Saat memulai sebuah hubungan romantis, kamu mungkin terpikir untuk memberikan pasanganmu nama panggilan sayang. Tujuannya tentu membedakannya dengan teman atau keluargamu yang biasanya hanya kamu panggil berdasar nama asli mereka. Ini juga menjadi bukti bahwa si dia punya tempat spesial di hatimu. 

Menurut artikel Scientific American, panggilan macam ini adalah bentuk baby talk atau cara komunikasi yang menunjukkan kesan saling memanjakan. Banyak pasangan yang menggunakannya untuk membangun ikatan, terutama di awal-awal fase hubungan mereka.

Saat hubungan sudah terjalin lama seperti pernikahan yang sudah masuk belasan hingga puluhan tahun, nama panggilan sayang biasanya sudah mulai ditinggalkan dan mereka mulai memanggil nama masing-masing. Terutama di luar negeri. Di Indonesia sendiri, hingga usia senja pasangan kebanyakan masih digunakan panggilan “pak” dan “bu” atau “mama” dan “papa”. 

Sedang terpikir membuat nama imut untuk dipersembahkan buat yang spesial di hati? Berikut deretan ide nama panggilan sayang unik yang bisa kamu sontek atau jadikan inspirasi. 

-->

BACA JUGA: 12 Panggilan Sayang dalam Bahasa Korea Untuk Pasangan Kamu

1. Sayang 

panggilan sayang
pexels

“Sayang” adalah panggilan cinta yang sangat umum kita temukan dan dipakai orang Indonesia untuk pasangannya. Sayang bisa dimodifikasi jadi berbagai panggilan yang terkesan lebih manja dan imut, seperti “ayang” atau “yang”. Biasanya pasangan mempertahankan panggilan semasa pacaran sampai ke pelaminan. 

2. Honey 

Tidak hanya untuk pasangan perempuan, “honey” bisa dijadikan panggilan sayang untuk cowok sekaligus. Ia bersifat netral dan tidak pula terkesan berlebihan. Sebagai variasinya, Sedulur bisa menggantinya jadi “huni” atau “hon”. Panggilan ini juga cukup populer, bukan untuk kamu yang mencari panggilan sayang yang langka. 

3. Babe 

“Babe” adalah singkatan dari “baby” yang artinya juga sayang. Di Indonesia, panggilan sayang ini dimodifikasi jadi “beb” atau “bebeb” agar lebih mudah dilafalkan dan diketik di pesan singkat. Siapa nih yang sudah pakai istilah ini untuk menyapa atau memanggil pujaan hati? 

4. Hubby dan Wifey 

Buat yang sudah menikah, panggilan “hubby” dan “wifey” juga bisa dipakai sebagai bentuk penghargaan kalian atas status masing-masing. Panggilan ini dapat digunakan untuk menyimpan nomor pasangan kalian di ponsel masing-masing. Jadi, tak bakal deh tertukar dengan nama orang lain di kontak. 

5. Bun dan Yayah 

panggilan sayang
pexels

Sedulur pun pasti sudah sering mendengar nama panggilan yang ini. “bunda” dan “yayah” adalah cara banyak orangtua milenial mengajari putra dan putri mereka untuk menyapa kedua orangtuanya. Kalau dulu masih banyak yang menggunakan “bapak” dan “ibu”, sekarang nomenklatur baru tersebut lebih populer.  

BACA JUGA: 14 Hewan Paling Setia Pada Pasangannya, Termasuk Buaya!

6. My Precious 

Dari bahasa Inggris, Sedulur bisa menggunakan sapaan “my precious”. Sapaan ini juga gender neutral, artinya tidak terikat pada gender tertentu. Kamu bisa menggunakannya satu sama lain untuk perempuan maupun laki-laki. Artinya sendiri adalah sesuatu atau seseorang yang sangat berharga.

7. Yeobo

“Yeobo” diambil dari bahasa Korea yang merupakan panggilan sayang antar pasangan. “Yeobo” mudah diucapkan di lidah Indonesia, kok. Bisa nih kamu pakai sebagai alternatif “nae sarang” yang mungkin terlalu panjang atau kurang praktis.  

