10 Resep Agar-agar Yang Mudah di Buat – Ala Restoran

Resep agar-agar di bawah ini bisa dibuat sendiri di rumah, caranya sangat mudah

Agar-agar merupakan makanan manis, yang bisa membuat mood kita menjadi lebih baik di tengah berbagai beban kerja dan beban hidup yang dialami. Selain itu, agar-agar juga merupakan makanan yang mudah untuk dikreasikan.

Artikel kali ini akan membahas mengenai berbagai macam resep agar-agar. Mulai dari resep agar agar sederhana, resep agar-agar nutrijel, resep agar-agar santan, resep agar-agar milo sederhana, resep agar agar pelangi dan resep agar-agar susu.

Terdapat juga resep agar-agar swallow dan resep agar-agar enak dan unik yang bisa kita buat sendiri. Bahkan, kita bisa membuat resep agar-agar menjadi salah satu ide bisnis yang kita jual untuk mendapatkan keuntungan.

Menjadikan agar-agar sebagai ide bisnis sangat menarik untuk dipertimbangkan, karena banyak anak-anak kecil yang pasti akan menyukainya. Yuk, langsung kita simak saja resep agar-agar yang menarik yang bisa kita buat sendiri di rumah.

Baca Juga: Camilan yang Dicari Saat Lomba 17an

Daftar Resep Agar-Agar yang Mudah Dibuat

1. Agar-Agar Marie Coklat

Agar-Agar Marie Coklat

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep agar-agar satu ini adalah bahan pertama 3 butir telur, 75 gr gula pasir, 1 sdt cake emulsifier,  sdm air. Bahan  kedua adalah 60 gr tepung terigu, 10 gr coklat bubuk, 10 gr tepung maizena, 10 gr susu bubuk, 1/4 sdt baking powder, dan 1 sdt pasta coklat.

Siapkan juga 75 gr margarine yang telah dilelehkan, dan bahan ketiga untuk agar-agar yaitu 250 ml susu cair, 1 sdm agar-agar, 50 gr gula pasir, 1 sdt pasta moka, 2 putih telur, 25 gram gula pasir, dan 1/8 sdt garam. Setelah bahan-bahan tersedia, kita langsung ke cara pembuatannya.

Cara membuatnya sangat mudah dan bisa dipraktekan di rumah sendiri. Pertama kocok bahan pertama hingga mengembang, kemudian masukkan bahan kedua sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah. Selanjutnya tambahkan margarine yang telah dilelehkan.

Selanjutnya tuang adonan ke dalam loyang berukuran 22 cm yang sudah diberi kertas roti dan dioles margarin. Panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat Celcius hingga matang. Untuk pudingnya, pertama kita masak susu cair, agar-agar, gula pasir, dan pasta moka sampai mendidih.

Angkat dan sisihkan. Jangan lupa kocok putih telur, gula pasir, dan garam hingga kaku. Tuang sebagian larutan agar-agar ke dalam loyang. Setelah agak keras, letakkan cake di atasnya. Tuang sisa agar-agar ke atas cake. Diamkan sampai agar-agar membeku. Setelah agar-agar mengeras, cake lapis agar-agar dapat disajikan. Resep agar-agar pun selesai dilakukan.

2. Agar-agar Jelly Orange Longan

Agar-agar Jelly Orange Longan

Resep agar-agar satu ini akan sangat disukai oleh para pecinta buah, dan juga bagi yang menyukai warna cerah. Bahan yang dibutuhkan pun tidak banyak, yaitu setengah pack jelly orange, 1 pack agar-agar swallow globe, air 500 cc, gula secukupnya dan longan 1 kaleng.

Cara membuatnya juga sangat sederhana pertama masak semua dalam air secukupnya dan masukan ke dalam cetakan besar bulat kecuali longan dan airnya. Selanjutnya tuang dalam cetakan, bekukan dalam lemari pendingin dan cetak bila sudah beku. Terakhir dalam resep agar-agar ini adalan menghias dengan longan. Resep agar-agar jelly orange longan pun telah selesai dilakukan.

