smoothing rambut

Memiliki rambut lurus adalah impian dari sebagian besar orang yang mahkota kepalanya ikal dan kurang rapi. Salah satu hal yang menjadi faktor utama adalah jadi mudah untuk diatur. Untuk mendapatkan hal itu, jalan pintas yang bisa dilakukan adalah dengan rebonding dan smoothing rambut.

Kedua proses untuk meluruskan dengan teknik ini juga memiliki perbedaan di beberapa sisi. Bagi Sedulur yang berniat untuk meluruskan rambut namun masih bingung mamu rambut smoothing atau rebonding, simak informasi serta perbedaannya di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Model Rambut Segi Layer Oval Trendy, Sesuai Bentuk Wajah

1. Definisi smoothing dan rebonding

smoothing rambut pendek
Unsplash

Rebonding adalah proses pelurusan rambut dengan obat dengan bahan kimia yang mampu merasuk hingga bagian paling dalam rambut. Hasil akhir dari teknik ini bisa membuat rambut jadi lurus dan halus.

-->

Smoothing rambut pada dasarnya menggunakan teknik yang sama dengan rebonding. Obat kimia yang dipakai adalah yang mengandung keratin karena bisa memberikan hasil yang lebih halus dan natural. 

BACA JUGA: 10 Warna Rambut Ombre untuk Kulit Sawo Matang, Terfavorit!

2. Jenis rambut yang direkomendasikan

rambut smoothing
Unsplash

Selain jenis obat yang dipakai, kamu juga perlu menentukan pilihan berdasarkan jenis rambut. Sangat disarankan untuk rebonding apabila rambutmu sangat keriting dan tebal. Bahan kimianya yang memiliki kadar tinggi bisa membuat rambut menjadi lurus secara efektif dan awet.

Apabila rambutmu ikal, lebih disarankan untuk smoothing agar lurusnya jadi lebih mudah diatur. Proses ini juga bisa diaplikasikan ketika melakukan proses smoothing rambut pendek dan panjang dengan rambut yang tidak terlalu tebal.

3. Lama proses pelurusan

smoothing rambut sendiri
Unsplash

Proses smoothing rambut wanita dengan panjang sebahu membutuhkan waktu lebih lama. Biasanya dari awal hingga selesai waktu yang dibutuhkan kurang lebih 3-5 jam. Sedangkan estimasi rebonding, bisa jadi menghabiskan waktu kira-kira 2-3 jam saja.

Proses smoothing rambut pria yang rambutnya cukup panjang juga bisa jadi lebih pendek. Hal ini juga tergantung pada ketebalan rambut setiap orang.

BACA JUGA: 12 Vitamin Rambut Rontok yang Bagus & Terbukti Ampuh

4. Ketahanan rambut

smoothing rambut wanita
Unsplash

Dari proses pelurusan, ternyata smoothing hanya bertahan kurang dari 6 bulan. Sedangkan rebonding bisa bertahan lurusnya hingga 1 tahun lamanya. Hal ini dikarenakan kadar bahan kimia yang lebih tinggi yang bisa membuatnya bisa bertahan lebih lama.

Durasi ini juga ditentukan oleh seberapa cepat rambutmu tumbuh. Apabila cepat, bagian atasnya juga lebih cepat kembali ke jenis rambut aslinya. Apabila rambutmu ikal dan cepat panjang, bakal lebih cepat juga proses dilakukannya re-smoothing untuk membuat rambut yang baru tumbuh tetap rapi dan lurus.

BACA JUGA: 12 Merek Cat Rambut Terbaik, Aman, Berkualitas & Tahan Lama

5. Harga

Harga
Unsplash

Dari segi hasil dan lamanya proses pelurusan, harga smoothing rambut panjang dibanderol mulai dari Rp300 ribuan. Untuk rebonding, bisa lebih terjangkau dan berkisar mulai dari Rp100 ribuan. Faktor yang membuat harganya lebih murah adalah salah satunya karena tenaga yang dibutuhkan tidak selama dan sememakan waktu smoothing.

Patokan harga smoothing rambut pendek dan rebonding juga bisa lebih murah. Range tergantung dari salon dan kualitas obat yang dipakai. Pastikan untuk memilih salon yang sudah dikenal memberikan kualitas memuaskan bagi pelanggannya, ya. Jangan asal ke sana karena harganya yang murah namun hasil dan ketahanannya jauh dari standar yang ada.

BACA JUGA: 18 Cara Agar Rambut Cepat Panjang & Kuat, Alami Tanpa Obat!

6. Risiko kerusakan

Risiko kerusakan
Unsplash

Meskipun rambut menjadi lurus dan bisa tetap tumbuh, ada efek samping yang perlu diwaspadai. Untuk rebonding, salah satunya adalah ujung lurusnya bisa menjadi semakin kasar apabila tidak diberi perawatan ekstra seperti memakai hair mask.

Untuk smoothing, tingkat kerusakannya bisa lebih kecil dibandingkan dengan rebonding. Pasalnya, keratin yang diratakan di seluruh helai rambut bisa dijadikan tameng dan memberi nutrisi yang lebih baik.

Efek di atas bisa didapatkan apabila kamu mendatangi salon dan dilakukan oleh kapster terpercaya. Namun tidak menutup kemungkinan bakal terjadi kerusakan yang apabola kamu melakukan teknik smoothing rambut sendiri di rumah.

Demi mendapatkan rambut lurus yang sesuai dengan kebutuhan dan memenuhi ekspektasi. Kamu juga perlu menyiapkan budget lebih untuk smoothing rambut maupun rebonding. Sedulur juga perlu meluangkan dan mendedikasikan waktu yang cukup lama untuk menjalani prosesnya di salon. 

Tidak berhenti di situ, kamu juga perlu merogoh kocek lebih dalam untuk bisa memberi perawatan harian yang bagus untuk rambutmu. Selain shampoo, kamu juga harus memakai conditioner untuk menjaga kelembapan rambut agar terjaga kelembutannya. Selain itu, kamu juga perlu rutin memakai masker minimal seminggu 1 kali supaya bisa lebih terawat dan tidak cepat bergelombong ketika sudah memanjang rambutnya.

Apabila sudah memasukin bulan-bulan menuju akhir dari rambut lurus, kamu perlu melakukan treatment kembali supaya kondisi rambut jadi lebih halus dan rapi. Paling tidak, sebelum memasukin fase re-smoothing dan re-rebonding, kamu sudah mencicil untuk menabung supaya tidak terasa berat saat membaya perawatan rambut tersebut.

Pertimbangkan secara matang sebelum mantap untuk menjalani proses dan teknik perawatan rambut di atas supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari. Meskipun bisa membuat menjadi lebih rambut lurus, halus, dan terkesan terawat, selalu ada konsekuensi dan efek samping yang harus dilalui ketika melakukan smoothing rambut maupun rebonding. Waktu, uang, dan kesabaran ekstra perlu kamu siapkan dengan matang.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.