Agar sinyal WiFi di rumah lebih stabil, Sedulur perlu penguat sinyal WiFi untuk mendapatkannya. Penguat sinyal atau repeater WiFi memiliki fungsi menangkap sinyal dari router utama dan menyebarkannya ke area yang lebih luas dan sulit dijangkau.

Internet merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia saat ini, tanpa koneksi internet setiap aspek kehidupan manusia saat ini akan terhambat. Begitu pun jika sinyal ternganggu, kegiatan yang dilakukan akan terhambat. Maka dari itu, dibutuhkan penguat sinyal WiFi agar mendapatkan sinyal stabil.

Berikut ini akan diulas beberapa rekomendasi penguat sinyal WiFi yang bisa Sedulur dapatkan. Namun sebelum masuk ke daftarnya, ada baiknya Sedulur mengetahui cara memilih penguat sinyal yang terbaik. Yuk, langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

BACA JUGA: Apa itu CPU? Pengertian, Fungsi, Komponen & Cara Kerjanya

-->

Apa itu penguat sinyal WiFi?

penguat sinyal WiFi
Mybest

Penguat sinyal WiFi merupakan perangkat yang dapat menerima gelombang radio dari router LAN nirkabel, yang kemudian melanjutkan sinyal WiFi ke unit slave atau perangkat penerima seperti PC atau ponsel pintar. Fungsi dari penguat sinyal adalah untuk memperkuat dan meluaskan jangkauan sinyal WiFi yang berasa dari router utama.

Perangkat ini sangat berguna bagi Sedulur yang memiliki rumah luas dengan router WiFi hanya satu. Tentu saja jika kondisinya begitu, sinyal WiFi tidak akan tersalurkan secara baik. Pada titik ini penguat sinyal dibutuhkan. Perlu Sedulur ingat juga bahwa penguat sinyal hanya memperkuat dan meluaskan jangkauan sinyal. Bukan meningkatkan kecepatan internet.

Setelah mengetahui pengertiannya, tentu Sedulur penasaran produk apa saja yang tersedia dari penguat sinyal WiFi. Berikut ini adalah beberapa produk yang bisa Sedulur beli.

1. Xiaomi – Mi WiFi Range Extender Pro

penguat sinyal WiFi
Droid Lime

Pertama adalah penguat sinyal WiFi Xiaomi, dibanderol dengan harga Rp149.900. Bagi Sedulur yang biasa menggunakan Xiaomi tentu akan paham kelebihan dari produk ini. Selain bentuknya yang fleksibel, kemampuannya juga dapat secara efektif memperluas area sinyal internet.

Terlebih, cara pemasangannya cukup mudah dan bisa Sedulur lakukan sendiri tanpa harus didampingi oleh teknisi. Sedulur hanya perlu memasangnya hingga lampu indikator kuning berkedip, kemudian pindai QR Code untuk instal penguat sinyal WiFi APK, selanjutnya Sedulur tinggal mengikuti langkahnya hingga selesai.

2. Kextech – N WiFi Router Repeater 2 Lan Port 300 Mbps

Amazon

Rekomendasi selanjutnya dalah penguat sinyal WiFi Android, penguat sinyal ini dibanderol dengan harga Rp145.000 saja. Bagi Sedulur yang mencari produk ekonomis dan terjangkau, dengan performa yang baik serta prima, produk ini bisa jadi pilihan. WiFi repeater ini dilengkapi beberapa fitur seperti porta LAN dan tombol WPS. Kemudian, Ada dual LAN porta yang disediakan sehingga Sedulur dapat mengubah jaringan sewaktu-waktu saat diperlukan.

3. Comfast – WiFi Extender Amplifier

penguat sinyal WiFi
Gauging Gadgets

Rekomendasi penguat sinyal WiFi berikutnya yaitu dari Comfast. Merupakan produk eco-friendly karena konsumsi daya dari penguat sinyal ini sangat rendah. Jadi, Sedulur tidak perlu lagi mengkhawatirkan tagihan listrik setiap bulannya. Selain itu, radiasi yang dihasilkan pun sangat rendah sehingga baik untuk lingkungan. Kecepatan standar dari repeater ini yaitu 300 mbps. Sedulur bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp218.000.

BACA JUGA: Pengertian Blog, Ini Jenis, Struktur, Fungsi, dan Kegunaannya!

