tempat healing di bandung

Siapa nih di antara Sedulur yang sedang mencari rekomendasi lokasi wisata sekaligus tempat healing di Bandung? Ya, seperti yang kita ketahui bersama, Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang menyimpang segudang destinasi menarik bagi para wisatawan. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata-wisata menarik lainnya pasti ada di Kota Kembang itu.

Pada artikel ini, Sedulur akan diajak untuk sedikit mengulas mengenai rekomendasi tempat healing di Bandung yang cantik-cantik. Lokasi-lokasi tersebut sangat bermanfaat untuk melepas penat setelah satu pekan penuh berjibaku dengan pekerjaan. Dengan menyempatkan sedikit waktu untuk berlibur, pikiran Sedulur pasti akan merasa lebih ringan dengan mood yang lebih baik. 

Kalau Sedulur berencana ingin healing, di Bandung terdapat sejumlah tempat healing yang wajib dikunjungi. Yuk, simak apa saja rekomendasi lokasi wisata dan healing di Kota Bandung berikut!

BACA JUGA: 6 Manfaat Hobi Memasak: Perut Kenyang, Pikiran Tenang

-->

1. Ranca Upas

tempat healing di bandung
IDN Times

Rekomendasi tempat healing di Bandung yang pertama datang dari Ranca Upas. Bagi Sedulur yang gemar berkemah tentunya sudah tidak asing lagi dengan tempat ini. Ranca Upas dikenal luas sebagai bumi perkemahan yang sangat asri dan sejuk. Selain untuk berkemah, Ranca Upas juga cocok banget dikunjungi Sedulur yang ingin berwisata sekaligus healing, nih!

Rata-rata suhu di wilayah sekitar Ranca Upas bisa mencapai 16-20 derajat Celcius. Udara segar dan sejuk pun akan senantiasa menjadi teman Sedulur ketika berkunjung ke sana. Tidak hanya menawarkan keindahan alam, Ranca Upas juga menawarkan keindahan faunanya, seperti puluhan rusa yang ada di dalam penangkaran.

2. Kawah Putih Ciwidey

tempat healing di bandung
Tiket

Dari kawasan Ranca Upas, kita beralih ke Kawah Putih Ciwidey. Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu lokasi wisata dan tempat healing di Bandung yang letaknya tidak jauh dari Ranca Upas. Sesuai dengan namanya, objek utama dari tempat wisata ini adalah pesona gradasi warna kawah yang bisa berubah dari warna biru, hijau keputihan, dan cokelat. Fenomena perubahan warna tersebut ternyata disebabkan oleh konsentrasi belerang dan suhu di sekitar kawah.

Kawasan Kawah Putih Ciwidey memang patut diakui sangat terkenal. Ia menjadi salah satu lokasi wisata yang pasti dikunjungi banyak orang pada saat musim liburan tiba. Maka dari itu, walaupun ia masuk ke dalam salah satu tempat healing di Bandung, akan tetapi mungkin ia tidak cocok bagi Sedulur yang kurang menyukai lokasi wisata yang terlalu ramai.

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Bakso Enak di Surabaya yang Harus Dicoba!

3. Taman Langit Pangalengan

tempat healing di bandung
Travel Kompas

Bagi Sedulur yang ingin mencari tempat healing di Bandung bernuansa pemandangan alam hijau, mungkin Taman Langit Pengalengan menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk dikunjungi. Jarak Taman Langit Pengalengan memang tergolong cukup jauh dari pusat Kota Bandung, kira-kira hampir 60 km jaraknya. Walaupun begitu, lamanya perjalanan akan langsung terbayar ketika Sedulur memijakkan kaki di Taman Langit Pengalengan tersebut.

Taman Langit Pengalengan menyuguhkan pemandangan yang indah, mulai dari pepohonan hijau, hamparan kebun teh, dan juga latar belakang pegunungan yang tampak asri. Pastikan ketika Sedulur berkunjung cuaca sekitar sedang cerah, ya. Apabila sedang mendung, kemungkinan semua pemandangan akan tertutup oleh kabut yang tebal.

4. Orchid Forest Cikole

tempat healing di bandung
Hotelier

Mencari tempat healing di Bandung yang modern tapi tetap mendapatkan sentuhan nuansa asri? Orchid Forest Cikole jawabannya! Orchid Forest Cikole sejatinya merupakan lahan kawasan hutan pinus yang disulap dengan berbagai objek tempat wisata. Ia saat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi orang-orang Bandung dan sekitarnya.

