur bisa tetap mempertimbangkan untuk memilikinya karena harga vespa matic bekas ini adalah Rp20 jutaan dengan kualitas yang masih prima.

BACA JUGA: Statistik Valentino Rossi Dapat Penghargaan Fantastis, Raja MotoGp

3. Vespa Primavera 150 I-GET ABS

Vespa Primavera 150 I-GET ABS
vespa.com

Primavera 150 I-GET ABS mengusung konsep yang lebih kekinian dibandingkan dengan yang lainnya. Dibekali dengan kapasitas mesin sebesar 154.8cc satu silnder berpendingin udara, jenis motor yang satu ini diyakini mampu menghasilkan daya sebesar 11.6 hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 12 Nm pada 5.000 rpm. Pilihan warnanya pun cukup beragam, yaitu Orange Tramonto, Grey Materia dan White Innocenza. Dimensi yang dimiliki dalam model yang satu ini pun cenderung lebih panjang dibanding model LX 125 I-Get dan S 125 I-Get.

Harga motor vespa matic Primavera 150 I-GET ABS ini adalah sekitar Rp44,8 juta. Dengan harga tersebut, tentunya sepadan dengan spesifikasi tinggi yang dimiliki dari tipe ini. Terdapat perangkat keselamatan ABS single-channel di bagian depan ban motor yang memiliki diameter 12 inci. Selain itu, skuter ini memiliki performa mesin i-get, 4-stroke, satu silinder berkapasitas 150 cc yang bisa memunculkan tenaga maksimal 12,7 hp pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 12,8 Nm pada 5.000 rpm.

4. Vespa Primavera S

Vespa Primavera S
gridoto

Ada dua varian yang ditawarkan pada vespa Primavera, yang membedakan antara keduanya hanyalah aksesorinya. Untuk versi S, harganya termasuk lebih mahal dari tipe sebelumnya, yaitu sekitar Rp48,5 jutaan. Kapasitas mesin yang ditawarkan pada jenis tanpa S sama persis, yakni 154.8cc satu silinder berpendingin udara.

Sumber daya vespa matic ini diklaim bisa menghasilkan tenaga 11.6 hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 12 Nm pada 5.000 rpm. Pada bagian belakang, terdapat pengaturan empat tipe setelan yang bisa diatur sendiri oleh penggunanya sesuai dengan yang diinginkan. Pada bagian depan dan belakang, lampu dari tipe S ini berbentuk bulat dan sudah berteknologi LED. ABS single-channel juga sudah terpasang lengkap berdiameter 12 inchi di rodanya.

BACA JUGA: 10+ Tempat Sewa Mobil Makassar Lepas Kunci

5. Vespa Matic Sprint

vespa matic sprint
voladin

Vespa Sprint adalah jenis motor skuter yang diklaim paling laris di Indonesia. Sama seperti Primavera, jenis ini memiliki dua pilihan varian, dengan S dan tanpa S. Untuk Sprint tanpa S, mesin yang digunakan adalah 154.8cc dengan satu-silinder berpendingin udara. Mesin tersebut diklaim bisa menghasilkan tenaga sebesar 11.6 hp pada 7.500 rpm dan torsi 12 Nm pada 5.000 rpm. Harga vespa matic dengan lampu berbentuk kotak ini adalah sekitar Rp49 juta. Pilihan warna yang ditawarkan ada tiga, yaitu Red Passione, White Innocenza, dan Black Vulcano. 

6. Vespa Sprint S

Vespa Sprint S
vespa.com

Berbeda dari versi standarnya, jenis Sprint S ini memiliki list merah yang terdapat pada bagian bodi samping dan bagian dasi. Terdapat pula tekstur bergaris pada joknya yang digunakan sebagai pembeda dari versi sebelumnya. Harga vespa sprint yang ditawarkan ini adalah sekitar 50 jutaan dengan beberapa pilihan warna, di antaranya adalah Grey Materia, Blue Audace, Black Opaco, dan Yellow Sole.

Mesin yang dihasilkan sebagai performa Sprint S adalah mesin i-Get 154.8 cc 4 stroke, 3 katup, satu silinder, dan tentunya mempunyai pendingin udara. Konfigurasi mesin ini kemudian menghasilkan tenaga maksimum sebesar 12,7 hp pada 7.750 rpm dan torsi 12,8 Nm pada 6.500 rpm. Tampilan yang diusung pada tipe ini lebih sporty dari sebelumnya, karena adanya tambahan decals logo S.

BACA JUGA: Cara Beli Diamonds ML (Mobile Legends) Pakai Pulsa 2021

7. Vespa GTS Super 150

Vespa GTS Super 150
otomotifnet

Berbeda dengan bodi vespa kebanyakan, model dari GTS 150 ini berbodi cukup kekar dan besar serta memiliki nilai sejarah yang cukup panjang. Siapapun yang melihatnya akan cukup terkesan karena bodinya yang serba bulat. Dilengkapi pendingin cairan, GTS Super 150 ini dibekali dengan mesin 155.1cc satu-silinder dan memiliki daya maksimal sebanyak 14 hp pada 8.250 rpm dan torsinya mencapai 13.5 Nm pada 6.750 rpm.

Pasaran harga dari skuter ini adalah sekitar 63 juta, dan memiliki beberapa pilihan warna yaitu Black Volcano, Green Relax, serta White Innocenza. Vespa matic ini juga dilengkapi dengan sistem start and stop serta sensor kemiringan yang bisa mematikan mesin.

