Sudahkah Sedulur tahu manfaat bunga telang? Jika belum, Sedulur bisa cek pembahasannya di bawah ini!

Bunga telang salah satu tanaman yang ekstraknya digunakan untuk berbagai kebutuhan, di antaranya sebagai pewarna alami dan juga untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran. Terdapat beberapa manfaat bunga telang dan cara mengolahnya. Namun, cara pengolahan yang umum digunakan yaitu dengan menjadikannya sebagai teh.

Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan menjelaskan beberapa manfaat bunga telang yang akan bermanfaat untuk mengurangi stress dan persoalan pikiran lainnya. Bunga telang sangat efektif untuk memberikan ketenangan dan khasiat lainnya untuk tubuh. Seperti apa saja khasiatnya? Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 10 Manfaat Air Mawar Untuk Wajah Sehat & Glowing

-->

Sejumlah Manfaat Bunga Telang untuk Mengurangi Stress dan Khasiatnya untuk Tubuh

1. Meringankan depresi dan stress

1. Meringankan depresi dan stress
klikdokter.com

Salah satu manfaat bunga telang ungu yang paling utama adalah dapat meringankan depresi dan stress. Esktrak etanol bunga telang mengandung senyawa phytocomp yang terkadung asam linolenat dan asam palmitat. Asam linolenat dan asam palmitat merupakan kandungan yang dipercaya dapat mengatasi gangguan depresi dan stress.

Asam linolenat merupakan asam lemak omega-3 esensial yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah, semetara itu asam linolenat juga memiliki sifat neroprotektif yang dapat melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan. Merupakan kandungan yang memiliki sifat antidepresan.

2. Mengatasi gangguan kecemasan

2. Mengatasi gangguan kecemasan
hellosehat.com

Bagi Sedulur yang sering mengalami gangguan kecemasan, Sedulur bisa rutin mengkonsumsi teh bunga telang. Konsumsi bunga telang, dan dibarengi dengan aktivita yoga dapat membantu Sedulur mengatasi gangguan kecemaasan. Bunga telang juga memilikisifat adoptogenis yang menjadi penyebab pemicu kecemasan, stress dan depresi.

3. Meningkatkan daya ingat

3. Meningkatkan daya ingat
liputan6.com

Manfaat bunga telang yang ketiga adalah dapat meningkatkan daya ingat. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan bunga telang yang dapat peningkatkan fungsi asetilkolin yang merupakan neurotransmitter yang memiliki peran penting untuk menjaga daya ingat. Hal ini akan membuat kita tetap dapat mempertahankan ingatan dalam otak, dalam jangka waktu yang lama.

4. Untuk kecantikan wajah

4. Untuk kecantikan wajah
femaledaily.com

Selanjutnya ada juga manfaat bunga telang untuk kecantikan wajah. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan bunga telang yang tinggi akan antioksidan nabati dan vitamin A, C dan E, yang bisa menjadi pelindung kulit secara alami. Sedulur yang ingin merawat keindahan kulit wajah, bisa mengkonsumi teh bunga telang secara rutin.

Selain itu, terkenal juga manfaat bunga telang sebagai pewarna alami yang juga dapat mencegah kulit dari iritasi dan penyakit kulit lainnya. Termasuk terkena virus dan bakteri yang menyerang kulit. Tidak perlu repot menggunakan alat kecantikan yang mahal, cukup dengan bunga telang, kita bisa mendapatkan kecantikan wajah dan kulit.

5. Mengurangi peradangan

5. Mengurangi peradangan
alodokter.com

Selanjutnya dalam pembahasan manfaat bunga telang yaitu dapat secara efektif meringankan peradangan. Bunga telang seringkali digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi demam dan nyeri akibat peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Hal tersebut diperkuat dengan kandungan dari bunga telang yang memiliki efek anti peradangan. Sedulur bisa memanfaatkan teh bunga telang, ketika Sedulur mengalami peradangan.

6. Menurunkan tekanan darah

6. Menurunkan tekanan darah
kompas.com

Selanjutnya yaitu manfaat bunga telang untuk menjaga sistem keseimbangan tekanan darah di dalam tubuh. Bunga telang dapat menurunkan tekanan darah bagi Sedulur yang mengidap hipertensi. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa antosianin yang dapat membantu mengurangi kekakuan arteri yang menjadi penyebab terjadinya hipertensi.

Semakin kaki arteri, akan semakin sulit darah mengalir ke dalam tubuh sehingga menyebabkan tekanan darah Sedulur menjadi tinggi. Hal ini harus segera diatasi, jika tidak Sedulur bisa terkena risiko serangan jantung.

