sifat benda padat

Tentu saja Sedulur sudah tidak asing dengan wujud-wujud benda kan, mulai dari padat, cair, dan juga gas. Setiap wujud benda tersebut mempunyai sifatnya sendiri-sendiri. Jadi sifat benda padat itu berbeda dengan sifat benda padat cair dan gas, begitupun juga sebaliknya.

Ya, materi tentang wujud benda ini memang telah kita pelajari mulai dari bangku sekolah dasar hingga bangku SMA. Bahkan materi tersebut juga dikembangkan dalam materi kimia dan fisika yang lebih kompleks.

Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini kita akan membahas mengenai sifat sifat benda padat, lengkap dengan pengertian, contoh, dan perubahan bentuknya. Untuk penjelasan secara lebih lanjut, langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 1 Kaki Berapa Meter? Ini Penjelasan dan Cara Hitung Cepat

-->

Pengertian benda padat

sifat benda padat
pexels

Benda padat merupakan bentuk wujud benda yang mempunyai tingkat kepadatan sangat tinggi. sifat benda padat adalah mempunyai bentuk dan ukuran yang tetap ketika dipindahkan tempatnya berada. Perubahan bentuk hanya akan terjadi setelah diberi tindakan tertentu.

Tingkat daya tarik antara molekul di dalam benda padat juga sangat kuat, sehingga bentuk dari benda ini bisa mempunyai volume yang tetap dengan kerapatan molekul yang benar-benar tinggi. Apabila benda padat dimasukan pada sebuah tempat atau wadah, maka bentuknya akan tetap sama.

Bentuknya hanya akan berubah jika diberi kalor atau energi untuk terjadi perubahan, baik menjadi gas maupun cair. Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan benda cair dan gas yang wujudnya selalu mengikuti bentuk wadahnya

Sifat benda padat

sifat benda padat
pexels

Dari sedikit penjelasan di atas, tentunya Sedulur bisa menebak bagaimana sifat benda padat tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, simak beberapa sifat atau karakteristik yang benda padat ada di bawah ini.

1. Bentuknya tetap

sifat benda padat
pexels

Seperti yang tadi sudah dikatakan, bentuk atau wujud benda padat itu selalu sama, baik itu di ruangan terbuka maupun dalam sebuah wadah. Wujud yang selalu sama ini dipengaruhi oleh kerapatan molekul yang dikandungnya.

Sehingga bentuknya tetap bisa bertahan dimanapun benda tersebut diletakkan. Bentuknya yang padat juga membutuhkan proses atau cara tertentu untuk mengubahnya. Kebanyakan benda padat wujudnya sulit diubah, namun ada beberapa yang mudah.

2. Volume tetap

biji kopi
pexels

Tidak hanya bentuknya yang tetap, benda padat juga mempunyai volume yang tetap. Dikarenakan bentuknya yang tetap, membuat massanya pun juga cenderung tetap. Sehingga volume benda padat tidak akan mudah berubah.

Walaupun dipindahkan dari satu wadah ke wadah yang lain, volume benda padat akan tetap sama. Untuk mengubah volumenya, diperlukan proses atau cara perubahan wujud tertentu. Namun meskipun wujudnya sudah berubah, biasanya volume benda padat akan tetap sama.

3. Diubah bentuknya dengan cara tertentu

sifat benda padat
pexels

Sama seperti bentuk benda yang lainnya, benda padat juga dapat mengalami perubahan wujud dan bentuk, entah itu menjadi benda cair maupun gas. Walaupun bentuk dan volumenya yang cenderung tetap, namun benda padat bisa mengalami perubahan bentuk dan wujud dengan proses atau cara tertentu.

Perubahan bentuk padat menjadi cair itu disebut dengan mencair. Sedangkan bentuk padat menjadi gas itu adalah menyublim. Namun jika dibiarkan dalam waktu yang lama, biasanya bentuknya akan kembali menjadi padat lagi.

4. Mempunyai massa

batu susun
pexels

Setiap wujud atau bentuk benda tentu saja memiliki masa, termasuk dengan benda padat. Nah, massa inilah yang akan berpengaruh pada berbagai gejala benda padat tersebut. Misalnya saja saat terjadi perubahan wujud benda padat, maka massa dari benda tersebut bisa berubah.

Bukti benda padat mempunyai massa itu dapat Sedulur buktikan jika membawa atau memegang sebuah benda padat, ada yang berat dan ada pula yang ringan. Jika Sedulur merasakan hal tersebut, berarti bisa disimpulkan jika benda padat itu memiliki massa.

5. Tidak bisa dimampatkan

sifat benda padat
pexels

Terdapat beberapa benda padat yang tidak dapat dimampatkan. Hal ini berarti benda padat tersebut sangat sulit untuk ditekan karena mempunyai kepadatan atau kerapatan molekul yang tinggi. Beberapa benda padat tidak punya rongga dan sulit untuk dimampatkan, seperti besi, batu, plastik, dan kayu.