8. Vespa GTS Super Tech 300

GTS Super Tech 300
vespa.com

Jenis yang satu ini merupakan yang tercanggih yang pernah ada daripada jenis lain. Dengan rancangan lebih hebat, skuter ini diklaim menjadi penerus model-model sebelumnya. GTS Super Tech 300 memiliki dua pilihan warna, yakni Grey Materia dan Black Vulcano. Jenis yang satu ini memiliki harga lumayan merogoh kocek, yaitu sekitar Rp153,5 juta. Namun, harga tersebut sebanding dengan fitur yang ditawarkan.

Mesin Vespa terbaru ini memiliki kekuatan 278,3 cc bertitel HPE (High Performance Engine). Output dari mesin besar ini bisa mencapai 23,8 Hp pada 8.250rpm dan dorongan torsi 26 Nm di 5.250rpm yang sebanding dengan harganya yang cukup tinggi. 

Desain yang menawan juga ditawarkan dalam skuter yang satu ini. Adanya horn cover berwarna kuning menghiasi bagian depan, chrome-plated crest, mudguard depan dan motif honeycomb gres di bagian samping, membuat gaya dari GTS Super Tech 300 ini menjadi futuristik serta estetik. Selain itu, mesinnya juga dikontrol oleh MIU4 ECU generasi terbaru untuk meningkatkan efisiensi dan penggunaan secara praktis.

BACA JUGA: 1 inci Berapa Centimeter? Berikut Konfersi dan Cara Hitungnya!

9. Vespa GTV Sei Giorni II Edition

GTV Sei Giorni II Edition
detikoto

Seri GTV Sei Giorni II edition ini masuk dalam kategori edisi khusus dan dijual secara terbatas karena dalam bodinya terdapat embel-embel kolaborasi. Skuter ini belum dipastikan berapa jumlah unit yang disediakan meskipun jumlahnya terbatas.

Dengan harga pasaran yang cukup tinggi yaitu sekitar Rp156 jutaan, unit ini memiliki ciri khas yang unik berupa lampu utama yang ditempatkan di spakbor depan. Kesan sporty juga didapatkan karena adanya windshield pada bagian alat kemudinya. Warna yang ditawarkan dalam vespa matic yang satu ini hanya satu, yaitu Grey Titanio.

10. Vespa Red / Vespa 946

946
titiknol

Vespa 846 merupakan sebuah kolaborasi dengan RED Foundation, yang mana melahirkan sebuah vespa unik berdesain serba merak yang masuk pada pasar Indonesia pada november tahun 2017. Dengan konsepnya yang unik serta nyentrik, jenis skuter yang satu ini memiliki harga sekitar 181 juta per unitnya. Mesin yang digunakan dalam 946 ini berkapasitas 125 cc silinder tunggal, 3 katup yang dapat membuat power lebih optimal dan kondisi puncak torsi yang maksimal.

Ban selip dan tergelincir juga bisa dicegah dengan baik karena pada bagian remnya menggunakan teknologi ASR Traction Control serta teknologi ABS yang diandalkan. Jika Sedulur menyukai gaya retro, jenis ini bisa menjadi pilihan karena mengusung tampilan merah dan headlamp halogen bulat yang semakin memberikan kesan retro.

BACA JUGA: 10 Pilihan Kursi Gaming Terbaik Murah & Nyaman, Cek Disini!

11. Vespa 946 Emporio Armani

946 Emporio Armani
tribun

Vespa 946 merupakan motor vespa matic sebagai kado ulang tahun dari Piaggio yang ke-130 dan Giorgio Armani yang ke-40. Dirilis pada September 2015, skuter yang satu ini diakui sebagai produk yang paling eksklusif di antara produk yang sebelumnya.

Harga yang dibanderol dari vespa premium ini oleh PT Piaggio Indonesia adalah sekitar Rp196 jutaan. Harga yang cukup mahal tersebut diakui oleh Aftersales Director PT Piaggio Indonesia sebagai hasil dari kolaborasi. Namun, unit yang satu ini tidak memiliki perbedaan spesifikasi dari yang sebelumnya, yaitu 946 Bellissima. 

12. Vespa 956 Christian Dior

956 Christian Dior
detik

Sama dengan Armani, versi Christian dior juga merupakan sebuah kerjasama antara Vespa dengan Christian Dior. Unit spesial ini diperkenalkan secara global dan resmi pada Juni 2020. Skuter ini dirancang oleh seorang Creative Director untuk koleksi busana wanita di Dior bernama Maria Grazia. Kemudian, unit ini di desain oleh Marc Bohan.

Dengan standar serta komitmen yang tepat, skuter ini akan diproduksi di Italia bak seorang perancang busana. Setelah melalui perancangan, skuter ini lalu dipasarkan pada musim semi 2021 di seluruh butik Dior yang ada di dunia. 

Itu dia 12 motor vespa matic yang bisa menjadi pilihan Sedulur sesuai dengan spesifikasi serta harga yang ditawarkan. Perlu diingat bahwa harga tersebut bukan menjadi patokan, karena bisa berubah sewaktu-waktu dan juga harganya berbeda jika Sedulur membelinya di luar Jakarta. Biasanya, harga skuter yang ada di Jakarta itu lebih murah dari yang lainnya.

Jadi, ketika ingin membelinya, sebaiknya tanyakan langsung kepada dealer terdekat, ya. Jangan lupa untuk menyesuaikan harga tersebut dengan budget yang dimiliki serta sesuaikan dengan kebutuhan Sedulur.