Para pengunjung dapat bersantai dengan menikmati udara yang sejuk. Selain itu, Sedulur juga dapat berkeliling hutan pinus sekaligus melihat berbagai macam bunga anggrek yang ada di dalam penangkaran. Apakah Sedulur tertarik untuk berkunjung ke sini?

BACA JUGA: 5 Tips Diet Sehat Mudah yang Bisa Kamu Coba

5. Sanghyang Heuleut

tempat healing di bandung
IDN Times

Tempat healing di Bandung selanjutnya datang dari Sanghyang Heuleut. Objek utama dari tempat wisata ini adalah danau kecil dengan air berwarna hijau yang sangat sejuk. Selain menikmati dinginnya air danau, Sedulur juga dapat memanjakan mata dengan melihat ke sekeliling danau yang dipenuhi batuan dari tebing tinggi.

Lokasi Sanghyang Heuleut tepatnya berada di wilayah Kampung Cipanas, Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Catatan untuk Sedulur yang ingin healing ke tempat ini, pastikan Sedulur datang dalam kondisi badan yang prima, ya. Pasalnya, jarak tempat parkir dari danau tergolong cukup jauh, sekitar 5 km dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

6. Situ Patenggang

tempat healing di bandung
Traverse

Masih ingin mencari tempat healing di Bandung yang bernuansa danau seperti Sanghyang Heuleut? Yuk, coba sambangi Situ Patenggang! Situ Patenggang menawarkan indahnya pesona alam asri yang berada di sekitar danau. Lokasinya berada di kawasan Kebun Teh Rancabali, Ciwidey, Bandung.

Sebagai tempat wisata terkenal, ada banyak aktivitas yang bisa Sedulur lakukan saat sedang berkunjung ke Situ Patenggang. Beberapa di antaranya adalah berkeliling danau dengan perahu, bersantai bersama teman atau keluarga di pondok kecil, hingga menyusuri jembatan. Sangat mengasyikkan sekali, ya Sedulur!

BACA JUGA: Ketahui Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Olahraga

7. Situ Cileunca

tempat healing di bandung
Kompas

Masih sama seperti danau yang ada pada Sanghyang Heuleut dan Situ Patenggang, Situ Cileunca juga menawarkan keindahan kawasan asri dari danau luas. Suasana di Situ Cileunca begitu tenang sehingga dapat dijadikan lokasi healing yang pas.

Selain menikmati indahnya danau, Sedulur juga dapat melakukan beberapa aktivitas seru lainnya. Contohnya seperti bermain arung jeram, bermain paintball, berseluncur dari flying fox, offroad landrover, river tubing, dan juga berkebun. Jangan lupa untuk mengambil banyak foto di Situ Cileunca, ya Sedulur! 

8. Curug Bugbrug

tempat healing di bandung
Sikidang

Jika kebetulan Sedulur sedang berada di wilayah Lembang, Bandung, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mengunjungi Curug Bugbrug. Curug Bugbrug adalah sebuah air terjun kecil yang berada di wilayah tersebut. Ditaksir, ketinggian air terjun tersebut mencapai 50 meter dengan kedalaman kolam hingga 4 meter.

Tentunya tempat healing di Bandung ini sangat cocok bagi Sedulur yang gemar bermain air. Selain berenang di dalam sejuknya air, Sedulur juga bisa menikmati pemandangan asri di sekitar air terjun. Bagaimana? Apakah Sedulur tertarik untuk menyambangi tempat healing di Bandung ini?

BACA JUGA: 20 Model Rambut Pompadour Style Retro yang Ngetrend Lagi

9. Tangkuban Perahu

tempat healing di bandung
Kompas

Siapa sih yang tidak tahu kawasan wisata Tangkuban Perahu? Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung di wilayah Bandung yang sangat cocok untuk dijadikan tempat healing. Sedulur akan dimanjakan dengan pemandangan kawah pegunungan yang sangat cantik.

10. Tebing Keraton

tempat healing di bandung
Kompas

Tempat healing di Bandung berikutnya adalah Tebing Keraton. Dari Tebing Keraton, Sedulur dapat melihat indahnya pemandangan Kota Bandung dari atas. Akan tetapi, Sedulur harus siap untuk melewati jalur berliku terlebih dahulu untuk mencapai lokasi wisata tersebut.