8. Mon (ma) Cherie 

pexels

“Mon cheri” atau “ma cherie” adalah istilah bahasa Prancis yang banyak dipakai orang untuk menyatakan kekaguman dan rasa sayangnya pada kekasih. Artinya macam-macam, tetapi paling umum adalah “sayangku”. Bedanya, “mon” dipakai bila ingin menyatakannya pada laki-laki, dan “ma” untuk sebaliknya. Sudah tahu ‘kan sekarang? Tertarik pakai? 

9. Champ 

“Champ” bisa jadi panggilan sayang yang tidak lebay. Justru terdengar keren dan netral. Ia diambil dari bahasa Inggris “champion” yang artinya juara. Menunjukkan bahwa sang kekasih adalah juara di hatimu. Ungkapan sayang ini juga bisa jadi bukti kebanggaanmu pada kekasih atas apa pun prestasi positif yang ia torehkan. Pas buat pasangan yang suportif satu sama lain. 

10. Dud 

Ini bisa jadi alternatif “champ” yang diambil dari kata “dude” yang dipakai di Amerika Serikat sebagai alternatif “guy” atau “fella”. Kesemuanya berarti teman. Di pergaulan sendiri bila seorang teman laki-laki memanggil teman perempuannya “dude” bisa jadi tanda bahwa ia nyaman berbincang denganmu dan ingin lebih dekat.  

“Dud” sendiri punya arti yang lain, yaitu mesin yang tidak bisa bekerja dengan baik. Ini bisa jadi guyonan antar kalian sebagai pasangan. Misalnya pacar atau suamimu kurang cekatan di satu bidang dan kamu pun memanggilnya dengan kata “dud”. 

11. Adik dan Abang 

panggilan sayang
pexels

Panggilan ini juga umum dipakai orang Indonesia. Biasanya karena perbedaan usia antara pihak perempuan dan laki-laki yang akhirnya membuat pihak perempuan yang lebih muda memanggil pasangannya dengan sapaan “mas”. Kemudian, dibalas dengan sapaan “adik” atau “dik” oleh pihak laki-laki. Biasanya sapaan ini bertahan selama masa pacaran dan awal pernikahan. Saat sudah dikaruniai buah hati, biasanya pasangan di Indonesia memanggil pasangannya dengan sapaan yang mereka hendak ajarkan pada anaknya. 

BACA JUGA: Begini Cara Mudah Menghitung Weton Kamu & Pasangan

12. Manisku 

“Manisku” bisa dipakai untuk pria yang ingin menunjukkan rasa kagumnya pada paras manis pasangannya. Sederhana dan mudah dilafalkan, silakan jadi nama kontak buat pujaan hatimu di ponsel. 

13. Permaisuriku

Ini bisa jadi panggilan unik untuk istri dari sang suami. Keutamaan posisinya di hatimu menjadikannya bak permaisuri yang layak dipuja dan diperjuangkan. Agak panjang sih, tetapi maknanya pasti bikin si dia luluh. Silakan disontek. 

14. Love 

Ide panggilan berikutnya adalah “love” yang hanya satu silabel, tetapi punya makna yang jelas. Sudah terpampang nyata arti dibaliknya. Sapaan ini cukup populer di Inggris dan dipakai untuk berbagai momen, termasuk orangtua untuk anaknya, atau orang dewasa pada sahabatnya, bahkan petugas kesehatan perempuan pada pasien sesama perempuan atau anak-anak. 

15. Bear

pexels

“Bear” adalah panggilan sayang yang artinya beruang. Beruang mungkin dianggap sebagai binatang buas, tetapi ia sebenarnya berhati baik dan hanya agresif bila merasa terancam. Beruang juga banyak diasosiasikan dengan hal yang imut dan lucu karena karakter Teddy Bear dan Winnie the Pooh atau beruang Mishka di Masha and the Bear. 

