Setiap tahunnya, peringkat terbaru dalam berbagai aspek kehidupan selalu ada. Mulai dari film terbaik, atlet beprestasi, orang tertampan, hingga tentunya universitas terbaik. 

Daftar universitas terbaik di Indonesia ini yang sering jadi rujukan orang saat memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan berikutnya. Institusi mana saja sih yang berhasil merangsek ke posisi 20 besar tahun 2022 ini? Ini urutan lengkapnya berdasarkan laman QS World University Rankings dan Webometrics

BACA JUGA: 10 Deretan Universitas Terbaik di Dunia 2022 Versi QS World

Sebelum kita membaca profil setiap universitas, mari mengenal dulu apa itu QS World Rankings adalah Webometrics. Keduanya adalah situs yang menilai dan membandingkan kualitas universitas dengan parameter tertentu. Berikut rinciannya. 

-->
  • QS menggunakan 6 parameter, yaitu reputasi akademik (40%), reputasi pegawai (10%), rasio fakultas dan mahasiswa (20%), sitasi per fakultas (20%), rasio departemen berstandar internasional (5%), dan rasio mahasiswa internasional (5%). 
  • Webometrics di sisi lain membuat urutan berdasarkan volume dan kualitas konten yang dipublikasi di situs resmi universitas. Bisa dibilang parameternya kurang bisa mewakili kualitas institusi secara keseluruhan. Namun, rangking versi Webometrics pula yang dijadikan patokan daftar universitas terbaik di Indonesia versi Kemendikbud. 

1. Universitas Gadjah Mada 

universitas terbaik di indonesia
Instagram @alfian.r.tama

Universitas ini terletak di Yogyakarta dan masuk salah satu perguruan tertua di Indonesia. Selain jurusannya yang lengkap, UGM banyak dipilih karena keramahan dan keunikan kotanya yang bikin para pendatang betah. Lingkungan akademisnya juga mendukung. Selain bisa pilih departemen yang membuka program internasional, kamu bisa berpartisipasi dalam berbagai proyek penelitian selama menjadi mahasiswa lewat berbagai institusi penelitian dalam kampus mereka. 

2. Universitas Indonesia 

Instagram @rachmadhani_kurniawan

 

Begitu pula dengan UI yang dikenal sebagai universitas terbaik di Indonesia dan letaknya strategis. Dekat dengan ibukota sehingga persaingannya pun ketat. Sama dengan UGM, pilihan jurusan di UI lengkap. Mereka juga punya departemen berstandar internasional yang bisa dipilih jika kamu ingin meraih double degree. Kesempatan mengembangkan diri pun terbuka lebar di sini. Bisa lewat UKM maupun proyek-proyek riset serta kompetisi. 

BACA JUGA: Apa Itu Disleksia: Simak Gejala, Penyebab & Cara Mengobatinya

3. Institut Teknologi Bandung 

universitas terbaik di indonesia
Instagram @kennezekiel

Buat Sedulur yang mengincar jurusan-jurusan ilmu eksakta, desain, dan bisnis, ITB wajib masuk pertimbangan. ITB salah satu kampus bergengsi yang berlokasi di Bandung. Ia juga salah satu yang kompetitif. Bahkan di tahun pertama pun, mahasiswa belum dibagi ke dalam jurusan-jurusan berbeda. Baru di tahun kedua, mereka akan berkompetisi untuk merebut kursi di jurusan yang mereka inginkan berdasarkan nilai dan prestasi. ITB kini juga punya fakultas bisnis yang berjuluk SBM. Meski baru, ia didesain berstandar internasional dan salah satu yang favorit di kampus tersebut. 

4. Universitas Airlangga 

Instagram @alizatri26_

Unair dikenal sebagai universitas kedokteran terbaik di Indonesia, mengingat jurusan kedokterannya  berlabel yang tertua di tanah air. Universitas Airlangga berlokasi di Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia yang berada di Jawa Timur sehingga tak perlu khawatir dengan fasilitas dan akses. Semua dijamin mudah, bahkan banyak perkantoran pemerintah dan perusahaan besar yang berpusat di kota ini. Sedulur pun bisa mencoba mencari peluang kerja di kota yang sama setelah lulus. 

