Rumah Minimalis

Tren gaya hidup minimalis sudah berkembang sejak sekitar 2017-an. Hingga kini tren ini belum pudar dan justru merambah ke hunian. Apalagi sejak pandemi global yang menyerang dunia di 2020 dan orang harus tinggal di rumah lebih lama, makin banyak yang sadar bahwa penting memiliki rumah minimalis yang nyaman ditinggali.

Syarat nyaman antara lain tidak banyak barang yang menumpuk, sirkulasi udara yang bagus, dan pencahayaan alami yang cukup. Dengan begitu, udara di rumah lebih sehat dan penghuninya lebih leluasa beraktivitas di dalam rumah karena ruang yang lapang. Terpikir buat merenovasi atau membangun rumah minimalis yang ideal buat hunian? Berikut beberapa inspirasi denah yang bisa jadi referensi buat Sedulur. 

BACA JUGA: Mengenal Rumah Kontainer: Harga, Plus Minus & Desainnya

1. Rumah off grid dengan pekarangan luas 

desain rumah minimalis
Dwell Magazine

Membuat rumah tentu butuh gambaran rencana atau denah. Gunanya menentukan apa saja yang perlu ada di rumah, serta tata letaknya secara garis besar. Sebidang tanah tidak semuanya harus dipenuhi bangunan. Sedulur bisa coba desain bangunan off grid seperti ini. Dengan begitu, ada beberapa space di area rumah yang bisa dipakai sebagai area terbuka untuk sirkulasi udara dan akses cahaya alami masuk di pagi hingga sore hari. 

-->

Konsep interiornya pun dibuat open space sehingga area kerja bergabung dengan common room dan dapur. Rumah ini dibangun dengan satu lantai saja dan satu kamar tidur utama. Sementara kamar kedua atau kamar tamu menggunakan kasur lipat yang bisa disembunyikan saat tidak terpakai. Ini membuat ruang tengah jadi tampak lebih lapang. Ideal untuk lajang atau pasangan muda tanpa anak.  

2. Rumah dua lantai minimalis untuk keluarga 

rumah minimalis sederhana
ArchDaily

Desain rumah minimalis berikutnya lebih rumit tetapi bisa ditinggali keluarga dengan anggota yang lebih banyak, misalnya orang tua dengan 1-2 anak. Lantai dasar diisi ruang keluarga yang bergabung dengan dapur dan ruang makan sekaligus. Berikut dengan kamar mandi yang bisa dipakai untuk tamu. 

Di lantai kedua, ada dua kamar tidur dengan ukuran besar yang bisa dihuni dua orang dilengkapi dengan area kerja. Serta tambahan satu kamar mandi. Lantai dua dibangun dengan konsep mezzanine. Ini adalah yaitu ruang tanpa plafon pembatas di sebagian area sehingga penghuni bisa melihat lantai dua dari lantai dasar. Ini memberikan kesan luas dan lapang. 

3. Minimalis dan mungil

model rumah minimalis dan mungil
ArchDaily

Rumah minimalis sederhana ini terdiri dari dua lantai dengan luas yang cukup terbatas. Lantai dasar diisi dengan lounge atau ruang tengah, dapur, dan kamar mandi. Bahkan ada teras di depan lounge untuk menempatkan kursi, sepeda, maupun koleksi tanaman.

Sementara lantai dua hanya dibangun setengah area saja dengan konsep mezzanine seperti yang di rumah sebelumnya. Lantai atas ini hanya diisi kamar tidur dan ruang kerja buat WFH atau santai membaca buku. Mungil, rumah ini lebih cocok buat lajang dan pasangan tanpa anak. 

BACA JUGA: 12 Ide Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan & Cerah

4. Akali rumah sempit dengan platform 

gambar rumah minimalis
ArchDaily

Selain mengakali ruang sempit dengan mezzanine, Sedulur bisa pula mencoba platform. Platform adalah bagian rumah yang dibuat dengan ketinggian yang berbeda-beda. Jadi dalam satu rumah, Sedulur bisa membuat beberapa lantai yang bersifat half-floor untuk menghemat space.  Ini yang coba diterapkan di denah rumah berikut. 

Dengan model rumah minimalis ini, penghuni bisa memiliki banyak ruang dengan partisi yang tidak kentara, sehingga memberikan kesan ruang lebih lapang dan luas. Platform bisa dijadikan pengganti sekat atau partisi padat. Sifatnya interior tetap open space tetapi karena perbedaan ketinggian terciptalah sekat-sekat bayangan yang membedakan fungsi antar ruang. Misalnya di lantai dua, ruang kerja dibuat sedikit lebih tinggi dibanding kamar tidur meskipun tidak ada sekat yang jelas seperti dinding atau papan. 

