pelapis anti bocor untuk dinding

Ketika musim hujan tiba, biasanya banyak permasalahan rumah yang bermunculan. Misalnya, muncul rembesan dan kebocoran pada dinding tembok rumah. Hal ini tentunya cukup merepotkan karena membuat rumah lembab dan cat menjadi cepat mengelupas. Untuk itu, Sedulur perlu cat pelapis anti bocor untuk dinding agar rembesan pada dinding tidak semakin menyebar.

Dengan menggunakan cat pelapis anti bocor, rumah akan terhindari dari rembesan air hujan. Nah, berikut tips memilih dan rekomendasi merk cat pelapis anti bocor untuk dinding yang dapat Sedulur pakai! 

BACA JUGA : Gratis! Ini Cara Download Buku di Google Books Full Version

Tips memilih cat pelapis anti bocor untuk dinding

pelapis anti bocor untuk dinding
Freepik

Sebelum kita masuk dalam pembahasan tentang rekomendasi cat anti bocor, Sedulur perlu mengetahui tips memilih cat tersebut. Ada beberapa tips memilih cat anti bocor yang bisa Sedulur perhatikan.

-->

1. Pastikan produk cat anti jamur

Selain memilih cat dengan formulasi bahan anti bocor, Sedulur juga harus mempertimbangkan cat anti bocor dengan formula anti jamur. Seperti yang sudah kita ketahui, atap dan dinding rumah dapat dengan mudah ditumbuhi jamur akibat adanya perubahan cuaca secara terus menerus. Biasanya hal ini juga akan berdampak pada percepatan pelapukan atap dan juga dinding. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan sekaligus cat anti bocor yang dilengkapi dengan formula anti jamur.

2. Perhatikan ketahanan tekanan airnya

Tips memilih cat pelapis anti bocor untuk dinding yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan ketahanan anti bocor yang bersinggungan dengan volume air pada cuaca tertentu. Misal, jenis cat yang dipilih di lokasi dengan tingkat curah hujan tinggi tentu berbeda dengan lokasi dengan curah hujan rendah. Perbedaan ini juga diaplikasikan pada cat pelindung yang dipilih, agar rumah berada dalam kondisi yang baik dan dapat bertahan dalam segala cuaca.

3. Pahami cara cat pelapis anti bocor untuk dinding

Setiap cat pelapis anti bocor untuk dinding memiliki tata cara penggunaannya masing-masing. Tata cara ini tentunya perlu Sedulur perhatikan dan ikuti agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selain mengikuti tata cara penggunaan, pastikan atap atau dinding yang akan dicat telah terlebih dahulu dibersihkan dari kotoran seperti debu, jamur, dan lumut yang menempel.

4. Pilih jenis cat pelapis anti bocor untuk dinding yang tepat

Di pasaran terdapat beberapa jenis anti bocor yang digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Jenis-jenis anti bocor tersebut meliputi anti bocor berbahan styrene acrylic yang memmpunyai ketahanan kuat namun berharga mahal, anti bocor jenis membrane yang memiliki bentuk lembaran, dan anti bocor corentius yang merupakan anti bocor dengan kandungan bahan zat adiktif dari semen. Sedulur tentunya harus memilih jenis dan spesifikanya sesuai dengan kebutuhan. 

5. Gunakan cat pelapis anti bocor jika diperlukan

Idealnya anti bocor diaplikasikan pada atap atau dinding tidak cukup hanya sekali. Sedulur dapat melapisi atap atau dinding dengan anti bocor secara berkala dan jika sudah diperlukan. Biasanya, anti bocor bertahan berkisar antara 3 hingga 5 tahun berdasarkan merek dan kondisi lingkungan rumah.

BACA JUGA : Cara Membuat Paragraf di Word Secara Manual dan Otomatis

Rekomendasi cat pelapis anti bocor untuk dinding

Berikut rekomendasi cat anti bocor yang berkualitas untuk proteksi rumah. 

