Mengenal pasangan lebih dalam merupakan proses yang dapat dilakukan sebelum menjalani hubungan yang lebih serius. Hal ini dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kecocokan, bagaimana karakter pasangan, hingga bagaimana rencana pasangan terkait masa depan hubungan yang sedang dijalani. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengajukan beberapa pertanyaan untuk pasangan saat sedang berkomunikasi setiap harinya.

Pola komunikasi antara satu sama lain merupakan hal yang penting dalam menjalin sebuah hubungan. Komunikasi yang baik dapat dilakukan dengan saling bertukar kabar, bercerita kegiatan sehari-hari, hingga membahas masalah yang lebih serius menyangkut masa depan. Dengan komunikasi yang baik, hubungan yang dijalani pastinya dapat bertahan lama.

Jika 100 pertanyaan untuk pasangan terlalu banyak, berikut adalah 20 pertanyaan untuk pasangan yang dapat Sedulur coba tanyakan supaya hubungan yang dijalani tidak terasa membosankan. Simak, ya!

BACA JUGA: 150 Kata-kata Romantis untuk Pasangan yang Penuh Makna

-->

1. “Apa yang akan kamu lakukan jika salah satu dari kita mengalami fase jenuh di dalam hubungan ini?”

pertanyaan untuk pasangan
iStock

Pertanyaan pertama termasuk dalam pertanyaan untuk pasangan LDR. Hal ini karena hubungan jarak jauh seringkali membuat jenuh pada salah satu pihak atau keduanya. Jika salah satu pihak mengalami kejenuhan, apa yang akan dilakukan pihak yang lain dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk berhenti atau melanjutkan hubungan. Jika memang keduanya memiliki tujuan yang lebih serius, maka sejenuh apapun hubungan yang sedang dijalani, salah satu atau keduanya akan memperjuangkan dan memperbaikinya. 

2. “Bagaimana pandanganmu mengenai saling berbagi password sosial media?”

Pertanyaan kedua mungkin tidak terlalu penting bagi sebagian orang, hal ini karena sosial media termasuk ranah privasi yang tidak seharusnya diketahui oleh orang lain. Namun, beberapa pasangan saling membagikan password sosial medianya untuk memberikan kepercayaan lebih jika dia tidak melakukan hal yang macam-macam. Oleh karena itu, pembahasan mengenai hal ini dapat dikomunikasikan terlebih dahulu untuk mendapatkan jalan tengah jika kedua belah pihak berbeda pendapat. 

BACA JUGA: 16 Puisi Cinta Paling Romantis untuk Meluluhkan Hati Pasangan

3. “Jika ternyata aku memiliki kekurangan yang jauh dari ekspektasimu, bagaimana cara kamu menyikapinya?”

pertanyaan untuk pasangan
iStock

Ekspektasi merupakan hal yang hampir dimiliki oleh setiap orang. Hal ini juga termasuk ekspektasi kepada pasangan masing-masing. Jika ekspektasi yang diberikan terlalu besar, namun pada kenyataannya pasangan jauh dari ekspektasi, cara menyikapi pasangan dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan keberlanjutan hubungan. Dari pertanyaan ini, Sedulur juga dapat memprediksi ketahanan hubungan dengan pasangan, apakah akan bertahan lama atau tidak.

4. “Apa yang kamu lakukan untuk mengisi waktu senggang?”

Menanyakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh pasangan di waktu senggang akan membuat seseorang lebih memahami pasangannya. Hal ini akan membuat seseorang mengetahui minat dan kegiatan apa saja yang pasangannya sukai. Jawaban atas pertanyaan tersebut juga dapat digunakan untuk mengisi waktu senggang bersama, seperti berolahraga, membaca buku, ataupun bermain games bersama. 

5. “Apakah keputusan besar harus dibuat bersama?”

pertanyaan untuk pasangan
iStock

Pertanyaan ini sangat cocok dimasukkan dalam daftar pertanyaan untuk pasangan sebelum menikah. Hal ini karena setelah menikah, banyak sekali urusan yang menyangkut kedua belah pihak. Dengan demikian, keputusan yang akan diambil juga harus didiskusikan terlebih dahulu. 

