ragam hias flora

Bagi sebagian banyak orang, motif bunga-bungaan dan binatang disebut sebagai salah satu pattern favorit untuk barang mereka. Mulai dari pakaian, case handphone, hingga sesederhana dompet. Modelnya yang sederhana namun memberi kesan classy ini mampu membuat ragam hias flora dan fauna menjadi pilihan utama.

Teruntuk banyak wanita, motif ragam hias ini juga cukup mendominasi barang mereka. Bila ditilik dari definisi, ini adalah bentuk dasar hiasan yang polanya diulang-ulang dalam media kerajinan maupun karya seni. Bila kamu adalah salah satu penyukanya, perlu untuk mengetahui tentang secuil sejarah hingga macamnya. Untuk lebih jelasnya, Sedulur bisa menyimak informasi di bawah ini.

BACA JUGA: Manfaat Bunga Telang yang Baik Untuk Mengurangi Stress

1. Floral

flora
Bukalapak

Motif ragam hias floral adalah salah satu yang pattern yang cukup sering ditemui di kain batik. Pola ini didominasi dengan perpafuan antara elemen garis dan titik-titik dengan warna yang cerah. Warna yang mendominasi biasanya tidak jauh-jauh dari merah, biru, dan hijau. 

-->

2. Daun-daunan

Daun-daunan
Bukalapak

Bila ada bunga, tentu akan ada yang menggambar ragam hias flora dalam bentuk dedaunan juga. Yang membedakan daun-daun ini terkesan  lebih berbeda adalah dalam aspek pemilihan warnanya. Bila dari sudut pandang realis daun sering diidentikkan dengan warna hijau, di motif ini kamu bakal mendapati banyak yang memadukan warna merah, biru, ungu, hingga oranye dalam satu kain.

3. Daun paku

Daun paku
Bukalapak

Selain daun biasa yang umumnya berbentuk oval dengan sudut runcing di bagian ujungnya, daun paku juga menjadi pilihan pattern yang cukup mudah didapati di batik, guci, hingga pot bunga. Bentuk ragam hias flora mudah ini biasanya memiliki shape yang lebih banyak geriginya. Selain itu, pola ini akan lebih serasi bila dipadukan dengan warna terang dan gelap sekaligus.

BACA JUGA: Manfaat Kumis Kucing, Daun Herbal yang Kaya Akan Manfaat

4. Daun bercabang

Daun bercabang
Bukalapak

Bagi yang suka dengan batik tulis, pasti tahu bahwa yang digambar di atas kainnya tidak serapi sablon yang sudah di-setting dengan mesin. Daun bercabang merupakan salah satu motif yang cukup banyak dibuat oleh pengrajinnya. Warna yang dipadukan pun dominan dengan tone gelap.

5. Bunga dan daun

Bunga dan daun
Bukalapak

Perpaduan contoh ragam hias flora antara bunga dan daun juga menjadi kombinasi yang tetap disukai oleh banyak orang. Kedua aspek ini bakal menonjolkan kesan meriah karena ada pilihan warna yang lebih beragam. Motif ini cukup banyak didapati dan dimanfaatkan sebagai jarik maupun batik kemeja untuk pria dan wanita.

6. Bunga naga

Bunga naga
Bukalapak

Ragam hias flora yang tak kalah bagus juga bisa didapatkan dengan motif bunga naga. Biasanya, pola bunga ini bentuknya menyerupai ekor naga yang berkelok-kelok. Selain itu, pilihan warnanya juga lebih variatif. Latar berwarna coklatnya bisa divariasikan dengan warna creme, putih, kuning, bahkan jingga.

BACA JUGA: Mengenal Tanaman Indigofera: Jenis, Manfaat & Budidayanya

7. Kembang mahkota

Kembang mahkota
Bukalapak

Motif bunga kembang mahkota juga terbilang cukup menarik perhatian dan mudah dibedakan. Bentuknya yang lebih luwes dan rapi sangat cocok bila dipadukan dengan banyak tone warna. Kamu bakal mendapati motif ini bila sedang berburu ke toko dan pusat batik. Biasanya, pola ini akan lebih cocok bila dijadikan sebagai kemeja batik untuk pria.

