pagar minimalis

Pagar adalah salah satu elemen penting untuk rumah, terutama rumah-rumah di negara yang tingkat keamanannya masih rendah seperti Indonesia. Beda dengan sejumlah negara Eropa dan Amerika Serikat yang kebanyakan rumahnya tidak membutuhkan pagar, rumah di negara dunia ketiga harus dilengkapi pagar demi menjamin kenyamanan dan keamanan penghuninya. 

Di 2021 ini, tren yang berkembang adalah model pagar minimalis. Tak perlu banyak ornamen, yang penting fungsional dan elegan. Buat penggemar model-model rumah minimalis, ini waktu yang sempurna untuk melakukan renovasi rumah.

Tips memilih desain pagar minimalis & modern

Sebelum memilih desain berbagai referensi pagar, ada baiknya Sedulur membaca beberapa tips  di bawah ini. Supaya bisa menentukan bentuk yang tepat dan sesuai dengan budget.

1. Ukuran

Sebelum pilih desain dan material, alangkah baiknya Sedulur menghitung dulu ukuran pagar yang dibutuhkan. Dengan begitu, saat bertanya ke agen atau pembangun kamu sudah bisa memperkirakan biaya yang dibutuhkan. Jika memang belum cukup dananya, jangan memaksakan material atau desain tertentu. Tetap realistis.

2. Ketersediaan ruang

Penting untuk tahu bagaimana tipe rumah dan ruang yang tersedia. Gunanya menentukan pagar tipe apa yang hendak kamu pesan. Jika rumahmu cukup sempit dan letaknya di perumahan atau gang sempit, ada baiknya memilih pagar dorong ketimbang pagar ayun. 

3. Kebutuhan

Lebar bukaan pagar juga perlu diperhatikan, khususnya jika Sedulur memiliki kendaraan pribadi. Atau mungkin Sedulur memiliki binatang peliharaan yang perlu diberi akses keluar masuk yang mudah. Jangan sampai kelewatan saat hendak berkonsultasi pada pengembang. 

4. Material

Sejauh ini, material yang umum dipakai untuk membangun pagar luar rumah adalah kayu dan besi yang bisa dipadu dengan roster atau tembok. Setiap material punya keunggulan dan kelemahannya sendiri. Pagar besi lebih kokoh dan tahan cuaca, tetapi bisa tampak terlalu kaku dan dingin.

Sebaliknya, pagar kayu estetik dan berikan kesan homey bahkan rustic di rumah. Produk ini juga mencuri perhatian. Tetapi perlu diperhatikan coating yang dipakai sebab kayu mudah sekali lembap dan lapuk seiring berjalannya waktu. Untuk menjaga keawetannya sebenarnya semua pagar dari bahan apa saja harus diberi lapisan pelindung baru setiap beberapa tahun sekali. Namun, kayu juga perlu perawatan yang lebih sering. 

Itu tadi beberapa pertimbangan yang harus Sedulur pikirkan sebelum memilih desain. Sekarang saatnya menilik beberapa inspirasi desain pagar anggun yang siap diadopsi.

BACA JUGA: 17 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis & Tips Membuatnya

1. Pagar minimalis kayu

pagar rumah minimalis
renovatorstore.com.au

Salah satu tren pagar minimalis 2021 adalah wood slats atau panel kayu. Wood slats sendiri merupakan barisan balok kayu yang ditata sejajar dengan rangka logam. Wood slats bisa memberikan kesan elegan, mewah dan modern di rumah.

Sedulur bisa membuat pagar bukaan atau pagar dorong dengan wood slats. Warna kayu alaminya pun cocok untuk berbagai warna rumah karena netral. Tetapi akan lebih mantap saat dipadu dengan rumah dengan dominasi warna putih atau semen ekspos. Bahan kayu ciptakan kesan lebih ramah dan hangat dibandingkan besi, lho. 

2. Serba hitam untuk rumah industrialis 

pagar besi minimalis
thelocalproject.com.au

Sedulur juga bia coba pagar rumah minimalis tipe ini. Cukup rapat, cocok untuk mengamankan garasi tanpa mengganggu estetika. Serasi dengan warna dominan rumah yang juga hitam. Pilih shade hitam yang tidak terlalu solid. Jangan lupa tambahkan nuansa hijau dengan tanaman-tanaman agar rumah tidak terlihat kelewat suram dan menyeramkan. 