Jika salah satu pihak terlalu dominan dan impulsif, maka keputusan yang dihasilkan tidak akan membawa kebaikan. Jika pasangan memilih untuk menyelesaikannya sendiri, Sedulur dapat memperhitungkan matang-matang apakah sesuai dengan prinsip yang Sedulur anut atau tidak sebelum melanjutkan ke jenjang berikutnya. 

BACA JUGA: Ketahui Ciri Ciri Pasangan Posesif dan Cara Menghadapinya

6. “Kamu paling senang kalau aku melakukan apa untuk kamu?”

Merupakan contoh pertanyaan untuk pasangan baru. Pertanyaan ini akan membuat kedua belah pihak saling mengetahui bahasa cinta pasangan. Apakah bahasa cintanya adalah menghabiskan waktu bersama, saling melayani, memberi dan menerima hadiah, ataupun sentuhan fisik. Jika sudah mengetahui dan melakukan hal sesuai dengan bahasa cinta tersebut, hubungan yang dijalani tentunya akan lebih awet. 

7. “Apakah kamu ingin merayakan Hari Valentine dengan makan malam romantis?”

pertanyaan untuk pasangan
iStock

Pertanyaan ini dapat digunakan untuk mengetahui apakah pasangan adalah tipe orang yang senang merayakan hari valentine untuk menunjukkan kasih sayang atau tidak. Dengan pertanyaan ini, Sedulur juga dapat mengetahui definisi romantis dari sudut pandang pasangan sehingga nantinya dapat menyesuaikan dengan diri masing-masing. 

8. “Bagaimana jika kelak kita diharuskan untuk menjalin hubungan jarak jauh?”

Sebagian besar pasangan akan berpotensi menjalani hubungan jarak jauh. Sedulur bisa saja terpisahkan dengan pasangan karena pendidikan ataupun pekerjaan. Pertanyaan ini lebih baik ditanyakan kepada pasangan, maukah menjalani hubungan LDR atau tidak? 

Hal ini lebih baik diketahui sejak awal, daripada sudah menjalani hubungan cukup jauh, namun harus kandas karena salah satu atau kedua pihak tidak bisa bertahan dan berkomitmen dengan keadaan hubungan jarak jauh. 

BACA JUGA: 20 Ide Hadiah Valentine untuk Pasangan yang Paling Berkesan

9. “Apa saja hal yang kamu anggap penting?”

pertanyaan untuk pasangan
iStock

Pertanyaan ini dapat digunakan untuk mengetahui hal apa saja yang dianggap penting oleh pasangan. Dengan pertanyaan ini, Sedulur juga dapat mengetahui apa saja prioritas dalam kehidupan pasangan dan bagaimana ia mengatur prioritasnya. 

10. “Hal apa yang paling kamu sukai dari diriku?”

Pertanyaan ini mungkin menjadi salah satu pertanyaan untuk pasangan agar tidak bosan

yang sering ditanyakan oleh sepasang kekasih satu sama lain. Hal ini karena mengetahui apa yang pasangan suka dari diri kita dapat membuat hati bahagia dan merasa berharga. Selain itu, informasi ini juga dapat membuat seseorang merasa yakin jika pasangannya benar-benar menyayanginya.

11. “Seperti apa bentuk mapan secara finansial menurut pandanganmu?”

pertanyaan untuk pasangan
iStock

Pertanyaan ini penting ditanyakan jika Sedulur sudah berencana melanjutkan hubungan ke tahap berikutnya. Mengetahui bagaimana gambaran mapan secara finansial menurut pasangan akan membuat Sedulur semakin paham tentang kehidupan yang dikehendakinya. Menyamakan persepsi dengan pasangan dapat meminimalisir adanya pertengkaran yang disebabkan oleh masalah ekonomi atau finansial. 

BACA JUGA: 25 Panggilan Sayang untuk Pasangan yang Unik dan Romantis

12. “Apa yang bikin kamu sayang sama aku?”

Selain menanyakan hal yang disukai pasangan dari diri kita, alasan yang mendasari mengapa pasangan menyayangi kita juga dapat ditanyakan. Hal ini akan membuat Sedulur mengetahui apa yang membuat pasangan tertarik. Bisa saja karena kecerdasan, sikap, hingga alasan yang tidak bisa dijelaskan. 