3. Agar-agar Buah

Agar-agar Buah

Satu lagi resep agar-agar bagi para pecinta dan pengguna buah-buahan. Membuat resep agar-agar satu ini sangat mudah, dan tidak perlu repot. Bahan dari resep agar-agar satu ini juga sangat mudah didapat. Seperti 1 bungkus tepung agar-agar, 900 ml air, santan 35 ml dan gula pasir secukupnya.

Siapkan juga beberapa bahan sebagai lapisan bawah untuk resep agar-agar satu ini, yaitu 2 bungkus tepung agar-agar, buah semangka, kiwi, jeruk, buah naga, gula pasir dan air sebanyak 1600 ml. Setelah bahan terkumpul, selanjutnya adalah masuk ke cara memasak resep agar-agar satu ini.

Pertama masak lapisan putih terlebih dahulu, lalu masukan santan diakhir ketika agar-agar hampir matang dan telah mendidih. Lalu tuangkan ke dalam wadah, dan biarkan dingin. Selanjutnya adalah memasak lapisan bawah dan campurkan semua kecuali buah-buahan.

Iris dan potong semua sesuai selera, bisa berbentuk dadu atau bentuk apapun. Simpan irisan buah-buahan di atas lapisan putih lalu tuangkan kepada adonan agar-agar. Resep agar-agar satu ini pun telah selesai dan siap dinikmati.

Baca Juga: 15 Manfaat Minum Kopi dan Efeknya Jika Dikonsumsi Tiap Pagi

4. Puding Sutra Mangga

Puding Sutra Mangga

Puding atau resep agar-agar satu ini juga menggunakan bahan dasar buah, yaitu buah mangga. Membuat resep agar-agar satu ini sangat mudah sekali. Bahan yang dibutuhkan pun bisa kita dapatkan di mana pun untuk membuat resep agar-agar satu ini.

Bahan yang dibutuhkan adalah 75 gr fiber cream, 1500 ml air matang, 1 bungkus nutrijel mangga, 1 buah mangga lalu dihaluskan terlebih dahulu. Jika ingin lebih kuat rasa mangga, maka perbanyak mangga, bisa dua atau tiga buah. Siapkan juga garam, gula pasir, sunquick mangga secukupnya.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama masukan dan larutkan fiber cream dengan air, lalu tambahkan nutrijel, garam dan gula pasir dalam panci dan masak hingga mendidih. Selanjutnya lalu masukan sunquick dan mangga yang telah dihaluskan.

Masak terus hingga terus mendidih, setelah itu resep agar-agar atau puding sutra mangga siap disajikan dan dinikmati.

5. Agar-agar Lumut

Agar-agar Lumut

Selanjutnya adalah resep agar-agar lumut. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 bungkus agar-agar instan, 700 ml air, 2 butir telur, 150 gram gula pasir, 1 sendok teh pasta pandan, dan 2 sendok makan santan kara. Setelah bahan terkumpul, kita masuk langsung ke cara pembuatannya.

Pertama kita campurkan agar-agar, air, dan juga gula pasir yang sudah disediakan. Lalu aduk rata hingga semuanya tercampur sempurna. Selanjutnya nyalakan api dalam keadaan normal, tidak terlalu besar dan terlalu kecil.

Sambil mengaduk-aduk agar, kita kocok telur dan masukan santan dan pasta pandan ke dalam telur yang dikocok. Ketika agar-agar telah mendidih dan juga telah mengental, masukan telur, santan dan pasta pandan ke dalam adonan agar-agar. Kemudian aduk dengan cepat, hingga semuanya tercampur sempurna.

Resep agar-agar lumut pun selesai dilakukan. Dan kita bisa menyajikan agar-agar lumut setelah dimasukan ke lemari es dan mengeras.

6. Agar-agar Pepaya

Agar-agar Pepaya

Para pecinta buah pepaya harap merapat, karena resep agar-agar satu ini menggunakan buah pepaya sebagai bahan utamanya. Cara membuat resep agar-agar satu ini adalah pertama yang membuat buah pepaya menjadi halus terlebih dahulu dengan menggunakan blender.

Selanjutnya buah pepaya kita masukkan ke dalam panci dan tambahkan air secukupnya. Lalu aduk-aduk sambil kita memasukkan gula dan juga susu kental manis ke dalam panci, kemudian aduk semuanya dengan merata.