Baca Juga: 12 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah & Cara Pakainya

7. Memelihara fungsi otak

7. Memelihara fungsi otak
alodokter.com

Dalam bunga telang, terkadung flavonoid dan atosianin yang dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sel saraf. Pada poin ketiga telah dijelaskan di atas, bahwa bunga telang dapat meningkatkan daya ingat. Hal tersebu juga sejalan dalam manfaat untuk memelihara fungsi otak.

Bunga telang juga dapat meningkatkan produksi asetillkolin, yang dapat meningkatkan konsentrasi otak. Bagi Sedulur yang rutin mengkonsumsi bunga telang, akan terhindar dari risiko pikun atau demensia yang parah di usia senja. Demi masa depan yang baik, manfaat bunga telang satu ini patut dipertimbangkan.

8. Membantu mengatasi asma

8. Membantu mengatasi asma
halodoc.com

Masalah pernafasan yang Sedulur alami, seperti bronkitis dan asma dapat diatasi dengan manfaat bunga telang. Manfaat satu ini berasal dari kemampuan dan sifat ekspektoran yang dapat mengurangi iritasi pada saluran pernapasan saat asma atau bronkitis kambuh. Sedulur bisa menjadikan bunga telang sebagai teh untuk dikonsumsi secara teratur setiap hari.

9. Melancarkan pencernaan

9. Melancarkan pencernaan
tokopedia.com

Terdapat juga manfaat teh bunga telang untuk pencernaan. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan dari antioksidan yang terdapat dalam bunga telang yang mampu mengendurkan otot perut sehingga mampu melancarkan pencernaan. Sedulur juga bisa memanfaatkan bunga telang untuk diet, karena bunga telang dapat mengingkatkan kinerja sistem metabolisme tubuh menjadi lebih terkendali.

10. Menjaga kesehatan mata

10. Menjaga kesehatan mata
alodokter.com

Kandungan antioksidan dalam bunga telang yang dikenal dengan nama pranthocyanidin, dapat meningkatkan aliran darai ke kapiler mata. Hal tersebut dapat membuat kita menjaga kesehatan mata secara alami. Bukan hanya itu, bunga telang juga dapat mengobati glaukoma, katarak, penglihatan kabur, kelelahan mata dan kerusakan retina. Namun semua itu perlu pengawasan dokter dan ahli.

11. Mencegah alergi

11. Mencegah alergi
detik.com

Bunga telang juga dapat digunakan untuk mencegah alergi atau setidaknya meringankan reaksi alergi. Manfaat bunga telang ini telah digunakan sejak lama dan diwariskan secara turun temurun kepada kita. Secara tradisional, bunga talah telah digunakan untuk menyembuhkan alergi gatal-gatal, asma dan batuk-batuk.

Hal ini disebabkan oleh kandungan bunga telang yang memiliki sejumlah zat histamin, yang dapat menimbulkan peradangan saat alergi menyerang tubuh. Namun, penggunaan bunga telang untuk alergi ini, disarankan untuk mendapatkan pengawasan dari ahli dan dokter, agar manfaat dan bahaya bunga telang tidak jadi bias.

12. Menurunkan kadar gula darah

12. Menurunkan kadar gula darah
hellosehat.com

Daftar terakhir dari manfaat bunga telang adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Dengan mengonsumsi bunga telang secara teratur, Sedulur dapat menjaga kadar gula darat tetap stabil. Hatl tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan bunga telang yang tinggi, yang baik untuk mencegah resistensi insulin yang dapat menyebabkan gula darah naik dan memicul diabetes.

Namun, kuncinya Sedulur harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan sehat secara disiplin dan ketat. Jangan lupa juga untuk mengurangi makanan yang buruk dan tidak sehat. Lebih baik Sedulur juga sambil berolahraga secara rutin, agar kadar gula darah tetap normal.

Sekian penjelasan terkait berbagai khasiat bunga telang, sebenarnya ada 19 manfaat bunga telang bahkan lebih. Namun, manfaat di atas merupakan yang paling dibutuhkan oleh kondisi kebanyakan masyarakat. Jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan asupan-asupan bergizi.

Sedulur bisa mengkonsumsi asupan bergizi agar khasiat bunga telang dapat bekerja secara optimal.Untuk memenuhi asupan makanan yang bergizi, Sedulur bisa membeli berbagai kebutuhan makanan di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan berbagai bahan makanan berkualitas dan bergizi, ditunjang dengan pelayanan super mudah.

Hal tersebut dapat membuat hidup Sedulur lebih mudah. Sedulur bisa mencobanya langsung, bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download dan langsung merasakan manfaat dari Aplikasi Super. Selamat mencoba!