perbedaan internet dan intranet

Sedulur pasti sudah tidak asing dengan istilah internet. Jaringan teknologi ini sudah menjadi bagian aktivitas sehari-hari banyak orang. Selain internet, ada dua jenis jaringan teknologi lain yang perlu Sedulur tahu, yakni intranet dan ekstranet. Contoh internet dan intranet kerap dianggap sama, padahal keduanya memiliki pengertian maupun fungsi yang berbeda. Perbedaan internet dan intranet terletak pada siapa yang bisa mengaksesnya serta cara kerjanya.

Supaya memahami lebih jauh tentang kedua jaringan teknologi ini, simak pembahasan lengkap tentang perbedaan internet dan intranet berikut. Baca ulasannya sampai selesai, ya.

BACA JUGA: 7 Cara Cek RAM Laptop dan PC yang Cepat & Praktis

Apa itu internet?

perbedaan internet dan intranet
Unsplash

Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu sama lain menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol (TCP/IP). TCP/IP sebagai protokol pertukaran sehingga pengguna bisa saling berkomunikasi, berinteraksi, dan bertukar informasi meski dalam jarak yang jauh.

Protokol TCP/IP merupakan agen utama yang membuat internet terhubung pada protokol lainnya seperti FTP, HTTP, dan SMTP. Selain tiga protokol tersebut, ada juga protokol lain yang muncul sejauh kehadiran internet yaitu World Wide Web (WWW). Kegunaan internet membuat informasi dapat diakses dengan mudah melalui jaringan WWW, baik dalam bentuk teks, musik, foto, video, dan sebagainya.

Apa itu intranet?

Freepik

Intranet adalah jaringan teknologi yang lebih sempit dan privat daripada internet. Jaringan ini termasuk ke dalam salah satu jaringan Local Area Network (LAN) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil. Jaringan intranet memungkinkan untuk menciptakan ruang kerja digital perusahaan yang memusatkan setiap orang, dokumen, alat, percakapan, dan proyek di dalam perusahaan.

Contoh intranet paling sering ditemukan di perusahaan, kantor, sekolah, dan perguruan tinggi. Di perusahaan, intranet bisa dimanfaatkan sebagai portal yang menyediakan akses ke semua hal yang dibutuhkan pekerja, misalnya informasi acara perusahaan, kebijakan kesehatan, buletin staf, dan sebagainya. Staf yang bekerja di luar kantor dapat mengakses intranet menggunakan Virtual Personal Network (VPN) karena semua komunikasi antara intranet dan komputer pribadi pengguna dienkripsi.

Perbedaan internet dan intranet

perbedaan internet dan intranet
Unsplash

Setelah mengetahui apa itu internet dan intranet, Sedulur mungkin sudah mulai memahami letak perbedaan keduanya. Adapun beberapa perbedaan internet dan intranet secara singkat adalah sebagai berikut.

Internet

  • Jaringannya sangat luas hingga internasional bahkan seluruh dunia.
  • Memiliki jaringan yang kuat.
  • Perkembangan jaringan internet sangat pesat.
  • Bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Intranet

  • Jaringannya kecil dan sempit hanya mencakup wilayah lokal.
  • Perkembangannya lebih lambat daripada internet.
  • Biasa digunakan di perusahaan, sekolah, perguruan tinggi, rumah sakit, dan lain-lain.
  • Aksesibilitas intranet terbatas sehingga keamanannya lebih kuat daripada internet.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Penguat Sinyal WiFi Terbaik dan Murah

Cara kerja internet dan intranet

Unsplash

Sebenarnya, cara kerja internet dan intranet hampir sama. Keduanya menggunakan model klien-server dengan protokol internet. Seluruh kegiatan suatu perusahaan yang menggunakan intranet dapat diakses melalui browser dan tidak bergantung pada platform tertentu. Baik internet maupun intranet tidak perlu menginstal software tertentu bagi para penggunanya.

Hanya saja, intranet menggunakan firewall guna menyaring berbagai elemen yang tidak diinginkan ke jaringan dan server tersebut. Cara kerja firewall pada intranet itulah yang membuatnya jauh lebih aman daripada internet karena melindungi jaringan dari penyusup luar. Fitur firewall bekerja untuk membatasi akses hanya pada pihak internal yang membuat akses terkontrol dari internet ke server lokal.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, perbedaan internet dan intranet terletak pada cara kerjanya. Singkatnya, jika internet bisa diakses semua orang, maka intranet hanya bisa diakses oleh pihak tertentu. Sedulur bisa menggunakan intranet jika ingin data-data lebih aman dan tidak bocor.

Perbedaan internet, intranet, dan ekstranet

perbedaan internet dan intranet
Unsplash

Tidak hanya internet dan intranet, ada jaringan teknologi informasi lainnya bernama ekstranet. Lantas, apa perbedaan internet dan intranet dan ekstranet? Perbedaannya terletak pada luas jaringannya. Ekstranet adalah intranet yang dapat diakses oleh beberapa orang dari luar perusahaan, atau mungkin dibagikan oleh lebih dari satu organisasi. Jaringan ini tidak seluas internet, namun lebih luas ketimbang intranet.

Ekstranet mampu menciptakan jaringan pribadi orang-orang yang berkepentingan dengan perusahaan, baik internal maupun eksternal seperti klien, vendor, pemasok, dan mitra untuk saling berkomunikasi. Jaringan ini sangat memudahkan kolaborasi. Perangkat ekstranet sangat berguna bagi perusahaan yang perlu melakukan komunikasi sesering mungkin dengan klien dan pelanggan.

Menghemat berjam-jam waktu dibandingkan dengan email dan telepon. Selain itu, ekstranet juga dapat memantau dan memperbaiki potensi bug atau masalah yang dapat terjadi dengan produk serta layanan perusahaan. Ekstranet hampir seperti kontrol kualitas bawaan perangkat.

Sekarang, Sedulur sudah tidak bingung lagi mengenai internet, intranet, dan ekstranet, ‘kan? Semoga pembahasan perbedaan internet dan intranet di atas bisa menambah wawasan tentang jaringan teknologi informasi yang bisa digunakan, ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.