Jika sudah, baru kita nyalakan api sedang dan aduk terus hingga agar-agar mendidih. Selanjutnya siapkan loyang atau cetakan untuk mencetak agar-agar. Masukkan agar-agar yang sudah dibuat ke dalam cetakan.

Lalu selanjutnya kita masukkan agar-agar ke dalam lemari es dan sajikan dalam keadaan yang dingin. Resep agar-agar pepaya ini sangat bisa membantu kita yang memiliki masalah pencernaan lho.

7. Agar-Agar Vanilla Latte

Agar-Agar Vanilla Latte

Resep agar-agar selanjutnya adalah agar-agar vanila latte, bahan yang dibutuhkan adalah 1 bungkus agar-agar rasa vanila, 1 bungkus kopi torabika late atau bisa diganti dengan kopi latte lainnya, danir secukupnya, juga siapkan 5 sdm gula pasir.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama  pertama yang harus dilakukan adalah menyeduh kopi Latte terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat.  Selanjutnya masukkan agar ke dalam panci, dan kemudian masukan kopi latte yang sudah diseduh ke dalam panci.

Aduk dan tambahkan gula pasir hingga tidak ada lagi yang menggumpal. Setelah itu, kita nyalakan api dan aduk adonan agar hingga mendidih. Jika sudah mendidih. matikan api dan tuangkan agar-agar ke dalam cetakan.

Selanjutnya kita tinggal menyajikan agar ini dalam keadaan yang beku. Resep agar-agar satu ini dijamin dapat membuat mood kita kembali baik dan kita akan kembali segar lagi menjalani kegiatan hanya dengan resep agar-agar vanilla latte.

8. Agar-Agar Gula Aren

Agar-Agar Gula Aren

Jika biasanya resep agar-agar menggunakan gula pasir atau gula putih, dalam resep agar-agar kali ini kita akan menggantinya dengan gula aren. Gula aren atau gula Jawa memang terkenal karena rasa manisnya yang khas.

Bahan yang dibutuhkan dalam membuat resep agar-agar gula aren adalah 1 bungkus agar-agar instan, 100 gram gula merah, 100 gram gula pasir, seperempat sendok teh garam, dan 700 ml air santan. Setelah bahan terkumpul, kita langsung saja masuk ke cara pembuatannya.

Langkah pertama dalam cara pembuatannya yaitu menyiapkan panci dan campurkan semua bahan yang sudah disediakan. Selanjutnya adalah menyalakan api dan kemudian aduk rata secara terus menerus hingga adonan agar-agar benar-benar mendidih.

Setelah mendidih, matikan api dan lalu kita menyiapkan cetakan untuk membuat agar-agar gula aren. Tuangkan agar ke dalam cetakan dan biarkan hingga dingin. Saat agar-agar sudah dalam keadaan yang dingin, masukkan ke dalam lemari es hingga benar-benar beku. Resep agar-agar gula aren pun telah selesai dilakukan dan bisa segera dinikmati bersama dengan keluarga.

9. Agar-Agar Dodol

Agar-Agar Dodol

Resep agar-agar kali ini menjadikan dodol sebagai agar-agar yang bisa kita nikmati, bahan yang dibutuhkan adalah 4 bungkus agar-agar instan, 200 ml santan kara, 1 kaleng susu kental manis coklat, 1 kg gula pasir, 150 gram cokelat bubuk dan 1000-200 ml air matang, jangan lupa juga menyiapkan vanila secukupnya.

Langkah pertama dalam cara membuatnya adalah menyiapkan wadah yang besar dan lalu memasukan dan mencampurkan semua bahan tersebut menjadi satu. Saring adonan tersebut ke dalam panci ataupun wajan.

 Selanjutnya kita nyalakan api yang dalam ukuran yang sedang, dan masak hingga adonan tersebut mengental dan mendidih. Jika sudah mengental dan mendidih, angkat dan kemudian tuangkan adonan agar-agar ke dalam cetakan.

Pastikan kita tidak membiarkan adonan terlalu lama di dalam wadah yang kita gunakan memasak, karena hal tersebut akan membuat agar cepat membeku. Saat adonan sudah dimasukkan ke dalam cetakan, tunggulah sebentar hingga dingin.