3. Pagar besi minimalis

model pagar besi minimalis 2019
instagram.com/diaatelier

Lebih percaya logam karena awet di segala cuaca? Sedulur pun tetap bisa memilih material ini untuk pagar rumah, kok. Ketimbang memilih model yang terlalu banyak hiasan dan ornamen, bikin dengan model stripes seperti ini. Selain anggun dan minimalis, desain pagar ini tetap berikan privasi yang baik untuk penghuninya.Untuk mempertahankan kesan sederhananya, dapat dipilih warna earthy dan hindari warna mencolok yang sudah ketinggalan zaman. 

4. Perpaduan besi dan tembok 

pagar minimalis modern
instagram.com/thelocalproject

Tidak harus besi penuh, Sedulur bisa memadukan pagar rumah minimalis dengan dinding bata. Tak juga harus polos karena minimalis, ditambah tekstur berupa batuan seperti ini sah-sah saja. Agar tak terlalu kontras dengan model rumah yang minimalis, pilih warna tekstur yang masih masuk dalam tone netral atau earthy. Contoh di atas layak ditiru. 

BACA JUGA: 22 Variasi Warna Cat Rumah Minimalis yang Simple & Elegan

5. Roster yang estetik 

model pagar minimalis
tuacasa.com.br

Pagar minimalis modern juga bisa diwujudkan dengan roster atau lubang angin seperti ini. Selain menciptakan tekstur, ia bisa berikan perlindungan yang kokoh pada rumah. Susah ditembus dan tentunya bisa menjaga privasi penghuni. Modalnya lumayan mahal nih karena Sedulur harus membeli roster dalam jumlah banyak dengan desain yang seragam sesuai dengan ukuran pagar yang akan dibangun. 

6. Alternatif roster yang tak kalah menawan 

pagar minimalis 2021
asp.mx

Kalau roster di luar dana yang kamu perkirakan atau sudah sediakan, kamu bisa mengakalinya dengan batu bata saja. Caranya susun dengan cara yang berbeda. Diberi ruang atau rongga di antara satu bata dengan bata lain. Bisa contoh desain di atas supaya lebih jelas. Sepertinya mudah, tetapi tetap perlu ketelitian dan ketekunan, serta perencanaan yang matang. Ini bisa jadi alternatif pagar minimalis murah yang tetap estetik. Langsung wujudkan, Sedulur.

7. Pagar besi dengan corak grid 

pagar minimalis murah
decorfacil.com

Selain bercorak slats atau garis sejajar, Sedulur boleh pula mengadopsi model pagar besi minimalis 2019, yaitu corak grid atau kotak-kotak seperti ini. Andal untuk jaga privasi penghuni rumah, tidak terlalu kaku dan dingin, tetapi tetap dalam koridor minimalis. Bisa dibuat tinggi atau sedang, tergantung keinginan pemilik rumah. 

BACA JUGA: 30 Desain Teras Rumah Minimalis & Modern, Mana Pilihanmu?

8. Perforated metal 

pagar minimalis kayu
archdaily.com

Sekilas mirip dengan model pagar minimalis grid, sebenarnya corak ini bernama perforated. Ditandai dengan logam yang diberi lubang-lubang yang beraturan. Pagar jenis ini juga masuk dalam tren terbaru. Masuk kategori minimalis karena mengusung desain geometris dan tak banyak ornamen tak perlu.

Selain untuk pagar rumah, perforated metal sering pula dipasang untuk pegangan tangga di dalam rumah. Bisa nih sekalian pesan untuk renovasi interior rumah. Segra masukan ke dalam daftar pertimbangan, ya.

Pagar adalah hal pertama yang dilihat orang dari luar rumah. Tentunya Sedulur ingin hasil yang paling bagus. Jika begitu, kamu tak perlu terburu-buru juga. Pikirkan masak-masak ketahanan material yang akan dipilih. Jangan hanya bertumpu pada desain dan tren semata.

Menjadi konsumen yang cerdas itu wajib agar tak menyesal di kemudian hari. Bila perlu tanyakan dengan detail semua hal tentang pagar termasuk perawatannya pada pengembang atau pembangun yang kamu percaya. Sama dengan Aplikasi Super yang bisa dipercaya untuk urusan sembako dan kebutuhan sehari-hari. Jangan ragu untuk belanja lewat platform ini demi kemudahan dan akurasi harganya.