Self esteem adalah suatu pandangan seseorang mengenai dirinya sendiri. Istilah ini sering kita dengar di berbagai tempat, baik dalam lingkup personal maupun non personal. Pada hakikatnya, seseorang harus memperjuangkan harga dirinya dan tidak ada seorang pun yang bisa merendahkan dirinya. 

Seseorang yang memiliki harga diri yang tinggi, akan menghargai setiap pencapaian yang ia miliki, baik itu sederhana maupun luar biasa. Sebaliknya, seseorang yang memiliki harga diri yang rendah akan selalu merasa tidak puas dengan apapun yang ia capai. Di bawah ini, akan dirangkum beberapa informasi menarik mengenai self esteem. Simak dan cermati, ya. 

BACA JUGA: Begini Ciri-ciri Burnout, Penyebab & Cara Mengatasinya

1. Apa itu self esteem?

self esteem adalah
unsplash

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga diri merupakan suatu pendapat atau pandangan yang dimiliki oleh seseorang tentang dirinya sendiri. Ia juga merupakan sebuah istilah yang merujuk pada deskripsi seseorang terhadap dirinya sendiri. Singkatnya, harga diri merupakan cara seseorang dalam mengapresiasi, menyukai, dan menghargai dirinya sendiri. Umumnya, banyak masyarakat yang berpendapat bahwa harga diri memiliki makna yang sama dengan kepercayaan diri. Namun, keduanya ternyata memiliki arti yang berbeda. 

Bentuk adanya harga diri yang dimiliki seseorang dapat diketahui jika orang tersebut berhasil untuk menyukai dirinya sendiri secara menyeluruh. Sedangkan, kepercayaan diri atau self-confidence merupakan suatu cara yang dilakukan individu untuk mengetahui apa saja kemampuan yang ia miliki. Pengalaman yang sudah pernah terjadi sebelumnya dapat membentuk seseorang memiliki harga diri. Sedangkan, kepercayaan diri akan dirasakan tergantung pada masalah atau kondisi yang sedang dihadapi oleh seorang individu.

Contoh self -esteem adalah berkaitan dengan adanya kepercayaan diri. Misalnya, ketika ada seseorang yang memiliki harga diri yang positif, namun ketika ia ditunjuk untuk menjalankan dan memimpin suatu proyek, ia tidak percaya diri. Kebanyakan orang menyebutkan bahwa jika seseorang memiliki harga diri yang maksimal, maka kepercayaan diri akan berpengaruh.

2. Ciri self esteem yang sehat

self esteem adalah
unsplash

Adapun beberapa ciri-ciri seseorang yang memiliki self -esteem tinggi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Selalu bangga dan puas dengan apa yang ia capai. Seseorang akan sangat gembira ketika sudah menerima pengakuan terhadap apapun prestasi yang sudah dicapai. Bahkan, seseorang juga terkadang akan memuji dirinya sendiri.
  • Selalu bersedia dengan berbagai tantangan baru yang akan diterima. Saat menerima tugas, seseorang bahkan akan sangat antusias. Apalagi, jika tugas yang ia terima belum pernah dilakukan sebelumnya.
  • Ketika memiliki masalah, ia akan bertindak secara mandiri dengan cara mengambil sendiri keputusan tentang masalah tersebut.
  • Memiliki tindakan yang bertanggung jawab dan penuh keyakinan. Mereka juga tak segan untuk melakukan tindakan tersebut dengan segera.
  • Seseorang akan mampu mempengaruhi orang lain. Hal ini dikarenakan adanya rasa percaya diri yang ada dalam dirinya,. Sehingga, orang lain akan mudah terpengaruh oleh kesan yang ia peroleh.
  • Cara menghadapi seseorang yang memiliki harga diri yang tinggi dalam menghadapi rasa stress dan frustasi yang dihadapi adalah dengan berteriak keras atau menertawakan dirinya sendiri. 
  • Bisa berteriak, menangis, mengungkapkan rasa sayang, dan tertawa secara spontan. Sebabnya adalah mereka memiliki berbagai macam emosi tanpa perlu menyadarinya terlebih dahulu.

Mungkin akan menjadi salah satu hal yang menyebalkan bagi lingkungan sekitarnya, jika seseorang memiliki harga diri yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan seseorang akan selalu merasa ingin didengarkan dan selalu merasa bahwa dirinya itu benar. Bahkan, seorang yang memiliki harga diri yang tinggi kurang mampu untuk menerima saran dan kritik yang diberikan oleh orang lain, meskipun keduanya dinilai membangun.

BACA JUGA: 10 Cara Agar Cepat Tidur yang Mudah dan Ampuh, Praktikkan!