Walaupun ada juga benda padat yang bersifat lebih lunak, akan tetapi kebanyakan benda padat memiliki sifat yang keras dan susah untuk ditekan atau dimampatkan. Jadi wajar saja bila benda padat mempunyai bentuk dan volume yang tetap, karena sifat benda yang sulit untuk dimampatkan.

6. Tidak dapat mengalir

rantai
pexels

Berbeda dengan benda cair, benda padat itu tidak bisa mengalir. Selain mengalir, benda padat juga tidak bisa merambat dengan mudah. Sifat benda padat yang satu ini dikarenakan bentuk dan volumenya yang tetap sama.

Bentuk dan volume yang sama tersebut sangat berpengaruh pada proses terjadinya aliran, karena mengalir sendiri merupakan sebuah proses yang merubah bentuk dan volume dari sebuah benda. Mengalir cenderung akan mengikuti wadahnya seperti halnya air maupun cairan yang lainnya.

BACA JUGA: 15 Sifat Cahaya Lengkap dengan Penjelasan dan Contohnya

Perubahan bentuk benda padat

pexels

Dengan cara atau proses tertentu, bentuk dari benda padat itu bisa berubah. Perubahan yang dimaksud, adalah benda yang tadinya padat menjadi cair maupun gas. Berikut ini penjelasan dari perubahan bentuk benda padat tersebut.

Mencair

Mencair adalah sebuah peristiwa perubahan benda padat menjadi benda cair. Sebuah benda bisa mencair karena adanya kenaikan suhu yang menjadi lebih panas. Contoh dari perubahan benda padat menjadi benda cair ini seperti es batu yang diletakkan di ruang terbuka, semakin lama akan berubah menjadi air.

Selain itu, mentega yang dipanaskan di atas wajah dan menjadi minyak juga menjadi salah satu contoh proses perubahan benda padat menjadi benda cair.

Menyublim

Menyublim merupakan peristiwa perubahan benda padat menjadi benda gas. Hampir sama seperti mencair, proses menyublim ini juga terjadi karena ada perubahan suhu. Umumnya, proses menyublim terjadi pada benda yang sebelumnya diletakkan di dalam ruang tertutup, kemudian dikeluarkan.

Contoh benda gas yang berasal dari benda padat yang menyublim adalah kapur barus (kamper) yang disimpan di dalam lemari, semakin lama akan semakin habis karena bentuknya berubah menjadi gas.

Contoh benda padat

pexels

Setelah tahu pengertian, sifat, dan juga perubahan bentuk dari benda padat, tentu saja Sedulur sudah tahu contoh dari benda-benda padat di sekitar kan? Ya, di bawah ini ada beberapa contoh yang perlu untuk Sedulur ketahui.

  • Batu alami yang ada di sungai dan biasanya diubah menjadi kerikil.
  • Batu bata yang digunakan untuk membangun tembok rumah atau bangunan.
  • Bentuk genting yang biasa digunakan sebagai atap sebuah bangunan.
  • Gelas dari kaca, alumunium, atau keramik yang digunakan sebagai tempat minum.
  • Kasur dari busa maupun kumpulan kapas yang biasa digunakan sebagai tempat tidur.
  • Kayu yang dapat dibuat menjadi berbagai macam benda padat atau bahan bangunan yang kokoh dan juga kuat.
  • Kompor dari logam atau besi yang digunakan untuk memasak.
  • Lemari dari besi atau kayu yang digunakan untuk menyimpan pakaian atau berbagai macam benda.
  • Logam yang sering dijadikan menjadi berbagai bahan benda padat seperti sendok, garpu, plakat, serta benda padat yang lainnya.
  • Material berbentuk sapu yang digunakan untuk membersihkan ruangan.
  • Meja dari material kayu, semen, hingga keramik yang digunakan untuk meletakkan berbagai benda.
  • Panci dari logam atau aluminium yang digunakan untuk memasak.
  • Piring dari keramik, kaca, besi atau alumunium yang digunakan sebagai tempat makanan.
  • Peralatan elektronik yang digunakan sehari-hari seperti HP, TV, laptop, komputer, dan lain sebagainya.
  • Bola dari karet atau plastik untuk bermain.
  • Mainan squishy dan plastisin, sebuah benda padat yang bentuknya sangat mudah diubah.
  • Serat kain yang digunakan untuk membuat baju, celana, dan jenis pakaian lainnya.
  • Sepeda, motor, dan mobil yang dibuat dari besi.
  • Berbagai alat perkakas seperti palu, paku, bor, dan lain sebagainya.
  • Aspal yang digunakan untuk membuat jalanan.
  • Dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Perbedaan Cuaca dan Iklim, Kenali Jenis & Penjelasan Lengkap

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pengertian, proses perubahan bentuk, contoh, dan juga sifat benda padat. Jika Sedulur bingung untuk mencari contoh, intinya benda padat itu tidak akan berubah bentuk dan volumenya ketika dipindahkan ke wadah atau tempat yang lain.

Berbeda dengan benda cair, yang bentuknya mengikuti bentuk wadah atau tempat namun volumenya tetap sama. Ataupun benda gas, yang bentuk dan volumenya selalu mengikuti tempat atau wadahnya. Jadi jangan sampai keliru ya!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.