1. Drylok Original Latex

pelapis anti bocor untuk dinding
Drylok

Cat pelapis anti bocor untuk dinding yang pertama adalah Drylok Original Latex. Cat anti bocor ini merupakan jenis cat anti bocor nomor 1 dari Amerika. Cat Drylok diklaim bisa menyerap ke pori-pori dan membantuk ikatan atau bonding dengan material dinding yang akan menciptakan lapisan pematas yang kuat dan Tangguh. Sehingga cat ini snagat cocok dipakai untuk bangunan gedung, kamar mandi dan juga dapur.

Drylok Original Latex mempunyai hasil akhir bertekstur seperti pasir, memberikan perlindungan ekstra dari kebocoran. Berbeda dengan waterproofing lokal yang hanya bertahan 3 hingga 5 tahu, Drylok memberikan perlindungan 2-3x lebih tahan lama untuk rumah bahkan dengan garansi 10 tahun

Drylok memiliki formula sangat minim bau menyengat dan mudah dibersihkan. Cukup hanya perlu dicuci dengan air hangat dan sabun. Drylok Original Latex tersedia dalam warna off-white dengan flat finish yang dapat ditingting (ditambahkan pigmen warna). Drylok Original Latex ini tidak perlu melalui proses pre-mixing atau pre-wetting terlebih dulu. Sedulur dapat menggunakan Drylok pada dinding yang lembab, namun untuk hasil terbaik Drylok sebaiknya diaplikasikan pada permukaan yang kering dan bersih (bebas dari debu, minyak atau sisa cat).

Cat ini juga menawarkan fitur kedap air yang sangat baik jika diaplikasikan ke dinding rumah. Bahkan cat ini juga diklaim mampu menahan air hingga batas maksimal 15 psi atau kurang lebih 15 meter. Tak perlu kahawati, porduk Drylok ini sudah mendapatkan sertifikat Green Wise  yang ramah lingkungan.

2. Drylok Latex Extreme

pelapis anti bocor untuk dinding
Drylok

Sementara untuk pekerjaan waterproofing yang lebih berat, Sedulur dapat menggunakan Drylok Latex Extreme yang tahan tekanan air hingga 15 psi (setara dengan kedalaman air 10 meter). Drylok Latex Extreme memiliki tekstur halus seperti cat tembok sehingga sangat cocok sebagai pengganti cat tembok.

Drylok Latex Extreme memiliki sertifikasi Green Wise®️ sehingga aman bagi kesehatan dan lingkungan. Formulanya juga minim bau menyengat. Selain itu Drylok Latex Extreme juga merupakan salah satu cat yang tahan jamur.  Untuk garansi, Drylok Latex Extreme dilengkapi dengan garansi yang lebih lama yaitu 15 tahun. Seperti tipe Original, Drylok Latex Extreme juga mudah dibersihkan dengan air hangat dan juga sabun. Untuk pilihan warna, Drylok Latex Extreme tersedia dalam warna putih terang dan tentunya juga bisa ditingting (ditambahkan pigmen warna).

3. Propan DLI480 Decorlotus

Pt Propan Raya

Cat anti bocor ini diformulasikan untuk menahan rumah dari kebocoran dan merembesnya air hujan, pertumbuhan jamur dan kotoran-kotoran lain seperti lumut. Pengaplikasian cat ini juga terbilang cukup mudah dan pastikan kondisi permukaan atap atau dinding telah bersih dari kotoran. Cat pelapis anti bocor untuk dinding ini juga telah memiliki sertifikasi yang aman digunakan dan tidak berdampak pada kesehatan dan kerusakan lingkungan.

4. Dulux 40504 Aquashield

pelapis anti bocor untuk dinding
Dulux

Selain dikenal dengan variasi cat temboknya, Dulux juga memiliki varian cat anti bor yang unggul dan mudah kering. Anti bocor jenis ini dapat digunakan sebagai pelapis cat tembok untuk melindungi dari terpaan air hujan.  Dulux banyak digemari masyarakat karena memiliki berbagai macam warna dan hasil pengecatan yang menutup sempurna. Tak heran jika Dulux 40504 Aquashield menjadi salah satu cat anti bocor paling laku di pasaran karena memiliki kelebihan yang mudah kering yaitu hanya 4-6 jam saja.