8. Pohon cemara

Pohon cemara
Bukalapak

Selain batik, kamu juga akan mendapati motif pohon cemara pada kain songket dan tenun. Bentuknya yang terkesan kaku memang lebih mudah untuk diaplikasikan ketika menggunakan alat. Hasil akhirnya juga rapi dan bisa tetap dilanjutkan dengan menggabungkan benang lainnya meski benang yang sebelumnya sudah habis. 

9. Batik berakar

batik berakar
budaya-indonesia

Bila ingin mencari contoh ragam hias flora yang ada dalam satu pattern, kamu bisa mencoba melihat motif batik berakar. Adanya akar yang menyerupai rating pohon ini juga dimeriahkan dengan banyak bentuk dedaunan, bunga, dan bentuk hewan realis maupun abstrak lainnya. Biasanya, pola ini memiliki latar berwarna putih dan tinta coklat untuk warna motifnya.

BACA JUGA: Kenali Tanaman Porang, Manfaat & Cara Budidaya Untuk Bisnis

10. Daun dan burung

motif ragam hias
Bukalapak

Di motif pakaian, kamu bakal cukup sering mendapati motif burung yang hinggan di atas dedaunan di ranting pohon. Untuk pola yang tidak terkesan norak, biasanya warna latarnya sengaja dipilih putih agar bisa dikreasikan dengan warna cerah lainnya. Kamu bisa melihat perpaduan antara merah, biru, hijau, coklat, hingga merah dalams atu motif yang sama.

11. Kecebong dan dedaunan

Kecebong dan dedaunan
Bukalapak

Siapa bilang bentuk kecebong tidak bisa dikreasikan sebagai ragam hias fauna dan flora? Disadari atau tidak, ada banyak motif batik yang menggabungkan antara bentuk kecebong dan daun dalam waktu bersamaan. Bagi yang suka dengan bentuk repetitif tidak beraturan, pasti bakal suka dengan pattern ini.

12. Karang simbar

ragam hias fauna
kibrispdr

Bentuk abstrak yang memadukan antara tanaman dan hewan lainnya adalah karang simbar. Polanya dibuat menyerupai bunga yang daunnya menjuntai ke bawah dan bentuknya sekilas mirip dengan tanduk rusa.

BACA JUGA: Manfaat Daun Suji yang Dapat Mengatasi Berbagai Penyakit

13. Karang asti

Karang asti
engrasia

Bagi yang suka dengan motif flora, kamu bakalan memfavoritkan pola karang asti. Bentuk gajah dan belalainya ini dikreasikan hingga bisa menjadi motif yang bagus untuk digambar di atas kain batik. Bentuk fantasi ini bisa saja sekilas terlihat seperti bunga dan gajah.

14. Bunga dan garuda

ragam hias flora Bunga dan garuda
gambaramazing

Burung merupakans alah satu hewan yang cukup mudah untuk digambar. Dengan motif fantasi, ada banyak yang menggabungkan gambar garuda dengan banyak motif bunga. Warna yang hadir pun biasanya tersedia warna yang gelap maupun cerah.

15. Bunga repetitif teratur

gambar ragam hias flora
Bukalapak

Selain pada kain batik, kamu juga bisa mendapati ragam hias flora di permukaan ubin yang dipasang di lantai maupun tembok. Bentuk bunga beraturan dan repetitif ini bisa membuat rumahmu terkesan lebih rapi dan bersih. Bila tengah mengunjungi toko bangunan, kamu mungkin saja mendapati motif ini dalam warna biru, putih, dan abu-abu.

Berbagai macam dan ragam hias flora hingga fauna yang ada di batik bisa dijadikan referensi bagi kamu yang suka mengoleksi. Bila bisa, cari yang motif dan warnanya berbeda agar pakaianmu memiliki lebih banyak pilihan.

Selain memperbanyak koleksi motif pakaian, kamu juga bisa melengkapi kebutuhan sembako rumah tangga dengan berbelanja di Aplikasi Super. Harganya terjangkau dan praktis karena pesananmu bakalan langsung diantar sampai ke rumah.