Simak daftar makanan berkalori tinggi di bawah ini, Sedulur wajib tahu agar dapat memperbaiki kondisi tubuh Sedulur.

Pemahaman terkait makanan berkalori tinggi diperlukan, hal tersebut berguna agar kita dapat mengetahui setiap makanan yang kita konsumsi. Setiap makanan memiliki kandungan yang berbeda, mulai dari karbohidrat, protein, lemak dan serat. Setiap kandungan tersebut memiliki jumlah kalori yang berbeda.

Kali ini, yuk kita bahas daftar makanan berkalori tinggi yang bisa Sedulur konsumsi setiap harinya. Tentu saja, tujuannya untuk memperbaiki kondisi tubuh Sedulur. Bagi Sedulur yang kekurangan berat badan, bisa nih mencoba program penggemukan dengan daftar makanan di bawah ini!

Baca Juga: 12 Makanan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil, Jangan Anggap Remeh!

-->

Daftar makanan yang berkalori tinggi untuk penambah berat badan

1. Susu

1. Susu
hellosehat.com

Alih-alih makanan berkalori tinggi untuk gemuk, susu merupakan sebuah minuman yang mengandung protein dan karbohidrat. Susu juga merupakan pelengkap makanan 4 sehat 5 sempurna. Setiap yang sedang menjalani program untuk membangun otot dan menambah berat badan, selalu menjadikan susu sebagai minuman yang wajib dikonsumsi. Mulai dari susu sapi hingga susu kedelai, semuanya sangat efektif membantu Sedulur menambah berat badan.

2. Nasi

2. Nasi
detik.com

Contoh makanan berkalori tinggi yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia adalah nasi. Nasi juga merupakan sumber karbohidrat wajib bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut juga yang menjadikan kita sering merasa lemas ketika selesai makan nasi, ciri khas makanan tinggi kalori, ditambah dengan karbohidrat, akan mudah membuat tubuh kita lemas ketika selesai memakannya.

3. Daging merah

3. Daging merah
klikdokter.com

Makanan berkalori tinggi untuk menaikkan berat badan selanjutnya adalah daging merah. Setiap daging merah yang tidak mengandung lemak, dapat meningkatkan berat badan secara efektif. Terutama jika Sedulur mengkonsumsi Steak, setiap steak mengandung leusin dan creatine, yang dapat berperan penting dalam meningkatkan massa otot dan berat badan.

5. Roti gandum

5. Roti gandum
bukalapak.com

Bagi Sedulur yang ingin mengkonsumsi makanan ringan dengan kalori tinggi, roti gandum merupakan jawabannya. Setiap lembarnya memiliki kandungan 100 kalori, Sedulur bisa menambahkan selada, keju atau coklat, agar menambah jumlah kalori yang Sedulur konsumsi. Roti gandum juga sangat cocok dikonsumsi untuk anak-anak, agar berat badannya bisa bertambah.

5. Buah-buahan kering

5. Buah-buahan kering
klikdokter.com

Buah-buahan kering juga merupakan makanan tinggi kalori untuk menambah berat badan anak. Rasanya yang manis, membuat makanan ini cocok menjadi pilihan Sedulur untuk memberikan asupan kalori untuk anak. Seperti buah cranberry contohnya. Dalam seperempat cangkir cranberry, mengandung sekitar 130 kalori untuk tubuh sang buah hati.

6. Cokelat hitam

6. Cokelat hitam
bolasport.com

Coklat hitam atau cacao merupakan rekomedasi makanan yang berkalori rendah yang juga dapat dikonsumsi sebagai alternatif asupan untuk tubuh. Bagi Sedulur yang ingin menambah berat badan dengan mengkonsumsi coklat, Sedulur bisa konsumsi kakao dengan kandungan 70 persen. Selain tinggi kalori, coklat hitam juga mengandung antioksidan yang tinggi.

7. Ikan salmon

7. Ikan salmon
kompas.com

Selain sebagai makanan berkalori tinggi, ikan salmon juga merupakan makanan dengan kandungan omega-3 yang baik untuk tubuh. Dalam satu fillet salmon yang berukuran 6 ons, mengandung 350 kalori dan lemak omega-3 sebanyak 4 gram. Hal tersebut merupakan konsumsi yang cukup untuk Sedulur membangun massa otot dan menambah berat badan.

8. Telur

8. Telur
grid.id

Rekomendasi makanan berkalori tinggi selanjutnya adalah telur. Orang Indonesia biasanya menjadikan telur sebagai lauk makan nasi. Selain kalori yang tinggi, telur juga mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan berat badan dan menambah energi. Untuk menambah berat badan secara cepat, Sedulur bisa mengkonsumsi minimal satu butir setiap harinya.

9. Alpukat

9. Alpukat
tempo.co

Buah-buahan sekaligus makanan berkalori tinggi selanjutnya adalah alpukat. Alpukan mengandung 322 kalori dengan 29 gram lemak dan 17 gram serat. Selain itu, alpukat juga kaya akan serat, vitamin dan mineral. Sangat efektif untuk Sedulur dalam menambah berat badan. Sedulur bisa mengkonsumsinya di pagi hari sebagai pengganti sarapan menggunakan nasi.

