Servis atas voli adalah teknik yang dilakukan dengan cara memukul bola menggunakan ayunan tangan dari atas. Walaupun terlihat mudah, namun sebenarnya teknik ini cukup sulit dilakukan karena harus membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Bagi semua pemain voli, teknik ini harus dikuasai dan merupakan salah satu yang paling dasar.

Jika tidak menguasai teknik ini, maka permainan bola voli tidak bisa dimulai. Selain cara tersebut, ada pula beberapa teknik lain yang wajib dikuasai seperti smash, blocking, dan passing. Teknik servis bola voli sendiri dibagi menjadi tiga yaitu bawah, atas, dan dengan lompatan. Ingin mempelajari lebih jauh mengenai teknik dasar dalam bola voli yang satu ini? Selengkapnya simak ulasan di bawah.

BACA JUGA: Cara Melakukan Passing Bawah Baik & Benar dalam Bola Voli

1. Servis atas dan bawah bola voli

servis atas
Kompas

Dalam permainan bola voli, servis bawah disebut dengan underhand serve. Teknik ini memiliki gerakan yang cukup mudah jika dilakukan oleh pemain pemula, karena tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga. Jadi, pemain cuma berfokus pada ayunan tangan saja.

-->

Akan tetapi, teknik ini memiliki kesulitan yaitu pengenaan bola dengan tangan yang kurang tepat. Untuk menanganinya, maka tangan harus diletakkan tepat di belakang bawah bola. Kemudian, sudut ayunan tangan atau dorongan memiliki antara 30 hingga 45 derajat ke depan. Dengan begitu, maka bola bisa lewat di atas net.

Cara melakukan servis bawah

Pada servis atas tinggi lambungan bola dari tangan saat dilepas adalah diarahkan ke dalam lapangan tim lawan melewati atas net. Berbeda dengan teknik tersebut, berikut adalah cara melakukan servis bawah.

  • Langkah pertama, pemain harus berdiri pada area yang memang digunakan untuk servis.
  • Dilanjut dengan mengambil sikap awal, yakni dengan memajukan kaki kiri, lebih maju jika dibandingkan kaki kanan.
  • Kemudian, bola voli dipegang pada tangan kiri yang diarahkan ke depan.
  • Posisi tangan kanan mengepal dan diayunkan dari arah belakang.
  • Sementara itu, bola voli yang terdapat pada tangan kiri dilambungkan menuju atas kemudian tangan kanan diayunkan menuju depan sampai memukul tepat pada bagian bawah bola.
  • Lalu, bola dipukul dengan keras sampai melewati net lapangan atau daerah lawan. Akan tetapi, bola jangan sampai keluar garis karena hal tersebut dianggap gagal.

Sementara itu, gerakan servis atas bola voli dilakukan dengan memegang bola melalui tangan kiri dan tangan kanan digunakan untuk memukul. Setelah itu, bola dilambungkan dengan tangan kiri yang melewati atas kepala. Lalu, pukul menggunakan telapak tangan sekeras-kerasnya supaya bisa melewati net. 

Cara melakukan teknik servis atas bola voli

Bagi pemula, perlu diketahui bahwa posisi telapak tangan saat akan melakukan servis atas adalah jari terbuka dan tangan atau lengan terangkat di atas kepala. Cara selengkapnya bisa dipelajari di bawah ini.

  • Pertama, ambil posisi pada belakang garis lapangan atau area yang akan digunakan.
  • Teknik ini harus dilakukan oleh pemain dengan posisi yang kokoh dan kuat.
  • Kemudian, lempar bola ke atas dan sedikit ke depan dengan memakai tangan kiri. Fokuskan mata pada bola.
  • Lalu, lengan kanan diayunkan dari belakang ke atas, kemudian maju untuk memukul bola dengan menggunakan telapak tangan. Teknik ini juga bisa dilakukan dengan cara melompat kecil atau bisa disebut dengan jumping service. Posisi tangan kiri dan kanan bisa diubah apabila terdapat pemain yang kidal.
  • Terakhir, pastikan bola bisa terbang melewati net dan terjatuh pada area atau lapangan lawan.

BACA JUGA: Teknik Mengambil Bola Rendah dalam Bola Voli secara Tepat

2. Aturan kegagalan servis dalam bola voli

servis atas
Kompas

Teknik ini harus dimainkan sesuai dengan gambar servis atas bola voli seperti yang sudah dijelaskan di atas. Selain mengetahui cara melakukannya, para pemain juga harus memahami aturan kegagalannya. Tiap pemain hanya mendapatkan satu kesempatan saja dalam melakukan teknik tersebut. Nantinya, teknik ini akan selalu sah meskipun menyentuh net. Dengan catatan, bola voli berlanjut pada lapangan tim lawan.

Sebelum peraturan mengenai sahnya teknik ini yang menyentuh net dan bergulir ke area lawan diterapkan oleh Federation Internationale de Volleyball atau FIVB, semua yang mengenai net berarti mengakhiri reli. Sehingga, poin atau nilai akan diberikan pada tim bertahan.

Apabila tim sedang melakukan teknik tersebut atau tim penyerang kalah reli, maka tim itu dinyatakan kehilangan hak untuk melakukannya lagi. Sedangkan, tim lawan atau tim bertahan akan mendapatkan poin atau keuntungan.

Nah, itu dia berbagai pembahasan menarik mengenai teknik servis atas dalam permainan bola voli. Teknik ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, jadi para pemain harus mempelajarinya terlebih dahulu. Teknik harus dilakukan dengan benar supaya bisa mendapatkan nilai atau poin dalam sebuah pertandingan. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!