16. Joon

 “Joon” bisa panggilan sayang yang unik dan langka di Indonesia karena jarang dipakai. Ia berasal dari bahasa Persia dan dipakai luas di kawasan Asia Tengah dan Asia Barat sebagai panggilan sayang pada laki-laki. Secara harfiah, “joon” berarti jiwa, semangat, atau kehidupan. Biasanya ia dipakai setelah menyebut nama seseorang sebagai imbuhan yang menunjukkan kedekatan atau rasa peduli dan sayang. Di Iran istilah ini bisa dipakai untuk orangtua pada anaknya, kakak pada adiknya, istri pada suaminya, dan lain sebagainya. 

17. Popo

Mungkin tidak ada arti khusus untuk “popo”, tetapi ia bisa dijadikan panggilan seru dan imut untuk kekasihmu. Kalian bebas menentukan filosofi dibaliknya atau mengambilnya dari salah satu bagian dari nama lengkap pasanganmu. 

18. Chuchuzinho  

Sapaan ini sangat populer di Brasil dan dipakai untuk memanggil kekasih atau pujaan hati. “Chuchu” sendiri berarti sayuran, tetapi entah bagaimana banyak yang menggunakannya untuk panggilan sayang. Ia memiliki arti yang mirip dengan “cutie pie” dalam bahasa Inggris. Sebagai alternatif kamu bisa mencoba istilah sayang lainnya dari Brasil seperti “mozao” yang artinya cinta atau “docinho” yang berarti manis. 

BACA JUGA: Ikut Program Hamil? Ajak Pasanganmu Lakukan Hal ini!

19. Pepper 

“Pepper” berarti merica, salah satu bumbu dapur yang paling dicari. Tanpanya, makanan akan terasa hambar. Sama dengan si dia, tanpanya hidupmu bakal terasa hambar dan sepi. Belum banyak yang pakai panggilan ini, lho. 

20. Diajeng dan Kangmas

panggilan sayang
Instagram @ayudiac

Panggilan sayang bahasa Jawa yang mungkin terdengar jadul, tetapi seru dipakai di masa kini. Kamu yang ingin merasakan sensasi pacaran ala masa lalu, bisa coba pakai sapaan “diajeng” dan “kangmas” untuk satu sama lain. Berani?   

21. Darling 

“Darling” memang pasaran, tetapi netral dan timeless. Mudah pula diucapkan. Silakan disingkat jadi “Darl” atau apa pun yang kamu mau, deh. Tergantung kesepakatan kalian. 

22. Bee 

Nama panggilan sayang lain yang banyak dipakai belakangan ini adalah “bee”. Diambil dari bahasa Inggris yang berarti lebah. “Bee” banyak dipakai untuk nama bayi di negara-negara berbahasa Inggris dengan makna, gadis yang membawa kebahagiaan. Jika ingin memberikan nama serupa untuk laki-laki, Sedulur bisa menggantinya jadi “bumble” yang kesannya lebih maskulin.

23. Mas dan Mbak Pacar 

Panggilan imut bisa sesederhana menyebut satu sama lain sebagai “mas pacar” dan “mbak pacar”. Seru banget dipakai untuk nama kontak di ponsel atau aplikasi perpesanan. Tak banyak variasi, singkat, padat, dan jelas. 

24. Amore mio 

pexels

Panggilan sayang unik lainnya diambil dari bahasa Italia. “Amore mio” berarti “cintaku” dalam bahasa Indonesia. Pelafalannya saja sudah terdengar flirty dan romantis, bukan? Bak sedang dalam adegan film dengan latar pedesaan Italia yang indah dan sejuk. 

25. Meine liebe

“Meine liebe” berarti “cintaku” yang diadopsi dari bahasa Jerman. Sama-sama sederhana dan jelas maknanya. Langsung deh comot untuk nama panggilan kekasih hatimu sekarang juga. 

Sudah ada puluhan ide nama panggilan sayang yang bisa disontek. Silakan pilah mana yang terbaik buatmu dan pasangan.