5. Rumah memanjang yang lega 

desain memanjang
Mark Fairhurst

Lahan terbatas bukan halangan buat mewujudkan rumah idaman. Sudah banyak arsitek dan desainer interior yang berhasil membuat rumah dengan desain memanjang saja. Bagian fasad bisa diisi taman dan garasi. Kemudian, pintu masuk dibuat kecil dan langsung berdampingan dengan kamar mandi tamu. Saat masuk ke dalam, ada tangga menuju lantai atas dan dua belokan yang menuju ruang tengah dan area dapur dan ruang makan. 

Tangga di sini bisa dipakai sebagai partisi bayangan, jadi Sedulur tidak perlu membangun dinding lagi dan konsep open space pun bisa terwujud. Di lantai dua, ruangan dibagi menjadi tiga bagian. Dua sisi kanan kiri bisa dipakai untuk ruang tidur dan kamar mandi. Sementara bagian tengah yang berdampingan dengan tangga bisa diisi area kerja. 

6. Minimalis dengan konsep loft 

loft
ArchDaily

Sebenarnya loft juga menggunakan mezzanine sebagai elemennya. Biasanya untuk area istirahat. Sama dengan konsep rumah atau apartemen berikut ini. Dari ruang tamu sekaligus ruang tengah, Sedulur akan disuguhkan tangga menuju half floor tempat area istirahat atau tidur.

Sementara itu, di bawah mezzanine ada kamar mandi dan dapur. Kolam di tengah adalah jacuzzi yang bisa diabaikan saja dan diganti sesuai kebutuhan. Misalnya disulap jadi area kerja atau storage juga boleh. Model ini cocok ditinggali 1-2 orang. 

BACA JUGA: 15 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Keluarga Modern

7. Rumah dengan tiga kamar 

tiga kamar
ArchDaily

Denah rumah minimalis yang ini juga tak kalah menarik. Bahkan dengan bidang tanah yang tak seberapa besar, Sedulur bisa mendapatkan tiga kamar tidur sekaligus serta garasi yang lega. Dua kamar terletak di lantai satu dan satu lagi di loteng. Sudah dilengkapi pula dengan area dapur dan ruang makan yang menyatu dengan ruang tengah.

Ada taman di depan kamar yang bikin udara makin segar, serta ada area cuci dan jemur di belakang rumah tepatnya di dekat garasi. Pembagian ruangnya efektif walaupun lahannya terbatas. 

8. Minimalis dengan kesan mewah 

rumah minimalis elegan
ArchDaily

Walaupun minimalis, kesan mewah justru bisa tercipta. Bisa coba denah berikut, bangunannya dibuat memanjang dengan dua pintu masuk. Pintu utama langsung mengakses lorong menuju kamar di sisi kiri dan ruang tengah di sisi kanan, sementara di depannya ada kamar mandi yang langsung menembus area jemuran.

Ruang tengah bersambungan langsung dengan dapur dan ruang makan yang juga punya pintu akses sendiri menuju luar. Di lantai dua Sedulur bisa mengisinya dengan balkon, satu kamar lagi, dan ruang kerja. 

Selain denahnya, tentu fasad atau tampilan eksterior rumah juga tak kalah penting untuk dipikirkan. Sedulur bisa mengecek beberapa contoh di bawah sebagai inspirasi dan referensi saat nanti menentukan tampilan depan rumah. 

9. Cubical yang kekinian 

rumah minimalis cubical
Instagram @ateliercais

Fasad cubical seperti ini sedang digandrungi karena memberikan kesan elegan dan industrial di rumah Sedulur. Dengan desain fasad macam ini, maka bagian atap biasanya menggunakan konsep flat roof yang kemudian disamarkan dengan tambahan dinding untuk mempertahankan bentuk kubus atau balok pada rumah.

Warnanya pun ada di palet netral seperti putih dan turunannya, abu-abu seperti raw cement, atau hitam. Namun, silakan pilih warna apapun untuk rumah minimalis Sedulur. Namun, disarankan warna-warna mute dan pastel saja yang lebih elegan. 

BACA JUGA: 12 Ide Model Bar Mini Bisa Jadi Tempat Kumpul Seru di Rumah

10. Asimetris

rumah minimalis asimetris
Instagram @suvaco.jp

Fasad lainnya adalah asimetris, yaitu perpaduan antara kubus dan segitiga yang dipadu sesuai dengan kreasi. Sedulur bisa membuat atap maupun peneduh miring yang jelas seperti contoh berikut. Tentunya tetap pertimbangkan fungsi dan kekuatannya dengan konsultasi pada ahli. Jangan asal estetik, tetapi ternyata kurang kokoh. 

11. Fasad rumah klasik 

Fasad
Instagram @globalspaces

Tidak harus yang nyentrik, Sedulur bisa memilih fasad rumah yang bergaya klasik saja. Perpaduan antara dinding balok dan atap segitiga macam ini pun sah-sah saja dipilih. Agar tampak modern, silakan pilih kusen pintu dan jendela yang minimal serta tak perlu menambahkan ornamen-ornamen yang berlebihan seperti ukiran. 