Baca Juga: 20 Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu-Tunggu

10. Keju

10. Keju
idntimes.com

Bagi Sedulur yang mencari makanan berkalori tinggi sekaligus juga camilan, Sedulur bisa mengonsumsi keju. Keju mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Jumlah kalori yang berlimpah sangat baik bagi Sedulur yang sedang ingin menambah berat badan dan massa otot.

11. Kacang-kacangan

11. Kacang-kacangan
kompas.com

Jenis kacang-kacangan merupakan makanan berkalori tinggi selanjutnya. Salah satu rekomendasi makanan yang bisa Sedulur konsumsi untuk menambah berat badan. Dalam setiap 25 gram kacang-kacangan, terkandung 185 kalori, termasuk jenis makanan yang memiliki kalori tinggi. Sedulur bisa mengkonsumsi kacang tanah, kacang almod, hingga kacang mete. Jenis kacang-kacangan yang mudah ditemui.

12. Ubi Jalar

12. Ubi Jalar
hellosehat.com

Rekomendasi selanjutnya adalah ubi jalar. Makanan berkalori tinggi ini merupakan makanan alternatif yang dikonsumsi sebagai karbohidrat selain nasi. Selain tinggi kalori, ubi jalar juga merupakan makanan yang mengandung vitamin, mineral dan antioksidan. Ubi jalar nikmat dikonsumsi bersama teh manis hangat di sore hari, lebih cocok sebagai camilan ketimbang sebagai makanan utama.

13. Pisang

13. Pisang
alodokter.com

Sedulur pernah melihat setiap ibu memberi makan bayi dengan pisang? Hal tersebut merupakan salah satu syarat bagi bayi untuk memenuhi kebutuhan kalorinya. Pisang merupakan makanan tinggi kalori untuk bayi yang paling umum. Dalam setiap 1 buah ukuran pisang sedang, mengandung 105 kalori dan 27 gram karbohidrat, beserta dengan 180 kalori dan 6.5 serat. Sebuah makanan sehat untuk membantu bayi menambah berat badan.

14. Kentang

14. Kentang
liputan6.com

Kentang juga bisa Sedulur konsumsi sebagai . cemilan tinggi kalori. Kentang mengandung kalori yang tinggi, sebagai sebuah karbohidrat kentang juga sering dimakan sebagai pengganti nasi. Konsumsi kentang dan sayuran dapat membantu Sedulur membangun massa otot, sebuah jalan keluar bagi Sedulur yang ingin menambah berat badan.

15. Paha Ayam

15. Paha Ayam
klikdokter.com

Sama seperti daging merah, daging ayam juga merupakan salah satu makanan berkalori tinggi. Terutama bagian paha ayam. Karena dalam setiap potong paha ayam, diketahui memiliki 173-219 kalori, hal tersebut dapat secara efektif menambah berat badan Sedulur. Alangkah lebih baik jika Sedulur mengkonsumsi paha ayam dengan dibarengi sayuran, agar serat dan protein bisa seimbang.

16. Apel

16. Apel
alodokter.com

Rekomendasi makanan berkalori tinggi lainnya adalah apel. Buah apel dikenal memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Dalam setiap 10 gram buah apel mengandung 52 Kkal, hal tersebut dapat membuat tubuh tetap berenergi. Selain itu, buah apel juga mengandung serat tinggi, yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Namun, Sedulur juga harus mengikuti aturan dalam mengkonsumsi buah apel, sangat baik jika diimbangi dengan makanan bergizi lainnya.

17. Oatmeal

17. Oatmeal
cnnindonesia.com

Oatmeal seringkali dikonsumsi sebagai asupan makanan diet. Selain mengandung kalori yang tinggi, yang juga mengenyangkan, oatmeal juga terbukti baik untuk sistem pencernaan Sedulur. Makanan berkalori tinggi, lebih baik dikonsumsi bersama susu berlemak untuk menambah asupan kalori setiap hari Sedulur.

18. Yoghurt

18. Yoghurt
halodoc.com

Rekomendasi makanan berkalori tinggi terakhir untuk Sedulur adalah yoghurt. Yoghurt memiliki kandungan kalsium, protein susu, dan bakteri usus yang berguna untuk memperkuat tulang, meningkatkan imunitas tubuh serta mencegah obesitas. Sedulur bisa mengkonsumsi makanan berkalori tinggi satu ini, setiap pagi saat hendak mulai beraktivitas.

Semoga daftar makanan berkalori tinggi yang telah dijelaskan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait kandungan dan manfaat makanan untuk tubuh. Disiplin dan konsisten merupakan faktor kunci yang dapat menentukan kondisi tubuh Sedulur, berdasarkan setiap asupan yang dimakan.

Setiap daftar makanan di atas, bisa Sedulur dapatkan dengan membelinya di Aplikasi Super. Tersedia lengkap bahan makanan yang ada di Aplikasi Super. Untuk menyusun program diet tinggi kalori, coba deh belanja bahannya di Aplikasi Super. Nggak perlu repot, tinggal klik dan barang akan dikirim sampai rumah Sedulur. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Yuk, install sekarang juga!