11. Wot Batu

tempat healing di bandung
Sikidang

Wot Batu adalah sebuah karya seni instalasi berskala ruang yang dibuat oleh seniman asal Bandung, yaitu Sunaryo. Di tempat ini, Sedulur akan melihat lebih dari 135 batu yang ditanam serta ditata secara konseptual. Lokasinya terletak di Jl. Bukit Pakar Timur No. 98, Taman Batu Selasar Sunaryo Art Space, Bandung.

12. Jungle Milk

tempat healing di bandung
Kompas

Selain Ranca Upas, Bandung juga memiliki bumi perkemahan sekaligus tempat piknik yang cantik lainnya, seperti Jungle Milk. Awalnya Jungle Milk merupakan tempat penangkaran kuda dan sapi, akan tetapi sang pemilik mengubahnya menjadi lokasi wisata yang sangat asri. 

13. Curug Batu Templek

tempat healing di bandung
Pinhome

Selain Curug Bugbrug, di Bandung juga terdapat sebuah curug yang tak kalah ramai dikunjungi masyarakat, yakni Curug Batu Templek. Tempat wisata ini terletak di Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

14. Bukit Moko

tempat healing di bandung
iNews

Tempat yang satu ini juga cocok bagi Sedulur yang ingin healing. Dari atas Bukit Moko, Sedulur bisa melihat pemandangan Kota Bandung yang mempesona. Kalau cuaca di malam hari sedang cerah, Sedulur juga bisa melihat gemerlap lampu kota yang cantik.

15. Taman Lembah Dewata

tempat healing di bandung
Kompas

Ingin merasakan suasana Bali tapi tidak ingin jauh-jauh pergi ke sana? Coba sambangi Taman Lembah Dewata, yuk! Taman tersebut dikonsep dengan berbagai bangunan khas Pulau Dewata, seperti pura dan berbagai atraksi lainnya.

16. Perkebunan Teh Sukawana

Wisata IDN

Salah satu perkebunan teh yang sering dikunjungi sebagai tempat healing adalah Perkebunan Teh Sukawana. Di lokasi tersebut, Sedulur akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan hijau kebun teh, udara yang segar, serta hawa yang amat sejuk.

17. The Lodge Maribaya

Kompas

The Lodge Maribaya adalah salah satu lokasi wisata alam dan kuliner yang tepat dikunjungi untuk healing. Sedulur dapat berkemah, outbound, dan mencicipi berbagai kuliner khas Jawa Barat di tempat ini.

18. Gunung Putri Lembang

Bandung Bergerak

Jika Sedulur sudah bosan berkemah di Ranca Upas seperti yang telah kita bahas di awal tadi, Gunung Putri Lembang dapat menjadi salah satu alternatif lokasi bumi perkemahan yang tidak kalah asri. Tempat berkemah satu ini menawarkan Sedulur kesempatan untuk melihat pemandangan wilayah Bandung dari atas. 

Selain itu, Gunung Putri Lembang juga terkenal dengan lokasi untuk melihat sunrise dan sunset yang sangat indah. Maka, tidak heran banyak orang yang berkunjung ke sini.  Untuk pendakian di Gunung Putri Lembang juga tergolong tidak sulit. Dari tempat Sedulur parkir, Sedulur hanya butuh 15 menit hingga 20 menit untuk bisa sampai ke puncak.

19. Jembatan Gantung Rengganis

Sikidang

Jembatan Gantung Rengganis termasuk ke dalam salah satu jembatan suspensi terpanjang se-Asia Tenggara. Jembatan ini memiliki panjang 350 meter dengan tinggi 75 meter dari atas permukaan tanah, pastinya sangat memacu adrenalin Sedulur.

Jembatan gantung ini menawarkan pemandangan yang luar biasa apik yang pasti tidak akan Sedulur temukan dimana-mana. Lokasi tempat wisata ini berada di Patengan, Kecamatan Rancabali. Jembatan Gantung Rengganis dibuka pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Berani melintasi jembatan ini, Sedulur?

20. Dago Dream Park

Ide Trips

Jika Sedulur ingin tempat wisata yang punya pemandangan cantik, Dago Dream Park bisa jadi pilihan. Di sini, ada banyak lokasi foto yang bagus dan lokasi untuk berfoto ekstrim di atas ketinggian 10 meter.