5. Jotun Jotaplast

Jotun

Cat pelapis anti bocor dnding yang selanjutnya adalah Jotun Jotaplast. Cat ini ini merupakan anti bocor yang dapat digunakan sebagai pelapis atau pelindung langit-langit atau plafon rumah. Dengan melapisi plafon dengan anti bocor diharapkan akan menghindari kebocoran atau rembesan air hujan masuk ke rumah. Cat pelapis anti bocor untuk dinding ini juga mudah diaplikasikan dan membutuhkan waktu pengeringan yang cukup singkat. 

6. No Drop cat pelapis anti bocor untuk dinding

pelapis anti bocor untuk dinding
Rumah.123

Sedulur tentu sudah tidak asing dengan merk cat pelapis anti bocor untuk dinding yang satu ini. No drop telah dikenal secara luas sebagai anti bocor. Produk-produknya dapat digunakan untuk melapisi berbagai bagian rumah mulai dari atap berbagai bahan, tembok, hingga plafon. Selain dapat menahan kebocoran, produk ini juga memiliki keunggulan lain yaitu memiliki formulasi yang anti jamur. 

BACA JUGA : 10 Cara Menghilangkan Sablon Di Kaos dengan Mudah & Efektif

7. Aquaproof

Info Brand.id

Kandungan polimer thixotropic pada anti bocor Aquaproof menjadikan cat pelapis anti bocor ini sangat mudah diaplikasikan dan tidak menetes. Merk Aquaproof hadir dengan beragam jenis varian cat anti bocor yang tentunya mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi Sedulur. Cat anti bocor ini hampir dapat diaplikasikan di semua sudut rumah seperti atap, tembok, hingga plafon. 

8.Sika Raintite

Sika Group

Jenis cat pelapis anti bocor untuk dinding berikut ini mungkin masih cukup asing di telinga. Akan tetapi, perlu diketahui, fungsi dan kegunaan dari cat anti bocor ini hampir sama dengan produk cat lainnya. Keunggulan lain dari produk ini adalah harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan merk cat anti bocor lain. Sehingga Sika Raintite juga sangat cocok untuk Sedulur yang sedang menghemat biaya renovasi dinding rumah yang bocor. Meski harganya yang terjangkau, kualitas dari cat ini tentunya tidak kalah dari merk terkenal lainnya.

9. Welproof cat pelapis anti bocor untuk dinding

pelapis anti bocor untuk dinding
Citra Warna Abadi

Rekomendasi cat tembok anti bocor berikutnya adalah cat welproof. Manfaatnya tak hanya dapat mencegah bocor tapi juga dapat melindungi tembok dari kelembapan dan serangan jamur. Harganya relatif murah dan disebutkan juga bahwa bahan dari cat Welproof anti alkali sehingga cukup aman bagi kesehatan manusia. Tak hanya anti bocor, Welprof juga menjadi salah satu car yang anti jamur lho. Welprof menawarkan fitur papan atas yang siap melapisi dinding untung membantu mencegah penjamuran. Tak hanya itu, canti anti bocor dan anti jamur ini juga masih relative aman karena mengandung bahan yang tidak beracun sehingga lebih sehat untuk para penghuninya.

10. Heatgard

Aquaprof

Berbeda dengan produk lainnya, Heatgard merupakan cat yang digunakan untuk melapisi atap atau bagian rumah lain yang bermanfaat untuk mengurangi atau menolak panas efek dari paparan sinar matahari. Dengan menggunakan cat ini, rumah akan terasa menjadi lebih sejuk dan nyaman meski matahari sedang terik-teriknya.