3. Ciri self esteem yang rendah

self esteem adalah
unsplash

Ada pula individu yang memiliki tingkat harga diri yang cenderung rendah. Mungkin, seseorang akan memiliki harga diri yang rendah karena belum memperbaiki cara berpikir dan cara pandang kita terhadap diri sendiri. Adapun ciri low self esteem adalah sebagai berikut:

  • Sulit untuk mengembangkan kepercayaan diri.
  • Kesulitan mendapatkan umpan balik positif.
  • Kekuatan akan sering diabaikan. Seseorang justru akan lebih fokus pada kelemahan.
  • Sering takut gagal.
  • Sulit untuk mengatakan “tidak”, dan akan terus mengatakan “ya”.
  • Sering merasa cemas, depresi, dan malu.
  • Kesulitan mengungkapkan keinginan atau kebutuhan.
  • Memiliki pandangan negatif tentang kehidupan.
  • Memprioritaskan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan sendiri.
  • Sering berpikir bahwa orang lain lebih baik dari diri mereka sendiri 

4. Self esteem pada anak

unsplash

Harga diri seorang anak akan dengan mudah terbentuk dari pengalaman yang pernah mereka lalui. Jika orang tua dan orang terdekat sang anak memperlakukannya dengan rasa hormat dan cinta, harga diri yang positif akan dengan mudah tumbuh. Sebaliknya, jika seorang anak diperlakukan dengan tindakan yang kurang menyenangkan seperti diejek secara berlebihan atau dibuat seolah dia tidak berharga dibandingkan dengan orang lainnya, maka anak tersebut akan memperoleh trauma yang panjang dan harga dirinya akan rusak. Maka dari itu, orangtua harus mampu mendidik anak mereka dengan baik, salah satunya adalah dengan memperlakukannya secara hormat dan cinta. 

Dikutip dari salah satu jurnal self -esteem, yaitu Journal of School Psychology, anak akan cenderung memiliki harga diri yang rendah pada saat dirinya menginjak kelas enam sekolah dasar. Maka dari itu, berikut adalah beberapa cara agar harga diri dalam anak dapat meningkat:

  • Jangan melarang mereka untuk ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan positif yang mereka ingini. 
  • Saat selesai melakukan hal yang baik, puji dengan beberapa kalimat yang baik. Jangan melulu bereaksi ketika sang buah hati melakukan kesalahan.
  • Ketika akan membuat keputusan, selalu minta pendapat mereka. Hal ini dimaksudkan agar anak memiliki sesuatu yang ditawarkan dan kehadirannya berharga.

BACA JUGA: Apa Itu Demensia: Ini Gejala, Penyebab & Cara Pengobatannya

5. Self esteem pada orang dewasa

unsplash

Tak hanya anak kecil saja, orang dewasa juga memiliki indikator self esteem. Jika harga diri mereka rendah, maka mereka tidak akan bisa mengenali dirinya sendiri. Cara untuk meningkatkannya adalah dengan selalu memaafkan diri sendiri saat berbuat kesalahan. Perlu diingat bahwa setiap manusia tidak luput dari kesalahan. 

6. Cara meningkatkan self esteem

unsplash

Beberapa cara agar seseorang tidak memiliki self esteem rendah adalah sebagai berikut:

Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain

Jika seseorang terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain, maka hal tersebut membuatnya kurang menghargai diri sendiri. Daripada membandingkan diri sendiri dengan orang lain, sebaiknya bandingkan diri sendiri dengan masa lalu. Maka seseorang akan lebih mudah untuk memperbaiki diri.

Hindari Lingkungan Toxic

Self-esteem adalah bentuk dan pandangan seseorang terhadap dirinya sendiri. Maka dari itu, hindari sebisa mungkin lingkungan yang toxic, karena hal tersebut mungkin akan menimbulkan berbagai macam perasaan yang negatif. Dengan adanya lingkungan yang toxic, maka kesehatan mental dan fisik akan menjadi terganggu.

Lakukan Hal-hal yang Membuatmu Senang

Selain membaca apa saja upaya self esteem adalah pdf, lakukan juga beberapa hal sederhana yang membuatmu senang. Jika sudah melakukan hal yang disukai, niscaya pikiran akan menjadi positif kembali. Contoh sederhananya adalah memasak, membaca, bernyanyi, menari, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, self esteem adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan kita, dan bisa saja menentukan apakah di masa yang akan datang, seseorang bisa menjalani hidup dengan baik. Selalu tingkatkan penghargaan diri secara positif dan sehat, agar bisa menjadi individu yang lebih baik dan berkembang. Maka dari itu, yuk sama-sama kembangkan harga diri ke arah positif mulai dari sekarang!