12. Mengekspos material mentah 

material mentah
Instagram @matti.maat

Beberapa arsitek memilih untuk mengekspos material mentah pada eksterior rumah. Seperti contoh di atas misalnya. Bagian dinding kayu terekspos bersama pondasi batu yang kokoh dan dibiarkan bentuk aslinya. Sementara bagian lantai duanya menggunakan bahan polycarbonate dan kaca. Semuanya dibiarkan dalam bentuk utuh tanpa pelapis warna apapun. 

13. Bahan bangunan yang sustainable bahkan dari bahan daur ulang

sustainable
Instagram @globalspaces

Beberapa arsitek juga berhasil mengembangkan rumah dari material bekas. Seperti bekas kontainer, batuan yang diambil dari puing-puing bangunan lawas, kayu bekas, dan lain sebagainya. Beberapa bahkan sengaja dibiarkan menyatu dengan alam sehingga warnanya tidak rata sempurna, bahkan dibiarkan berkarat atau berjamur sesuai dengan usia rumahnya nanti. Menarik konsepnya, Sedulur punya niat untuk mencobanya? 

14. Tambahan tekstur untuk eksterior 

tekstur eksterior
Instagram @interiordesign.bdg

Penting pula untuk memilih cat khusus eksterior yang bisa tahan lama. Bila perlu Sedulur bisa menambahkan tekstur seperti stucco pada dinding agar ia tidak mudah menumpuk debu dan lumut. Bila tak ingin menggunakan cat, ada banyak pilihan batuan alam yang bisa dipilih sebagai eksterior rumah. Terutama untuk bagian-bagian yang mudah berjamur atau berlumut. 

15. Konsep minimalis Jepang

minimalis Jepang
Instagram @dwellmagazine

Tren lainnya adalah membuat rumah minimalis yang terinspirasi rumah-rumah Jepang. Tren minimalis ini merebak beberapa tahun belakangan dan memang terbukti menarik. Rumah khas Jepang biasanya dilengkapi dengan material-material kayu, baik pada pagar atau lantainya. Disusul dengan penggunaan pintu geser dan jendela grid yang sebenarnya terinspirasi dari rumah-rumah tradisional. 

BACA JUGA: Potret Rumah Lisa BLACKPINK di Korea dan Thailand, Luas & Sederhana

Tips memilih interior untuk rumah minimalis 

Tips memilih interior
Instagram @colamanz

Setelah melihat gambar rumah minimalis dari luarnya, tentu tak lengkap bila kita tidak memilih perabot dan desain interior yang tepat untuk menyempurnakan fungsi rumah. Berikut beberapa tips memilih dan mendesain interiornya. 

Perabot harus praktikal dan multifungsi

Konsep minimalis setuju untuk memangkas jumlah furnitur yang ada di rumah. Dengan begitu, sangat penting untuk memilih perabot yang fungsinya jelas dan bila perlu lebih dari satu. Misalnya sofabed yang bisa dilipat jadi sofa, tetapi bisa digelar untuk tempat tidur tamu. Guna berjaga-jaga bila misalnya kamar tamu tidak muat menampung jumlah tamu. Sofabed bisa pula dipakai penghuni sendiri saat hendak tidur siang atau rehat sejenak di tengah WFH. Bisa pula coba perabot seperti kursi yang memiliki ruang penyimpanan di bawahnya. 

Pilih warna dinding yang netral 

Warna cerah saja tidak cukup, warna netral lebih disarankan untuk memberikan kesan lapang dan adem di ruang minimalis. Utamanya jika lahan Sedulur sempit dan terbatas, warna cerah seperti kuning atau pink justru mempersempit ruang. Sebaliknya, warna putih dan turunannya bisa memberikan kesan lapang dan lega. 

Warna lantai juga wajib netral 

Begitu pula dengan lantai, hindari warna yang terlalu gelap atau mencolok. Silakan setia pada warna putih atau bila ingin yang lebih hangat, warna kayu juga menarik. Jika ingin yang cool tones, silakan coba warna semen. 

Pilih perabot dan ornamen yang sederhana 

Hindari barang-barang yang bercorak mencolok atau memiliki ukiran yang bikin mata terdistraksi. Silakan pilih perabot dan ornamen bergaya Jepang atau Skandinavia misalnya. Boleh juga yang berkonsep mid century modern. Ini berlaku pula pada kap lampu dan pajangan yang hendak Sedulur pasang di rumah. 

Sembunyikan perkakas dan printilan dari penglihatan 

Caranya dengan memperbanyak ruang penyimpanan berupa laci dan lemari yang compact dan tampak menyatu dengan dinding. Dengan begitu, Sedulur bisa menyembunyikan keberadaan perkakas dan printilan dari penglihatan. Rumah tampak ringkas dan rapi seketika. 