4. Tenda – AP4 Jalur Akses Nirkabel 300 Mbps

Kaskus

Penguat sinyal WiFi keluaran Tenda ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp225.000-an. Sebagaimana namanya, repeater ini memiliki kecepatan 300 mbps. Selain itu, Sedulur juga bisa mendapatkan jangkauan sinyal luas karena penguat sinyal ini memiliki fitur range extender.

Produk dari Tenda ini sangat cocok dipasang di pertokoan, ruko, perkantoran, atau Sedulur yang memiliki rumah luas dengan jumlah anggota keluarga banyak. Kapasitas pengguna WiFi pun tidak akan memengaruhi kecepatan bawaan dari internet di router utama.

5. TP-Link – 300Mbps WiFi Range Extender

penguat sinyal WiFi
Tech Advisor

Penguat sinyal WiFi selanjutnya merupakan keluaran dari TP-Link. Selain mengeluarkan produk router utama, TP-Link juga merilis penguat sinyal dengan harga yang dibanderol senilai Rp250.000 saja.

Produk dari TP-Link ini mempunyai lampu indikator pintar dengan lima tingkatan. Lampu tersebut akan menunjukkan kekuatan sinyal yang diterima oleh WiFi repeater yang akan menghubungkannya ke perangkat. Sedulur disarankan memilih lokasi yang setidaknya memiliki tiga lampu menyala untuk menjamin koneksi internet baik.

6. Xiaomi – WiFi Repeater USB Amplify Range Extender 2 New Version

Jakarta Notebook

Xiaomi kembali mengeluarkan produk penguat sinyal WiFi. Melalui produk WiFi Repeater USB Amplify Range Extender 2 New Version, Xiaomi ingin memberikan kemudahan bagi setiap konsumennya dalam menikmati sinyal WiFi tanpa hambatan. Dengan menggunakan perangkat ini, Sedulur tidak perlu khawatir jarak akan sinyal WiFi rumah.

WiFi repeater ini berbentuk portabel sehingga dapat digunakan untuk Sedulur yang sering bepergian. Sedulur cukup memasangkannya ke porta USB laptop, WiFi repeater pun dapat langsung digunakan. Dengan demikian, Sedulur tidak perlu kerepotan mencari area yang sinyal internetnya kuat. Salah satu repeater dengan fitur canggih karena portabel. Sedulur bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp262.000.

7. Prolink – 300 Mbps Wireless Extender

penguat sinyal WiFi
Prolink

Secara harga, penguat sinyal WiFi keluaran dari Prolink ini memiliki harga cukup tinggi yaitu dibanderol dengan harga Rp490.000. Kelebihan dari penguat sinyal ini yaitu memiliki stopkontak listrik. Jadi, bagi Sedulur yang memilik stopkontak listrik terbatas di rumah, repeater ini menyediakan sambungan daya listrik yang bisa digunakan.

Terutama bagi Sedulur yang sering menggunakan gawai atau laptop, ketika kehabisan baterai, Sedulur bisa menggunakan stopkontak yang terdapat dari repeater ini. Repeater ini juga merupakan jenis plug-in yang harus Sedulur colok agar bisa menyala.

8. ASUS – Wireless N300 Range Extender/Repeater/Access Point/Media Bridge

Pokde

ASUS juga tidak hanya mengeluarkan laptop, PC, dan smartphone saja, namun juga mengeluarkan produk penguat sinyal WiFi. Namun, harga produknya cukup terbilang tinggi yaitu Rp525.000. Sedulur bisa mendapatkan fungsi router sekaligus repeater dalam satu perangkat.

Selain itu, berkat teknologi dari Roaming Assist dari produk ini, Sedulur tidak perlu repot memindahkan koneksi secara manual, ketika teknologi tersebut diaktifkan Sedulur akan langsung terhubung secara otomatis ke sinyal WiFi terkuat dan terbaik. Hal ini tentu saja sangat membantu dan sangat memudahkan Sedulur.

9. Wavlink – AERIAL D4-AC1200 Dual-Band

penguat sinyal WiFi
Wavlink

Produk penguat sinyal WiFi selanjutnya adalah keluaran dari Wavlink dan bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp435.000 saja. Sedulur yang membutuhkan koneksi internet super cepat bisa menggunakan repeater satu ini. Karena penguat sinyal ini memiliki kecepatan koneksi hingga 867 mbps.

