Bumi menyimpan jutaan sumber daya alam, mulai dari sumber daya alam yang bisa diperbaharui dan sumber daya alam tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah segala sumber daya yang bisa dibuat kembali. Kemudian, yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya yang tidak bisa dibuat kembali.

Contoh sumber daya alam tidak dapat diperbaharui adalah minyak bumi, bahan tambang, batu bara, dan masih banyak lagi. Guna membahas contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui, mari simak artikel di bawah ini.

BACA JUGA: 5 Sumber Daya Alam Dataran Tinggi & Pemanfaatannya

1. Hewan

sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Wikipedia

Hewan termasuk dalam 10 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Makhluk hidup ini mudah dikembangbiakkan dan dilestarikan. Adapun hewan yang biasanya dipiara oleh manusia yaitu sapi, ayam, kambing, dan kerbau. Selama hewan mampu berkembang biak dan terus menghasilkan keturunan, maka makhluk hidup ini termasuk sumber daya yang dapat diperbaharui.

-->

2. Tumbuhan

sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Unida

Tak hanya hewan, ada pula tumbuhan yang merupakan bagian dari 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sama halnya hewan, di mana untuk meningkatkan populasi tumbuhan, perlu pengembangbiakan dan pembudidayaan. Bagian kayunya bisa dipakai untuk dijadikan furnitur keren, sementara hasil dari fotosintesisnya dapat menghasilkan oksigen dan bisa dihirup manusia. Begitulah manfaat tumbuhan bagi manusia.

3. Pertanian

sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Bisnis Muda

Selanjutya ada pula pertanian yang juga bagian dari 5 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Pertanian merupakan hasil yang ditanam masyarakat, bisa berupa jagung, cabai, bayam, dan kol. Di mana hasil pertanian ini kemudian dikonsumsi masyarakat dan sisanya bisa dijadikan kompos untuk menyuburkan hasil pertanian. Tak hanya itu, pertanian merupakan sektor penting buat negara ini dan bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Misalnya, pertanian cabai, bawang, kentang, dan buah-buahan.

4. Air

sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Detik

Tak cuma hasil pertanian, ada pula air yang juga merupakan bagian dari sumber daya yang dapat diperbaharui. Air bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari seperti memasak, mencuci piring, hingga mandi. Air bermanfaat untuk keperluan minum. Mengingat tubuh kita hampir sebagian terisi oleh air. Adanya air juga bisa digunakan untuk keperluan pembangkit tenaga listrik.

BACA JUGA: Daftar Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

5. Tanah

sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Detik

Lalu, ada tanah yang merupakan 10 contoh sumber daya alam dapat diperbaharui. Sumber daya ini tak akan pernah habis untuk digunakan, baik untuk keperluan menanam tanaman atau keperluan lainnya. Tanah merupakan lapisan kulit di bumi yang terbentuk karena adanya pelapukan batuan bahan organik. Sedulur bisa menggunakan tanah yang subur untuk keperluan pertanian.

6. Udara

RS Advent Bandung

Sumber daya yang dapat diperbaharui selanjutnya adalah udara. Udara yang kita hirup ini sifatnya gratis dan tidak perlu bayar. Udara dapat bergerak dan berpindah tempat sehingga biasa dinamakan dengan angin dan memenuhi permukaan bumi.

Dalam udara, tersusun atas beberapa unsur di antaranya adalah oksigen, argon, karbondioksida, neon, helium, ozon, hidrogen, kripton, hingga gas lainnya. Udara bisa digunakan untuk beragam keperluan. Misalnya menggerakan turbin agar menghasilkan listrik.

7. Air sungai

sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Pixabay

Ada pula air sungai sebagai salah satu contoh sumber daya yang dapat diperbaharui. Air sungai bermanfaat bagi semua makhluk hidup di muka bumi. Baik itu manusia, hewan, bahkan tumbuhan. Bagi manusia, keberadaan air sungai bisa untuk mandi, mencuci piring, serta mencuci baju. Sementara bagi hewan, keberadaan air sungai menjadi tempat bertahan hidup. Sebab, dalam aliran sungai terdapat beragam biota, mulai dari ikan kecil hingga keong.

8. Hutan

Kompas

Hutan adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan manfaatnya yaitu sebagai tempat tinggal makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan. Hutan juga berperan penting untuk manusia. Sebab, keberadaan hutan mampu menjadi paru-paru dunia. Misalnya, hutan di Kalimantan masih sangat asri dan dijuluki sebagai paru-paru dunia. Sayangnya, keberadaan hutan saat ini makin menipis akibat pembalakan liar maupun pembukaan lahan baru untuk kepentingan bisnis semata.

9. Perkebunan

Agroindustri

Tak hanya hutan, ada pula hasil perkebunan yang termasuk dalam sumber daya yang dapat diperbaharui. Bicara mengenai perkebunan, ada banyak sekali contoh hasil perkebunan yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Misalnya, karet bisa diolah menjadi bahan-bahan berkualitas tinggi seperti ban, karet gelang, dan masih banyak lagi.

Kemudian, perkebunan jagung di mana hasilnya bisa diolah menjadi makanan dan pakan untuk segala makhluk hidup di muka bumi. Selanjutnya, perkebunan kelapa sawit yang mana sawitnya bisa diolah menjadi minyak goreng dan dikonsumsi oleh manusia untuk keperluan menggoreng atau menumis masakan.

BACA JUGA: Simbiosis Mutualisme: Pengertian & Contoh dalam Kehidupan

10. Batu bara

Kompas

Berikutnya ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Contohnya adalah batu bara. Hal ini karena batu bara terbuat dari hasil fosil-fosil makhluk hidup di masa lampau. Selain batu bara, sumber daya lain yang terbentuk akibat hasil fosil-fosil makhluk hidup yaitu minyak bumi dan gas alam. Jadi, minyak bumi dan gas alam juga tidak bisa diperbaharui, ya.

Demikian ulasan mengenai sumber daya yang dapat diperbaharui. Bumi menyimpan jutaan sumber daya yang bisa berguna untuk kehidupan seluruh makhluk hidup. Semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur tentang pengetahuan alam.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.