13. “Bagaimana jika aku sudah tua dan tidak menarik lagi?”

pertanyaan untuk pasangan
iStock

Pertanyaan ini dapat digunakan untuk mengetahui perasaan cinta pasangan terhadap Sedulur. Jika nantinya Sedulur menikah dan sudah tua bahkan sudah tidak menarik lagi, apakah pasangan masih mau menemani atau hanya memandang dari fisik saja. 

14. “Apakah kamu akan memberitahu kalau aku bau?”

Salah satu pertanyaan untuk pasangan lucu dan mungkin terdengar bodoh adalah menanyakan respon pasangan setelah mengetahui kekurangan diri. Apakah pasangan akan memberitahu jika Sedulur bau atau malah memendamnya saja dapat menunjukkan sikap jujur pasangan. Kejujuran ini sangat penting untuk menjaga hubungan sehingga saling nyaman satu sama lain. 

BACA JUGA: 12 Panggilan Sayang dalam Bahasa Korea Untuk Pasangan Kamu

15. “Apa rencanamu untuk masa depan?”

pertanyaan untuk pasangan
iStock

Pertanyaan ini dapat ditanyakan untuk mengetahui rencana pasangan di hari selanjutnya. Bagi beberapa orang, karir adalah nomor satu, bagi sebagian yang lain, keluarga adalah yang utama. Dengan mengetahui rencana masa depannya, Sedulur dapat mengetahui apakah rencananya cocok dengan apa yang Sedulur rencanakan atau tidak.  

16. “Seberapa penting keluarga untukmu?”

Pertanyaan ini dapat membuat Sedulur mengetahui nilai kekeluargaan di mata pasangan. Hal ini karena tidak semua orang lahir dalam lingkungan keluarga yang baik, dengan begitu, mengetahui arti keluarga bagi pasangan sangat penting untuk membantu Sedulur memahami pasangan dan membangun hubungan yang sehat.

17. “Apa pendapat kamu tentang hubungan yang sehat?”

pertanyaan untuk pasangan
iStock

Pertanyaan ini juga dapat ditanyakan untuk mengetahui pandangan pasangan mengenai hubungan yang sehat. Penting untuk mengetahui gambaran hubungan yang sehat dan mendiskusikan bagaimana Sedulur akan menjalani hubungan yang sehat bersama dengan pasangan. 

Sebagai contoh, dalam hubungan yang sehat tidak ada kasus minder dengan pasangan. Jika secara finansial dan pendidikan berbeda, maka tanyakan apakah pasangan minder atau tidak. Jika pasangan tidak bisa melihat Sedulur lebih baik darinya, maka hubungan yang dijalani akan berpotensi kandas hanya karena rasa mindernya.

BACA JUGA: 14 Hewan Paling Setia Pada Pasangannya, Termasuk Buaya!

18. “Bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah?”

Pertanyaan ini juga sangat penting untuk mengetahui cara pasangan dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Beberapa orang akan berusaha untuk membicarakan masalah sehingga cepat selesai, namun beberapa yang lain akan memilih diam. Dengan mengetahui cara pasangan dalam menyelesaikan masalah, Sedulur dapat mengetahui seberapa cocok kalian jika bersama. 

19. “Bagaimana cara kamu menenangkan diri?”

pertanyaan untuk pasangan
iStock

Selain mengetahui cara pasangan dalam menyelesaikan masalah, mengetahui cara pasangan dalam menenangkan diri juga akan membuat Sedulur lebih memahami dan mengerti saat ia membutuhkan waktu untuk sendiri dalam beberapa waktu. Sedulur dapat mulai berbicara lagi setelah keadaan mulai tenang dan kondusif.

BACA JUGA: Begini Cara Mudah Menghitung Weton Kamu & Pasangan

20. “Apakah ada hal tentang diriku yang tidak kamu ketahui, tapi ingin kamu ketahui?”

Pertanyaan ini juga penting untuk lebih mengenal satu sama lain. Beberapa orang akan merasa sungkan untuk bertanya sesuatu, namun saat ditawari terlebih dahulu, mereka akan mulai membuka suara. Ada kalanya Sedulur memulai untuk membuka pembicaraan sehingga pasangan dapat menanyakan apa yang ingin ia ketahui dengan nyaman. 

Demikian informasi mengenai pertanyaan untuk pasangan agar hubungan yang sedang dijalani tidak terasa membosankan. Memang bosan adalah hal yang wajar, namun berusaha untuk mengusir kebosanan merupakan hal yang baik dilakukan. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.