manfaat tidur siang

Tidur siang adalah kebiasaan yang mungkin sempat dilakoni di masa kecil tanpa tahu manfaat tidur siang. Seiring dengan pertambahan usia dan meningkatnya tanggung jawab seperti sekolah dan pekerjaan yang jam aktifnya panjang, kita pun sudah meninggalkan kebiasaan ini. 

Buat beberapa orang, tidur siang bahkan bisa memicu rasa tak nyaman seperti pusing dan disorientasi waktu. Umumnya karena tidak terbiasa saja. Namun di balik perdebatan tentang ini, ada beberapa manfaat tidur siang yang ternyata telah terbukti secara ilmiah. Apa saja? Yuk, langsung ditilik lebih lanjut. 

BACA JUGA: Doa Mau Tidur dan Sebelum Tidur Lengkap Beserta Artinya

1. Bisa mengembalikan stamina setelah begadang di malam sebelumnya 

apa manfaat tidur siang
Pexels

Bila diminta sebutkan manfaat tidur siang, maka jawaban utamanya adalah mengembalikan stamina dan energi setelah begadang. Sedulur pasti pernah merasakan ngantuk dan lelah di tengah hari setelah malam sebelumnya tidur terlambat. Saat ngantuk datang, ada baiknya jangan dipaksakan dan pejamkan mata sejenak barang 15-20 menit, niscaya kamu akan terjaga dan siap berkonsentrasi kembali. Ini biasanya disebut power nap. 

-->

2. Meningkatkan kemampuan mengingat 

manfaat tidur siang bagi remaja
Pexels

Pembuktian dari manfaat tidur siang bagi siswa dilakukan oleh Cousins, dkk. dalam jurnal yang diterbitkan Sleep Research Society. Dalam penelitian yang dilakukan di National University of Singapore pada 2019 lalu tersebut terbukti bahwa siswa yang tidur siang selama satu jam sebelum ujian ternyata lebih ingat apa yang mereka pelajari dibandingkan siswa yang diminta belajar tanpa jeda sebelum ujian dimulai. 

Peneliti percaya bahwa performa apik siswa yang tidur disebabkan mereka mendapat asupan stamina lebih setelah sebelumnya belajar atau begadang. Dengan begitu, mereka lebih waspada dan mampu berkonsentrasi lebih baik ketimbang yang berisiko mengantuk. 

BACA JUGA: Jangan Asal, Begini Posisi Tidur yang Tepat Buat Ibu Hamil

3. Mengurangi depresi dan memperbaiki suasana hati 

manfaat tidur siang menurut islam
Pexels

Penelitian tentang korelasi tidur siang dengan kesehatan mental dilakukan Kosuke Kaida, dkk. dalam jurnal Clinical Trial . Menurutnya memperbaiki suasana hati adalah salah satu manfaat tidur siang bagi wanita. Studi ini hanya menyertakan responden perempuan karena ada kriteria khusus yang mereka butuhkan yaitu siklus tidur yang normal, tidak memiliki riwayat gangguan mental serta fisik tertentu, tidak pernah bekerja shift malam dalam 3 bulan terakhir, tidak bepergian ke tempat yang selisih waktunya signifikan dalam 3 bulan terakhir, tidak mengkonsumsi obat rutin, tidak merokok, dan indeks masa tubuhnya di bawah 25.

Namun, penemuan ini tidak berlaku untuk pengidap depresi. Beberapa penelitian tidak menemukan korelasi langsung antara tidur siang dan peningkatan suasana hati pada pasien dengan gangguan depresi. Suasana hati beberapa responden justru memburuk pasca tidur siang. Dipercaya sebagai akibat dari sleep anertia.

Merujuk pada artikel ilmiah Milner dan Cote dalam Journal of Sleep Research, sleep inertia bisa terjadi bila tidur siang melebihi 30 menit. Kondisi ini ditandai dengan perasaan bingung, grogi, dan berkurangnya kemampuan kognitif. 

Beberapa pengidap depresi juga mengalami gangguan tidur, bisa insomnia atau kesulitan tidur di malam hari. Namun, dapat pula sebaliknya yaitu tidur berlebihan. Untuk itu, pengawasan dokter dan terapi khusus harus dilakukan untuk dapat penanganan yang tepat. 

4. Tidak berdampak apapun pada berat badan 

dampak dengan tinggi badan
Pexels

Sejauh ini, belum ada yang bisa membuktikan manfaat tidur siang untuk tinggi badan dan berat badan. Kenaikan berat badan justru terjadi pada orang-orang yang kekurangan jam tidur. Chaput, dkk. dalam Jurnal Sleep Research Society menyatakan bahwa hal tersebut disebabkan oleh terhambatnya produksi hormon leptin saat orang terjaga.

