5 tips diet

Memiliki postur tubuh ideal merupakan impian sebagian besar orang. Selain memang baik untuk kesehatan, hal tersebut juga dinilai dapat membuat penampilan menjadi lebih menarik dan rasa percaya diri semakin meningkat. Dari sekian banyak cara untuk mendapatkan postur tubuh ideal, 5 tips diet berikut bisa jadi solusi yang layak Sedulur coba.

Selain melakukan 5 tips diet di bawah ini, hal lain yang perlu Sedulur tanamkan dalam diri adalah komitmen. Dengan komitmen yang kuat, program diet yang akan Sedulur lakukan kemungkinan besar akan mendapatkan hasil optimal. Komitmen juga membuat Sedulur tidak mudah menyerah di tengah jalan.

Nah, apa saja 5 tips diet sehat yang mudah untuk diterapkan? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Tips & Cara untuk Kamu Agar Menjadi Orang yang Lebih Mandiri

-->

1. Kurangi karbohidrat

5 tips diet
iStock

Tips diet sehat yang pertama dapat Sedulur lakukan dengan cara mengurangi asupan karbohidrat. Selain mengurangi porsi makan sumber karbohidrat, Sedulur juga perlu membatasi waktu konsumsinya. Bila biasanya Sedulur mengonsumsi nasi tiga kali dalam sehari, cobalah untuk menghindarinya pada malam hari. 

Selain nasi, Sedulur juga perlu mengurangi konsumsi minuman dan makanan manis yang mengandung terlalu banyak gula. Sebagai solusi, Sedulur bisa menggantinya dengan biji-bijian yang mengandung serat untuk memperlancar metabolisme dan pencernaan tubuh.

Mengurangi asupan karbohidrat pada tubuh dapat menurunkan berat badan sekaligus mengurangi nafsu makan. Selain itu, konsumsi biji-bijian juga akan membuat indeks massa tubuh menjadi lebih rendah. Konsumsi gula dan garam juga perlu dikurangi, mengingat dua bahan tersebut dapat mempengaruhi kenaikan berat badan.

2. Tambah konsumsi protein

5 tips diet
iStock

Bila tips pertama Sedulur diminta untuk mengurangi asupan karbohidrat, maka tips kedua akan meminta Sedulur untuk menambah konsumsi makanan yang mengandung protein. Hal ini karena asupan makanan dengan kandungan protein tinggi dapat menjaga kesehatan sekaligus menurunkan berat badan. 

Dengan konsumsi protein yang cukup, nafsu makan akan menurun sedikit demi sedikit. Dengan begitu, berat badan juga akan berkurang seiring berjalannya diet. Hal yang perlu dipahami adalah kebutuhan protein masing-masing orang yang berbeda-beda. Pada pria, rata-rata kebutuhan protein adalah sebesar 56-91 gram per hari. Sementara pada wanita, kebutuhannya berkisar antara 46-75 gram per hari.

Konsumsi protein juga akan membuat Sedulur merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, peluang untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi akan semakin kecil. Konsumsi protein dalam jumlah yang tepat juga akan membentuk massa otot, sehingga postur tubuh ideal tidak lagi hanya sebuah impian. 

Beberapa sumber protein sehat yang bisa Sedulur konsumsi setiap hari, antara lain: 

  1. Daging, berupa sapi, ayam, dan domba.
  2. Ikan dan makanan laut, berupa tuna, salmon, trout, dan udang.
  3. Telur, berupa telur ayam utuh dengan kuningnya.
  4. Protein nabati, berupa polong-polongan, kacang-kacangan, quinoa, tempe dan tahu.
  5. Produk lain, berupa keju, susu, dan yogurt.

BACA JUGA: 8 Tips & Cara Tidak Peduli dengan Omongan Orang Lain

3. Konsumsi buah dan sayur

5 tips diet
Unsplash

Selain menambah konsumsi protein harian, Sedulur juga perlu mengonsumsi buah dan sayur dalam menu diet harian. Hal ini karena buah dan sayur kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Cobalah untuk mengisi piring dengan aneka buah dan sayuran, terutama sayuran berwarna hijau. Hal ini karena sayur memiliki kalori yang rendah namun tetap mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Dengan konsumsi sayuran, kesehatan akan meningkat dan berat badan akan semakin ideal.  

Beberapa sayuran dan buah yang bisa Sedulur konsumsi setiap hari, antara lain:

  • Selada
  • Mentimun
  • Brokoli
  • Bunga kol
  • Tomat
  • Kubis
  • Bayam
  • Apel
  • Jeruk
  • Pisang
  • Alpukat
  • Pir

4. Olahraga 

5 tips diet
iStock

Tips keempat dari 5 tips diet yang berikutnya adalah aktif bergerak atau berolahraga. Aktivitas ini akan semakin mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, sehingga penyerapan nutrisi menjadi lebih efektif dan efisien. 

Olahraga juga akan membuat tubuh menggunakan cadangan lemak yang tersimpan. Dengan begitu, berat badan akan mulai turun seiring intensitas olahraga yang dilakukan. Selain bergabung dengan pusat kebugaran, Sedulur juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Asalkan dilakukan dengan konsisten, postur tubuh ideal akan mudah Sedulur dapatkan. 

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah! Ini Tips Menyimpan Sayur di Kulkas

5. Istirahat yang cukup

5 tips diet
iStock

Tips diet sehat yang terakhir adalah tidur dengan cukup, atau selama enam hingga delapan jam per hari. Hal ini berguna untuk membuat metabolisme dan sistem pencernaan tubuh tetap bisa bekerja semestinya. Dengan demikian, diet yang Sedulur lakukan akan berjalan sesuai rencana.

Selain lama waktu tidur, Sedulur juga perlu memperhatikan kualitas tidur. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, pastikan untuk tidak mengonsumsi apapun mendekati jadwal tidur, membuat suasana tempat tidur yang nyaman, dan mengurangi bermain HP sebelum tidur.  

Itulah 5 tips diet sehat yang mudah untuk Sedulur coba di rumah. Perlu diketahui bahwa pada saat diet, Sedulur tidak hanya mengatur pola makan, namun juga mengatur pola tidur dan menjadwal olahraga yang teratur. Konsumsi air putih yang teratur juga tidak boleh dilewatkan.

Nah, agar diet semakin lancar, Sedulur bisa membeli beberapa produk yang mengandung tinggi protein, seperti susu dan keju, dan air putih di Aplikasi Super. Selain mudah dan murah, belanja juga bisa semakin praktis karena barang akan diantar sampai ke depan rumah tanpa ongkir.

Menariknya lagi, Sedulur juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai promo menarik dan cashback setiap pembelian. Yuk, download Aplikasi Super sekarang juga di PlayStore dan mulai diet sehat dengan lancar secepatnya!