Jika sudah dingin, langkah selanjutnya yaitu memasukkannya ke dalam kulkas dan menikmati agar-agar dodol dalam keadaan yang dingin. Dan resep agar-agar dodol pun selesai dilakukan.

10. Agar-Agar Kelapa Muda

Agar-Agar Kelapa Muda

Mendengar namanya saja sudah terbayang kesegaran dari agar-agar kelapa muda satu ini. Untuk melakukan resep agar-agar kelapa muda, bahan yang dibutuhkan adalah 1 bungkus agar-agar instan warna putih, 100 ml santan kelapa, 50 gr gula pasir, 80 ml air kelapa muda, 100 gram daging kelapa muda, 1 lembar daun pandan, setengan sdt garam.

Masuk ke cara pembuatannya, pertama supaya kita bisa membuat agar-agar sangat nikmat, kita harus mencampurkan gula, garam, 1 bungkus agar-agar, air kelapa muda dan juga pandan serta santan ke dalam satu panci. Aduk hingga merata dalam panci tersebut.

Selanjutnya kita menyalakan api, dan kemudian panaskan adonan agar-agar hingga mendidih sambil terus diaduk hingga agar-agar tidak menggumpal. Jika sudah aman, langkah selanjutnya adalah mematikan kompor dan tunggulah sebentar hingga uapnya agak hilang.

Masukkan adonan agar-agar kepada loyang atau cetakan. Tunggu hingga agar-agar mengeras dan simpan di kulkas. Agar-agar kelapa muda siap disantap dalam keadaan yang dingin untuk kembali menyegarkan hari yang kita jalani.

Setelah menyimak resep dan cara membuat agar-agar di atas. Kita harus tahu tahapan dan cara memasak agar-agar dengan mudah. Yuk langsung saja kita simak tipsnya di bawah ini.

Cara Memasak Agar-Agar yang Mudah

Segala sesuatu itu memerlukan pengetahuan, termasuk dalam membuat agar-agar. Berikut ini akan dijelaskan tahapan dan langkah membuat agar-agar jenis apapun agar memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Langkah-langkahnya akan disampaikan ke dalam poin-poin di bawah ini:

  • Mencampurkan agar-agar dengan air.
  • Mengaduknya hingga rata terlebih dahulu, sebelum kemudian menyalakan api.
  • Aduk secara perlahan hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, diamkan beberapa saat terlebih dahulu, baru dipindahkan ke dalam cetakan.
  • Setelah agar-agar masuk ke dalam cetakan, kita bisa menyimpan agar-agar di dalam kulkas agar mengeras dan menjadi kenyal dengan sempurna.

Setiap agar-agar hampir memiliki cara dan langkah pembuatan yang sama persis seperti langkah yang dijelaskan di atas. Adapun beberapa perbedaan yaitu dalam hal memasukan bahan tambahan yang sesuai dengan resep dari agar-agar yang akan kita buat.

Memakan agar-agar dapat membantu kita memperlancar pencernaan dan juga membuang kotoran yang ada di dalam tubuh. Jika Sedulur memiliki masalah pencernaan, mengkonsumsi agar-agar adalah pilihan yang tepat. Selain rasanya manis dan nikmat, konsumsi agar-agar juga bisa membuat pencernaan lancar dan meredakan panas dalam.

Oleh karena itu, Sedulur harus selalu menyiapkan agar-agar untuk kebutuhan dapur setiap harinya. Sedulur bisa mendapatkan agar-agar dengan membelinya di Aplikasi Super. Banyak tersedia barang dan sembako yang ada di Aplikasi Super.

Sedulur bisa langsung cek ketersediaan barang dan sembako di Aplikasi Super dengan download terlebih dahulu aplikasinya. Lihat dan bandingkan harga barang dan sembako yang ada di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan sembako dengan barang yang mudah.

Jangan lupa juga kunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini. Pelajari cara daftar Aplikasi Super untuk mendapatkan beberapa bonus dan keuntungan dari setiap program yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Aplikasi Super memiliki beberapa program yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan Aplikasi Super.