Hormon leptin merupakan zat yang mengontrol nafsu makan. Ini yang menyebabkan rasa lapar biasanya menyerang seseorang begadang, sehingga lama kelamaan akan membangun kebiasaan yang bisa menaikkan bobot badan. Dengan begitu, belum ada manfaat tidur siang untuk diet yang bisa dibuktikan secara ilmiah. 

BACA JUGA: Kamu Susah Tidur? Ini 12 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia

5. Cara melakukan power nap atau tidur siang yang efektif

power nap
Pexels

Mengutip Self, ada beberapa cara untuk mendapatkan manfaat tidur siang bagi remaja dan orang di segala usia yang optimal. 

  • Lakukan dalam waktu kurang dari 30 menit. Power nap atau tidur siang yang baik idealnya dilakukan dengan durasi 15-20 menit saja. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tidur siang yang melebihi 30 menit bisa memicu terjadinya sleep inertia. Namun bila memang tidak tertahankan atau kamu ingin dapat waktu tidur siang yang lebih panjang karena sudah begadang di malam sebelumnya, batasi maksimal 90 menit. Kamu mungkin akan merasa bingung dan tak nyaman setelah bangun, tetapi perlahan stamina dan energi akan kembali. 
  • Tidur siang yang ideal adalah setelah jam 12 dan sebelum jam 3 sore. Beberapa penelitian menggunakan mencoba metode tidur siang sebelum dan setelah jam 12, hasilnya lebih baik di afternoon atau jam menjelang sore hari. Namun, jangan pula tidur di atas jam 3 karena akan mengganggu jam biologismu di malam hari. 
  • Cari tempat yang nyaman. Tidak harus di atas kasur, Sedulur bisa tidur sambil duduk dan merebahkan kepala. Cari tempat yang gelap atau redup bila memungkinkan. Jika tidak bisa melakukannya di ruang kerja, coba duduk di kamar mandi dan tidur setidaknya 15 menit sebelum kembali ke ruangan. 
  • Minum kopi sesaat sebelum tidur siang. Kafein kopi butuh waktu beberapa saat sebelum bekerja. Manfaatkan selisih waktu tersebut untuk tidur siang barang 20 menit. Saat bangun, kafein akan mulai bekerja dan kamu bisa melek serta berkonsentrasi lebih optimal. 

BACA JUGA: Ini 8 Dongeng Sebelum Tidur Terbaik yang Mendidik & Bermakna

6. Siapa yang butuh tidur siang? 

yang membutuhkan tidur siang
Pexels
  • Orang-orang yang merasa sering lelah bisa mencoba untuk mencoba tidur siang setidaknya di bawah 30 menit sehari 
  • Orang yang harus dinas malam wajib tidur siang untuk mengembalikan jam tidur mereka yang hilang karena jam kerja 
  • Orang dengan insomnia sebaiknya tidak tidur siang. Selain sleep inertia, tidur siang juga bisa mengganggu jam tidur normalmu di malam hari. Untuk itu, bagi pengidap insomnia tidur siang justru wajib dihindari. Kamu harus memaksakan diri untuk membangun jam biologis yang normal dengan tidak menginterupsinya menggunakan jalan pintas macam tidur siang. 
  • Bayi dan anak-anak usia 5 tahun ke bawah disarankan untuk tidur siang karena mereka memang membutuhkan jam tidur yang lebih panjang. Manfaat tidur siang bagi anak antara lain membantu mereka mengingat sehingga memudahkan belajar hal baru, menjaga kesehatan fisik, dan menjaga suasana hati mereka tetap baik. Di usia 5 tahun ke atas, jam tidur siang bisa dikurangi atau tidak sama sekali karena anak-anak harus sekolah sehari penuh. Boleh tetap dilakukan sepulang sekolah selama 30 menit saja dan pastikan mereka bangun sebelum sore hari agar saat malam mereka tidak terjaga. 

Apa manfaat tidur siang menurut Islam dan bagaimana cara melakukannya sudah dijelaskan lengkap lewat ulasan di atas. Tidur siang memang punya banyak manfaat, tetapi harus dilakukan dengan hati-hati. Beberapa orang justru diharamkan melakukannya karena kondisi klinis tertentu seperti insomnia atau bahkan depresi. Gunakan informasi dengan bijak dan jangan lupa untuk mengkroscek dengan sumber-sumber lain yang terpercaya. 

Mau tidur siang atau tidak, Aplikasi Super setia selalu membantumu belanja sembako kapanpun dibutuhkan. Saat akhir pekan dan mager keluar rumah, tinggal ambil ponsel dan pesan kebutuhanmu di Aplikasi Super. Tinggal tunggu barangnya datang di depan rumah sambil nonton drama atau tidur siang.