5. Institut Pertanian Bogor 

Instagram @izdimuhammad

Untuk peminat studi tentang pertanian dan MIPA, IPB bisa jadi tujuan studimu berikutnya. Namun, mereka juga menyediakan jurusan ilmu komputer dan ekonomi yang peminatnya cukup tinggi. IPB terletak di kota Bogor yang sejuk dan lebih tenang dibanding ibukota, tetapi jaraknya tak kelewat jauh dari Jakarta. 

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

universitas terbaik di indonesia
Instagram @_mumpunidwip_

Universitas negeri terbaik di Indonesia juga ditempati ITS yang letaknya di Surabaya, Jawa Timur. Ia banyak jadi jujukan untuk banyak anak muda yang ingin fokus belajar ilmu-ilmu eksakta dan teknik. Selain itu, mereka juga dikenal lewat jurusan desain produksinya yang menelurkan banyak mahasiswa berprestasi. 

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Sekolah Ramah Anak, Kamu Wajib Tahu!

7. Universitas Padjajaran 

universitas terbaik di indonesia
Instagram @anak.unpad

Di urutan berikutnya ada Universitas Padjajaran yang berlokasi di perbatasan Bandung dan Kabupaten Sumedang, tepatnya Jatinangor. Jatinangor sendiri jadi episentrum banyak mahasiswa pendatang dan akan membuatmu tak pernah merasa sendirian. Dulunya jurusan di Unpad cukup terbatas, ia fokus pada kesehatan, humaniora, sastra, MIPA,  perikanan, dan pertanian. Ada beberapa pilihan jurusan teknik seperti informatika dan geologi. 

8. Universitas Bina Nusantara 

Instagram @amaliawidias

Di urutan berikutnya Binus merangsek menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia. Tak hanya di ibukota, universitas ini punya banyak cabang di berbagai kota di tanah air. Mereka pun dikenal sebagai institusi pendidikan yang berhasil melahirkan banyak pengusaha dan inisiator muda. Ini karena atmosfer kampusnya yang mendukung kebebasan untuk berkreasi. 

9. Universitas Diponegoro 

Instagram @arsipgraduation

Di Jawa Tengah, Sedulur bisa melirik Universitas Diponegoro. Lokasinya tepat di Semarang dan punya banyak jurusan menarik yang wajib dipertimbangkan. Mulai dari kesehatan, saintek, pertanian, dan humaniora bisa kamu temukan di sini. 

10. Telkom University

universitas terbaik di indonesia
Instagram @zahranfth

Sama dengan Binus, Telkom University adalah universitas swasta yang tak kalah mentereng. Untuk bergelar mahasiswanya, orang harus berebut kursi yang terbatas. Sesuai dengan perusahaan BUMN yang menaunginya, mereka fokus pada jurusan-jurusan teknik yang padat karya dan makin dibutuhkan di era digital ini. 

11. Universitas Brawijaya 

Instagram @rahmakhusniaa

Untuk Sedulur yang mencari kampus dengan jurusan yang beragam, Universitas Brawijaya atau UB bisa jadi pilihanmu. Letaknya di kota Malang yang secara karakter mirip dengan kota Yogyakarta. Bukan kota metropolitan, tetapi tak pula terlalu kecil kotanya.  UB memiliki angka penerimaan mahasiswa yang tinggi dan sering dijadikan jujukan mahasiswa dari seluruh Indonesia. 