Tidak hanya memiliki banyak lokasi foto saja, Dago Dream Park juga memiliki banyak wahana permainan menarik seperti Anti Gravity House, Pirate Ship, dan Rumah Jeritan Angker. Lokasi Dago Dream Park berada di Jl. Dago Giri KM 2,2, Mekarwangi. Tempat wisata ini mulai buka pukul 09.00 pagi dan tutup pukul 17.00 sore di hari biasa.

21. Bunker Batujajar

Indozone

Di Bandung, lebih tepatnya di kawasan Batujajar, terdapat sebuah bunker peninggalan sejarah. Lokasi dari bunker tersebut sendiri ada di sekitar Waduk Saguling. Diperkirakan, Bunker Batujajar sudah ada sejak zaman Belanda atau Jepang dahulu.

Selain bernilai sejarah, pemandangan di sekitar bunker ini juga tergolong sangat indah. Sedulur bisa mengadakan piknik ala-ala di pinggiran danau sambil memandangi alam sekitar. Bagi Sedulur yang tertarik dengan tempat healing di Bandung ini, Sedulur bisa datang kapan saja karena ia buka 24 jam penuh.

22. Pal 16 Cikole

Travels Promo

Destinasi tempat healing di Bandung selanjutnya datang dari Pal 16 Cikole. Dengan diselimuti pohon pinus yang tinggi menjulang, Sedulur dapat menikmati indahnya pemandangan alam serta beberapa wahana dan aktivitas seru di Pal 16 Cikole ini. Lokasi healing satu ini berada di Jl. Raya Tangkuban Perahu, Lembang. Sedulur bisa berkunjung pada pukul 8 pagi sampai 5 sore.

23. Cafe D’Pakar

Urbandung

Tempat healing di Bandung satu ini menawarkan tempat nongkrong di taman yang estetik. Di Cafe D’Pakar, Sedulur tidak hanya bisa menikmati makanan dan minuman saja, tapi juga pemandangan yang indah yang akan memberikan ketentraman jiwa. Cafe D’Pakar sendiri berlokasi di Jl. Dago Pakar Utara. Kafe ini sudah buka dari pukul 9 pagi dan tutup pada pukul 9 malam.

24. Teh Jangkung Malabar

Petualangan Cemen

Destinasi ini berlokasi di Banjarsari, Kecamatan Pangalengan. Teh Jangkung Malabar akan memberikan Sedulur pemandangan alam yang luar biasa indah, yang bisa membuat stres Sedulur hilang seketika. Di sini, mata Sedulur akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dan pepohonan asri.

Harga tiket masuk The Jangkung Malabar cukup murah hanya sekitar Rp5.000 per orang, cocok bila Sedulur ingin datang dengan pasangan atau teman.

25. Nimo Highland

Kompas

Destinasi ini adalah tempat healing di Bandung terbaru. Nimo Highland menawarkan Sedulur pemandangan hamparan perkebunan teh nan hijau di kawasan Pangalengan.

Selain itu, di Nimo Highland Sedulur juga bisa merasakan sensasi liburan di Kota Santorini yang terkenal itu lho. Yap, karena destinasi satu ini memang punya konsep arsitektur khas Santorini, Yunani yang didominasi warna putih dan biru, pokoknya super estetik deh.

Tidak hanya itu, ada ikon lainnya yang tidak kalah seru, yaitu tempat kaca dengan panjang 150 meter yang membentuk huruf U, ini adalah spot foto paling favorit, jika Sedulur berani Sedulur juga harus mencobanya.

Nah Sedulur, demikian ulasan singkat mengenai rekomendasi tempat healing di Bandung yang seru, asyik, dan juga asri. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Berbicara tentang healing dan liburan, satu hal yang tidak bisa Sedulur lewatkan pada saat berwisata ke tempat-tempat baru tersebut adalah membawa berbagai jajanan. Selain untuk menahan lapar, camilan tersebut bisa Sedulur konsumsi sembari menikmati alam tempat wisata yang cantik.

Cari jajanan yang Sedulur suka hanya di Aplikasi Super. Selain harganya yang lebih murah, Sedulur dapat membeli camilan favorit dari rumah saja, loh! Tinggal pesan, bayar, tanpa perlu pusing soal ongkir, pesanan Sedulur pun sampai di depan pintu rumah keesokan harinya.

Dapatkan Aplikasi Super di Google Play Store dan nikmati semua promo serta vouchernya! Aplikasi Super, Mudah, Murah, Untung Berlimpah!