Pilah ornamen dan dekorasi dengan matang 

Boleh menempatkan hiasan dan dekorasi, tetapi sebaiknya tetap di koridor minimalis. Misalnya dengan tanaman hias saja yang jelas ramah lingkungan dan estetikanya dapat. Selain itu tanaman hias juga ringkas dan tidak akan mengumpulkan debu seperti pajangan lain. Sedulur bisa pilih tanaman hias yang mudah dirawat dan bisa diletakkan di dalam ruangan alias tidak butuh cahaya matahari langsung. 

Vertical shelving 

Tips berikutnya adalah memanfaatkan ruang vertikal sebaik mungkin. Selain konsep platform tadi, Sedulur bisa memanfaatkan ruang-ruang pada dinding dan atap untuk menempatkan rak dan lemari penyimpanan. Mengingat rumah minimalis terwujud dengan meminimalisir keberadaan printilan yang nggak perlu, ruang penyimpanan ideal untuk membantumu meringkas barang-barang. 

BACA JUGA: 19 Variasi Pagar Tembok Paling Diminati & Super Aman!

Floating stairs untuk berikan kesan luas 

Selain itu, Sedulur juga bisa melirik floating stairs untuk tangga. Desain tangga yang seakan melayang akan memberikan kesan ruangan luas dan transparan. Tidak ada sekat berarti yang membuat tangga terisolasi dari ruang di sekitarnya. Tangga macam ini juga bertema modern sehingga menyempurnakan tampilan rumah minimalis Sedulur. 

Mesh grill atau kaca untuk pengaman loteng dan balkon 

Untuk pengaman loteng dan balkon, Sedulur bisa melirik mesh grill atau partisi kaca. Mesh grill merupakan logam yang disusun dengan bentuk grid atau criss cross yang simetris, tetapi relevan dengan konsep minimalisme yang tren saat ini. Sementara, kaca seperti yang sudah Sedulur tahu memang timeless dan bisa memberikan kesan sederhana serta modern di bangunan. 

Pilih perabot yang timeless dan durable

Jangan hanya termakan tren, lebih baik pilih perabot netral dan berkualitas sehingga bisa dipakai jangka panjang. Setidaknya beberapa tahun setelah dibeli, perabot masih bisa berfungsi baik dan penampilannya tetap bagus. Tidak masalah kok jadi seorang yang picky saat membeli. Selain bisa menghemat biaya, memiliki barang yang awet juga akan menghemat waktumu. Pertimbangkan masak-masak masa pakai barang, ya Sedulur. 

BACA JUGA: 8 Inspirasi Pagar Minimalis Modern Buat Percantik Rumah

Keuntungan rumah minimalis

Keuntungan rumah minimalis
Instagram @dwellmagazine

Ada beberapa keuntungan memiliki rumah minimalis. Berikut tiga aspek yang wajib bisa menyakinkan Sedulur. 

Ruang. Dengan rumah minimalis, Sedulur tidak perlu mempersoalkan masalah ruang. Di tanah yang sempit pun, rumah dengan desain ini pun bisa dibangun. Tentunya dengan pembuatan denah yang matang dan beberapa trik untuk mengakali seperti membangun rumah yang tumbuh ke atas alias tinggi, mempersiapkan storage di area-area tertentu, menempatkan platform dan mezzanine, dan lain sebagainya. 

Waktu. Rumah minimalis memungkinkanmu untuk tidak memikirkan kebutuhan-kebutuhan yang tidak diperlukan. Sedulur akan terbiasa merasa cukup dengan perabot dan barang yang dipunya. Tak ada lagi keinginan untuk mengikuti tren yang muncul dan tenggelam. Waktu yang dipakai untuk membeli barang atau memikirkan cat dinding baru bisa dialokasikan untuk hal yang lebih penting, misalnya merenovasi bagian rumah yang memang butuh perbaikan serta hal produktif lainnya. 

Dana. Begitu pula dengan dana. Konsep minimalis akan memberikan Sedulur banyak keuntungan secara finansial, termasuk tidak perlu membeli cat yang berbeda-beda untuk tiap ruang, ornamen atau hiasan yang tidak penting. Semuanya bisa dihemat untuk kebutuhan yang lebih mendesak misalnya kebutuhan beli makanan yang sehat dan bernutrisi, tabungan pendidikan putra-putri, dana pensiun, dan lain sebagainya. 

Itu beberapa hal menarik dari rumah minimalis, disertai beberapa inspirasi dan ide denah yang bisa Sedulur jadikan inspirasi. Silakan dipraktikan bila memang tertarik. Tahun baru, suasana rumah baru. Yuk, bisa, yuk! 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.