BACA JUGA: Apa Pentingnya Self Esteem & Cara Meningkatkan untuk Dirimu

12. Universitas Hasanuddin 

Instagram @classphoto.id

Berlokasi di Makassar, Unhas pun tak kalah favorit. Mereka juga menawarkan banyak jurusan yang bisa dipilih sesuai dengan preferensi dan minat Sedulur sebagai mahasiswa baru. Ia bisa jadi jujukan untuk mahasiswa yang berdomisili di Sulawesi karena mudah dijangkau dan kualitasnya bagus. 

13. Universitas Andalas 

universitas terbaik di indonesia
Instagram @virqiniqra

Berikutnya ada Universitas Andalas yang masuk urutan ke-13 di Indonesia berdasarkan paramater QS. Letaknya di kota Padang, Sumatera Barat. Lokasinya dekat dengan kaki Pegunungan Bukit Barisan, sehingga iklimnya lebih sejuk dan nyaman untuk belajar serta tinggal.  

14. Universitas Muhammadiyah Surakarta 

Instagram @nobelliamarwan

Di urutan berikutnya, Sedulur bisa mencoba menilik Universitas Muhammadiyah Surakarta. Ia berkategori kampus swasta dengan kualitas yang bagus dari segi fasilitas, akses, dan kompetensi lulusannya. 

15. Universitas Sebelas Maret 

universitas terbaik di indonesia
Instagram @drone_solo

Di kota yang sama, yaitu Surakarta, Jawa Tengah, Sedulur pun bisa mencoba mempertimbangkan UNS sebagai tempat menempuh pendidikan tinggi. Ia adalah hybrid kampus keguruan dengan kampus umum, sehingga banyak pilihan departemen yang bisa dipilih sesuai minat. 

16. Universitas Sumatera Utara 

Instagram @zonakalakkaro.id

Urutan universitas terbaik di Indonesia berdasarkan QS World University Rankings diakhiri dengan USU yang menduduki peringkat 16. Letaknya di salah satu kota terbesar di tanah air, Medan. Ia banyak jadi jujukan perguruan tinggi untuk mahasiswa yang berdomisili di Pulau Sumatra karena akses yang mudah dan kualitas yang tak kalah bagus dibanding kampus negeri lain di tanah air. 

BACA JUGA: Inilah 6 Manfaat Tidur Siang Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

17. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 

Instagram @semangkamanisss

Berakhir di urutan ke-16, mari kita lanjutkan dengan peringkat berdasarkan Webometrics. Ada UMY yang tak boleh diabaikan. Lokasinya di Jogja dan terkenal dengan kampus yang menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas serta kreatif. UMY juga menawarkan pilihan jurusan yang lengkap. 

18. Universitas Islam Indonesia

Instagram @uiistory

 Masih di kota Jogja, kamu bisa mencoba UII yang dikenal sebagai kampus dengan peringkat Webometrics yang baik. UII bisa dibilang hybrid antara universitas dengan studi agama Islam dengan studi umum. Mereka juga menyediakan program berstandar internasional dan paling dikenal lewat jurusan ekonominya yang favorit. 

19. Universitas Gunadarma 

Instagram @ssci.bogordepok

Universitas swasta lain yang wajib masuk pertimbangan adalah Gunadarma. Letaknya di Depok, dekat dengan UI dan cukup termasyhur dengan jurusan informatikanya. Bahkan sebelum jurusan ini jadi favorit, mereka sudah fokus mengembangkannya. 

20. Universitas Pendidikan Indonesia 

universitas terbaik di indonesia
Instagram @mabaupi

Terakhir adalah UPI yang lokasinya di daerah Bandung Utara. Ia dikenal sebagai universitas keguruan, tetapi sudah memperluas cakupan studi mereka ke pariwisata, teknik, dan informatika. Jadi, Sedulur tak perlu ragu untuk memilih universitas ini sebagai jujukan pasca lulus SMA atau SMK. 

Itu tadi urutan perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang bisa jadi referensi Sedulur saat akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Tentunya masih banyak kampus berkualitas lain yang mungkin saja tidak tersebut, tetapi tetap punya reputasi dan kualitas riset yang mumpuni.