11. Mowilex WP02 Waterproof

Mowilex

Cat pelapis anti bocor untuk dinding lainnya adalah Mowilex WP02 Waterproof. Cat anti bocor ini dikhususkan untuk iklim di Indonesia. Artinya, hunian akan tetap terlindungi meskipun diterjang hujan atau cuaca terik berkat bahan-bahan bermutu tinggi. Walau berfungsi melindungi dari kebocoran, Mowilex menghadirkan berbagai varian warna cat dinding untuk mempercantik rumah. 

12. Puffin Standart Waterproof

Puffin Paint

Selain dinding, cat anti bocor Puffin Standard Waterproof bisa menjadi solusi terbaik untuk cat anti air pada atap, dinding, atau dak beton. Kandungan di dalam cat ini juga tidak merusak lingkungan, anti jamur, dan tahan lama.  dinding yang tepat, ya.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot, Dijamin Mudah!

Cara mengatasi dinding bocor

Freepik

1. Memastikan sirkulasi udara baik

Kondisi ruangan yang lembab salah satunya disebabkan karena sirkulasi udaranya tidak terlalu baik, adanya sirkulasi udara yang baik akan membantu mengangkat bintik – bintik air melalui udara atau menguapkannya, sehingga ruangan tidak terasa lembab. Apabila salah satu ruangan mengalami lembab, pastikan sudah memberi sirkulasi udara yang baik, misalnya dengan menambah exhaust fan. Apabila memungkinkan penambahan ventilasi / bukaan juga mendukung sirkulasi udara yang baik sehingga jamur tidak akan mudah berkembang dan rumah menjadi lebih nyaman.

2. Perbaiki sistem pembuangan air hujan

Sistem pembuangan air yang buruk bisa menjadi faktor penyebab kelembaban menjadi tembok meningkat, misalnya apabila ada kebocoran pada talang air, air akan mengenai tembok dan berpotensi menyebabkan rembesan. Untuk menghindari adanya kebocoran, cobalah melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin terhadap sistem pembuangan air hujan di rumah. Sistem pembuangan air yang bagus akan membuat aliran air lebih terkontrol sehingga tidak membebani tembok. Gunakan material berkualitas tinggi agar talang air tidak mudah rusak atau bocor.

3. Tambal retakan yang ada

Rembesan air bisa muncul karena adanya salah satu bagian tembok yang mengalami keretakan (retak rambut maupun retak struktural). Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menambalnya terlebih dahulu sebelum nanti melapisinya dengan cat anti bocor. Untuk menambal retakan, Sedulur dapat menggunakan produk AM 86, acian untuk menambal retak dinding disertai penggunaan penguat sambungan AM 76, sehingga tidak hanya menambal lubang saja tetapi juga dapat mencegah terjadinya keretakan lagi yang berpotensi menimbulkan rembesan di tempat yang sama. Hindari juga pengecatan langsung apabila ada retakan karena tidak efektif untuk mencegah kebocoran.

4. Tingkatkan plester dan acian

Salah satu penyebab rembesan atau dinding tidak mampu menahan air adalah proses pengaciannya tidak sempurna. Idealnya ketika rumah sedang tahap pengacian, harus ditunggu sekitar 5-7 hari agar benar-benar kering, strukturnya tidak sempurna apabila terlalu cepat mengecatnya. Salah satu cara apabila ingin menghindari kebocoran atau rembesan, ada baiknya meningkatkan kualitas plester serta aciannya. Atau cara paling sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menambahkan lapisan anti bocor dan anti rembes, seperti AM 110 untuk mencegah kebocoran di kemudian hari.

5. Gunakan cat pelapis anti bocor untuk dinding

Cara mengatasi dinding bocor paling efektif berikutnya adalah dengan menggunakan waterproofing. Waterproofing yaitu melapisi dinding dengan cat anti bocor yang sudah disebutkan di atas. 

Demikianlah rekomendasi cat pelapis anti bocor pada dinding yang dapat Sedulur gunakan. Sebelum membeli cat pelapis dinding, tentunya Sedulur harus mengetahui tips cara memilihnya, seperti perhatikan formulasi anti jamur dan pilihlah berdasarkan jenisnya.