Persoalan bermain game online, streaming, hingga meeting online dengan kualitas terbaik bisa Sedulur lakukan dengan menggunakan repeater ini. Selain itu, bentuknya yang kecil pun sangat memudahkan Sedulur untuk meletakkan penguat sinyal ini di mana pun.

10. ASUS – RT-N12HP

Bhinneka

Rekomendasi penguat sinyal WiFi terakhir adalah ASUS RT-N12HP yang bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp665.000. Produk ini mempunyai tiga mode, router, repeater, dan access point yang dapat Sedulur gunakan sesuai kebutuhan. Cara menggunakannya pun mudah, Sedulur hanya perlu menginstal software EZ Switch. Melalui aplikasi tersebut, Sedulur dapat mengubah mode WiFi repeater hanya dengan satu sentuhan.

BACA JUGA: Apa Itu Provider? Ini Pengertian, Macam dan Jenisnya. Lengkap!

Cara memilih penguat sinyal WiFi

Mybest

Cara memilih penguat sinyal WiFi perlu Sedulur ketahui agar tidak salah beli dan sesuai dengan router di rumah. Dari daftar penguat sinyal di atas, tentu Sedulur tidak ingin salah membeli. Berikut ini beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan dalam memilih penguat sinyal.

1. Sesuaikan kecepatan standar WiFi dengan koneksi router utama

Penguat sinyal WiFi yang bagus adalah yang sesuai dengan kecepatan komunikasi router utama. Contohnya, jika router utama memiliki kecepatan 433 mbps hingga 867 mbps atau lebih tinggi, maka Sedulur harus menyesuaikan repeater WiFi dengan kecepatan tersebut.

Karena penguat sinyal biasanya tidak akan bekerja dengan baik jika tidak sesuai kecepatannya. Percuma jika penguat sinyal Sedulur memiliki spesifikasi tinggi, jika kecepatannya tidak sesuai dengan router utama, maka tidak bisa berfungsi optimal.

2. Pilih penguat sinyal dengan koneksi simultan dual

Selain pertimbangan penguat sinyal WiFi jarak jauh, yang wajib Sedulur pertimbangkan juga adalah penguat sinyal dengan koneksi simultan dual band. Hal ini akan membantu Sedulur menangkap sinyal dari router pada satu band dan mengeluarkan sinyal yang stabil.

Biasanya, band pertama memiliki frekuensi 2,4 GHz dengan sinyal yang mampu menembus penghalang seperti dinding. Band kedua memiliki frekuensi 5 GHz dengan sistem koneksi tinggi, tetapi lemah terhadap penghalang.

3. Pertimbangkan bentuk produk dengan lokasi pemasangan

Terdapat dua bentuk penguat sinyal, pertama tipe plug-in dan tipe stasioner. Bentuk WiFi repeater ini dipengaruhi oleh lokasi pemasangan di rumah. Maka dari itu, silakan bayangkan lokasi akan meletakkan WiFi repeater. Selain itu, Sedulur juga perlu memilih bentuk repeater sesuai dengan kondisi rumah dan pemasangan. Jangan sampai penguat sinyal WiFi buatan sendiri tidak berfungsi karena tidak sesuai.

4. Plih yang mempunyai tombol WPS

Tombol WPS adalah WiFi Protected Setup, sebuah sistem keamanan untuk mengatur mode pada penguat sinyal. Baik itu penguat sinyal WiFi tetangga atau yang sendiri, akan lebih mudah dilakukan pengaturan dengan ketersediaan tombol ini, dan tidak akan menyulitkan Sedulur melakukan pengaturan.

5. Pilih yang ada porta LAN

Beberapa WiFi repeater memiliki porta untuk kabel LAN. Porta ini dapat tersambung dengan TV atau konsol game. Jenis penguat sinyal ini direkomendasikan untuk yang ingin menyambungkan kabel LAN ke TV, tetapi jaraknya terlalu jauh. Dengan begitu, Sedulur tidak perlu menambah kabel LAN lagi. Salah satu contoh yang menyediakan fitur ini adalah penguat sinyal WiFi Indihome.

Sekian pembahasan terkait penguat sinyal, mulai dari rekomendasi produk yang bisa Sedulur beli hingga beberapa tips dan cara membelinya. Semoga penjelasan ini bisa membantu Sedulur untuk mengatasi sinyal WiFi di rumah agar Sedulur bisa fokus bekerja, beraktivitas, dan berkarya dengan internet stabil serta sinyal yang kuat.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.